iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…jiannn pedessss tenan komen-komen dari seluruh kanal social media Iwanbanaran. Termasuk video Youtube yang dihujani komentar hingga 1400 komen dan like lebih dari 2.7k. IWB nggak akan menyebut produk apa biar adem cak, sing jelas pedesnya ngalah-ngalahin cabe rawit. Komen tersebut juga melontarkan keheranannya pada desainer Honda yang dikatakan semakin cakep (bukan IWB lho ya yang bilang). Tidak heran terlontar kalimat….seperti desainer yang tertukar, pertanyaannya benarkah demikian. So…diartikel ini IWB akan coba memberikan analisa IWB, kenapa hal itu terjadi. Bedah rahasia makin cakepnya desain Honda, ini analisanya !!!

Era demi era terus berjalan. Setiap pabrikan memiliki masa keemasan namun juga masa sulit….koyok roda berputar cak. Tentang desain jaman dulu…Suzuki dan Yamaha menjadi benchmark karena rata-rata produk mereka futuristik. Terutama Suzuki….wisss ora usah ditanya cak. Jangkrik apik-apik tenan pokoke. Mereka berani menggebrak dengan desain out of the box tapi keren. Bayangin wae…ketika desain masih serba membulat, mereka tiba-tiba berani meluncurkan desain ala motor dari planet neptunus. Masih ingat Tornado ?

Pertama kali IWB ngeliat bentuk headlampnya, woww IWB terbengong-bengong cak. Lhooo kok kerennn ? generasi yang cukup mencuri perhatian pasar saat itu adalah RGR150, Smash, Shogun, Satria 120 termasuk Satria 150 dll. Sementara Yamaha mulai bangkit dan mencuri perhatian ketika lahir Mio yang begitu booming. Dilanjutkan gebrakan yang menggoncang pasar sport 150cc dengan lahirnya Vixion 1st gen. Desain cakep dengan power dan fitur melompat dari jamannya yakni injeksi, deltabox dan mesin SOHC 4 katup ditahun 2007. Sedang Kawasaki mulai mendapatkan path-nya dengan Ninja series yang tetap termasyur hingga sekarang. Honda ?

iklan iwb

Ora dilirik cak khususnya para biker muda. Honda dipandang motor yang cenderung mature kebapak-bapakan. Mungkin dari sekian motorsport Honda yang dipandang hanya Tiger…itupun juga mulai tertekan akibat tren pasar yang terus berubah. Dan puncaknya ditahun 2007 setelah dihantam Vixion…..market sport 150 dan 200 Honda goncang. Mereka seperti kecolek, shock dan tidak menyangka. Market yang dipercaya akan tetap dikuasai mereka bergeser dengan sangat cepat. The power of design and feature sukses menggulingkan brand power. Dan ditahun 2010 ini IWB anggap sebagai cikal bakal perubahan Honda yang cukup terasa….

AHM merombak total berbagai divisi. Dari pabrikan yang awalnya kolot dan tidak mau mendengar….berubah total. Mereka seperti sadar kompetisi market tidak bisa mengandalkan nama besar brand seperti masa lalu. Divisi RND yang dulu cenderung dipandang sebelah mata dioptimalkan. Ini IWB rasakan karena secara aktif para RND ini seringkali menggali informasi langsung ke para Blogger termasuk IWB. Ngobrol santai namun IWB paham betul arah perbincangan adalah mengoleksi data…seperti apa motor yang diinginkan biker? apakah A sudah oke atau kurang ? apa yang kurang ? IWB sih blak-blakan kalau ngasih kritikan dan pujian…

Itu dilakukan intens sampai sekarang. Apakah pabrikan lain tidak melakukannya ? dari pengalaman pribadi nggak ada. Mungkin mereka percaya dengan tim survei sendiri atau sungkan untuk mengggali informasi….mungkin lho ya. Tapi tim RND AHM ini memang real bergerak dan sangat IWB rasakan. Contoh dan pengakuan yang cukup membanggakan IWB adalah CB150R frame merah diatas. Kuwi hasil dari masukan IWB cak…itu diakui tim RND AHM pak X sebut saja demikian. Saat itu soalnya banyak yang ngecat frame CB warna merah dan IWB sampaikan ke AHM. Dilalah direspon AHM pada next masspro dan sambutan pasar bagus. Mantappp ora jal….

Walau mungkin nggak semua produk langsung mulus dipasaran seperti Spacy contohnya. Tapi isunya Spacy ini memang cenderung dipush oleh prinsipel pusat yang akhirnya menjadi percontohan real sehingga prinsipel Jepang malah semakin mendengarkan masukan AHM. Dari kalimat ini sampeyan wis paham kan ? yup….itulah rahasia sebenarnya posisi pabrikan dimana intervensi pusat sangat dominan yang membuat pabrikan beda pendekatan…..

Seluruh decision maker diputuskan pusat Jepang. Tapi kondisi AHM beda dibandingkan dengan pabrikan lain yang sudah di take over 100 sahamnya oleh pusat Jepang. Sedang Astra Honda memiliki saham 50:50 yang membuat mereka memiliki bargaining position sangat kuat. Maksude ? mereka bisa menolak dan berdebat jika produk dianggap tidak memiliki potensi dipasarkan….

Dengan porsi kepemilikan 50:50 membuat Astra bisa bersuara dengan lantang…terlibat langsung mengembangkan sebuah produk, dan keputusanpun punya otoritas. Lawong 50:50 cak…itulah kekuatan sesungguhnya diluar SDM yang memang semakin tajam. Tim RND yang sudi listening, melihat tren pasar dan kemudian diterjemahkan oleh mereka dalam bentuk produk dilapangan. So…nggak heran suka atau tidak…desain mereka terus improve dari waktu kewaktu. Terbukti setiap facelift rata-rata produk mereka makin ganteng tidak sebaliknya….

Semua pabrikan sebenarnya juga melibatkan orang lokal untuk riset and development produk. Namun perbedaan signifikan dibandingkan Astra Honda adalah keputusan final. Jika tiga pabrikan lain “manut” nggak punya hak bersuara, tapi AHM dengan posisi kepemilikan saham 50:50 sebaliknya. Itulah kenapa kalau sampeyan perhatikan desain Honda makin kesini makin sesuai selera tanah air sedang pabrikan lain karena full disetir pusat kadangkala hasilnya kurang maksimal. Lhaa piyee cak, IWB kie jiannn heran bagaimana bisa desain palang pelk sejak jaman empu gandring masih dipertahankan. Tenan kieee…..ora mudeng blas babar pisan. Dari jaman IWB muda sampai tuwo masih ada, pelk legendaris keramat tenan koyone cak…..

Last….ketika Suzuki dipegang Indomobil dimasa lalu….sedang Yamaha karena mungkin pergantian resources didalamnya, taste atau selera juga bergeser. Kita hanya berharap mereka-mereka kembali pada path yang benar supaya kompetisi juga semakin seru. Kuncinya sebenarnya simpel…”listening” ! pay anttention and trust to local resources, karena merekalah yang tahu selera market dan percayalah jika itu dilakukan…hasilnya pasti beda !! saran IWB baca komen-komen dalam Youtube Iwanbanaran dibawah sebagai bahan masukan. Nah kalau menurut sampeyan piye cak, ngerasa demikian nggak atau hanya IWB yang merasakan bahwa Honda makin kesini desainnya makin cakep ? (iwb)

173 COMMENTS

      • Lu tinggal dimana goblok? Wkwkwk gua selama wara wiri d jlan seringan melihat cbr sama ninja jumlahnya sama rata. Malah kayanya skrng banyakan cbr d jalan. Wkwkwk lu di rumah terus apa gmn? Ckckck

      • Yamaah di Aerox dan Nmax sudah betul path nya…

        Begitu Mio.. koq malah putar balik lagi..
        depan ikut areox baru belakang ke Nmax lama.. koq kesannya coba coba.. uasemm…

        Beye push areox dan nmax.. tapi belinya tetep beat dan scopy… malu kalau pakai mio…

      • Foto diatas adalah 2 buntut motor penjelas identitas.

        1 , buntut motor hasil Pabrik biji Limbah Plastik.

        2 , buntut motor Pabrik Otomotif Sultan

        ??

      • Anda tidak pernah melihat cbr karena anda tinggal di jamvan dan paling jauh zomberan. Sedangkan cbr itu ada di jalan dan rumah2 manusia.

      • SEPI LAH KAN MUTER MUTER DI PANTURA DOANG SI ALAN MALAH JARANG LKIAT RECALL25 MUKA LELE CUMA 1 2 AJA JIEHEHAAHAHAHAH

    • Jangan remehkan aura palang velg legendaris tiga zaman hasil rancangan empu gandring tersebut pak,
      sejak jaman kuda gigit sendal swallow sampai nanti menjelang akhir dunia pelk keramat akan setia menemani peradaban sejarah pak,

      • Keputusan itu kabarnya siap diambil dalam beberapa hari ke depan. Sebab, usai operasi, The Baby Alien -julukan Marquez- harus menjalani proses pemulihan yang diyakini memakan waktu tak singkat. Sementara dirinya, diharapkan bisa ambil bagian dalam tes pramusim pada Februari 2021.
        Gandhos pold!!!

    • Intinya proporsi berurut! Design/ Technology(mesin&kelistrikan)/Kualitas hasil=100
      Honda 60*/40/20
      Yamaha 25/50/25
      Kawasaki 30/30/40
      Suzuki 20/30/50

      • Mas wangsul
        Kawasaki kualitas 40 ki dari mana?
        Ktebelan bodi dan cat?
        Liat ninja mono deh yg bagian headnya cepet kena

      • Dengan begitu, waktu Marquez untuk bisa ikut serta dalam tes pramusim itu kini hanya tinggal menyisakan tiga bulan lagi. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa pembalap asal Spanyol itu menetapkan tenggat waktu untuk mengambil keputusan operasi atau tidak hingga 1 Desember.
        .
        Sipp operation center ketiga..!!

      • Marquez memang kini dihadapkan dengan risiko naik meja operasi lagi untuk ketiga kalinya karena cedera lengan kanannya yang tak kunjung sembuh. Demi comeback atau kembali ke pentas MotoGP sesuai rencana, Marquez pun harus segera mengambil keputusan untuk menjalani operasi lagi atau tidak.
        Sipp laaagh operation center ketiga kalinya
        .
        Salam tobattt…..!!!

    • Justru yg ngenes kualitas material Honda, mesin DOHC 150 aba-abal, matic 2 klep, bahan plastik&cat di irit iritin, rangka esaf bukti pengiritan pabrikan lha kalau crash ambyar ganti rangka baru

      • Justru itu yg membanggakan bro.

        Ga semua keuntungan dikeruk jepang.

        Indonesia masih kebagian 50%

        Ga kayak pabrikan sebelah, koar2 kipas2 dolllar, eh dollarnya diangkut ke jepang semua.

        Intinya…

        Y SuuRraaMm…

        Mueheheee….

    • Yamaha klo nyontek desain Honda sebenernya agak mendingan kok.

      Lihat Mio m3 desain lumayan karena nyontek beat.

      Aerox juga lumayan karena headlampnya nyontek Vario.

      Klo yg desain sendiri spt Aerox 125, xride, byson, vixion, scorpio, dll ya emang ancurrrr…

      Intinya…

      Y SuuuRraaMm….

      Muehehehee…..

    • Tread Ini hanya menegaskan , mana pabrikan biji limbah Plastix …
      Dan mana pabrikan Sultan
      ??

    • Yamaha spesialis pencipta motor sport ganteng, canggih, kekinian, powerfull..
      Tapi limited (produksi terbatas) karena 2 tahun suntik mati…

    • Ane malah gapernah liat r25 new wkwkwk cbr di tempat ane aga ga terlalu banyak sih soalnya emang harganya mahal 250cc

    • Sudah terlanjur saya beli ngonda lek, padahal saya ini fansboy beratnya yamaha sejak saya masih kecil hingga skrg sudah umur kepala 4, meskipun terkadang saya lupa klo yg saya maikin motor ngondah?

    • Masa stoplamp matic mirip fantat babon? benar2 desainer kehilangan arah bikin MbhekYe makin toxic ekekekek

    • ekekekek
      Bloger yg gak mau dipasangi banner Y dituduh blogger bayaran H… konyol ente…
      justru Y kalo pasang banner di sebuah blog maka blog tersebut akan didikte untuk memberitakan Y terus udah banyak kok contohnya yg gak etis kalo saya sebutin satu persatu disini….

    • gini nih toxicnya MbhekYe garis kenyal suka nyerang personal bl0ger… lu kaga liat bl0g2 yg dipasangi b4nner Y kaya gimana? wkwkwk

  1. Ya elah cak iwb ,intinya Yahaha itu hidup segan mati ga mau dah gtu aja,,,mending kawasaki keukeuh dan pd banget dng motor gede nya dan sukses,,,suzuki dgn desain g Jelasnya jg skses dng power nya, lah ini,,,

    Yamaha itu gw tau konsisten nya bikin gitar aja ,,,???

    • Lebih tepatnya hidup segar mati tak mau gitu lho pak,

      Soalnya hidupnya udah nyaman berkipas kipas sendal swallow

    • Dulu Yamaha Desain agresif dan sangat tidak heran dulu Yamaha pernah menguasai market share terbesar di Indonesia tapi sekarang desain bulet kaya tahu bulat hhhhh padahal saya fansboy garis keras,dari Alfa ,fizr ,Vega, Jupiter Burhan ,MX new, Scorpio,NVA,freego,dan akhirnya saya berubah ke Kawasaki dan akhirnya ke Fu fi,

      • Bedah apaaaa ???
        Bedah Design ???
        Design apaaaa ???
        Yaa Design Tulang Tangan Atas
        Waaa….. Waduhhh…….. Waaaaa
        Waaaaaaaaaa………

  2. Betul itu cak… Informasi dari temen untuk yang Suzuki sekarang benar-benar hak veto di Suzuki Jepang, banyak masukan dari orang lokal Indonesia yang tidak dianggap.. Beda ama Suzuki India.. Sedangkan Yamaha ya gitu deh..

  3. Emang betul sih honda klo facelift makin bagus, beda sama ymh klo facelift malah makin jelekkkkkkkkkkkkkkk, ymh skrg kaya budek, sudah banyak dikiritik tapi gak mau denger masukan

  4. Bener sekali kang, pabrikan paling bolot ya suzuki kalo yamaha sekarang lagi hobby rombak desain rata-rata desain yamaha sekarang campuran eropa india

  5. Dan jika ngondah terlalu digdaya ini menjadi mimpi buruk dunia otomotif di Indonesia, ngondah tdk akan memberikan fitur2 modern selama penjualan produk2ny di atas angin?

  6. ekekekekek

    Let See

    – Spaci Gentong In RIP
    – MbeOT POP Suntik Mati
    – Wario 110 cc KOIT

    betul, H hdup Segan Mati pun tak mau

    H suuuuuRrrrAM

    muehehehe

    • Ente bahas motor2 jadul Honda yg GK laku, lah R25 versi baru? Terus mt25 versi baru? Mio versi baru dan sejenisnya pada kemana?

      Dijalan ane cmn liat Yamaha kebanyakan kalo GK nmax, Vixion ato R15

      Terus yg produk2 baru Yamaha pada kemana dijalanan jarang liat? Disuntik mati juga? Haha

      Kalo pun ada yg laku juga paling motor Yamaha baru2 cmn beberapa biji doank yg laku, wkwk

    • H surrraaaaaam….
      Semua atau Total jualan yahama…cuma setara jualan dari Mbeatnya Sultan Hnd ?

    • MIO JAS JES JOS SUNTIK MATI GA BERKUTIK LAWAN MBEIT JIEHAHAHAHAHA APALAGI DESAIN BARU MIONG GEAR KAYAK CANCORANG HORA PAYUUUUU HORAAA TUKU JIEHAHAHAHA KUALITAS GRADE C

    • Kalo ngomongin suntik mati produk Y lebih banyak lagi tong…..
      – Byson Fi => game over
      – Mio J => game over
      – Mio Gt => game over
      – Soul Gt => game over
      – Xeon => game over
      – Xabre => game over
      – Vega D0rce => game over
      – Mio M3 => game over
      – Mio Z => game over
      – Mio S => game over
      – Aerox 125 => game over
      dll dll dll
      masih mending Spacy, Beat pop & Vario 110 banyak berseliweran di jalan

  7. dulu 2000 an ahaem budeg, yahaha mau mendengar
    penjualan bisa saling cucuk cucuk an
    sekarang kebalikannya
    ahaem mau mendengar, yahaha yang budeg
    penjualan pun ketinggalan sekebon

    • Ikit ngebully yamaha yang lagi suram penjualan nya. Di daerah ane dealer yamaha ada yg tutup.. mekanik bengkel resmi nya pada nganggur. Kalo gk percaya datang sini ke daerah ane. Tinggal balas komen ini

  8. Semua pabrikan motor Jepang desain dasar beranjak dari produk YAMAHA.

    Di jiplak Honda Kawasaki Suzuki..

    Setelah dijiplak Yamaha membuang model itu. Lalu membuat model yang samasekali baru..

    Sesudah disukai pasar kemudian dijiplak lagi..

    Gitu kok prosesnya..

    Jangan pembodohan terus cak..

      • Honda cub series lahir tahun 1958, dan sukses besar menggebrak dunia, setelah bertahun-tahun ngiler dan ngeces melihat ramainya toko sebelah, yamaha mengekor dengan release v model pada tahun 1971. Yang tukang contek siapa ya?

    • Ok, Honda dan Suzuki jiplak model yg lancip2 kek Yamaha, terus Yamaha Jadi niatnya mau first mover gt ya pake model lain lagi?

      Cmn pabrikan nya budegg, kalo mau first mover dgn model lain, resource ke lapangan lah, cari2 info ke blogger2 ato ke konsumen2 seperti apa design yg sebenarnya di inginkan customer,,

      Ini, niat mau first mover pake model baru tapi malu untuk tanya2 di lapangan, ya begini jadinya, design malah keliatan kolot sekarang Yamaha,,,,,wkwkkw

    • Sesuai sejarah aja
      kalau diliat faktanya antara honda dan yamaha duluan mana
      itu faktanya duluan honda tjuk

    • Kalau cuma bisa bikin mesin gerinda dan mesin jahit….gak usah dibanding bandingkan dengan Sultan Hnd ?

    • @udin
      Sesuai fakta ajalah
      1. Motor superbike pertama di dunia adalah cb750 pada tahun 1969, yamaha ngekor dengan xs series
      2. Motor grand cruiser pertama di dunia adalah honda gold wing interstate full dressed tahun 1981, 2 tahun kemudian setelah liat honda sukses jualan goldwing, yamaha mencontek mentah2 goldwing dengan release yamaha venture royale 1983.
      3. Melihat kerennya Honda cb1000 2008, yamaha nvl tahun 2013 menjiplak buritan, stoplamp dan pegangan boncenger yg tersembunyi, beruntung bagi yamaha, karena honda tidak mengajukan tuntutan hukum.
      4. Honda dn01 release tahun 2008, tanpa rasa malu, headlamp dn01 dicuri dan dicontek oleh yamaha r25 pada 2013, beruntung bagi yamaha karena honda tidak mengajukan tuntutan hukum, penggemar roda 2 juga harus berterimakasih kepada honda dn01, karena headlampnya telah dicontek oleh:
      – vario series, cbr series
      – yamaha r25
      – aerox first gen dan second gen
      – all new kawasaki ninja 250, 400
      Dan masih banyak lagi

    • Alamak, suzuki itu idealis cuy! Desain slalu beda sndiri. Kalau pas bener2 bagus banyak yg muji desainnya, gk jarnng juga di bully sih

  9. ekekekekek

    itu foto dr belakang matic H kug Encok cakkk

    ternyata gak cuma Shockbreker aja yg Mleyot

    H suuuuuRrrrAM

    muehehehehe

  10. Pak de kok sebut sebut velk jaman umpu gandring…
    Ntar yg pnya marah……bilang nya proo ke A ….
    Bhahahahahahhaah……..
    Baperan

    • IWB kie jiannn heran bagaimana bisa desain palang pelk sejak jaman empu gandring masih dipertahankan. Tenan kieee?..ora mudeng blas babar pisan. Dari jaman IWB muda sampai tuwo masih ada, pelk legendaris keramat tenan koyone cak?..

  11. Desain matic terbaik ADV, Vario, Beat.
    Cantik dipandang 20 tahun lagi..
    .
    Gak kek sebelah desain tahu bulat.
    Muehehehe

  12. alhamdulillah terjawab sudah unek-unek selama ini cak. matursuwun. sangat sependapat karo sampean. kalo mau laku harus dengar permintaan pasar. jangan budeg

  13. Memang vendor lain selain Kawasaki dan Honda desainnya tidak konsisten, kadang bagusnya kebangetan, kadang jeleknya kebangetan. Tapi di sisi lain selain desain yang jadi masalah itu (pengalaman pribadi) yaitu leasing. Saya pernah mau membeli R15 V2 atau CBR K45G. Saya sudah mantap untuk meminang R15 V2, akan tetapi yang aneh, saat saya bandingkan tenor dari R15 dengan DP yang lebih besar dibanding CBR dengan DP yang lebih kecil. Padahal harga OTR cashnya CBR lebih mahal daripada R15. Asumsi saya karna di HONDA ada FIF sebagai leasing dari astra yang menjaga cicilan tidak melebihi seharusnya sehingga leasing lain mau tidak mau harus mengambil standar serupa dengan FIF. Sementara produsen lain tidak punya leasing yang satu payung dengan produsen. Saya kira produsen lain perlu memperhatikan ini. Karna selain desain, harga juga menjadi faktor penentu.

    • ekekekekek

      tinggal Pilih Pilih Leasing sazaaaa

      gak mutlak selalu mahal

      yg jelas banyak H lebih Overpret

      H suuuuRrrrAM

      .muehehehe

  14. Setuju bgt cak IWB,,,Honda semakin merajai market share di hampir semua segmen krn desain & mesin powerfull

  15. SAYA GAK SETUJU

    Aerox, Nmax, Freego, Lexy itu desainnya cuakep banget loh.. Tapi kok terjualnya segitu2 aja??

    Bukan soal desain semata cak. Tapi Brand Yamaha itu sendiri yg makin memble. Istilahe Brand Value-nya udah merosot dibanding masa kejayaan 2007 – 20011

    Konsumen makin ga trust/ percaya sama merk Yamaha.. Persepsi yg masih melekat :
    – BOROS
    – Harga jual kembali, anjlok
    – Terlalu Sporty, minim kesan Luxury (gak bisa dijadikan simbol status sosial di masyarakat)
    – Cicilan lebih mahal (Leasing mana yg kuat melawan F.I.F ??)

    Jadi mau desain keren, fitur seabreg, selama merknya masih YAMAHA, ssuuuraaaam

    • ekekekekek

      Fakta di lapangan
      – IRIT bensin
      – Harga jual kembali tergantung kondisi motor
      – Starter mudah Hidup ( sensor Y lengkap canggih )pernah dibahas
      – Mesin Awet
      – Bertenaga
      – Luxury memandang motor Ymh adalah Pride
      – dll

      Nikmat apa yg kamu dustakan

      H suuuuuuRrrrAM

      mueheheheheh

      • Gile apa lu,…ponakan gw aja mengeluh OLI VEMPAYER nemex ga karu2 an…

        Hilang menguap entah kemana dengan konsumsi BBM ter RAKUS dikelas nya..

        Fix elu penunggang MBEAT, wahai Mijone alias DDY alias efbenyek..

  16. Ke Sumatra lah…

    Apapun RODA 2 kau selalu di panggil HONDA..

    SPBU – Parkir Honda

    Teman – pinjam Honda kau bentar..

    Naik apa kau dr kampong ke sini,…Honda Pak cik..( padahal pas di lihat, shogun pun )?

  17. pernah benci sama honda. tapi ternyata itu karena ahm, bukan hondanya.
    cth : waktu kawak punya ninja, yama punya rzr & rxz, suzuki punya rgr sprinter, honda malah nyantai aja jualan gl pro dan gl max. padahal d luar udah honda ada nsr125.

    saat yama punya tzm, kawak ninja sp, suzuki punya rgr bahkan fxr, ahm malah cuman impor nsr 150r, padahal diluar ada nsr rr bahkan sp dengan pro-arm. ternyata itu bukan karena honda yg jelek tapi karena ahm yg nya nyantai.

    sekarang setelah ahm “bertobat” dan bisa punya kuasa produk, baru tahu honda dari dulu itu sebenernya cakep2 sesuai jamannya

  18. Honda berubah total setelah.. Pak Johannes Loman diboyong ahm dari toyota… Sy masih ingat waktu gimana khawatirnya ahm setelah penjualan nasional disalip yamaha…masuklah pak JL yg telah sukses membawa avanza merajai penjualan mobil nasional…Waktu itu Beat yg digarap dulu.

  19. eekekekkek

    Gak cuma Shokbreker peceex aja yg Mleyot Motor H lain juga bisa Encokkkk

    Boleh Ketawaaa Cakkk

    kel kel kel kel

    H suuuuRrrrAM

    mueheheheheh

  20. Aku setuju dengam ini, tapi walaupun mereka sudah mendengar soal disain tapi kayaknya masih kolot di sektor penting lainnya

  21. ekekekekke

    Makin Cakep ??? maksudnya Agrresive gitu ??
    BASI KUNO …

    Motor kopong kerempeng gitu kug cakep..lihat tuh di jejerin motor pabrikan lain terkesan jadul dan cepet bosen

    H suuuuuuRrrrAM

    muehehehehe

    • Iya nih, motor motor sesembahanmu. Kopong, ga lama suntik mati. Mau tak kasih contoh
      Ngareox 125
      Xeon
      Xabre
      Byson
      Force
      Fino

      Cuma ada sih produk yg memang awet
      “Suling”

  22. Mungkin beda topik sedikit cak.
    Tapi pengalaman ane selama bekerja di marketing.

    Semua keputusan kembali ke atasan.
    Saya pernah coba diskusi alot tentang produk yg menurut saya kurang cocok dipasarkan di daerah A.
    Dimana daerah A cocok dengan produk B.
    Saya bilang, mending kita kuatin base produk B, jangan dipaksakan produk A karena ingin pendistribusian merata.
    Tapi ya tetap dipaksa.
    Jadilah produk B dan A jadi tidak fokus semua, apalagi rules yg suka aneh.
    Kalau mau beli produk B, harus ada produk A, kalau ga mau, ga dilayani.
    Ya hancur pasarnya, marketing pun juga jengkel bang.

    Mungkin desain yg terjadi jg sama, produsen A pny desain mumpuni, tp kalau debat kembali2nya, sdh ikutin aja atau mau resign dr sini?
    Jadilah kesalahan manajemen.

    Tapi ya mogggo.
    Selama saya kerja.
    Atasan tidak pernah mau coba turun ke lapangan.
    Tapi marah2 kalau hasil tidak sesuai..
    Itu namanya atasan yg tidak memahami pasar.

    • Atasan kamu mijone ya?
      Klo kqta dia sih asal ada logo garpu karatnya wajib disembah atau sikahkan resign.

      Intinya…

      Y SuuRraaMm…

      Mueheheee….

  23. Betul cak, karena harus disadari masyarakat indonesia lebih luka visualnya dulu, performance dll? urusan belakang,

    Siapa yang bisa ambil perhatian dengan visualnya dia yang besar kemungkinan lebih laku. Hehehe

  24. Gak gitu sih.. Honda jg keputusan akhir dan wewenang nya tetep di HQ nya Honda di Jepang.. Desain jg diputuskan di HQ Honda Jepang..
    Yamaha jg sama keputusan akhir di HQ Yamaha Jepang.. Apalagi soal model baru semua di kembang kan dl disana.. Jadi R&D paling berperan terapan R&D HQ.. Memang sekarang R&D Honda yg di Jepang lg bagus aja desain motor nya dan bisa di terima konsumen global termasuk Indonesia..

    • Buat dia ga usah bikin produk yg bagus, yg penting kasih logo garpu karat.

      Udah wajib disembah2 ga boleh dicela…

      Makanya…

      Y SuuRraaMm…

      Mueheheee….

  25. Pasca YMKI R&D Yamaha emg kacau,Yamaha Lexi yang seat height eropa aja nekat di masukin mentah-mentah ke sini kok…ya pada mundur teratur wong jinjit balet! Suspensi batu lagi ?

  26. Sebenernya porsi kepemilikan saham bukan pengaruh yg utama buktinya motor2 honda yg dijual secara global utamanya yg ber cc besar dan tidak di produksi di Indonesia desainnya pun sangat menarik

  27. Velg. wkwkwwkwkwkwkwkwkkwwkwkwkwkwk
    aku wae geli lek.
    gak ono inovasi blass,

    ky kuwi nantang beat. pake 3 varian, yg ada saling keplak2an product mereka sendiri

Comments are closed.