iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ediannn cak…..nggak nyangka persaingan roda empat makin sengit antara pabrikan Jepang vs Tiongkok. Menjual fitur seabreg dengan harga yang lumayan miring membuat penetrasi mereka makin serem. Seperti penjualan kelas medium SUV bulan September 2020. Siapa menyangkap Wuling Almaz sukses “gampar” Honda CR-V yang kini harus bertekuk lutut dihadapan rivalnya. Ediannya…gap penjualan termasuk sangat signifikan. Yup….kini pasar medium SUV dikuasai pabrikan Tiongkok !!

Bulan September mungkin menjadi bulan yang membanggakan buat produsen Tiongkok Wuling dikelas medium SUV. Iklan yang gencar, segudang fitur dengan banderol cukup miring ternyata sukses membuat Almaz merangsek dan menekuk penjualan Honda CR-V dikelas medium SUV. Value for money menjadi kunci untuk Wuling bisa membawa Almaz pada penjualan mencengangkan dibulan September 2020. Lhaaa piyee cak…gapnya kuwi lho jauhh dibandingkan dengan penguasa pasar dikelas tersebut yakni Honda CR-V. Emange pirooo ?

Dari catatan yang dishare oleh Gaikindo, Wuling Almaz berhasil menjadi sport utility vehicle ( SUV) medium terlaris di pasar domestik dengan angka penjualan 221 unit pada periode September 2020. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan CR-V yang hanya terjual sebanyak 88 unit. Lhoo kok jauh benerrrrrr ? kuwi cak yang menarik sebab terjadi penurunan penjualan CR-V hingga 36,1 % dibanding bulan Agustus 2020. Kondisi ini justru berbanding terbalik dibandingkan Wuling Almaz yang terkerek naik hingga 60 %. Waaaahhh melesat euy….

iklan iwb

Last….dibelakang CR-V menyusul pabrikan Mazda yang cukup baik dengan penjualan CX-5 diangka 58 unit. Dalam pandangan mata IWB sebenarnya terbaik soal interior dan exterior termasuk fitur adalah CX-5. Jiannn mewah “mepet sawah” tenan cak. Tapi banderol yang cukup tinggi memang membuat CX-5 tidak akan sekuat rival dibawahnya. Lhaaa piyeee, CX-5 Elite sekarang sudah tembus diangka 589 jutaan barunya…kenthirr ora jal. Teritori banderol big SUV kuwi. Lalu dibelakangnya nempel pabrikan Tiongkok lainnya DFSK Glory i-Auto dengan 41 unit….Peugeot 3008 5 unit….Hyundai Tucson 4 unit dan terakhir adalah DFSK Glory 1 unit. Sebagai gambaran berikut urutan 7 besar penjualan medium SUV ditanah air………(iwb)

Berikut daftar SUV medium terlaris pada September 2020:

Wuling Almaz: 221 unit
Honda CR-V: 88 unit
Mazda CX-5: 58 unit
DFSK Glory i-Auto: 41 unit
Peugeot 3008: 5 unit
Hyundai Tucson: 4 unit
DFSK Glory 580: 1 unit

Advertisements

41 COMMENTS

  1. Salah jepang sendiri. Puluhan tahun menikmati keuntungan dari rakyat Indonesia. Bukannya bekerjasama bikin mobnas Indonesia dengan skema menguntungkan kedua fihak jangka panjang malah terus-terusan Indonesia dikadalin.
    Setelah elektronik kalah dari Korsel, otomotive terancam cina.
    Ayo cepetan bantu Indonesia bikin mobnas, mumpung belum terlambat.

  2. Head to Headnya bukan Wuling lawannya CR-V tp Fortuner dan Pajero, tp karena CR-V tetep mempertahankan 5 seaternya jd konsumen ke Fortu / Pajer.
    Harga CR-V itu head to head kok sama Pajer dan Fortun

    • tidak bisa head to head, bensin dan diesel itu beda karakter.
      klo dihitung harga di mesin untuk kendaraan pasar, diesel itu lbh mahal dibanding mesin bensin karena metalurgi lbh kuat diesel. belum kubikasi 1500: 2400, jelas ini mempengaruhi nilai jual objek pajaknya juga

      • 1500 : 2400
        CR-V bos bukan HR-V
        CR-V 2.5 bos, meski mesin bensin 2.5 CR-V Prestige dibanderal 550 jt bosku.
        Beda bosku CV-R sama HR-V.

      • Cah aman ga update kalo CRV Turbo 1.500cc. Tapi power 190ps menggampar mesin diesel fortune 2.4L mentok 150 ps dan Pajero sport 2.4L 181Ps.

      • @Hary anda benul, meskipun crv power gede karena turbo, ya tetep aja bengsin, beda kelas kalo lawan diesel. intinya CRV 1500 cc SUV kota-kota aja, buat mejeng

      • Cah Aman, dari awal gen pertama CRV ga ada yg 2500cc.. yang ada si Nissan X-Trail.. CRV gen pertama aja 2000cc ama 2400cc..

        Semoga dapet ilmu..

    • @cah aman: aku pikir anda sudah updet CRV generasi 4…ternyata belum.
      gak bakal nyambung ngomongnya.
      @komeng: ya sama sama turbo, tetapi mesin bensin adalah fuel compression, sedang diesel air compression, sehingga diesel plus turbo semakin efisien, bensin klo sudah turbo kerja bbm serasa kencing di jalan.
      belum karakter diesel peak power dan torsi di rpm bawah lebih fun diajak nanjak dengan speed rendah, sedang bensin harus kail di rpm tinggi, berasa mesin menggerung nggerung saat mencapai peaknya pada speed rendah

  3. Mgkin nasionalisme wuling lekπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€“πŸ€“πŸ€“πŸ€“πŸ€“πŸ€“πŸ€“

  4. honda crv terlalu mahal & minumannya mahal pula, mending nambah duit ambil fortu atau paje yg minum diesel ( mesin diesel handal & ringan perawatan ) harga jual jg gk jatuh bngt

    • Vtec+turbo…sekali betot…njengat….beye baru punya peapea aja udah kaya yg paling kenceng…salam knalpot becek

      • turbonya bensin vtec belum apa apanya dengan turbo diesel CRDI.
        captiva diesel digenjot pedal gas ban langsung spin, hyundai santa fe diesel akselerasi nya gila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here