iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….ini jian unik bin ajaib cak. Seperti biasa pasca race IWB selalu membaca satu persatu komentar para pembalap dari media resmi Motogp. Salah satu yang membuat IWB garuk-garuk kepala adalah komentar Rossi. Lhaaa piyee cak, ketika ditanya speedweek terhadap comebacknya di Valencia yang runyam karena motor mogok baru berputar lima lap…bukannya marah justru Vale malah tertawa. ” Aku tidak bisa menahan tawa...” serunya. Lhooo maksudeee ??

Memang luar biasa tahun 2020 ini cak. Musim yang pastinya akan dikenang Vale sebagai tahun terbaiknya. Maksude terbaik soal cobaan. Mulai dari masalah durability engine, covid, masalah internal karena penalty tim dan konstruktor hingga yang terakhir motornya mogok baru lima lap saat race Valencia. Padahal sebelumnya doi harus telat setengah jam untuk presscon virtual akibat meeting dengan para insinyur Jepang yang dikatakan berlarut-larut. Lima lap mogok ini tidak pernah terjadi pada motor Yamaha selama 12 tahun termasuk nol poin berturut-turut. Nah…apa kata Rossi soal ini ??

” Saat mesin mogok, aku tidak marah. Justru aku tidak bisa menahan tawa. Mesin mogok karena masalah elektronik. Tapi sudah cukup membuatku menyerah. Aku diberitahu masalah ini tidak pernah terjadi selama 12 tahun. Sayang sekali. Sebenarnya aku hanya ingin balapan. Aku melaju dengan sangat tenang, hanya ingin finish dan melepas lelah beberapa kilometer. Aku hanya perlu balapan dan membiasakan diri lagi untuk persiapan minggu depan. Tapi ternyata tidak ada hasilnya….” serunya. Yang menjadi pertanyaan pasukan Yamaha di Valencia race 1 cukup terpuruk dengan posisi 11, 13 dan 14. Apa yang sebenarnya terjadi ??

iklan iwb
iklan iwb

β€œSituasinya sekarang sangat sulit. Sepertinya kami tidak memahami tentang ban. Sungguh mengherankan ketika Yamaha baru saja menang bersama Franco dua minggu lalu – dan di sini, di Valencia, kami memiliki masalah yang sama yakni grip. Termasuk sisi mesin….kami juga punya masalah dengan durability. Yah, itu bukan akhir pekan yang menyenangkan. Kami harus memperbaiki….. ” tambah Vale. Tapi bukankah Yamaha selalu bagus diawal musim? kenapa hal itu bisa terjadi ??

Justru itu yang menjadi PR kita. Memang benar kami sering kali siap dan kencang di awal musim. Tapi Pabrikan lain tampaknya membawa banyak hal baru sehingga setelah beberapa balapan mereka improve. Setelah itu mereka sangat kuat menjelang akhir musim. Aku selalu mengatakan mesin adalah masalah besar bagi kami. Karena kami selalu paling lambat di lintasan lurus, tetapi pada saat yang sama kami juga memiliki masalah dengan durability dan kesulitan besar melewati musim dengan lima mesin….

” Jadi kami lemah diperforma untuk jarak tempuh yang sama. Selain itu, karakter mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. Tapi sekarang yang lain sepertinya memiliki mesin yang juga smooth dalam hal akselerasi. Saat kalian bisa menggabungkan semua ini, itulah kekuatan terbesar tim untuk menang.Β Pengembangan mesin boleh saja dibekukan. Tapi di MotoGP, itu bukan alasan. Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan performa pada sektor mesin, bisa dari elektronik hingga knalpot. Ada banyak hal yang bisa ditingkatkan tanpa menyentuh mesin. Jika Yamaha melangkah ke arah yang benar, kami yakin bisa meningkat.... ” tutup Vale..

Yup…itulah satu dua patah kata komentar Rossi pasca engine doi mogok. Ternyata karena elektronik cak, masalah yang tidak pernah terjadi selama 12 tahun katanya. Entahlah, sepertinya dengan cemerlangnya Suzuki dan carut marutnya masalah Yamaha yang tidak juga usai membuat persaingan di Motogp 2020 diluar dugaan. Jujur IWB pun tidak pernah berpikir Suzukilah yang akan menjadi kuda hitam saat Marc absen. Diawal musim pikiran IWB antara Ducati atau Yamaha. Tapi sekali lagi, pengembangan yang begitu cepat dikubu Suzuki dan masalah di kubu Yamaha…..disinyalir akan merubah history Motogp. Semangat mbah Rossi, semoga suaramu kali ini kembali didengar Yamaha. Dilalah jebule malah ketawa, bagusnya demikian jangan uring-uringan kayak Vinales tiwas kolesterol naik, iyo ora. Gooo Valeeee…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

124 COMMENTS

  1. VVA = VALVE VROTOL AMBROL

    PAKE MESIN R25 AJA DIJEJERIN BIAR JADI 4 SILINDER, PEFORMA ENGGAK ADA BEDANYA, KLEPNYA GANTI PAKE SULING

    Y AMBROLLLLLLLL

    SIJUKI JURDUN TAHUN INI, OTW JUAL NAMEX KLEP PLASTIK

  2. Gak papa.

    Honda aja pernah Kabel gas rcV nyangkut, yg bikin pedrosa patah tukang.

    Kabel gas cbr juga pernah nyangkut waktu Suzuka 8 hours yg bikin stoner ndlosor.

  3. Jebule cak iwan yo risi nek MV12 ngelah ngeluh teroz yo cak, huehuehuehue.

    Coba nek baca kolom komentar diwarung ini, bisa bisa MV12 ora mung kolesterol cak, malah struk tronton.

  4. kubu S sangat mantap ditahun ini, sedangkan kubu Y lagi dan lagi jomplang haduuh πŸ₯΄,siapakah yg harus disalahkan di kubu Y ? Lin Jarvis ? atau Massimo Meregalli ? atau Yg lainnya

  5. Fabio Quartararo nyanyi buat Joan Mir “KU YANG MULAI KAU YANG MENGAKHIRI”

    “Kumenangiisss membayangkan betapa pedihnya lihat kau juara dunia”

  6. meski menang 6 kali sejauh musim ini, tapi
    M1 inkonsisten
    Mv sebagai ace rider masih struggle soal basis pengembangan M1
    atau memang gak bisa development motor ini si Vinales

  7. kutunggu komennya jono dan loosy di tran*7, eeeeh keluarnya nyalahin vendor penyedia part. pabrik kere … pabrik kere, vendornya ampe mundur.

  8. @MIJONE BANGGA DENGAN YAMAHA YANG MENGAKUI KESALAHANNYA.
    ITU KARNA KETAHUAN, COBA KALO GAK KETAHUAN.
    OALAAAAH … PECUNDANG TETAPLAH PECUNDANG. KETAHUAN CURANG PUN MALAH BANGGA. PULANG KE LAMPU MERAH AJA SANA JONE, JUALAN MIJONE

  9. ekekekekek

    seperti artikel yg lalu lalu MbingHa dan Salezz HonHon itu aja yg muncull dan gonggoannya

    Govlokk bin BaHlulll komentarnya

    H suuuuRrrrAM ( CATET )

    muehehehehheh

    • ekekekekek

      seperti artikel yg lalu lalu Yamama dan Salezz Yamama itu aja yg muncull dan gonggoannya

      Govlokk bin BaHlulll komentarnya

      Y suuuuRrrrAM ( CATET )

      muehehehehheh

    • ekekekekek

      seperti artikel yg lalu lalu Yamama dan Salezz Yamama itu aja yg muncull dan gonggoannya

      Govlokk bin BaHlulll komentarnya
      Y suuuuRrrrAM ( CATET )

      muehehehehheh

    • ekekekekek

      seperti artikel yg lalu lalu Yamama dan Salezz Yamama itu aja yg muncull dan gonggoannya

      Govlokk bin BaHlulll komentarnya
      Y suuuuRrrrAM ( CATET )

      muehehehehheh

  10. Kenapa rossi ketawa ?

    Karena dia makin yakin

    M1 cin itu motor super nyaman

    Mengendarainya serasa duduk di atas sofa

    πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ‘ŽπŸ‘Ž

  11. vinales ga bakalan bisa sesantai rossi cak. si mbah udah kenyang 9x juara dunia, vinales mau bersaing berebut title aja masih susah, malah kalah sama fabio, makanya doi lebih emosional..

  12. Lek Iwan, kok aku miris ya melihat para komentator yang sering mengejek dan menggunakan kata-kata yang tidak pantas.

  13. Paling gampang itu bawa semua kru hrc..kayak rossi dulu… bisa juaraa… istilahnya kayak a erok njiplak pario.. itu baru ada sedikit harapan 🀣

  14. Yg pantas di tiru rider lain terutama rider muda dri seorang Vale adalah dia begitu care sama motor,sama kru/tim,apalagi sama motor seberat apapun masalahnya ga pernah nabokin tangki,geleng2 kepala apalagi marah2 di padock lempar2 barang.

    • Gak ngedumel, gak banting2 barang, gak nabokin tangki dll dll saja kru nya tidak berani mendekat kalo vr46 lagi kena masalah, apalagi mencak2 bubar tuh tim yahama

  15. coba liat…disuzuki ada davide brivio..makana moncer suzuki. dulu kalo ga salah orang ini sblmnya pernah di yamaha bareng rossi. dan saat itu yamaha mendominasi

  16. yamaha sekarang seperti ayam ditinggal induknya..
    dan dikejar kejar musang…kocar kacir. tim yamaha skrng merupakan tim dengan tingkat kesolidan paling buruk. except timnya petronas yamaha.ini baru tim solid

  17. pengembangan suzuki bisa pesat karena menurut ku sosok seorang davide brivio lah dengan segala pengalaman dengan mesin 4 inline dtim sblmna yang spertinya sudah hapal plus minusnya tau mesti membagimanakan mesin 4 inline supya kompetitif. meski statusnya manager tim bukan mekanik tapi bukan tidak mungkin dia juga memberikan arahan pada mekanik untuk memberdayakan mesin itu bisa kompetitif.

  18. Pelan tapi pasti.. dan hasil tdk pernah menghianati usaha.. begitulah Suzuki.. saat nya juara dunia.. tetap semangat Rin dan Mir..

  19. Mbah rossi..dirimu tak dukung wess
    Pokoknya kl pas race trus motor mogok tertawalah yg kencang,,anggap aja itu penyakit bawaan yamama
    Mengingat motor yg gampang ambroooll,Target ga harus podium tp finish aja udah cukup membanggakan
    Ekekekekk

  20. Intinya semenjak yamaha ditinggal furusawa….
    Gada gebrakan sama kemajuan….
    Yang berubah cuma motonya…dr jinak sampe dibikin beast haha…nyatanya malah makin terperosok….

  21. Klo tahun depan..diawal musim masalahnya masih sama..fix sky vr46 mending ke ducati klo ga suzuki dah…yamaha gada gebrakan di mesin(elektronik juga semrawut)….komeng suruh ngomong lg “yamaha semakin ketinggalan….”

  22. ada lagi aja bahan buat bully Ymh, makin ngebul dapurnya bang iwan fals.. hits terus nambah, wwkkwkwkwkw..
    Data Fakta Motogp 2020 >>>
    Juara seri 2020 sampai Valencia 1 :
    Yamaha = 6
    Suzuki = 2
    Ducati = 2
    KTM = 2
    Aprilia = 0
    Honda = 0 (Andai Marc ada udah 12)

    Alex Marques, pasti jurdun suatu saat nanti..

  23. Gilak, ada bahan gede buat digoreng, gorengnya keroyokan, saya akui di Indonesia memang honda mayoritas, fby mau g mau kudu siap digoreng, jadi jangan baper,,,, Jiangkrekk

    #vesparider

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here