iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..emboh percaya emboh nggak, beberapa hari lalu IWB mendapatkan kiriman surel yang cukup mengejutkan. Surel yang dikirim followers setia Iwanbanaran menunjukkan sebuah indikasi kuat adanya training diam-diam yang dilakukan PT SIS pada satu produk sport fairing 250cc. Yang cukup membuat bingung adalah….penyebutan nama GSX250R pada surel namun ada siluet gambar yang cukup kecil mirip sosok Gixxer 250SF. Pertanyaannya…benarkah isu ini dan gimana potensi keduanya masuk dipasar Indonesia ?

Wihhh tenan cak, kalau IWB nggak menjaga segala komponen dan unsur…..warung ini akan bertebaran foto-foto eksklusif khusus buat sampeyan dari Iwanbanaran. Produk-produk yang belum rilis baik komponen dan printilannya ediann tenan pokoke. IWB sudah kantongi walau status komponen tersebut butuh kerja keras lagi untuk mengungkap. So..IWB haturkan terima kasih maturnuwun yang luar biasa untuk para telik sandi serta supporters Iwanbanaran. Jiann jozzz gandozzz tenan sampeyan semua. Nah kembali soal isu training GSX-250R atau Gixxer 250SF…

IWB cantumkan dua produk ini karena memang isunya masih belum jelas. Disana hanya terjepret foto yang sangat samar dengan tulisan caption yang bikin IWB melek. ” Kemarin pagi jam 10…” seru cak X (sebut saja demikian). Disana tertera sosok produk yang juga cukup samar. Entahlah cak, lingkungannya seperti pabrik Suzuki di Pulogadung. Foto buram ini IWB menangkap sosok fairing namun dengan desain yang bisa IWB katakan mirip dengan motor yang sudah eksis. Tapi doi memastikan itu adalah foto lokasi training GSX-250R. ” GSX250….” serunya lagi. Pertanyaannya benarkah bocoran tersebut ?



Jujur cak, ketika IWB investigasi bocoran ini cukup lemah. Sebab dari beberapa kanal jaringan yang IWB miliki….Suzuki disinyalir belum ada rencana untuk memasarkan GSX250R. Dulu sempat tersiar kabar PT SIS mempelajari untuk mendatangkan Gixxer 250. Antara versi SF atau versi naked. Masih ingat percakapan IWB masa lalu? disana jelas indikasi yang bisa IWB tangkap bahwa PT SIS masih sekedar mempelajari. Simak percakapan IWB pada artikel Mei 2019….

Kehadiran salah satu produk baru di India yakni Suzuki Gixxer 250. Motor yang memiliki desain cukup keren tersebut sempat IWB tanyakan potensinya dibawa ke tanah air. Mungkinkah Suzuki Indonesia memasarkan kesini dan bagaimana progres tentang Suzuki GSX R250 (bukan R dibelakang seperti produk yang sudah hadir di Tiongkok)? Ketimbang berspekulasi IWB pun langsung menanyakan hal ini kepada Mimuro san. Berikut jawabannya…

Kalau menurut pak Iwan gimana? Oke nggak? “ seru doi malah balik bertanya. Laahhh…piye jal. Sepertinya Suzuki ingin dengar bagaimana opini IWB. Tentu saja IWB tidak keberatan dan memberikan opini secara blak-blakan. ” Secara desain memang lumayan oke tapi kalau mesin 1 silinder Memang agak sulit. Sebab di Indonesia mesin 250cc fairing rata-rata yang disukai adalah motor dengan konfigurasi 2 silinder. Kecuali Mimuro san bisa memasang harga yang sangat bagus….” seru IWB..

” Tapi itu mesin baru lho….mesinnya bagus walaupun mesin 1 silinder...” pungkas Mimuro san coba mengajak diskusi. ” Iya…saya tahu. Powernya juga bagus bahkan dibandingkan dengan Suzuki Inazuma yang notabene menggunakan mesin 2 silinder. Power Gixxer 250 lebih besar (kisaran 26 vs 25HP). Tapi di segmen ini tidak hanya soal power tapi pride. Lihat saja Kawasaki Ninja 250SL…kurang powerful gimana. Dan penjualan mereka Langsung melejit setelah harga promo diberlakukan menjadi 37 jutaan…” tambah IWB lagi…

 Iya ya…saya tahu itu. Betul sekali….jadi harga penting sekali ya pak Iwan..” gumam Mimuro. ” Dalam beberapa kasus disegmen tersebut tetap penting. Ini opini saya Mimuro san…. mungkin Suzuki punya analisa lain….” pungkas IWB tersenyum. Doi manggut-manggut. “ Yahh…kalo bisa dipasang di bawah 40 juta bolehlah….” seru IWB lagi. Doi langsung ngakak. ” Sulit, pajak importnya saja besar…” cetusnya tertawa. Terus gimana soal potensi dibawa kesini? pertanyaan tersebut ternyata masih ngambang….

Yup…itu setahun lalu cak. Apakah sekarang berubah pikiran? rasanya sulit mengingat kondisi pasar 250cc juga sedang berdarah-darah. Dan tiba-tiba Suzuki ingin membawa GSX250R atau Gixxer 250SF? entah kenapa IWB masih belum yakin. Mungkinkah training hanya untuk persiapan walau produk belum pasti dirilis? soal ini tentu hanya Suzuki yang tahu. Terlepas dari semua, dengan spek mesin kedua motor yang IWB sudah sebut, jika PT SIS tidak mampu menekan banderol lebih baik urungkan niat sebab malah bakal membuat mereka extra effort. IMHO mending Saluto, bener horaa cak. So…kita pantau saja dan anggap artikel ini hanya selingan ringan sebab dari sisi pribadi IWB memang belum menemukan indikasi kuat kedatangan GSX250R ataupun Gixxer 250SF. Btw sampeyan sendiri piye, tertarik ora jika salah satu motor diatas masuk INA? monggo berikan opininya……(iwb)

Advertisements