iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…IWB cukup tertarik dengan ulasan Youngmachine yang memuat penuturan dari Kazunori Inagaki (Inagaki desain), sosok yang ahli dalam bidang permesinan hampir 30 tahun lamanya. Sosok yang juga mengamati konstruksi engine Ninja ZX25R ini secara pede memastikan bahwa potensi Ninja ZX25R belumlah keluar semua. Menurutnya power motor 4 silinder Kawasaki ini bisa terkail hingga 60PS dari sebelumnya 51PS jika dilakukan beberapa sentuhan berikut ini….

Menurut Kazunori Inagaki (pecialist in engine design and consulting dari Inagaki), Kawasaki Ninja ZX25R memiliki konstruksi desain dasar yang masih bisa dikembangkan dengan hanya sentuhan ringan. Doi percaya relatif mudah meningkatkan power hingga 55PS dengan hanya mengatur mapping ringan dibagian dan intake dan sistem pembuangan gas buang….

” Mengenai tuning, aku rasa relatif mudah untuk meningkatkan power sekitar 55ps hanya dengan mengubah sistem pemasukan dan pembuangan dengan tune up ringan. Filter udara memiliki resistansi yang sangat besar walau part standart sangat bagus mencegah debu masuk keruang bakar, termasuk knalpot yang memiliki banyak catalist. Jadi aku yakin dengan mengganti filter udara yang lebih ngeblong, ganti knalpot dan sedikit melakukan sentuhan pada engine, maksudku meningkatkan kompresi…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Ya….meningkatkan kompresi hingga 12,5:1 kemudian mengganti ring piston…..diameter throttle diperluas dari 30mm menjadi 31 atau 31mm, meningkatkan limiter hingga 18,000RPM…aku rasa Ninja ZX25R bisa tembus 60PS. Itu hanya sektor mesin. Kemudian jika mau kurangi bobot motor agar Power to weight ratio meningkat…ganti ban, suspensi aku yakin motor ini akan menjadi motor paling powerfull dan siap turun disirkuit…” tutupnya…

” Kazunori Inagaki….”

Penuturan dari Inagaki seakan memberikan sinyal bahwa Kawasaki sedang mempertimbangkan versi racing untuk turun balap. Sejauh ini geng ijo rumornya memang sedang menjajaki kesana. Bahkan di Jepang sendiri konon sedang digodok OMR ZX25R. Piye dengan Asia? mungkinkah ZX25R akan turun diajang ARRC (Asia Road Racing Champ) menggantikan Ninja 250FI dua silinder?

Isunya memang sedang dibicarakan cak. Tapi menurut IWB, buat apa jika ZX25R turun namun dikebiri potensi aslinya. Bayangin wae cak kalau nanti karena 4 silinder bobot ditambah, RPM dikurangi limiternya supaya dianggap imbang dengan mesin 2 silinder mending ora usah mudun. Soale isunya walau golpun kemungkinan ada langkah-langkah dengan regulasi agar ZX25R dianggap fair saat turun melawan mesin 2 silinder. ZX25R mesin 60PS ? Indonesia sih pasti wis jalan kie cak opreknya, jadi ora gumun sih…bener horaaa (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!