iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….dunia memang berubah. Pandemic sukses meluluh lantakan ekonomi dunia termasuk Indonesia. Walaupun diakhir tahun IWB merasakan ada denyut kebangkitan dengan makin banyaknya event masuk ke newsroom IWB, tapi hal itu tetap mampu merubah sebuah rencana. Berdasarkan tren, kondisi dan urgensi……siapa menyangka….kondisi ini bahkan membuat isu 4 silinder 250cc dari Yamaha pun semakin melemah. Setidaknya itulah yang IWB dapatkan dari terawangan terbaru Yamaha R25 – M yang pernah menjadi “hope” kita Yamaha untuk menggebrak di pasar 250cc. Pertanyaannya….kenapa hal itu terjadi ??

Sebagai Blogger yang bergerak dalam bidang perterawangan (haiyaahhh, boso opo ikiii), IWB tidak sudi melepas segelintir dua gelintir target. Termasuk isu awal bahwa Yamaha diawal kemunculan Kawasaki ZX-25R juga menjadi salah satu pabrikan yang mantau seksama perjalanan sang kuda besi. Kemunculan mesin 250cc 4 silinder Kawasaki ini konon menjadi perhatian pihak prinsipel Yamaha Jepang. Sebagai pabrikan yang memiliki kemampuan meracik mesin yang sama….kehadiran ZX25R menjadi pembahasan selama satu bulan penuh sehingga muncul wacana untuk meracik mesin serupa dikelas tersebut…

Bahkan pada pembahasan itu sudah muncul sebuah nama yang berpotensi menjadi pembeda dengan versi R25 dua silinder vs empat silinder dengan kode M. Yup….tidak akan meninggalkan nama YZF R25 tapi hanya beda kode dengan label M. Itulah hasil terawangan terakhir yang IWB share mungkin setengah tahun lalu. Dan kalau sampeyan intip cak, pembahasan IWB tentang label nama Yamaha R25-M ini menjadi hot topic tidak hanya ditanah air namun dunia. Tanda harapan pabrikan garputala meracik mesin 250cc 4 silinder sangat besar. Tapi sangat disayangkan memasuki akhir tahun ini atau Desember 2020, indikasi Yamaha mewujudkan secret planning ini melemah….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Betul cak, itulah yang IWB tangkap. IWB mendapatkan beberapa poin penting kenapa mereka akhirnya enggan mewujudkan rencana 250cc 4 silinder. Yang pertama situasi. Dengan kondisi pasar global yang terpuruk membuat rencana awal direvisi dengan posisi on – off. Artinya mereka masih wait and see walaupun project tersebut sudah ada dalam rencana awal. Status ini membuat project mesin 250cc 4 silinder yang diduga menggunakan label R25-M makin melemah. Yang kedua adalah urgensi. Dengan daya serap pasar yang cukup kecil pada range tersebut, pabrikan garputala disinyalir memperhitungkan urgensi meramaikan pasar 250cc 4 silinder yang secara bisnis dianggap kurang seksi…

Yup…..dulu mereka masih sudi meracik mesin 250cc 2 silinder R25 karena market seperempat liter dunia sedang bagus dan penjualan Ninja 250FI bisa tembus 5000-6000 unit perbulan secara konsisten bertahun-tahun. So….Yamaha berharap bisa mengambil setidaknya 1000-2000 dari penjualan tersebut. Sedang sekarang dengan Ninja ZX25R ? belum terbukti angkanya secara real mengingat sekarang masih memasuki masa hype. Apalagi ingat cak, pasar 250cc makin kecil. Dan untuk meracik mesin baru dibutuhkan investasi yang sangat besar. Apakah cost ini akan sepadan dengan yang didapatkan nanti ? itulah yang menjadi pertanyaan terbesar mereka dan konon sukses membuat Yamaha ragu. Ingat, market 250cc bukanlah market seksi karena profitnya kecil banget. Apalagi 250cc 4 silinder masuk pada range super premium disegmen 250cc. Lawong 250cc tembus 100 jutaan…piye jalll. Kalaupun rilis R25M, pasarnya berapa ribu unit ? itulah kendala terbesar terhadap project ini….

Last….mungkin sedikit mengecewakan namun jujur itulah hasil terawangan terakhir yang IWB dapatkan pada project Yamaha 250cc 4 silinder. Project yang sudah dalam bahasan internal namun menguap akibat kondisi. Setidaknya untuk saat ini disinyalir project R25-M pada kondisi freeze tanpa ada tindak lanjut real. Dengan kondisi ini maka statusnya terbuka 50:50. Terus lanjut namun menunggu perkembangan market dunia 250cc 4 silinder, atau justru stop forever dan Yamaha nggak akan pernah ikut terjun dikelas yang sekarang diisi Kawasaki ZX-25R. Artinya opo ? buat FBY, saran IWB buang dulu harapan mesin 250cc 4 silinder hadir sebab dari terawangan pribadi terbaru justru perkembangannya makin melemah. Bersabarlah dan semoga ada denyut lagi dimasa depan…semoga saja!  (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!