iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sebuah pertanyaan dilayangkan cak Yongky via DM. Pertanyaan yang sepertinya mewakili banyak pertanyaan lain dari para followers mengingat Honda sejauh ini menawarkan SAE yang cukup encer yakni 10W30. Pertanyaannya….bolehkah CBR250RR yang notebene disarankan menggunakan oli SAE10W30 diganti dengan SAE10W40? Hati-hati, inilah resikonya jika Honda CBR250RR menggunakan Oli SAE 10W40 !!

Cak Yongky sepertinya ingin jajal oli diluar rekomendasi pabrikan. Maklam cak…diluar sana memang banyak oli dengan viskositas SAE10W40. Berikut pertanyaan dan surel doi…

Kang iwan saya silent reader warung sampean, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan dan bikin penasaran.. boleh ga sih kang mengganti oli mesin ke sae yg berbeda. Dlm hal ini pada motor cbr250rr saya, spesifikasi pabrikan kan 10w30 kl saya ganti menjadi 10w40 apakah boleh? Dapat merusak komponen mesin kah? Matursuwun kang.., salam josss gandozzz….” serunya. Pertanyaan yang sangat “common” dan memang banyak cak pertanyaan serupa. Sebelum kita menjawab harus kita pahami dulu kenapa Honda menyarankan oli dengan SAE 10W30…

iklan iwb

Yang pertama adalah komponen dalam motor. Honda sudah sejak jaman Revo dan Blade 110 mereka merekomendasikan oli SAE 10W30. Oli ini lebih encer dibandingkan dengan 10W40. Lhooo kenapa Honda merekomendasikan demikian ? sebab pencangkokan tiap detil part motor sudah sudah sangat presisi dan rapat. Clearancenya nggak serenggang jaman dulu cak. Jadi itulah kenapa produknya tidak butuh oli terlalu kental alias malah dianjurkan oli yang sedikit lebih encer agar performa optimal. Hal ini beda dengan motor Honda generasi lawas seperti Supra X yang masih setia dengan oli lebih kental SAE 10W40. Pertanyaannya, gimana jika CBR250RR kita paksa menggunakan oli dengan viskositas lebih kental?? …

Yang pertama….kinerja komponen lebih berat. So….dijamin mesin kuda besi bakal tidak maksimal kinerjanya. Bisa dirasakan dari lari yang lebih ngoyo serta bensin malah makin boros. Memang mesin sampeyan akan terasa lebih alus tapi nggak optimal kinerjanya. Lhaaa piyee cak, ilustrasinya barang rapet sampeyan jejalin cairan kental…..ngap bin ngos-ngosan. So…semuanya mending sesuai rekomendasi pabrikan mengingat pengembangan mesin sudah dihitung sedemikian rupa. Celakanya oli dipasaran selain HGP memang tidak banyak menawarkan viskositas seencer oli Honda. So….kudu sabar alon-alon cak…

Last….ikuti rekomendasi pabrikan agar performa mesin optimal dan tahan lama. Boleh saja jajal oli non pabrikan namun carilah dengan SAE yang sama. “ Wes eksekusi kang..?? nggak jadi motul, balek nang SPX1….” seru cak Yongky. Nahh ngono yo pakde. Sebaliknya juga jangan gaya kalau punya mesin rekomendasi SAE10W40 sampeyan jejali oli SAE10W30 dengan alasan biar tarikan ringan. Mungkin iya lebih enteng tapi konswensinya mesin lebih kasar, vibrasi kenceng dan ujung-ujungnya permukaan metal tidak terlumasi sempurna. Lawong clearance renggang dijejali oli encer…nangis pakde mesin sampeyan. Dari sini dicopy roger 86 oraa ? hehehe (iwb)

CBR250RR cak Yongki

81 COMMENTS

    • Sales ngondah ,, Panik beh dah .
      Apa pun bahasanya sindirannya tetap ke Yamaha…
      Panik nik nik… Bener kata

      Bener kata ALM Bob Sadino…
      1 merek itu laku,, belum tentu menjamin kesejahteraan karyawannya…
      Tu contohnya ngebeha stres terus hidupnya , hidup dengan ketakutan sama Yamaha..
      ??? Kasihan gua sama ngebeha..

      Dah lah ,, Utk FBY jgn kita sindir lagi FBH kasihan cuk… Tar dapur mereka gak ngebul

      • Maklum sih … Produk masal Hanya di kelas 250 CC yg bisa di banggakan ngebeha ??..

        150 Dohc ,, di gebuk SOHC.. Salam posisi 14 …
        500 CC di ketawain R3
        600 CC …. Di ketawain R6..
        1000 CC Uda nambah R nya… Masi Di ketawain R1 biasa .. belum R1M…
        Naked 1000 CC di geblap sama MT10 ?.. 143 HP vs 158 HP ??..
        Naked 650 Pakek harga MT09 ?

        Lanjutkan ngebeha… Saya Maklumin cuma kelas 250 cc yg bisa di banggakan

      • Tabiat ngebeha di mari.. jika kalah data, Mau kebut di mana
        Pas bahas 250 CC ,, Kami paling kebut …??

        Ngebeha 2020

        Tar di marahin Abang owe si thailancung.. Daan Lah..

      • Tuh adiknya Thailancung lagi stress berat. Berapa kali r1 juara dunia wsbk? ???
        Untuk wss berapa banyak jumlahnya r6 vs 600rr ???
        Kalo soal cbr 500 vs r3 ya wajar menang r3 karena cbr 500 dicekek rpmnya. Kalo soal motogp gak usah dibahas. Malu ada pabrikan curang ??????

      • Ekow GK bisa baca dgn cermat…??
        Ninja 400 juga di cekek …

        Pakek argumen ngebaha, kalah ya kalah

  1. bukannya honda gen lawas malah 20w-50 lho cak…sperti grand, supra 100, karisma, supra 125 yg mesin silver, megapro….diblok kopling ada stikernya kan???

  2. SAE 10 40 nya dalam artian gimana dulu nih ya pak bl00ger YTH.
    Jgn lah menyalahkan viskositas kekentalan oli.

    Itumah emang dasar oli standar nya kualitas bosok..

  3. Wkwkwkwkwk..oli diler..dari hondut atau yamahmud..sama2 busuknya…
    Dah bener tuh diganti motul..atau ganti ahmsoil..
    10-40 kalo full synt,,ya gpp.. apalagi yg ada pao nya kaya fastron platinum

  4. Oli bawaan pabrik cepet gak enak, baru km 1000 udah kasar mesinnya. Saya pake meditran sx 15-40/ oli diesel di vario 150 old udah 5 tahun aman aman aja, padahal speknya 10-30 kan. Triknya kalo manasin agak lamaan aja biar oli tersirkulasi secara menyeluruh di mesin. Plus nya mesin lebih alus, lebih long drain, murah pula, cuma 50ribuan seliter, sisanya bisa buat oli gardan. Udah buka blok juga aman, gak ada sludge atau gumpalan, gak ada gosong, part kinclong semua. Bukan mau ngajarin gak bener, ini pengalaman pribadi aja.

      • Masak ? Engga juga deh. Malah banyak pake yg Fastron Diesel.aman2 aja mesinnya wkwk

        Y kalau oli berkurang semua mesin juga sama keles ngepbeha goblokny g ketulungan wkwk. Lu kata oli udah main 2000km masih setia 1L ibaratnya ?. Coba lu tap lu ukur pake gelas ukur. Kurang apa kagk ?. Gobloook makin lama jarak tempuh oli mesin proses penguapannya lebih cepat. Kekentalan juga makin jelek. Duh. Pens boy ko kyk gini harus ngerti selain orderan barang busuk lu doang

  5. Arti spek 10w40 apasih om?
    Klo di iklim indonesia apa berpengaruh banyak pake beda spek 10w30 dengan 10w40?

    • Kinerja oli bekerja optimal diantara suhu 10?-40? setelah itu sama aja mau 0W30, 5W30, 10W30, 10W40 dst.

  6. Cbr250rr pakenya spx ?

    Akra nya akra apa itu di foto ?

    Duh kalau serba maksa mending pake motor biasa aja udah. Ketahuan kebeletnya hehehe

    • Kompressi tinggi masa iya olinya SPX boss ?. Gua aja pake vario gua ganti dari SPX ke Federal. Lebih enakan Federal dari SPX. Wkwk

  7. Motor supra gw cukup gw kasih oli bekas!! Ekekekek….larinya wuuzzzz naek tanjakkan wuzzzz…bawa singkong 2 karung wuzzzzz….sisaya gw buat lumasin rantai…??. Untuk yg motor muda gw kasih enduro cak.

  8. ikut nimbrung, bener sih kang iwan tpi perlu di lihat juga kalo umur kendaraan udah lebih dari 3 tahun ganti grade oli perlu
    misal dari pabrikan 10/30 tapi setelah 3 tahun pemakaian ganti oli 10/40 ngikutin tingkat keausan komponen dalem mesin
    kalo untuk oli 10/30 selain HGP ga ada salahnya di coba fastron gold, sedangkan buat 10/40 pake fastron biasa
    dan belinya di TODA kalo ga pom bensin
    karena yang saya tau olie palsu yang beredar itu banyak banget.

  9. Ngapain ribut soal urusan oli… kan suka2 yg punya motor… aq aza pake mio j tak kasih oli mpx 2 aman2 aza ga protes motornya… ga kayak beye sama beha… ribut mulu kerjaannya….

  10. Semua tergantung motor dan penggunaannya serta iklim suatu wilayah, oli encer belum tentu bagus dan oli kental pun belum tentu bagus juga.

  11. Tak ada motor paling irit oli selain CS1.
    Sy udah coba nge test 2 tahun tanpa ganti oli.. msh gacor buat namparin nmex ?

  12. Pilih Oli ya tergantung kondisi sukucadang, masa piston yang sudah dipake diatas 50.000 KM masih mau pakai pake Oli 10-30, kalau tingkat kerapatan masih 0,05 bolehlah pake oli 10-30, jika sudah diatas itu ya naik step jadi 10-40 atau malahan bisa pake 15-50.

    Alasan kenapa Honda pakai Oli 10-30 ya karena piston mereka masih menggunakan Piston Casting, beda cerita kalau pakai Piston Forged.

    Piston Forged mempunyai banyak kelebihan dibanding Piston Casting, tp ada 1 kelemahan Piston Forged, Piston Forged diwajibkan memiliki Clearance lebih besar dibandingkan Piston Casting, epeknya pada saat piston belum memuai, maka oli akan ketarik keatas piston, makanya piston Forged bisa dibilang boros Oli.
    Banyak pabrikan mengakali dengan memberikan Oli dengan nilai lebih besar, bertujuan agar piston diwaktu dingin tidak menarik banyak Oli.

  13. vario karbu 110 saya aja beda banget pake 10w-40 , langsung getar lumayan kalau geber, padahal pake oli lumayan bagus lah (total), ga nunggu sepekan , langsung ganti oli lagi 10w-30.

  14. Mungkin bisa dipakai sae10w40 klo kilometer sudah tinggi, diatas 50/70 RB kilometer, soalny sudah mulai timbul gap clearence yg cukup besar karna efek gesekan mesin yg sudah lama,namun gap clearence tsb masih dalam spesifikasi mesin. Kalau mesin masih kondisi baru disarankan dan wajib menggunakan oli sesuai spesifikasi karna gap clearence pada mesin berada pada batas minimum bahkan bisa dibawah minimum alias lebih rapat lagi.
    Semoga bermanfaat ?

  15. sae 10 -40 artinya kecepatan rambat 10 detik pada temperatur maksimal rekomendasi , kecepatan rambat 40 detik pada temperatur rendah rekomendasi. media kampung

  16. sebenernya motor honda pakai oli 10W40 atau buntut 40 masih bisa ditoleransi karena cuma naik 1 step. beda kalo motor yang rekomendasi buntut 40 pakai oli buntut 30 karena film strengthnya lebih tipis beresiko membuat baret dinding blok silinder. kalo masalah feeling bakal berat atau boros yang semula pakai oli yang buntut 30 pakai oli buntut 40 itu cuma saat awal-awal saja karena akan ada pergantian film yang melapisi antar metal-metal mesin. lama kelamaan sekitar 400km akan mulai kembali seperti normal dan saat pemakaian kedua mulai muncul karakter oli asli.

  17. banyak yang belum paham tentang oli motor
    banyak yang salah kaprah juga,mesin sepeda motor non matic diisi Pertamina fastron/prima XP , sudah jelas sepeda motor non matic itu kopling basah kok diisi oli mobil yang mobil sendiri memakai kopling kering.
    parahnya bengkel motor jual kemasan oli mobil yang 1 literan, padahal kemasan 1 liter itu buat nambahin oli mobil yang berkurang (pengguna mobil tidak perlu beli kemasan 4 liter untuk nge-jog oli)

    • dulu saya juga berpendapat seperti itu om.
      motor saya awalnya rutin pake enduro, paling anti2 oli mobil.

      tpi setelah pake mesran super, bahkan monograde b40 akhirnya ngga ada lagi paham seperti.

      lah dibawah tahun 2004 saja mayoritas speda motor pake mesran super & mesran prima. paham anti slip kopling itu mulai oli enduro ditahun 2004. ?

  18. pernah baca manual book nf100 versi luar. malah dari dulu mintanya spek oli 10w30.

    mungkin karna saat itu federal karyatama sebagai pemasok oli genuine honda & stocknya cuma 20w50. maka ya mau tidak mau speknya itu itu aja.

    oh iya. saya ingat, sebelum enduro racing lahir. sebelumnya masyarakat indonesia paling anti pake oli lebih encer dari 20w50. jangankan 10w30, spek 15w40 saja disebut encer.

  19. sekarang orientasinya udah ke 4 silinder,pakai 2 silinder malah malu minder rasanya kalau jumpa 4 silinder padahal cc sama, betul gak cak.

  20. Bingung yg di omongin cbr 250 rr yg komen pengguna metik dan bebek. Parahnya lagi mereka berantem antara yamaha dan honda wkwkwk…

Comments are closed.