iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Telah di konfirmasi secara resmi jika Tidak akan ada rider pengganti di tim Monster Energy Yamaha MotoGP untuk akhir pekan putaran ke sebelas MotoGP Teruel (Aragon), Spanyol. Yupss Valentino Rossi tidak akan membalap pada putaran Aragon 2 dan berfokus untuk isolasi mandiri hingga kondisinya membaik. Termasuk wacana Marc turun di Aragon juga batal. Waahhh pilih aman ki pakdeee….

Situasi yang sulit bagi tim pabrikan Yamaha jelang putaran Teruel akhir pekan ini, sebelum putaran Aragon beberapa crew dan petinggi Yamaha dinyatakan positif Covid-19, kemudian ditambah Valentino Rossi yang juga terindentifikasi positif Covid-19 pada Kamis, 15 Oktober yang memaksa doi absen pada Grand Prix Aragon 1 dan karena regulasi di negara Italia yang cukup ketat, Rossi memutuskan untuk tidak turun akhir pekan ini dan pihak Yamahapun memutuskan untuk tidak menempatkan rider pengganti dengan beberapa alasan yang kuat.

Sesuai Keputusan Presiden Dewan Menteri Italia yang dikeluarkan pada Selasa 13 Oktober 2020 mengenai kebijakan perkara Covid-19, dimana bagi siapapun yang dinyatakan positif Covid-19 wajib mengisolasi diri minimal 10 hari (normalnya 14 hari). Valentino Rossi yang saat ini tinggal di wilayah Tavullia, Italia mau tidak mau harus mengikuti aturan tersebut pakde.

iklan iwb

Nah…sebelum kembali menjalani kegiatan normal, The Doctor perlu melakukan tes PCR lagi dan hasilnya wajib negatif cakkkk, dengan demikian maka Rossi bisa kembali ke track paling awal Tanggal 6 November yang bertepatan dengan Free Practice 1 putaran ke dua belas Europe (Valencia).

Moment yang sulit ini, membuat Yamaha sangat berhati-hati mempertimbangkan pilihan mereka untuk menentukan siapakah yang akan mengisi slot kosong peninggalan Rossi dan akhirnya Yamaha memutuskan untuk tidak menurunkan rider pengganti untuk akhir pekan ini. Keputusan ini didasarkan pada tekanan tinggi yang diberikan pada anggota proyek Yamaha MotoGP disepanjang musim yang dipengaruhi pandemi Covid-19 ini.

Mempertimbangkan hal lain dengan berkurangnya jumlah staf yang absen pekan lalu dan memakan waktu yang lama untuk mengisolasi diri seusai dengan aturan di negara Jepang, Yamaha dan tim Monster Energy Yamaha MotoGP memilih untuk tidak memaksakan tekanan tambahan karena harus beradaptasi dengan rider baru jika menurunkan pengganti yang mengisi slot Rossi hanya untuk 1 race saja cakkk.

Sebelumnya, beberapa kandidat kuat masuk dalam radar pengganti Valentino Rossi seperti Test Rider Yamaha, Jorge Lorenzo. Duo Pata Yamaha Team yang tampil impresiv di World Superbike musim ini Toprak Razgatlioglu dan Michael Van Der Mark bahkan Jonas Folger yang musim ini berhasil meraih gelar IDM Superbike Germany. Namun diantara semua nama tersebut tidak ada yang dipanggil oleh Yamaha untuk menghadiri Grand Prix Teruel.

Selain itu, saat mengambil keputusan untuk tidak memasukkan rider pengganti, Yamaha mengonfirmasi dengan Race Direction bahwa mereka mematuhi Peraturan Grand Prix sesuai standart FIM yakni mengenai Pasal 1.11.3.ii yang menyatakan bahwa: “Tim harus melakukan segala upaya dengan wajar untuk menyediakan rider pengganti yang memenuhi syarat untuk menggantikan rider tersebut setidaknya harus mengkonfirmasi terlebih dahulu 10 hari setelah rider dinyatakan absen”.

Last…Dalam kasus absennya Rossi jelang putaran Aragon 1, secara resmi Monster Energy Yamaha MotoGP mengkonfirmasi ke IRTA pada hari Jumat tanggal 16 Oktober, sehingga batas waktu 10 hari akan tercapai pada Senin 26 Oktober, satu hari setelah Race day Teruel. Selain itu kabar lain tentang Marc yang diwacanakan turun di Aragon isunya juga dibatalkan. HRC memandang akan lebih baik Marc 100 % fit dan tidak turun balap hingga waktu yang tidak ditentukan….(Cb for iwb)

Advertisements

14 COMMENTS

  1. ngebayangin betapa kuciwa nya para fans koening2 yg sejatinya ini adalah musim satu2 kesempatan engkong buat juara dunia ke 10. tapi jebul nya pupus, hingga akhirnya yg diumpat habis2 an adalah yamaha. lengkap sudah para pecundang memaki motor pecundang karena kekalahan sang pecundang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here