iklan iwb
iklan iwb
” Spyshot MT15…”

Iwanbanaran.com – Cakkk….buanyakkkk yang heran dengan geliat Yamaha selama 3 tahun terakhir. Beda dengan masa lalu yang getol melakukan test uji jalanan sehingga nongol spyshot, YIMM sekarang sering tampil mengejutkan. Lhaaa piyee cak…moro-moro njedul dan secara misterius produk langsung dirilis tanpa terendus sama sekali uji jalanan. Nggak heran banyak followers mempertanyakan apakah Yamaha sekarang tidak lagi ngetes produk barunya dijalan raya? ataukah ada hal lain yang tidak kita ketahui? misteri ini akan kita coba analisa….dan inilah kemungkinannya…

Yamaha adalah salah satu pabrikan yang cukup getol selalu melakukan test Ride atau uji jalanan sebelum produk barunya dirilis ke pasar. Pengetesan yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan simulasi asli di lapangan sehingga pabrikan bisa menggali apa kekurangan komponen selama digunakan harian. Simulasi ini biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan mengingat target tester tidaklah pendek. Walaupun tidak ada keterangan pasti tapi isunya para tester tersebut harus bisa menggeber motor hingga 30000 km…

Baru dari sanalah setiap waktu mereka melakukan review komponen apa yang kurang…. kemudian dijadikan masukan untuk melakukan perbaikan hingga unit dikatakan sempurna dan siap masuk Mas Production. Dari catatan IWB ada 3 pabrikan yang selama ini getol melakukan pengetesan Jalan Raya yakni Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Sementara Honda karena sudah memiliki sirkuit internal yang sangat besar, uji produk simulasi harian dilakukan di Sirkuit mereka. Strategi dan habit ini sudah cukup lama dilakukan oleh grup Astra. Sedang lainnya tidak cak…langsung dijalanan….

iklan iwb
” Spyshot tes Vixion 2017…”

Tidak heran banyak netizen yang berhasil mergokin pabrikan melakukan tes jalanan. Produk baru yang belum dirilis di pasar tersebut diabadikan oleh para followers lewat spyshot yang kemudian dikirim ke blogger ataupun media. Spyshot ini sangat penting sebagai petunjuk yang digunakan untuk mengetahui produk baru yang akan rilis. Dan suka atau tidak strategi ini berhasil memunculkan hype terhadap produk yang akan meluncur walaupun kerugiannya Rival menjadi tahu kemunculan produk tandingan. Nahhh…budaya tersebut sudah berlangsung dan terjadi selama bertahun-tahun hingga keanehan kita rasakan selama 3 tahun terakhir….

Banyak produk baru Yamaha lolos dari spyshot. Dari catatan pribadi setidaknya ada 3 produk yang tidak terendus uji tes jalanan yaitu Yamaha Xride, Yamaha Gear dan juga Yamaha new aerox 155. Tidak heran beberapa pertanyaan dan opini muncul Apakah Yamaha sekarang tidak lagi ngetes produk barunya di jalanan mengingat mereka tidak memiliki sirkuit seperti halnya AHM? Atau mereka memang pintar melakukan kamuflase sehingga produk baru tersebut tidak lagi terendus sama sekali oleh para netizen Pantura ?

” Spyshot tes jalanan R15 (2016)…”

Soal ini memang misterius cak. Sebab strategi Yamaha dalam tiga hingga empat tahun terakhir memang berubah. Strategi yang diharapkan membuat kejutan karena produk barunya tidak terendus media atau blogger walau entah kenapa dari sisi pribadi IWB sedikit kurang setuju dengan opini tersebut. IMHO hype sebuah produk sangat diperlukan jika ingin mendapatkan pusat perhatian. Jadi ora seru cak….soale sensasi spyshot-spyshot inilah yang justru membuat produk akan mendapatkan awareness cukup tinggi. Tanpa kisi-kisi rasanya anyep kayak makanan tanpa garam, kuwi pendapat pribadi…

Nah…. faktanya Yamaha sekarang memang memilih strategi berbeda. Mereka menutup ketat produk yang akan lahir di masa depan bahkan ketika uji jalanan. IWB sendiri pesimis pabrikan tidak melakukan pengetesan simulasi harian. Sebab hal ini sangat diperlukan untuk memastikan durability tiap komponen yang nyantol pada sang kuda besi. Analisa pribadi bisa dua hal yang dilakukan Yamaha untuk melakukannya yakni…. pengetesan menggunakan kamuflase dengan body motor yang sudah eksis. Yang kedua pemilihan jam test Ride menghindari jam-jam sibuk…..

” Spyshot Vixion Lightning (2012)..”

Bisa saja tester memilih jam malam…. di atas jam 11 Hingga jam 2 pagi? Who knows? Tidak ada yang tahu mengingat begitu rapinya mereka terhindar dari jepretan para netizen. Btw….semua memang berupa analisa sebab fakta sesungguhnya pastinya hanya pabrikan yang tahu. Apakah mereka memang tidak melakukan pengetesan produk? Atau habit tersebut tetap jalan dan untuk menghindari spyshoot dilakukan jam malam? Termasuk kamuflase dengan casing motor yang sudah eksis? Sekali lagi hanya merekalah yang tahu…..

Last….apapun itu lolosnya 3 produk baru dari jepretan Spyshot memang cukup mengherankan. Mengingat di luar Indonesia nyaris tidak satupun produk baru Yamaha lolos dari intaian kamera netizen. Fakta yang menunjukkan bahwa di luar Indonesia pabrikan tersebut masih melakukan test Ride Puji jalanan di lapangan. Indonesia ? emboh cukup misterius. Nah…. kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Analisa mana yang cocok dengan prediksi sampeyan terhadap minimnya spyshoot produk baru Yamaha seperti Gear atau New Aerox 155? Monggo curahkan pendapatnya, asli penasaran kieeee….(iwb)

” Spyshot X-MAX 250 (2016)…”

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!