iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..asli IWB ngucek-ngucek mata saat ngintip buku primbon. Nyaris tidak percaya dengan terawangan didepan mata. Iki salah opo oraaaaa ? itulah pertanyaan IWB yang pada akhirnya menjawab dengan penuh keraguan…..disinyalir memang benar. Lhooo opo kuwiii ? Low MPV sejuta umat Avanza-Xenia. Percaya nggak, IWB mengendus All New Avanza-Xenia facelift 2021. Namun beda dengan generasi sekarang…..kedua LMPV ini tidak lagi mengadopsi penggerak belakang (RWD) tapi FWD (front wheel drive). Whaattttttt ? seriusann kieeeee ??

Avanza – Xenia, duo kembar sejuta umat yang cukup perkasa dan mendominasi pasar LMPV. Sepak terjang mereka memang sulit dibendung walau mereka kini mulai goyah mendapatkan tekanan dari para rival. Tapi jangan salah…kendati tekanan terus bertubi-tubi dari Xpander, Ertiga ataupun Mobilio, posisi Avanza masih digdaya. Bahkan dari data Gaikindo, gabungan Avanza 1.3L dan 1.5L tetap tak terkalahkan dengan menorehkan penjualan 25.104 unit di kuartal ketiga 2020 disaat saingan terdekatnya Xpander diangka 18.885 unit. Ediann to…

Nahh herannya cak, entah kesambet apa IWB dibuat tercengang ketika mengintip buku primbon (haiyaahhh). Kali ini IWB mencoba membidik roda empat dan menemukan adanya pergerakan all new Facelift Avanza-Xenia. Catat catet cak…All New Facelift, jadi emang berubah total baik dari desain ataupun engine. Bahkan yang membuat IWB terkejut dan serasa nggak percaya…..lhoooo kok spek enginenya tidak lagi RWD tapi FWD. Whatttt seriusaaann kieee ?



Emboh cak, bener atau tidak namun itu yang IWB temukan. Jika benar tentu ini mengejutkan karena kekuatan terbesar Avanza-Xenia adalah RWD-nya yang dianggap lebih powerfull khususnya jika diisi penuh dengan muatan banyak dan kontur jalan nanjak. Tapi sepertinya PT TAM memiliki pertimbangan lain yang ingin menggeser positioning Avanza menjadi LMPV yang lebih nyaman, senyap dan efisien. Lawong lainnya juga FWD cak…iyo ora. Dan jika tidak salah menerawang lagi…posisi penggerak belakang akan diiisi oleh produk Toyota lain disegmen baru A-SUV. Apa gerangan ? tenang, IWB akan bahas diartikel terpisah…soale roda empat tahun depan juga seruuu kieee…

Last…sebelum kedatangan All New Avanza-Xenia facelift 2021, dari terawangan IWB akan lahir terlebih dahulu duo kembar mobil murah Calya-Sigra facelift. Kalau nggak salah kode project untuk Sigra terbaru nanti adalah D26A, kalau nggak salah lho ya. Beda cak, akan beda pokoknya. Btw semua hanyalah terawangan ora jelas. Tapi nggak ada salahnya sampeyan tampung dan bookmark artikel ini untuk kita buktikan sama-sama dimasa depan. So… All New Avanza-Xenia facelift 2021 ? dari terawangan IWB berubah FWD cak…..mungkin nggak menurut sampeyan ? (iwb)

Advertisements