iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….pernah nggak sampeyan ngintip pengisian nitrogen untuk kendaraan pribadi baik roda dua ataupun empat. Pengisian rada mahal bukan masalah demi keawetan ban. Betulkah seperti itu? ketimbang banyak berspekulasi yuk kita coba tanya langsung pada ahlinya agar opini ini tidak dibilang salah kaprah alias tanpa dasar. Gazzz cakkk….

Dari beberapa informasi….nitrogen katanya lebih baik dibanding angin biasa. Ada yang bilang lebih enteng buat kecepatan tinggi….serta tahan lama nggak gampang membuat ban kempes. Pada dasarnya nggak ada yang salah dengan informasi diatas. Namun keterangan masih kurang spesifik dan detil. Jadi IWB akan coba ulas secara sederhana untuk menambah ilmu kita bersama. Sebagai informasi…angin biasa yang disuntikkan kedalam ban mengandung 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan sisanya adalah CO2 serta gas lain seperti neon dan argon plus sedikit unsur air..

Dalam pemakaian jangka panjang…campuran unsur tersebut akan memicu efek pengembunan serta korosi atau karat khususnya pada pelk tunggangan. Selain itu sifat angin juga mudah terlepas dari pori-pori ban sebab partikelnya lebih kecil dibanding pure N2. Pada kecepatan tinggi temperatur ban meningkat….unsur diatas juga ikut memuai. Tidak heran keawetan karet ban akan lebih pendek. Sementara hal itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan nitrogen murni tanpa terkontaminasi unsur lain. Berikut beberapa keuntungan yang didapat dari nitrogen…

iklan iwb

1. Gas nitrogen (N2) lebih stabil daripada angin dan udara biasa karena tidak gampang terpengaruh suhu ban yang sering naik turun akibat cuaca dijalanan.

2. N2 mempunyai berat jenis lebih ringan dan partikelnya yang lebih besar dibanding oksigen membuat kebocoran ban ber-Nitrogen lebih sedikit sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Keawetan nitrogen didalam ban bahkan diklaim 1/3 lebih lama dibanding angin….

3. Kinerja ban lebih optimal ketika berputar karena sifatnya yang dingin

4. Lebih hemat BBM (bila tekanan angin selalu terjaga)

5. Memperbaiki manuver tunggangan

6. Sifat nitrogen adalah non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi dan karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab

7. Nitrogen adalah gas kering yang akan mencegah terjadi karat atau korosi pada pelk. Selain itu kompon karet yang diisi N2 juga akan lebih awet “long life” akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembahan pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama…..lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability….

 

Jadi emang clearrr dan gamblang cak. Fakta diatas diperkuat oleh Jimmy Handoyo, FDR Technical Service & Development Dept Head Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR yang merangkum beberapa pertanyaan sbb :

Apakah ban motor yang diisi nitrogen aman?

Nitrogen adalah gas yang tidak mudah terbakar, tidak seperti oksigen. Oleh karena itu, nitrogen sebenarnya jauh lebih aman daripada udara terkompresi untuk hampir semua aplikasi ban. Itulah salah satu alasan mengapa gas nitrogen digunakan di ban pesawat komersial dan tim balap profesional di seluruh dunia.

Berapa banyak nitrogen yang harus saya dimasukkan ke dalam ban saya?

Ikuti tekanan angin yang dianjurkan oleh pabrikan ban tersebut. Tidak ada perbedaan besar tekanan angin baik diisi dengan udara atau nitrogen. Rekomendasi tekanan untuk ban FDR untuk ban depan, yaitu 29 psi, dan untuk ban belakang tekanannya 32 psi. Sobat FDR bisa mengurangi tekanan hingga 2 psi jika dirasa kurang nyaman.

Bagaimana jika ban bocor?

Dalam keadaan darurat dan tidak menemukan tempat pengisian nitrogen maka tidak masalah diisi dengan udara. Memang disarankan jika sudah diisi dengan nitrogen maka saat ban kempis diisi ulang lagi dengan nitrogen. Jika ban diisi dengan nitrogen yang tercampur udara terkompresi segera kuras angin ban, lalu isi ulang lagi dengan yang murni nitrogen.

Apakah saya masih perlu untuk memeriksa tekanan angin ban?

Ya! Meski ban yang diisi nitrogen lebih lambat untuk kehilangan angin, Anda tetap harus rutin memeriksa tekanan angin ban. Anda pun sebenarnya juga harus rutin memeriksa kondisi ban untuk melihat apakah ada retak, benjolan atau kerusakan lainnya pada ban….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!