iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebagai orang awam pasti sampeyan penasaran, opo sih bedanya ban Radial vs Bias. Maklum pakde selama ini kita milih ban kebanyakan cari bentuk pattern semata. Pattern keren sikat, padahal ada jenis ban yang berbeda yakni radial dan bias. So…apa bedanya dan mending mana ? simak sekilas perbedaannya dibawah ini…

Tidak hanya ban mobil, ban motor juga tersedia dalam konstruksi radial. Ban motor radial dari segi konstruksinya beda jika dibanding ban bias. Ban tipe bias, dibuat dari lembar nylon cord yang dianyam atau dijalin dengan metode selang-seling atau zig-zag berbentuk sudut 40-65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

Sementara untuk konstruksi ban radial lapisannya menggunakan serat baja. Serat-serat baja itu, disusun berbentuk menyilang pada lingkaran ban. “Dari segi kenyaman juga patut diacungi jempol. Karena anyaman kawat baja ini lebih lentur, terutama saat ban melintas di jalan-jalan yang sangat bervariatif,” kata Jimmy Handoyo, FDR Technical Service & Development Dept Head Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR.

iklan iwb

Dari tampilannya, untuk tipe bias cenderung lebih tebal pada bagian tapak bannya. Ban bias punya kemampuan menahan bobot lebih berat yang sangat baik. “Ban radial lebih tipis sehingga lebih ringan dari ban bias. Namun, karena dari material konstruksinya, ban radial punya kekuatan yang lebih baik,” kata Jimmy.

Ban tipe bias paling gampang ditemukan di toko-toko ban motor atau di bengkel, karena ban tipe ini adalah ban standar yang digunakan pada motor. Sedangkan untuk mengenali ban radial cukup mudah karena pada bagian dinding akan tertera tulisan ‘R’ atau radial.

Umumnya ban radial dipakai untuk motor tipe sport atau motor berkapasitas mesin besar. Untuk itu, ban radial seperti FDR ini juga sudah menggunakan kompon intermediate untuk daya cengkeram yang lebih maksimal. “FDR punya dua varian ban radial, yaitu Blaze RS dan Blaze RX,” ujar Jimmy. Jadi kalau sampeyan nanya, mending mana antara ban Bias vs radial? celengan tebel mending radial pastinya karena lebih ringan dan kuat. Kecuali untuk harian yang tidak perlu high speed bisa milih bias karena harga jauh lebih murah dibanding radial. Ngono cak…roger 86 ? (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!