iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…speechless cak, asli IWB nggak bisa berkata apapun terhadap performa Suzuki dimusim 2020. Tim ini telah menjelma menjadi singa yang sulit dikalahkan. Yup…unbeatable bahkan dry race sekalipun. Race day putaran ke dua belas MotoGP Europe, Valencia berakhir. Joan Mir memenangkan balapan, Rins kedua dan Pol ketiga. Suzuki 1-2…dan mereka cetak sejarah finish 1-2 terakhir 1982 silam. Luarrr biasaaaa…

Track Valencia yang cukup tricky dengan kondisi wet di sepanjang akhir pekan kini telah membaik, yupss pakdee hari Minggu ini sangat berbeda dibandingkan hari Jum’at atupun Sabtu karena cuaca di sirkuit Valencia cukup bagus dan terpantau cerah jelang race MotoGP yang akan berlangsung sesaat lagi.

Dominasi Ducati sejak Free Practice 1 nampaknya tidak akan berpengaruh besar hari ini cakkk, terlebih para tim kini harus mereset ulang set-up karena cuaca saat ini benar benar kering. Tentu akan lebih menyulitkan pakdee karena mereka tidak memiliki banyak feedback dari ridernya mengingat wet track yang terjadi dalam dua hari terakhir.

iklan iwb

Namun acuan terakhir yang bisa kita ambil adalah saat sesi Warm UP yang berlangsung full dry alias kering di pagi hari ini, dimana Suzuki keluar sebagai yang tercepat dan ditempel ketat oleh Aprilia, Ducati, Honda serta KTM melengkapi lima besar. Nahh bagaimana jalannya race hari ini dan siapakah yang akan menjuarai Grand Prix Europe??

Langsung wae cakk, Race dimulai pukul 14.00 waktu setempat dan berlangsung selama 27 Laps, Front Row ditempati Pol Espargaro (Redbull KTM Factory), Alex Rins (Suzuki Ecstar Team) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Team)

Selepas start, Pol Espargaro langsung memimpin diikuti Alex Rins, Takaaki Nakagami, Joan Mir dan Miguel Oliveira. Tidak lama kemudian Fabio Quartararo dlosor bersama Aleix Espargaro tamat sudah cakk..

25 Laps To Go, Alex Rins ambil alih posisi pertama diikuti Pol Espargaro, Joan Mir, Miguel Oliveira dan Takaaki Nakagami. Sementara itu Mir mencoba menekan Pol Espargaro yang berada diposisi kedua.

24 Laps To Go, Marshal memberikan papan bertuliskan #33 Long Lap Penalty alias Brad Binder harus melewati Long Lap Penalty Area, disisi lain Lorenzo Savadorri Dlosorr..

23 Laps To Go, Alex Rins masih memimpin. Joan Mir cetak Fastest lap, Tidak lama kemudian Joan Mir naik keposisi dua menggeser Pol Espargaro. Disisi lain Valentino Rossi nampak berhenti dan sepertinya bermasalah dengan mesinnya cak. Yup…..engine problem cak, sayang tenan padahal baru turun balap setelah kena covid…

22 Laps To Go, Francesco Bagnaia dlosor. Tidak lama kemudian giliran Cal Crutchlow ikutan dlosorr. Sementara itu Joan Mir kini bersiap untuk menyajikan battle dengan Alex Rins.

20 Laps To Go, lima besar masih ditempati Alex Rins, Joan Mir, Pol Espargaro, Miguel Oliveira dan Takaaki Nakagami. Rins nampak terus mengepush Motornya dan Mir terlihat ngotot untuk mencetak kemenangan perdananya musim ini pakdee..

17 Laps To Go, Gap rider pengisi lima besar tidak? terpaut jauh. Aksi saling tempel masih berlangsung antara Alex Rins, Joan Mir dan Pol Espargaro. Sementara itu Maverick Vinales yang memulai balapan dari pit lane kini sudah berada diposisi lima belas.

15 Laps To Go, masih belum ada perubahan di lima besar dan race berjalan dengan tempo lambat pakdee. Alex Rins masih memimpin balapan tanpa menghiraukan Joan Mir yang saat ini sedang berjuang merebut gelar juara dunia.

14 Laps To Go, Fabio Quartararo yang mengalami crash di lap awal mampu bangkit dan untuk sementara ia berada diposisi lima belas tepat dibelakang Maverick Vinales. Sedangkan pesaing gelar lainnya Franco Morbidelli berada diposisi sepuluh. Disisi lain Takaaki Nakagami gusur posisi empat dari Miguel Oliveira tepat di last corner.

11 Laps To Go, Joan Mir hampir mengovertake Alex Rins ditikungan pertama namun masih gagal karena block pass yang sempurna dari Rins memaksa Mir harus bersabar. Tidak lama setelah itu, di sector terakhir Alex Rins melebar dan Joan Mir akhirnya sukses mengambil alih pimpinan balapan untuk sementara waktu.

8 Laps To Go, Joan Mir cetak fastest lap dan sepertinya doi ingin memperlebar gap dari kejaran Alex Rins. Dan ternyata berhasil sebab Mir ngakir buanterrrr ora noleh maneh. Sementara itu Pol Espargaro berjuang keras untuk menempel Alex Rins.

6 Laps To Go, lima besar masih belum ada perubahan cakk. Joan Mir sementara memimpin diikuti Alex Rins, Pol Espargaro, Takaaki Nakagami dan Miguel Oliveira. Sedangkan posisi enam hingga sepuluh ditempati Johann Zarco, Jack Miller, Alex Marquez, Andrea Dovizioso dan Brad Binder.

4 Laps To Go, Alex Marquez yang saat ini berjuang memperebutkan posisi delapan melawan Andrea Dovizioso justru dlosor ditikungan pertama.

2 Laps To Go, Joan Mir makin ngacir dengan gap +1.4 detik atas Alex Rins. Yup…nggak terkejar kangbro. Sementara itu Rins terus menerima tekanan dari Pol Espargaro tapi Rins berhasil menjaga jarak dari Pol dan anteng diposisi dua. Disisi lain perebutan posisi ketujuh berlangsung ketat antara Andrea Dovizioso, Johann Zarco dan Brad Binder.

Last Lap, lima besar nampaknya akan bertahan hingga finish. Bendera finishpun berkibar.

Joan Mir akhirnya sukses mencetak kemenangan perdananya dikelas MotoGP diikuti Alex Rins, Pol Espargaro, Takaaki Nakagami, Miguel Oliveira, Jack Miller, Brad Binder, Andrea Dovizioso, Johann Zarco dan Danilo Petrucci. Sebuah penampilan luar biasa karena selain memperlebar gap menjadi 37 poin dari Rins dan Fabio, Kemenangan 1-2 Suzuki di Valencia menjadi moment special dan cetak sejarah baru bagi Suzuki setelah tahun 1982. Apalagi dengan finishnya RIns kedua dan Fabio terpuruk membuat posisi rider sekarang dikuasai Suzuki lewat Mir dan Rins…1 – 2. Titel Juara dunia Motogp 2020 sepertinya didepan mata buat Suzuki. So..selamat Suzuki, penampilan hari ini memang luarrr biasaaaa !!! (Cb for iwb)

EUROPEAN MOTOGP, VALENCIA – RACE RESULTS

1 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
2 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
4 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
5 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
6 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
7 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
8 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
9 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)
10 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)
11 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
12 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
13 Maverick Vi?ales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
14 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)
Lorenzo Savadori ITA Aprilia Test Rider (RS-GP)
Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)
Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)
Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

162 COMMENTS

  1. Mewakili suzuki
    Terimakasih kepada yamaha yg telah menunjukan kehebatan GSX RR secara live di trans7
    MuuuuuuUUUuuuuehehehe………

    • ekekekekek

      emng ad masalah ??

      yg penting promosi jalan ..All New Aereox nampil

      H suuuRrrAM

      mueheheheh

    • Tim H kenyang tittle :

      Mick Doohan (5x) 1994-1998
      Alex Criville (1x) 1999
      Valentino Rossi (2x) 2002-2003
      Nicky Hayden (1x) 2006
      Casey Stoner (1x) 2011
      Marc Marquez (6x) 2013-2014 & 2016-2019

      Team BLAO Extra SuuurrAmmmm,
      Ngebet jurdu pake MESIN GHOIB.

      Mueheeehe…

  2. 73 jatuh lagi dalam posisi di bawah 10 besar,itu masih bagus daripada jauh dari 10 besar jatuh daalam keadaan gak lagi fight sama siapa2. Istilah kata itu Yamaha didiemin aja paling jatuh sendiri

  3. Bingung gw lihat Y yg katanya Sultan, yg katanya kalo buat engine tinggal membalikkan telapak tangan kok g berkutik yah.. malah tambah parrah dan surram setelah pergantian klep secara diam” g ada hasil euy padahal ini kesempatan loh juara bertahan sdg absen thn ini malah pabrikan S lebih improve walaupun dgn sumber daya yg sedikit.

    Ternyata bener Y itu Suram (CATET)
    Mueheheheee..

  4. Taro ndlosor simbah mogok..wes jualan suling ae lah..ekekekek
    Seles yamama sebaiknya pindah haluan,,

  5. – Prediksi org awam bhw Suzuki akan juara seri sekaligus double podium
    – Tim Trans7 selalu *mendiskreditkan* dan terkesan berat memasukkan Suzuki dalam Prediksi juara

  6. FBH dongo seterusnya ngetek ke sujuki karna honda nyungsep selamanya, marc udah tamat riwayatnya, alex dongo hobi nyungsep gak bisa diandelin

  7. Ketika sultan abal” membuat engine yah gitu deh kualitasnya ampe rossi pun nyerah d tengah balapan.
    ??

  8. Ternyata start dari pitlen itu bisa tembus p2 loh …. Buktinya vinales

    #ke dua dari blakank
    #ke satu nya pretdator

    ???

  9. Dah lah
    Gerombolan mbah darmo masuk ke ruang isolasi jah … Biar virus dungu nya gak nyebar …. Kakakkkak

  10. Sijuki Double podium….

    Ngondhahahaha…jualan seblak dipinggir sirkuit…

    Yamahmud gali sapitheng di belakang????

    Awokwowwwo

  11. Dah lah ….
    Pasukan mbah darmo masuk ruang isolasi biar virus doengoenyA gak nyebar

    Kakkkk

    Y auuuurrrraaaam

  12. 1 x lagi Joan Mir Podium 3,2 atau 1 sudah cuuh cukup mengatarkannya menjadi Juara Dunia, bahkan bisa jadi Rins adalah Runner-Up, Suzuki luar biasa, minim dana, hanya 2 pembalap dan dua-duanya WIner dan Runer-up. dan ini bisa jadi sejarah dimana tim yg hanya punya 2 rider juara dunia dan Runer-Up.

  13. Tinggal MM93 yang masih belum tahu bagaimana klo Fight lawan Mir dan Alex Rins pakai GSX-RR versi ganas ini. Dovi, VR46, MV12, FQ20, FM21, Zarco, Alex Marquez, Jack Miller, Espargaro, Takaki semua klo lawan Mir dan Alex Rins keok, hanya tersisa 1 pembalap yg selama ini ganas MM93, klo MM93 ga bisa ngatasi ya Wassalam.

  14. ekekekekek

    Congrat Szk Team,
    Sayang sekali Y belum Optimal banyak badai kiri kanan atas bawah yg sedang di lampaui akan trus termotivasi untuk melalui tantangan tersebut

    lagi lagi H untuk mengejar podium pun Ngos-ngossAn

    H suuuuuRrrAM

    mueheheheheh

    • ekekekekek

      Congrat Szk Team,
      Sayang sekali Y belum Optimal banyak badai kiri kanan atas bawah yg sedang di lampaui akan trus termotivasi untuk melalui tantangan tersebut dengan bermain curang.

      lagi lagi Y untuk mengejar podium pun Ngos-ngossAn

      Y suuuuuRrrAM

      mueheheheheh

  15. ekekekekke

    Bakal tidak bisa tidur nyenyak nih Wahai kirikers guk guk MbingHa dan Salezz-Salezz HonHon

    tumben sepi gak biasanya menggonggong…

    H suuuuRrrrAM

    muehehehehhe

    • ekekekekke

      Bakal tidak bisa tidur nyenyak nih Wahai kirikers guk guk Beye dan Salezz-Salezz YAgakMALU

      tumben sepi gak biasanya menggonggong?

      Y suuuuRrrrAM

      muehehehehhe

  16. ekekekekke

    AMsyongggg AMsyongggg
    Yg digadang gadang SuperHero malah Nyungsepp
    padahal udah di bantu orasi pengurangn poin buat sebelah ( padahal gak ada sangkut paut sama doi ) yg lawannya aja dilapangan malah adem ayem

    H suuuuRrrrAM

    muehehehehhe

    • ekekekekke

      AMsyongggg AMsyongggg
      Yg digadang gadang SuperHero malah Nyungsepp
      padahal udah di bantu klep ghoib serta new engine.

      Y suuuRrrrAM

      muehehehehhe

  17. ekekekekke

    Bakal tidak bisa tidur nyenyak nih Wahai kirikers guk guk Yamyam dan Salezz-Salezz Yamyam

    tumben sepi gak biasanya menggonggong?

    Y suuuuRrrrAM

    muehehehehhe

  18. ekekeekeke

    Yam Juara 1 pernah
    Duc Juara 1 pernah
    KTM Juara 1 pernah
    Szk Juara 1 pernah

    ada pabrikan yg belum pernah Juara 1 …

    H suuuuRrrrAM

    muehehehehe

    • ekekeekeke
      HRC Juara 1 pernah
      Yam Juara 1 pernah (dgn cara ganti klep ghoib)
      Duc Juara 1 pernah
      KTM Juara 1 pernah
      Szk Juara 1 pernah

      ada pabrikan yg belum pernah Juara 1 ?

      Y suuuuRrrrAM

      muehehehehe

Comments are closed.