iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….ini jian unik bin ajaib cak. Seperti biasa pasca race IWB selalu membaca satu persatu komentar para pembalap dari media resmi Motogp. Salah satu yang membuat IWB garuk-garuk kepala adalah komentar Rossi. Lhaaa piyee cak, ketika ditanya speedweek terhadap comebacknya di Valencia yang runyam karena motor mogok baru berputar lima lap…bukannya marah justru Vale malah tertawa. ” Aku tidak bisa menahan tawa...” serunya. Lhooo maksudeee ??

Memang luar biasa tahun 2020 ini cak. Musim yang pastinya akan dikenang Vale sebagai tahun terbaiknya. Maksude terbaik soal cobaan. Mulai dari masalah durability engine, covid, masalah internal karena penalty tim dan konstruktor hingga yang terakhir motornya mogok baru lima lap saat race Valencia. Padahal sebelumnya doi harus telat setengah jam untuk presscon virtual akibat meeting dengan para insinyur Jepang yang dikatakan berlarut-larut. Lima lap mogok ini tidak pernah terjadi pada motor Yamaha selama 12 tahun termasuk nol poin berturut-turut. Nah…apa kata Rossi soal ini ??

” Saat mesin mogok, aku tidak marah. Justru aku tidak bisa menahan tawa. Mesin mogok karena masalah elektronik. Tapi sudah cukup membuatku menyerah. Aku diberitahu masalah ini tidak pernah terjadi selama 12 tahun. Sayang sekali. Sebenarnya aku hanya ingin balapan. Aku melaju dengan sangat tenang, hanya ingin finish dan melepas lelah beberapa kilometer. Aku hanya perlu balapan dan membiasakan diri lagi untuk persiapan minggu depan. Tapi ternyata tidak ada hasilnya….” serunya. Yang menjadi pertanyaan pasukan Yamaha di Valencia race 1 cukup terpuruk dengan posisi 11, 13 dan 14. Apa yang sebenarnya terjadi ??

iklan iwb

‚ÄúSituasinya sekarang sangat sulit. Sepertinya kami tidak memahami tentang ban. Sungguh mengherankan ketika Yamaha baru saja menang bersama Franco dua minggu lalu – dan di sini, di Valencia, kami memiliki masalah yang sama yakni grip. Termasuk sisi mesin….kami juga punya masalah dengan durability. Yah, itu bukan akhir pekan yang menyenangkan. Kami harus memperbaiki….. ” tambah Vale. Tapi bukankah Yamaha selalu bagus diawal musim? kenapa hal itu bisa terjadi ??

Justru itu yang menjadi PR kita. Memang benar kami sering kali siap dan kencang di awal musim. Tapi Pabrikan lain tampaknya membawa banyak hal baru sehingga setelah beberapa balapan mereka improve. Setelah itu mereka sangat kuat menjelang akhir musim. Aku selalu mengatakan mesin adalah masalah besar bagi kami. Karena kami selalu paling lambat di lintasan lurus, tetapi pada saat yang sama kami juga memiliki masalah dengan durability dan kesulitan besar melewati musim dengan lima mesin….

” Jadi kami lemah diperforma untuk jarak tempuh yang sama. Selain itu, karakter mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. Tapi sekarang yang lain sepertinya memiliki mesin yang juga smooth dalam hal akselerasi. Saat kalian bisa menggabungkan semua ini, itulah kekuatan terbesar tim untuk menang.¬†Pengembangan mesin boleh saja dibekukan. Tapi di MotoGP, itu bukan alasan. Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan performa pada sektor mesin, bisa dari elektronik hingga knalpot. Ada banyak hal yang bisa ditingkatkan tanpa menyentuh mesin. Jika Yamaha melangkah ke arah yang benar, kami yakin bisa meningkat.... ” tutup Vale..

Yup…itulah satu dua patah kata komentar Rossi pasca engine doi mogok. Ternyata karena elektronik cak, masalah yang tidak pernah terjadi selama 12 tahun katanya. Entahlah, sepertinya dengan cemerlangnya Suzuki dan carut marutnya masalah Yamaha yang tidak juga usai membuat persaingan di Motogp 2020 diluar dugaan. Jujur IWB pun tidak pernah berpikir Suzukilah yang akan menjadi kuda hitam saat Marc absen. Diawal musim pikiran IWB antara Ducati atau Yamaha. Tapi sekali lagi, pengembangan yang begitu cepat dikubu Suzuki dan masalah di kubu Yamaha…..disinyalir akan merubah history Motogp. Semangat mbah Rossi, semoga suaramu kali ini kembali didengar Yamaha. Dilalah jebule malah ketawa, bagusnya demikian jangan uring-uringan kayak Vinales tiwas kolesterol naik, iyo ora. Gooo Valeeee…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleMotogp Valencia : Joan Mir juara, Alex Rins kedua…Suzuki cetak sejarah, gilaaaa !!
Next articleTitel Juara dunia Motogp 2020 semakin dekat, Joan Mir nggak mau pongah !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!