Iwanbanaran.com – Cakkk….sepertinya Suzuki saat ini sedang mengkilap diberbagai ajang balap dunia. Setelah Motogp dan beberapa balap endurance kelas 1000cc, kini yang terbaru motor buatan Indonesia yakni GSX-R125 secara mengejutkan berhasil menjadi juara UK Freetech Endurance Championship 2020. Balap uji ketahan mesin dan performa ini digelar di Mallory Park Inggris dengan pembalap kelas dunia seperti mantan pembalap British Superbike dan Superstock Alastair Fagan dkk. Wowww….

Suzuki GSX-R125 berhasil memenangkan Kejuaraan Ketahanan Freetech Inggris 2020. Kemenangan tersebut diraih setelah kompetisi selama enam jam, motor digeber nonstop dalam race endurance di Mallory Park Inggris akhir pekan kemarin cak. Mengandalkan mantan pembalap British Superbike dan Superstock Alastair Fagan, mantan pembalap Superstock 1000 Bruce Wilson, dan pembalap Superstock 1000 Tim Neave – yang menang di Silverstone Bennetts British Superbike Championship pada Buildbase Suzuki GSX-R1000 awal tahun ini – Team Suzuki GB meraih kemenangan pada seri Streetstock final. Setelah enam jam balapan, GSX-R125 meninggalkan para lawan dengan gap 38 detik….

Sebagai informasi, Freetech Endurance ini digelar dengan beberapa kelas termasuk entry level sport. Salah satu yang berpartisipasi adalah tim GB UK Suzuki yang mengandalkan GSX-R125. Edannya cak, walau kompetisi ini diperbolehkan bagi pabrikan untuk ngoprek mesin…namun dari info yang dishare, Suzuki GB mengandalkan mesin standart supaya lebih murah. Mereka hanya melakukan sentuhan bodywork dengan fokus pada ram air guna membantu cooling system, memperbesar radiator, mengganti ban (Dunlop), knalpot Yoshimura, memperbesar gear serta hanya sedikit mapping engine….

iklan iwb

Lawan terberat Suzuki GB adalah Honda CBR125R yang digeber mantan pembalap British championship yakni Hudson Kennaugh. Namun setelah enam jam balapan non stop secara meyakinkan Suzuki GSX-R125 unggul 38 detik didepan dan membuat Suzuki GB menjadi juara dalam balap UK FREETECH ENDURANCE 2020…..

” Kami baru saja memenangkan gelar SERT Endurance World Champ dengan GSX-R1000, dan sekarang GSX-R125 diajang balap Freetech 125 Endurance. Ada beberapa pembalap yang sangat berbakat di sirkuit di Mallory Park, termasuk pembalap Inggris serta sejumlah pembalap British Talent Cup. Dan hasil ini membuktikan GSX-R adalah motor dengan kombinasi performa, kualitas mesin produksi masal terbaik dan paket yang tidak terkalahkan. Terima kasih buat Alastair, Bruce, Mike, dan Tim yang telah membuat kami berhasil melakukannya…” seru Ian Bland manajer Suzuki GB’s via Suzuki Racing. Sebagai informasi GSX-R 125 dan 150 ini merupakan racikan dan buatan anak bangsa, made in Indonesia cak..so…selamat buat Suzuki…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

25 COMMENTS

  1. Jadi keliatan mungil GSX-R 125 di pakai sama bule. Terutama di foto ke 2. Selamat buat suzuki. semakin terbukti kualitas mesinnya bukan kaleng-kaleng. tapi desainnya perlu di benahi. Suatu percubaan yang mantap !

  2. Desain sudah bagus. Cuman selera orang Indonesia beda sama diluar. Wawasan kurang jadi model yang bagus pedomannya hanya desain motor yang laris. Padahal model itu harus punya karakter. Nah yang paham model itu bagus dengan pertimbangan karakter pabrikan itu sedikit.. jadinya dianggap desain nggak bagus.

    • Motor ini sering dibully “tonggos” sama Mijone, Alan dkk….. padahal tampilanya keren mirip KTM Moto3. elegan anti kophong-kophong club

    • itulah suzuki mempertahankan karakter sepeeti contoh dari gsxr125 sampai hayabusa menggunakan desain lampu tunggal reflektor tumpuk karena menurut mereka lampu kiri kanan sudah terlalu umum

  3. Fungsi air ram :
    – saluran intake
    – saluran udara untuk pendinginan

    Some weird manufacturer :
    – tempat klakson + penambah top speed 8 kmh

  4. suzuki kualitas mesin terjamin, saya sendiri punya satria 2010 karbu untuk daily use sampe sekarang masih normal belum pernah skir klep atau bongkar mesin bahkan kampas kopling juga masih bawaan pabrik

  5. Selera desain orang indonesia tu monoton,pgnnya cm yg lancip2 doang.kebanyakan desain suzuki mengarah ke style eropa.justru kl menurut sy keren.

  6. Lele Dilawan.. yang klotok2 aja berjuang mati2an masih juga ditinggal 38 detik, apalagi yang ngebul 😂

    anyway, saya tetap setia sebagai pengguna ngebul deltaseng.. (witing tresno jalaran ra nduwe liyo)

  7. bagi saya desain gsx itu terbaik di klas 150cc. simple, curvy, sesuai dgn cc/bukan moge look. ya kadang selera saya memang antimainstream dgn selera kebanyak org2 indo.
    tetapi dari dulu suzuki memang bandel mesinnya

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama