iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..suka atau tidak Vixion sekarang memang sangat sulit posisinya. Aura tajam tahun 2007 seperti hilang babar blas setelah mereka merilis generasi terakhir. Generasi yang disebut para fansboy debaters sebagai generasi “SPBU”. Pertanyaanya…..gimana nasib Vixion selanjutnya ? apakah akan dibiarkan seperti ini mengingat Yamaha begitu fokus dengan Maxi series. Apakah justru tahun depan pabrikan garputala akan menggebrak pasar dengan generasi All new Vixion tahun depan ? inilah beberapa isu dan rumor yang mampir ke IWB…..

Yamaha sekitar tahun 2007 membikin kejutan dengan meluncurkan sebuah motor sport yang melompat dari trend saat itu. Ketika motor sport hanya mengandalkan mesin SOHC 2 katup?. dengan frame model diamond?. pabrikan garputala menggebrak dengan mesin yang lebih maju yakni SOHC 4 katup radiator serta frame deltabox. Sejak saat itu motor ini menjadi idola. Bahkan IWB aja sangat tertarik mencoba untuk datang ke dealer hanya ingin melihat Seperti apa sosok aslinya. Gagah cak?memang keren banget ketika itu?

Sosok motor termasuk mungil dimata pribadi namun desainnya di atas rata-rata di zamannya. Apalagi secara bandrol saat itu juga termasuk terjangkau yakni di Kisaran 18,4 juta rupiah. Tak Ayal Vixion langsung menjadi idola. Dominasi Yamaha Vixion ini terus terjaga hingga bertahun-tahun. Apalagi setiap Facelift designer mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Mulai dari Vixion generasi pertama hingga generasi yang paling mantap adalah Yamaha Vixion Advance?

iklan iwb

Yup? itulah generasi yang paling cakep menurut IWB. Motor yang enak dilihat dari depan, samping ataupun belakang. Motor ini juga cenderung mudah dioprek atau di modif. Karena designnya laki banget. Sayang perjalanan sang legendaris semakin tertekan. Banyak yang mengatakan mungkin karena pergeseran market yang lebih didominasi oleh skutik. Walau tentu opini ini tidak mutlak benar. Setidaknya dari survei kecil-kecilan IWB Vixiy sekarang memang nggak terlalu dilirik ketika biker mencari motorsport. Desain soal selera. Ya?diluar strategi marketing yang memang juga bergeser meninggalkan ciri Yamaha yang fun, cowboy serta agresif?.dari sisi produk sendiri dalam pandangan pribadi sedikit berbeda pendekatannya…

Generasi terbaru ini lebih kalem. Aura Vixion seperti berubah. Pada generasi ini Yamaha memutuskan menggunakan tangki full kondom. Sebuah keputusan yang sepertinya memang terlalu berani sebab tidak semua orang menyukai model cover. Desain lengkung di bagian samping juga entah kenapa terasa mencederai kegagahan sang kuda besi. Bahkan jika dihat dari depan pun keagresifan headlamp generasi Vixion Advance juga justru ditinggalkan pada generasi anyar. Termasuk stoplamp?..IMHO IWB lebih suka generasi sebelumnya. Yah?.desain soal selera?namun dari beberapa obrolan dengan teman-teman Blogger lain memang desain menjadi PR terbesar pada New Vixion?.

Nah?. dari sana bisa IWB simpulkan dan mapping kenapa generasi terbaru ini bahkan sulit kita temukan di jalanan Jabodetabek? Yang pertama adalah desain. Yamaha harus berani melakukan gebrakan dengan merombak total design sekarang dengan tetap berpedoman pada desain masa lalu yang udah cakep. Gunakan desain Vixion sebelumnya dengan melakukan beberapa sentuhan disesuaikan trend sekarang seperti lampu sein LED misalnya (pakai aja MT25). Buang lengkungan shape ?mentimun? dibagian samping dan buatlah lebih konvensional seperti generasi Vixion Advance?.

Soal mesin sebenarnya tidak ada masalah Namun jika ingin menarik perhatian para bikers, ada baiknya tim RND Yamaha mulai memikirkan untuk merakit mesin DOHC supaya daya gedor lebih nampol. Suka atau tidak mesin sekarang walaupun sudah dijejali dengan mekanisme terbaru untuk mengatrol power tapi basis yang digunakan tetaplah engine 2007. Mesin yang terus di Improve hingga mencapai level seperti sekarang. Bayangin wae Vixion DOHC?.kan keren cak. Btw?. ini hanyalah saran jika pengen efeknya nampol. Tapi core problem sebenarnya desain, bukan engine….

Yup…itulah sekelumit perjalanan raja sport 150cc dimasa lalu sebelum digeser Honda CB150R. Kitapun sekarang bertanya, apakah Yamaha tidak ada keinginan merombak desain sekarang ? adakah Yamaha akan membiarkan posisi Vixion seperti ini terus menerus? kapan Vixion akan difacelift? jawabannya….keinginan tersebut ada cak…..

IWB mendengar isu semiwring bahwa tahun depan sebenarnya adalah agenda Vixion generasi terbaru lahir. Ya….dari sekian potensi produk motorsport yang akan hadir antara R25 dan R15….IWB malah mencium niat pabrikan garputala untuk fokus kembali pada Vixion. Walaupun sekali lagi, isu ini IMHO cukup lemah mengingat kita juga belum mencium kode project sang kuda besi. Tapi konon niat tersebut hadir ditengah kondisi yang cukup sulit karena pandemi….

Last….ada dua skenario yang disinyalir sedang digodok Yamaha yakni, fokus pada Vixion facelift atau membiarkan seperti ini mengingat pasar sport 150cc kurang menggiurkan akibat tekanan skutik yang membuat pasar sport 150 makin menciut. Sepertinya mereka masih wait and see. Namun yang patut diingat Yamaha, tahun depan Honda akan menggebrak pasar secara konsisten lewat kehadiran All new CBR150R serta CB150R. So…jika mereka memilih opsi yang kedua, IWB kuatir posisi mereka makin tenggelam dan jika itu terjadi untuk fight back akan jauh lebih sulit. Semoga saja pilihan mereka adalah skenario pertama. New Vixion ? seperti apa sosok yang sampeyan inginkan ? monggo share opininya….(iwb)

96 COMMENTS

      • Akibat FBY yg cuma jas jas jos jas jes jos doank.
        Giliran suruh beli ogah…

        Xixixiii…

        Y SuuRraaMm…

        Muehehee..

      • Era viksion sudah berakhir.
        Persis seperti masa jaya marc marquez yang mulai drop.
        Semua ada masanya sendiri sendiri.
        Hilang tumbuh berganti. Mau gak mau kudu ikuti hukum alam/syariat Tuhan tersebut.
        Relakan kehancuran sesuatu untuk mendapatkan hal yang baru. Seperti merelakan hilangnya beras untuk berubah menjadi nasi.
        Kalau mau abadi tidak terganggu oleh apapun, gak ada cara lain selain bergabung dengan yang maha abadi. Tirukan sifat2Nya.

    • Pertahankan Design SPBUmu Nak.. Niscaya engkau akan dibuly seluruh Indo dan Eropah kata Alan.. Yamalu SURAMMMMMMMMMMMMMM… wkwkwkwkwkwwk

      • Isu halu buat ngehajarrr pabrikan Y sampai babak belurrrrr, alhasil citarasa semriwing bin sumilirrrr

      • Bersliweran apanya Mbak Mijone? brosurnya? itu mah gak usah diomongin, lha wong standnya aja sampe ke pasar malem ekekekek

      • Bajindul Mijone Suram lagi menghibur diri padahal junjungannya menggap2 nafasnya karena jualannya ORA PAYU Jon.. wkwkwkwkwkwkwk

    • Paling entar nyontek CB150R lagi.

      Seperti yg sudah2

      Yamaha klo ga nyontek pasti amburadul

      Xixixiiii…

      Y SuuRraaMm…

      Muehehee..

      • wakakakakak dari komentarnya kita bisa tau betapa emosionalnya mbak Mijone ini… lagi dapet mbak? ?

  1. Kembali keep model nva ato NVL
    Lampu2 LED
    Bokong lebih pendek ban belakang/ kayak MT9 lawas.
    Arm kayak KTM.

  2. ekekekekek

    apakah ini hasil semedi di kebon belakang cak ??

    Jangan kasih Kendorrrrr cak

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheh

  3. Desain sekarang akan bisa ditolerir kalo mesin udah dohc. Lagian apa susahnya sih bikin dohc 150cc bagi Y? Atau emang susah ya utk Y, wkwkkwk

  4. ekekekek

    FBY minta Dohc dibikinin 2 Silinder 250 cc + SOHC Superior

    FBH dapet DongOHaCE Klotok klotkkk

    H suuuuRrrrAM

    muehehehehe

  5. Kata mijone sekarang udah ga jaman desain motor keren, sporty, runcing2.

    Sekarang jamannya desain motor culun dan mbulet…. kebanggaan mijone…

    Bonus mesin NGEBUL dan ROMPAL..

    Xixixiiii…

    Y SuuRraaMm…

    Muehehee..

  6. ekekekek

    Pantezz saja sport sebelah mundur Alon Alon kagak jadi Rilis diundur

    ternyata Jiper ada Vixion mau liwat

    H suuuuRrrAM

    mueheheheheh

    • Maklummm.. dia frustasi karena sembahannya belum.juga bisa bikin 150dohc pasca mledug di tanjakan sumatra ???

  7. Saya sebagai mantan pemakai vixion gen 1 jg gak suka model terakhir itu. Desainernya lg halu. Vixion 2021 sebaiknya ambil desain vixion gen 1dgn revisi fitur,tangki dibesarkan kapasitasnya,lampu all LED daymaker jg joss,velgnya dan ban jgn lupa

  8. kalau pun akan di-facelift, mau diposisikan di mana kang iwan? yimm udah cukup banyak varian sport 150 nya lho: mt15 (streetfighter), xsr150 (retro), r15 (sport fairing) atau yg rada ‘beda’ wr150 (dual sport) yang semuanya udah pakai usd (kecuali wr ya).

    kalau facelift (desain) minimalis misal tetap dengan shock depan teleskopik sementara (kabarnya) cb150r streetfire sebagai nemesis vixion udah mau upgrade pakai usd, vixion mau lawan siapa?

    imho, ada baiknya yimm keluarin sport terjangkau buat lawan cb150 verza biar persaingan di kelas ini lebih cepat berkembang. konsumen diuntungkan.

  9. sekali2 ganti dg rangka kandang macan biar hasil ahirnya wow!
    yg sekarang sih bagus tapi gak ada perubahan siknifikan orang jadi bosen!

    • Pasar Vixion,CB150,GSX-S atau bandit sekarang udah gak menarik.desain nya gitu2 aja dan cepat bosen.harga jual bekas nya anjlok bgt semua merek.market nya juga udah semakin nyiut mending bikin sport anventure/touring.untuk Vixion facelift RnD YIMM harus pegang full 100% desain nya.yamaha Jepang jangan ikut campur untuk desain,jangan kayak Vixion sekarang RnD Yamaha Jepang ikut campur

  10. Gak piksen doank, cebong series juga jualan nya nyungsep. Uda gak jaman motor naked. Sekarang jamannya matic.

  11. Saran design:
    – Stoplamp ambil model all new aerox dengan shape disesuaikan atau diperuncing lg.
    – Headlamp jgn ngikutin mt15/25, ambil dr nva diperuncing dan shape diperkecil atau bs ngikutin shape mio gear tetapi lebih kecil dan diruncingkan.
    – balikin tangki jgn pakai kondom, shape ga usah terlalu besar
    – shape body samping boleh contek shape body mio gear

  12. Pasar Vixion,CB150,GSX-S atau bandit sekarang udah gak menarik.desain nya gitu2 aja dan cepat bosen.harga jual bekas nya anjlok bgt semua merek.market nya juga udah semakin nyiut mending bikin sport anventure/touring.untuk Vixion facelift RnD YIMM harus pegang full 100% desain nya.yamaha Jepang jangan ikut campur untuk desain,jangan kayak Vixion sekarang RnD Yamaha Jepang ikut campur

  13. Masukan dari saya untuk Vixion facelift
    1.dasain belakang mirip MX king+stoplamp
    2.headlamp mirip MT 09 sekarang/jangan MT09 2021
    3.tanki bikin berotot
    4.shroud tanki meruncing ke depan dan bawah
    5.Y-conected+keyless
    6.undercowl
    7.ban ukuran 140 belakang

  14. Desain NVA masih related buat 5 tahun kedepan, balik lagi aja ke basis NVA, cukup sentuh dibagian bokong agak di lebarin dikit (tetep tipis tapi lebar kesamping dikit), bagian headlamp pake shape NVA udah bagus banget (headlamp terbaik dibanding rival), disisi lain itu bakal jadi ciri khas lho nah tapi kalo bisa kasih sentuhan led 2 tumpuk kaya cb150r.. sampe sekarang kalo liat NVA kesanya light, dan bener2 advance, sayang bgt kalo konsep ini diganti sama vixion SPBU yg konsepnya gak jelas, lampu robotik tapi body semacam lalapan di pecel lele *timun

  15. Kalo di lihat2 mereka sukanya terlena habis itu menyerah, dan buat pasar baru deh cak, coba liat ketika mio lahir dan begitu jaya.. terus mereka menghadapi honda beat dan kalah. Mereka beralih ke vixion.. vixion kalah. Lanjut buat pasar baru yaitu ke nmax.. nanti nmax kalah. Gak tau deh mau kemana lagi ?

  16. Sprti yg mas iwan bilang, desain skrng ini pendekatanya beda, sy termasuk yg suka. Tp klo mau ad facelift ya setuju sekali, yg tdk dimiliki kompetitor sbnernya banyak kok dr vixion gen saat ini, facelift tinggal improve kearah positif aj, pasti akan lebih baik diterima market

  17. yamaha harus berbenah dalam sisi desain. Ironis sih padahal dulu sisi ini adalah kekuatan mereka..
    Jangan semua motor desainnya dibuat kalem dan tumpul. Karena setiap produk motor itu punya ciri khas masing2.. kalo mau desain kalem dan tumpul cocoknya ke all new fino nanti. All new Vixion ? Ya harus tajem2, kekar dan macho. Kayaknya ga harus diajarin deh kayak begini2 ??

  18. ekekekek

    FBY minta DOHC dikasih 250 cc 2 Silinder belum lagi SOHC Superior yg membuat Sebelah Jadi Pecundang

    kalau Ymh Ngamukk Sadezzzzz

    H suuuuuRrrrAM

    muehehehe

  19. ekekekekekek

    pada bilang jelek ehh tahu tahu lariss maniss penjualannya Banyak seliweran di jalan
    .betul kata cak wawan Design Selera

    yg komen jelek cuma seupil gerombolan guk guk MensBoy H

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheh

  20. ekekekek

    Sesesmbahannya dibilang Jas jes Joss Ujung ujungnya Penjualan nyungsepp KOIT sendiri Stop Produksi Horrra Payuuu Numpukkk digudang

    H suuuuuuRrrrAM

    mueheheh

    • yang numpung digudang vixion apa cb??? kenyataan liat di jalanan ae …. bahkan lebih sering liat gsx s daripada vixion baru …. hora payu ….
      fby ra kuat tuku …..

  21. Bilangin ke Yamaha cak.. bikin Vixion yg sedikit mirip KTM Duke ..
    Kalau mau terpandang ya di bikin DOHC.
    Walaupun impossible bikin DOHC

  22. Sebagai pengguna NVL jujur lek iwb saya sendiri demen dan suka dg model tsb di banding gen terkahir. Tinggal YIMM mau merubah ga ke basis design awal. Dg memperbaiki kekurangannya saja.

  23. Yamaha skg cuma ngandalkan nmax.bentar lagi keluar pcx mesin baru 4katub pastinya lebih irit dibanding nmax

  24. Kalau masih begitu design dan mesin nya, klotok2 tetep laris sampe klotok2 terbaru yg isunya pake overbore dan upside down..

  25. All New Vixion dilihat dari sisi manapun tidak ada aura kejantanan nya…sorry to say
    Apalagi dilihat dari belakang sungguh perpaduan sempurna seperti bukan motor laki, tapi beraroma Hello Kitty

  26. Pembaruan atau Facelift di seluruh dunia juga tahu kalau Facelift itu sesuatu yang lebih baik dari pendahulunya…
    Getting Old…consider a Facelift….then…Facelift Gone Wrong..that’s all matters

    • Itu omongan pabrikan yg gagal bikin150cc DOHC..
      Smpai skrg eksperimen belum berhasil pasca dohc percobaan itu meledug di tanjakan sumatra.
      Baru belajar bikin mesin kah? ?

Comments are closed.