iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…IWB cukup tertarik dengan ulasan Youngmachine yang memuat penuturan dari Kazunori Inagaki (Inagaki desain), sosok yang ahli dalam bidang permesinan hampir 30 tahun lamanya. Sosok yang juga mengamati konstruksi engine Ninja ZX25R ini secara pede memastikan bahwa potensi Ninja ZX25R belumlah keluar semua. Menurutnya power motor 4 silinder Kawasaki ini bisa terkail hingga 60PS dari sebelumnya 51PS jika dilakukan beberapa sentuhan berikut ini….

Menurut Kazunori Inagaki (pecialist in engine design and consulting dari Inagaki), Kawasaki Ninja ZX25R memiliki konstruksi desain dasar yang masih bisa dikembangkan dengan hanya sentuhan ringan. Doi percaya relatif mudah meningkatkan power hingga 55PS dengan hanya mengatur mapping ringan dibagian dan intake dan sistem pembuangan gas buang….

” Mengenai tuning, aku rasa relatif mudah untuk meningkatkan power sekitar 55ps hanya dengan mengubah sistem pemasukan dan pembuangan dengan tune up ringan. Filter udara memiliki resistansi yang sangat besar walau part standart sangat bagus mencegah debu masuk keruang bakar, termasuk knalpot yang memiliki banyak catalist. Jadi aku yakin dengan mengganti filter udara yang lebih ngeblong, ganti knalpot dan sedikit melakukan sentuhan pada engine, maksudku meningkatkan kompresi…

iklan iwb

” Ya….meningkatkan kompresi hingga 12,5:1 kemudian mengganti ring piston…..diameter throttle diperluas dari 30mm menjadi 31 atau 31mm, meningkatkan limiter hingga 18,000RPM…aku rasa Ninja ZX25R bisa tembus 60PS. Itu hanya sektor mesin. Kemudian jika mau kurangi bobot motor agar Power to weight ratio meningkat…ganti ban, suspensi aku yakin motor ini akan menjadi motor paling powerfull dan siap turun disirkuit…” tutupnya…

” Kazunori Inagaki….”

Penuturan dari Inagaki seakan memberikan sinyal bahwa Kawasaki sedang mempertimbangkan versi racing untuk turun balap. Sejauh ini geng ijo rumornya memang sedang menjajaki kesana. Bahkan di Jepang sendiri konon sedang digodok OMR ZX25R. Piye dengan Asia? mungkinkah ZX25R akan turun diajang ARRC (Asia Road Racing Champ) menggantikan Ninja 250FI dua silinder?

Isunya memang sedang dibicarakan cak. Tapi menurut IWB, buat apa jika ZX25R turun namun dikebiri potensi aslinya. Bayangin wae cak kalau nanti karena 4 silinder bobot ditambah, RPM dikurangi limiternya supaya dianggap imbang dengan mesin 2 silinder mending ora usah mudun. Soale isunya walau golpun kemungkinan ada langkah-langkah dengan regulasi agar ZX25R dianggap fair saat turun melawan mesin 2 silinder. ZX25R mesin 60PS ? Indonesia sih pasti wis jalan kie cak opreknya, jadi ora gumun sih…bener horaaa (iwb)

 

38 COMMENTS

  1. nah ini mo kenceng2 silahkan … sdh di tunjang dgn rem yg memadai …
    lah yg pwr paling gede(katanya) …. lah rem blkngnya tromol … orang di suruh mati konyol

    • WKWKWKW EMANG POWER AEROK BERAPAA SAMPE KUDU PAKE DISC BRAKEE AHAHAHAHHAAH

      Ehem vario nya udah discbrake mas?
      Maaf aku pake nya mio gt sih itu juga dikasih orang wkwkwk

      • coba sampean tanya sm yg ngetes di sirkuit tuh …. galang apa gilang namanya … saya naek supra 125 helm sih

    • Supra motor bapak2 aja pake cakram blkng…ini motor alay pake sendal jepit…fix yg beli cacingan

      • coba beot , Vario Pake Rdb dan kasih harga 50 juta … LAKUUUUU kah ????. Ktnya produk Bagus .. Sh150 aja GK laku2 ???

    • onebrt ….
      klo bego jgn di tunjukin napah
      beat 50jt …. namex aja 50jt juga kaga bakal laris
      mesin supra harga 50jt bahkan lebih ada …dan laris (monkey & c125)

  2. menarik, setau ane baru sportisi yang udah tuning zx25r pake knalpot bikinan sendiri + piggyback, up 2.66 hp, 42 on the wheel..

  3. Komennya ngejelekin produk sebelah, itu tanda jualannya seret.
    Mending nieh Honda motor sejuta umat, tanpa ngejelekin produk sebelah sudah pasti Honda laku keras
    ?????

  4. mendingan yg 2cyl dibikin versi zx, secara yg 2cyl kan masuk genre sport touring. baru kalo ada versi zx dibikin omr dan juga biar bisa imbang segmen sport tulen dgn cbr250rr dan r25?

Comments are closed.