iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) sukses mencetak kemenangan lagi pada putaran ke tiga belas MotoGP Ricardo Tormo, Valencia. Sementara Joan Mir (Suzuki Ecstar Team) berhasil mencetak gelar juara dunia musim 2020 ini sekaligus mengantarkan Suzuki Ecstar rengkuh gelar juara dunia tim. Namun yang menjadi masalah, posisi Morbidelli kini belum aman untuk runner up. Kenapa ? simak detilnya dibawah ini…

Grand Prix Valencia edisi kedua sangat berbeda dibanding edisi pertama cakkk…Yamaha yang pekan sebelumnya hanya menempati finish terbaik diposisi 11 kini mereka sukses membalas kekalahan pekan lalu dengan menempatkan Franco Morbidelli sebagai pemenang, terlepas dari buruknya penampilan rider Yamaha lainnya Morbidelli yang dibekali Motor Spec lama tersebut benar benar tampil kuat di sepanjang akhir pekan cakkkk..

Pun begitu dengan Jack Miller (Pramac Racing Team) yang juga alami peningkatan pesat di track Valencia, dimana pada pekan sebelumnya doi nampak kuwalahan dengan cengkraman ban yang menghambatnya untuk maju kedepan. Miller yang punya cukup banyak data dari pekan lalu sukses menerapkan strateginya dengan baik meskipun gagal mencetak kemenangan dan harus puas mengakhiri race di posisi kedua.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sementara itu, Pol Espargaro (Redbull KTM Factory) sukses cetak back to back podium perdananya di kelas MotoGP cakkk. Pol sendiri kembali buktikan bahwa RC-16 tidak bisa dianggap remeh meskipun di beberapa track pabrikan asal Austria tersebut harus sedikit berjuang lebih keras. Yupss, KTM Yang musim depan tidak akan mendapatkan jatah konsesi lagi nampak berhasil dengan pengembangan dari Dani Pedrosa patut diwaspadai musim depan pakdee.

Nahh…kembali ke topik lagi cakkk, Joan Mir akhirnya berhasil merengkuh gelar juara dunia pertamanya di kelas MotoGP sekaligus pecahkan rekor puasa gelar Suzuki sejak terakhir kali Kenny Roberts Jr melakukannya pada tahun 2000 silam.

Mir yang finish diposisi ke-7 resmi dinobatkan sebagai Juara dunia MotoGP baru pasca 4 tahun terakhir di dominasi oleh Marc Marquez (Repsol Honda Team), meski tersisa satu seri lagi namun Mir berhasil mencetak 171 poin dan membuat margin 29 poin dari posisi kedua yang artinya tidak akan bisa terkejar lagi meskipun Morbidelli memenangkan balapan terakhir di Portimao, Portugal akhir pekan ini.

Posisi kedua klasemen ditempati Franco Morbidelli dengan 142 poin, Morbidelli sendiri masuk sebagai salah satu rider dengan peraih kemenangan terbanyak yakni 3 kali musim ini. Pertarungan yang hebat dengan Jack Miller di lap terakhir berhasil di menangkan Morbidelli, sangat pantas cakkk karena doi memiliki pace yang sangat baik disepanjang balapan yang berlangsung selama 27 lap tersebut.

Posisi ketiga ditempati Alex Rins (Suzuki Ecstar Team) dengan 138 Poin. Rins yang berjuang keras mengejar grup terdepan nampak kuwalahan dengan kecepatan yang dimiliki oleh Yamaha, Ducati dan KTM. Meski begitu peluang mengakhiri musim dengan meraih runner up masih terbuka lebar mengingat ia hanya terpaut 4 poin dari Franco Morbidelli.

Posisi keempat ditempati Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dengan 127 poin, meski dibekali mesin baru yang baru saja dipakai pada Valencia edisi pertama. Vinales yang telah berikan segalanya agar mendapatkan hasil maksimal, hanya mampu finish diposisi kesepuluh pakdeee..

Melengkapi lima besar klasemen adalah Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dengan 125 poin, Quartararo yang sangat perkasa diawal musim justru alami penurunan yang cukup drastis pakdee terlebih doi sangat sulit menembus 10 besar dalam beberapa balapan terakhir, bahkan doi dlosor di dua balapan Valencia. Jiann surammmmm cakkk…

Sementara itu klasemen konstruktor saat ini masih dipegang oleh Suzuki dengan 201 poin. Diikuti Ducati dengan poin yang sama 201, Yamaha 188 poin, KTM 175 poin, Honda 133 poin dan Aprilia 43 poin.

Sedangkan pada klasemen tim, Suzuki Ecstar kian kokoh diposisi pertama dengan 309 poin. Dengan 1 seri tersisa dengan 45 poin maksimal untuk diperebutkan, Suzuki kini telah unggul 79 poin atas Petronas Yamaha SRT yang saat ini mengumpulkan 230 poin. Dengan demikian maka sudah bisa dipastikan gelar tim berada ditangan Suzuki Ecstar cakkk. Meski gagal meraih gelar tim, namun Petronas Yamaha SRT juga resmi mengunci gelar tim Independent, mengingat pesaing terdekatnya yakni Pramac Racing hanya mencetak 163 poin hingga seri ketiga belas. Dengan segala catatan diatas jelas Yamaha harus berjuang agar bisa mengisi posisi runner up dengan mengalahkan Alex Rins pada next race. Apakah bisa ? kita tunggu saja cak…(Cb for iwb)

KLASEMEN PEMBALAP SETELAH PUTARAN VALENCIA
1.Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) – 171 Poin
2.Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) – 142 Poin
3.Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) – 138 Poin
4.Maverick ViƱales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 127 Poin
5.Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) – 125 Poin
6.Andrea Dovizioso (Ducati Team) – 125 Poin
7.Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) – 122 Poin
8.Jack Miller (Pramac Racing) – 112 Poin
9.Takaaki Nakagami (LCR Honda) – 105 Poin
10.Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) – 100 Poin
11.Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) – 87 Poin
12.Danilo Petrucci (Ducati Team) – 78 Poin
13.Johann Zarco (Esponsorama Racing) – 71 Poin
14.Alex Marquez (Repsol Honda Team) – 67 Poin
15.Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 62 Poin
16.Francesco Bagnaia (Pramac Racing) – 47 Poin
17.Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) – 34 Poin
18.Cal Crutchlow (LCR Honda Team) – 29 Poin
19.Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3) – 27 Poin
20.Stefan Bradl (Repsol Honda Team) – 18 Poin
21.Bradley Smith (Aprilia Racing Team Gresini) – 12 Poin
22.Tito Rabat (Esponsorama Racing) – 10 Poin
23.Michele Pirro (Pramac Racing) – 4 Poin
24.Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini) – 0 Poin

KLASEMEN TIM SETELAH PUTARAN VALENCIA
1. Team Suzuki Ecstar – 309 Poin
2. Petronas Yamaha SRT – 230 Poin
3. Red Bull KTM Factory Racing – 209 Poin
4. Ducati Team – 203 Poin
5. Monster Energy Yamaha MotoGP – 169 Poin
6. Pramac Racing – 168 Poin
7. LCR Honda – 134 Poin
8. Red Bull KTM Tech3 – 127 Poin
9. Repsol Honda Team – 85 Poin
10. Esponsorama Racing – 81 Poin
11. Aprilia Racing Team Gresini – 46 Poin

KLASEMEN KONSTRUKTOR SETELAH PUTARAN VALENCIA
1. SUZUKI – 201 Poin
2. DUCATI – 201 Poin
3. YAMAHA – 188 Poin
4. KTM – 175 Poin
5. HONDA – 133 Poin
6. APRILIA – 43 Poin

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!