iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….dunia memang berubah. Pandemic sukses meluluh lantakan ekonomi dunia termasuk Indonesia. Walaupun diakhir tahun IWB merasakan ada denyut kebangkitan dengan makin banyaknya event masuk ke newsroom IWB, tapi hal itu tetap mampu merubah sebuah rencana. Berdasarkan tren, kondisi dan urgensi……siapa menyangka….kondisi ini bahkan membuat isu 4 silinder 250cc dari Yamaha pun semakin melemah. Setidaknya itulah yang IWB dapatkan dari terawangan terbaru Yamaha R25 – M yang pernah menjadi “hope” kita Yamaha untuk menggebrak di pasar 250cc. Pertanyaannya….kenapa hal itu terjadi ??

Sebagai Blogger yang bergerak dalam bidang perterawangan (haiyaahhh, boso opo ikiii), IWB tidak sudi melepas segelintir dua gelintir target. Termasuk isu awal bahwa Yamaha diawal kemunculan Kawasaki ZX-25R juga menjadi salah satu pabrikan yang mantau seksama perjalanan sang kuda besi. Kemunculan mesin 250cc 4 silinder Kawasaki ini konon menjadi perhatian pihak prinsipel Yamaha Jepang. Sebagai pabrikan yang memiliki kemampuan meracik mesin yang sama….kehadiran ZX25R menjadi pembahasan selama satu bulan penuh sehingga muncul wacana untuk meracik mesin serupa dikelas tersebut…

Bahkan pada pembahasan itu sudah muncul sebuah nama yang berpotensi menjadi pembeda dengan versi R25 dua silinder vs empat silinder dengan kode M. Yup….tidak akan meninggalkan nama YZF R25 tapi hanya beda kode dengan label M. Itulah hasil terawangan terakhir yang IWB share mungkin setengah tahun lalu. Dan kalau sampeyan intip cak, pembahasan IWB tentang label nama Yamaha R25-M ini menjadi hot topic tidak hanya ditanah air namun dunia. Tanda harapan pabrikan garputala meracik mesin 250cc 4 silinder sangat besar. Tapi sangat disayangkan memasuki akhir tahun ini atau Desember 2020, indikasi Yamaha mewujudkan secret planning ini melemah….

iklan iwb

Betul cak, itulah yang IWB tangkap. IWB mendapatkan beberapa poin penting kenapa mereka akhirnya enggan mewujudkan rencana 250cc 4 silinder. Yang pertama situasi. Dengan kondisi pasar global yang terpuruk membuat rencana awal direvisi dengan posisi on – off. Artinya mereka masih wait and see walaupun project tersebut sudah ada dalam rencana awal. Status ini membuat project mesin 250cc 4 silinder yang diduga menggunakan label R25-M makin melemah. Yang kedua adalah urgensi. Dengan daya serap pasar yang cukup kecil pada range tersebut, pabrikan garputala disinyalir memperhitungkan urgensi meramaikan pasar 250cc 4 silinder yang secara bisnis dianggap kurang seksi…

Yup…..dulu mereka masih sudi meracik mesin 250cc 2 silinder R25 karena market seperempat liter dunia sedang bagus dan penjualan Ninja 250FI bisa tembus 5000-6000 unit perbulan secara konsisten bertahun-tahun. So….Yamaha berharap bisa mengambil setidaknya 1000-2000 dari penjualan tersebut. Sedang sekarang dengan Ninja ZX25R ? belum terbukti angkanya secara real mengingat sekarang masih memasuki masa hype. Apalagi ingat cak, pasar 250cc makin kecil. Dan untuk meracik mesin baru dibutuhkan investasi yang sangat besar. Apakah cost ini akan sepadan dengan yang didapatkan nanti ? itulah yang menjadi pertanyaan terbesar mereka dan konon sukses membuat Yamaha ragu. Ingat, market 250cc bukanlah market seksi karena profitnya kecil banget. Apalagi 250cc 4 silinder masuk pada range super premium disegmen 250cc. Lawong 250cc tembus 100 jutaan…piye jalll. Kalaupun rilis R25M, pasarnya berapa ribu unit ? itulah kendala terbesar terhadap project ini….

Last….mungkin sedikit mengecewakan namun jujur itulah hasil terawangan terakhir yang IWB dapatkan pada project Yamaha 250cc 4 silinder. Project yang sudah dalam bahasan internal namun menguap akibat kondisi. Setidaknya untuk saat ini disinyalir project R25-M pada kondisi freeze tanpa ada tindak lanjut real. Dengan kondisi ini maka statusnya terbuka 50:50. Terus lanjut namun menunggu perkembangan market dunia 250cc 4 silinder, atau justru stop forever dan Yamaha nggak akan pernah ikut terjun dikelas yang sekarang diisi Kawasaki ZX-25R. Artinya opo ? buat FBY, saran IWB buang dulu harapan mesin 250cc 4 silinder hadir sebab dari terawangan pribadi terbaru justru perkembangannya makin melemah. Bersabarlah dan semoga ada denyut lagi dimasa depan…semoga saja!? (iwb)

74 COMMENTS

    • Bikin DOHC 150 aj belom becus ( meleduk )
      Kok fby ngarep DOHC 250 4 cilinder
      Mikirrrrrrr………
      MuuuUUUUUuuehehehehe…….

    • Tinggal nunggu cbr latah bikin motor seperempat liter kek ZX25R…….atau latah ngekooorrrr yamama ngga bikin ?

    • 4 cyl juga udah sepi. Dunia lagi menunggu Adv 250 cak ?
      Yahama dah ga perlu digubris…krisis kedua bakal dialami , gejala bangkrut ke 2 sudah nampak ?

      • Sebentar lagi All New Pcx…dan akan beruntun dengan All New G lainnya dari Honda ?
        Pabrikan biji limbah Plastik Yahama cuma bisa melirik ngilerrrr sembari ngelap dan ngedaurUlang mesin2 Amoas mereka ?

    • Berharap R25M lebih supervisi atau minimal setara dengan kompetitor dan dijual dengan harga lokal. Dijamin laris.

  1. masa pandemi buat apa bikin 4 silinder
    kebanyakan orang juga kena isolasi
    yamaha cerdas dimasa pandemi
    mereka konsen ke divisi audio dan musik
    yg secara tidak langsung itu hiburan waktu
    isolasi dirumah ….

    jelasnya ngomong mereka punya berbagai senjata …

    kalo sebelah sih gak tau jualan apa ?

    ??????

      • Honda cukup jualan KAMPAS REM BEAT yg totalnya sama kaya penjualan motor Y selama pandemi chuakzzz ngoahaha

    • wekekekekek

      bener MS 78%
      saleznya cuma bagian ampas …
      buktinya katanya laris tapi masih
      sibuk BC kanan kiri ..

      nah

      ??????

    • Pabrikan biji limbah plastik Yahama makin bingung , bikin alat musik udah gak laku dan ga zaman … Orang2 dah pada pinter bikin musik dari digital ?
      bikin motor kaga laku karena rerata mesinnya bakal menjelma jadi mesin jahit dan mesin genset dalam 3 bulan , sparepart kw 3 fitur murah ( an ) ?

    • Ngarep dagangan laku
      Tempel iklan di warung iwbeh
      heemmm…. rupanya dah KAPOK nih…..
      MuuuUUUUUuuehehehehe……

      • konsep freego ini yg diterima pasar praktis dan multifungsi!
        daripada gen mio yg jelas2 sulit melawan beat, tinggal diferensiasi produk freegonya saya rasa desain clasic retro(bantet) lebih diterima daripada clasic sporty

  2. Lah kan 250c mc 4cyl udah ada kawasaki zx25r. Terus kenapa pabrikan lain harus ikut-ikutan bikin?

    • Biasa, itu cuma opini saja…
      Gara2 zx25r jadi banyak kabar pabrikan lain bikin 4cyl 250cc… Sampe ngomong2 ke petinggi pabrikan lain dan pabrikan lain buka suara, walau bisa jadi aja pabrikan lain cuma ngomong doang dan padahal gak serius garap

  3. Yamaha ga punya duit. Wkwkwkk noh kek Honda punya duit tp ga punya nyali. Kalo kawasaki duit pas2an tapi nyalinya gede dan jadilah ZX25R wkwkkk

  4. gak usah jauh2 ngimpi bikin 250cc 4 silinder, pikirin dulu cari vendor klep.
    NGURUSI KLEP AJA GAK BECUS KOK MAU NGOMONG SILINDER ???

  5. R25 gaperlu 4 silinder sih. Tinggal pakein body new r6 + ubah mapping ecu + rebuild cylinder head (sukur? dapet 39-40ps) udah auto rame. Siapa sih yg gak kepincut desain new r6 (dilarang munafik)

  6. ekekekek

    REAL SULTAN Y gitu

    bikin mesin tinggal membalikan tangan mau
    2 silinder
    3 silinder
    4 silinder

    tinggal di masakkk jadi matang rasa lazizzzzz nikmat sedap

    beda dengan sebelah masakannya bosok

    H suuuRrrAM

    muehehehe

  7. ekekekekke

    FBY minta Dohc 150 dibikinin 250 cc 2 Silinder + SOHC Superior kipas kipass dolar

    FBH minta Dohc dibikini Klotokk klotokkk Auto Rembessss Oli

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheheh

  8. ekekekekek

    REAL SULTAN Y kasih nafas lah buat sebelah
    R25 dijual kipass kipass Dolarr
    R6 dibikin Racing Only

    Sebelah jualan sampai Megap Megap
    CeBokeR 600 suntik mati
    CeBoker250erreree udah layuuuu

    H suuuRrrrAM

    muehehe

  9. Mijone kemarin ada berita surat untuk Yamalu km dan fby Sales fans karbitan gak berani pada nongol sih kenapa

  10. kalo saya viar cross X dan gaz gas aja merk dalam negeri..mulutnya fans boy kayak comberan semua..ga bisa buat motor aja komennya kayak yg punya merk..merk luar negeri aja dibangga banggakan..tinggal pake aja mikir power,dohc?. emange lu pembalap semua?

  11. Denyutnya dimasa depan yaitu tahun depan lagi dibahas ya cak. Wehhh…ayo yamaha kawasaki tuh dah export zx25r. Permintaan indenan saja masih kewalahan tuh. Didealer gak ada display zx25r cak. Gmn gak laris…yg pke 250 2 silinder yg bkin laris neh.

  12. Waduh… Jangan bahas mongtor ini lg Lek… Ini adalah mongtor yg bikin sengsara kaum fby tujuh turunan… Jangankan 4 cyl…. Wong yg 2 cyl aza udah ditabokin sana-sini.. kiri-kanan… Kcian fby ter kozel2 berjamaah….

  13. Komen”nya sales keliatan banget subjektifnya, ga berbobot. Spam doang. Mau ngabacot sampe berbusa pun ga akan ada yang denger ucapan klean. Miris

Comments are closed.