iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…nggak lega rasanya kalau IWB nggak share pengetahuan tentang sesuatu yang menarik untuk kita bahas. Sesuatu yang akan membuat kita melek…..kenapa dalam satu pabrikan kadangkala ada yang motornya memiliki desain cakep dan buruk? kenapa tidak semuanya cakep ? kenapa kalau brand A maxi skuter keren tapi entry levelnya kurang ? atau brand B yang moge-mogenya juozz tapi kalau meracik desain motor kecil kurang? Bedah fakta desainer motor, inilah hal penting yang patut sampeyan ketahui…

Desain saat ini memang menjadi Fokus utama pembahasan kita mengingat tanpa desain bagus motor akan sulit berkembang. Cukup banyak contoh yang bisa kita ambil dari beberapa pengalaman masa lalu baik Honda, Yamaha, Suzuki ataupun Kawasaki. Desain yang kurang bisa diterima pasar untuk Honda bisa kita ambil contoh dari Honda Spacy, CS1, Megapro basis Dazzler India. Kemudian Yamaha bisa kita ambil contoh Byson Fi, Scorpio Z, Mio S….XRide 2nd gen dll. Sementara masing-masing Kawasaki dan Suzuki contohnya adalah Kawasaki Athlete, Kaze R, Spin dan masih banyak contoh lain yang tidak bisa kita sebut satu persatu….

Desain sendiri sebenarnya lahir dari RND department. Mereka yang bertanggung jawab untuk meracik desain disesuaikan selera pasar. Departemen riset and development ini tentu diisi oleh banyak orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Melakukan survei dan kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk desain yang diharapkan bakal diterima market. Data yang diperoleh kemudian diserahkan pada tim designer yang tugasnya adalah menuangkan dalam bentuk real, kemudian melalui proses cukup panjang hingga masuk Mass Production….

iklan iwb

Nah dari sini kita bertanya….kenapa dalam pabrikan yang sama pada saat eksekusi kadangkala ada produk yang sangat keren tapi pada saat yang sama pula ada juga produk yang kurang sesuai dengan selera? Tarikan-tarikan body ataupun bahasa desain yang tidak seluwes lainnya. Pertanyaan tersebut banyak dilontarkan ke IWB Dan inilah yang ingin ini beberkan kesampaian fakta sesungguhnya bahwa…

Dalam satu pabrikan tidak selamanya produk tersebut diracik oleh orang yang sama. Seperti halnya sebuah perusahaan ada beberapa desainer yang dipercaya oleh mereka guna meracik produk yang sudah dipatok sesuai plotnya. Contoh….cak Paijo dipercaya meracik desain untuk skutik 150cc hingga 250cc namun Paino hanya entry-level skutik. Atau tukijo dipercaya meracik desain sport naked sementara Tukimin meracik sport fairing. Artinya dalam divisi tersebut ada berapa orang yang memiliki skill dan taste berbeda. Itulah kenapa kalau sampeyan perhatikan tidak selalu dalam satu pabrikan bahasa desain nya Selaras. Karena pasti mengikuti selera dari desainer yang mengerjakan..

Dan seiring perjalanan waktu tidak selamanya desainer tersebut bakal bercokol dalam satu pabrikan tersebut. Namanya wae wong kerjo cak. Bisa saja seiring waktu berjalan designer yang sudah bekerja disana tidak lagi mengabdi pada pabrikan tersebut. Kondisi ini tentu memaksa pabrikan mencari designer pengganti….. designer yang diharapkan memiliki kualitas yang sama dengan pendahulunya. Walau tentu saja desain tetaplah desain yang pada akhirnya keluar dari selera serta skill sang desainer….

Last… Itulah sekilas fakta alasan kenapa desain dalam satu pabrikan tidak selalu cakep sesuai dengan selera masa lalu. SDM atau resources menjadi kunci utama dan celakanya kita tidak pernah tahu seperti apa Behind The scene pengerjaan sebuah produk. Apakah desainer tersebut tetap loyal terhadap pabrikan sebelumnya atau sudah pindah ke lain pabrikan atau justru sudah resign? No body knows. Tapi yang pasti…memang menjadi tantang pabrikan untuk meracik desain yang tetap disukai pasar walaupun terjadi pergeseran atau pergantian internal. Kira-kira ngono cak. Nahh dari sini wis mudeng to…..(iwb)

59 COMMENTS

  1. Brand S ky GSX-S, Lets, Skywave, skydrive (ane tambahin kang)
    itu nyata bagi Brand S. sjak lahir sdh salah design.
    Alhasil tmbah mlorot penjualannya.

      • Yamalu juga Bagus Designnya (Kalau Nyontek tetangga).. Wkwkwkwkwk.. Begitu Designer aslinya dipakai/diaplikasikan ke motor barunya jadi dech Yamalu Gear gagal total.. wkwkwkwkwkwkwwk

    • Wkwkwk

      All tongos family modelnya ambyar
      RnD nya terinspirasi makhluk astral
      Dealeenya aja pada tutup

      Wkwk

      • Motor Keren after sales ? ?
        Motor Biasa after sales ? ??
        Orang udah paham tiap 4-5 tahun keluar model baru
        Kalau model baru lebih bagus, bisa di jual, tambah, dapet yg baru..
        Kalo after sales buruk mau di jual pikir 2x…

    • ketika desain jadi..
      dibuat prototype awal..
      harusnya disurvey lagi ke pasar (penikmat pengguna motor)..
      terlebih ke pengguna motor kompetitor..

      Mungkin ini yg belum ada..

  2. Lha setelah desainer membuat design kan harus melalui acc dr pejabatnya dulu cak apakah diterima atau tidaknya. Jadi ya tergantung pejabatnya

  3. Menerjemahkan selera design konsumen(negara) itu susah,misal india masyarakatnya pinginnya…..
    Di indonesia pinginnya ……

    • harusnya yamaha banyak d sebut soal desain semuanya aduhh, terkecuali. mx king, aerox dan namax…
      semuanya bisa d sebutkan sama kalian d bawah ini…

  4. Kadang design sudah jelas jelek tapi kog di ACC contoh suzuki design nya pada hancur ganti nama design makin tambah hancur gsxs, bandit dll ???

  5. Survei dari rumah kerumah aja tukang design nya, tanya warganegara mau motor yg kek gmn? Ntar dibikinin wkwk

    • Design itu seni terap/applied. Beda dengan fine arts/seni murni yang lebih banyak condong ke mood.
      Designer kudu kerjasama kolaborasi, banyak masukan. Saya satu WAG sama yg design “semakin di depan” nya yamaha. Banyak proposal design alternatif nya.
      Gak bisa andalkan mood, intuisi pribadi, harus bisa ngemong orang lain.

      • Design memang bukan Fine Arts, tapi Design menjembatani Fine Arts yang konsepnya dapat dgn mudah diterima dan ditangkap kepada targetnya. Tapi saya sebagai Designer, tetap membutuhkan mood yg mendukung untuk dapat men “desain” sesuatu. Kalo mood sedang jelek, biasanya hasil design kurang ciamik cak (tapi tetap menyesuaikan kpd target audience). Jadi even Design bukan fine arts, tetep aja butuh mood untuk mengerjakan. Ibarat kerja biasa kalo moodnya jelek hasil kerjanya bisa aja jadi kurang memuaskan. IMHO -Designer

  6. Mobile legends aja klo mau ngeluarin skin baru, ngirim email seabrek2 ke puluhan juta playernya buat survey, beserta siluet2 contoh yg bakal dikeluarin.

    Lha ini pabrikan2 gede Honda, Yamaha, Suzuki, siapayg di survey ? Blogger2 sama youtuber2 bayaran doang x yg di survey, bukan konsumen akhir.

    Ane dari pke Astrea Star, RX-King 2005, sampe skrg dirumah ada Freego sama Scoopy, kaga pernah itu dpt survey. Alamat STNK sm BPKB alamat rumah ane padahal ..

    • Nah itu dia…

      Survey
      Rancangan
      3d desain
      Prototype
      Patent

      Survey pengguna motor (bh, by, bs, bk, bb)???????

  7. berarti di indonesia khusus entry level, butuh designer dari kalangan bawah ataupun jamet cak biar disukai anak muda.

    nyatanya semakin liar semakin sesuai zaman namun cepat bosan 2 atau 3 tahun.
    namanya trend cepat berubah cak.

  8. pantes kl design sebuah produk mengacu ke selera si designer nya sendiri.. makanya jangan heran, ada motor muke sempak, ada juga motor muke lele.

  9. NewBi : Ada Design motor yg enak dilihat langsung, ada yg enak dilihat difoto/borsur. Yg GA Enak dilihat langsung seperti perempuan tnpa rias, mau difoto malu, harus lihat + buktiin langsung. Yang Enak dilihat lngsung seperti perempuan udh biasa rias, mau difoto angel mana aja siap. Seperti app camera di Smartphone sekarang, bnyk yg ketipu sm aslinya.

  10. Cak knapa biker indonesia ga patungan aja buat bikin pabrik motor design dan sendiri sesuai selera bersama tar motor nya di murahin wkwkwk

  11. Jd desainer nggak mudah, banyak aspek yg harus diperhitungkan, terutama kl sudah menyangkut ongkos produksi, maintenance ke depan, dll. Apalagi kl sudah menyangkut selera, tolok ukurnya tiap orang berbeda beda

  12. Kira kira dimari ada kagak yang bisa Ngedesain onde onde yang bentuknya futuristik n ada sudut lancip2nya geto

  13. Desainer Yamahud telah pindah ke Honhon. Karna dahulu mungkin tak dihargaai ditempat yamahud.
    Maka desain honhon sekarang tajam lancip keren.

  14. Artikel ini sekaligus menjadi jawaban, kenapa desain motor honda sekarang lebih bagus & diterima pasar.
    Dan yamaha justru malah sebaliknya…
    Mungkin bukan desainer yg tertukar, tapi berpindah kayanya…

  15. Sini gw buatin desain..krn gw pinter gambar! Dari jaman sd gw selalu juara gambar & yg paling gw suka emg gambar motor sport,metik,bebek & animasi. ? Klik canel youtubeku ya? @oziedrawingsport tp skrang lg sibuk kerja yg laen. Jd lama kgk pernah aplud video baru. ?

  16. Desainer motor Yamaha kayanya anak baru lulus. Yang ngedesain Jupiter MX.. NVL.. Xeon.. dan X-Ride gen1 udah pada pensiun.

  17. Kurang spesifik om. Raw design memang selera designer, namun setelah presentasi kepada klien/atasan pasti akan terjadi revisi2/arahan2 sesuai selera klien/atasan tersebut. Bayangkan jika misal atasannya ada 5 orang, dan 5 orang tersebut ambil ikut minta revisi ini itu, alhasil 5 selera desain yg beda akan dicoba diselaraskan oleh si designer. Jadi biasanya/kebanyakan produk yg siap edar itu bukan murni hasil selera si designer, krn pasti ad campur tangan klien/atasan.

  18. Desain itu ibarat bumbu, tiap daerah beda rasa…. Hanya yang mengerti yang bisa menikmati, seburuk apapun dimata kalian tetep akan ada orang yang suka, dan sebagus apapun dimata kalian akan ada orang yang g suka.

  19. Wah penghinaan iki lek, Spacyku mbo arani saldis ig, Saiki dadi barang langka lo lek suatu saat nanti bakan dadi incaran para kolektor ….

  20. kalo disen motor mah menurut ane yang banyak bagus nya di kelas sekuter metik masih dipegang sama eropa kaya vespa, lambretta, royal alloy, peugeot

Comments are closed.