iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Embohhh cak…IWB harus piye saat membaca penuturan Vinales yang polos dan jujur banget. Lucu tenan soale. Penuturan bagaimana doi awalnya begitu pede karena didashboard menunjukkan doi unggul 1 detik dari Fabio. Pikiran doi, aman semua terkendali karena doi sudah didepan dengan gap terjaga dikisaran 1 detik. Namun doi serasa tidak percaya sebab tiba-tiba terbaca Alex Rins sudah dibelakangnya dengan gap +0,3 detik. “ Aku seperti ingin mengucek mata sebab tiba-tiba Rins hanya 0,3 detik di belakangku. Aku tahu dia start dari posisi sepuluh….aku tidak paham lagi dengan dunia ini..” serunya bikin IWB ngakak. Simak penuturan lengkap Vinales yang IWB terjemahkan dari Speedweek dibawah ini…

Seperti yang kita semua tahu, Maverick Vinales tampil dominan bersama pasukan YamahaΒ  di Aragon diberbagai sesi. Awal start juga sangat meyakinkan karena doi langsung melesat didepan. Doi juga sempat membuka gap hingga 1 detik didepan. Awalnya Maverick sangat percaya diri sebelum tiba-tiba fakta berbicara lain. Vinales rasanya tidak percaya karena Rins sudah dibelakangnya dengan jarak hanya 0.3 detik….

“Pada titik tertentu aku sudah berada didepan dengan gap 0,7 detik dan kemudian 1 detik di depan Fabio. Aku pikir setelah itu semua terkendali. Tapi aku seperti ingin mengucek mata sebab tiba-tiba Rins hanya 0,3 detik di belakangku. Aku tahu dia start dari posisi sepuluh….aku tidak paham lagi dengan dunia ini. Rasanya tidak percaya mereka menyusulku. Pada akhirnya aku mengerti bahwa mereka lebih baik dibanding kami…

iklan iwb

Padahal Aku sangat percaya diri dengan ban depan soft sepanjang akhir pekan. Aku sudah melakukan simulasi melahap 25 atau 26 lap dengan ban ini dan bekerja dengan sangat baik. Balapan sendiri hanya berlangsung 23 lap. Sejujurnya, aku tidak punya masalah dengan ban depan, semuanya bekerja bagus. Tapi Masalahnya datang dari ban belakang. Setelah lima atau enam putaran, traksi ban belakang mengalami penurunan besar di sisi kiri….

” Itulah mengapa aku tidak bisa menjaga motor diracing line ideal tikungan kiri. Aku masih cukup kencang di sektor dengan belokan kanan. Satu hal yang jelas untuk saat ini adalah….kami harus meningkatkan diri. Kami sudah berjuang maksimal dengan motor hari ini. Kami melihat bahwa Suzuki dan Honda memiliki traksi lebih saat ditikungan sempit. Kami harus lebih kuat di balapan kedua nanti. Kami memiliki PR di depan kami … Tapi tidak ada yang berubah. Yamaha memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. itu jelas bagi kami. Tapi jujur aku tidak menyangka lawan begitu kencang hari ini… ” tutup Vinales….(iwb)

Advertisements

81 COMMENTS

    • Saya ucapkan selamat untuk Suzuki khususnya Rins. Dan Mir juga tak kalah hebat. Sebagai fans MotoGP yang cerdas saya kagum dengan perkembangan Suzuki yang sangat radikal. Semoga kedepannya bisa tetap bagus.
      Dan untuk Fabio dan Vinales, jangan patah semangat. Kesempatan untuk juara dunia masih terbuka lebar. Balapan masih menyisakan 4 seri lagi.

    • Tolonglah untuk para fansboy, khususnya fansboy markes dkk jgn menggiring opini yang menimbulkan perpecahan. Kita ini satu, sesuai dengan slogan mereka “satu hati”. Harusnya kita tidak saling mengejek satu sama lain. Tidak suka boleh, utarakan dengan kalimat yang sopan, kritik dengan solusi. Bukan dengan hinaan dan cacian yang nantinya akan menimbulkan perpecahan. Bangsa ini sedang sakit, tidak baik apabila diantara kita saling menghina satu sama lain. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
      Salam dari fans VR46.

      • Sebenernya fansboy marquez antengΒ² aja
        Cuma fansboy nya yamaha toxic, makanya jadi ribut.

      • yoga hokya ,, halah ente aja klo junjungan menang mojokin nya slalu yg diblakang macem alex marquez n tim honda kok,,,gak usah munafik n sok bijak,,,ekstrem skalian aja jgn pas keok sok jd bijak gini

      • salah besar boss untuk saat ini bersatu kita mati bercerai kita selamat jangan coba coba untuk bersatu kalau tidak ingin masuk karantina

  1. Maaf kalau dirimu lebih suka rumput sebelah, silahkan. Suzuki ga bisa gaji kamu tinggi, cuman bisa kasih kepercayaan dan kehangatan keluarga hamamtsu.

    Gpp kmu pergi, tp ingat brivio bakal bikin yang lebih dari kamu (Rins dan Mir).

  2. Engkau akan lebih tidak percaya lagi bila di dalam motormu ternyata hanya sebongkah mesin mio daur ulang yang belum kena rekolan

    • Masalah teknis membuat Vina dan Quartararo mengalami penurunan di pertengahan balapan. Jika tidak ada, saya jamin salah satu dari mereka berdua mendapatkan podium.

      • Jika andai marc ga crasshh…saya jamin marc udah Juara dunia saat ini πŸ˜‚

  3. Aneh, harusnya mv12 lebih tidak percaya alex yg satunya menyalipnya dong karena alex rins udah sering di depan dari tahun kemarin juga.

      • Makanya dibaca yang bener, roasting mulu sih, muncul di kala pujaannya menang doang. .yang bikin dia kaget itu karena gap yg 1 detik mendadak jadi 0.3 dan bukan urutan kedua yg memperpendek gap, tapi justru dari si urutan ke 3.

  4. Berkali kali sudah neng vina dilewatin sang mantan dgn gebetan barunya. 🀣🀣

    Niat hati ingin jurdun dgn team baru yg lebih mapan dan dpt kontrak bagus,, eh malah terseok seok.. menyesal toh ??

  5. MV kaget, kaget pas disalip RIns, trus kaget lagi pas disalip Mir, trus kaget banget adeknya Markez jg ikut nyalip….
    sekaget-kagetnya MV12 yg berulang kali disalip yg masih kagetan FQ20 yg 18 kali disalip.

  6. Top Speed Suzuki sudah mulai mampu jabanin V4, Speed Cornering Suzuki paling joss, keawetan ban Suzuki paling awet, mesin Suzuki saat panas makin bagus akselerasinya. Davide Brio emang cerdas.

  7. Klo liat kemajuan Rins, Mir dan AM73 rasanya MM93 juga jadi tidak superior kayaknya.
    Sebelumnya MM93 superior krn menang trek lurus atas M1 dan GSX-RR, trus menang Cornering Speed lawan Ducati. tp Saat ini M1 mmng memble tp GSX-RR trek lurusnya sdh OK dan Cornering Speednya luar biasa.

    • Jika dibanding dengan MM93 , pastinya masih jauh bro , bisa dilihat dari semua capaian yang ditorehkan Marc…bukan sekedar menjabani m1 atau duc.
      Yang paling mudah lihat rekor2 yang diraih mm93 πŸ‘πŸ˜‚

  8. Saat Rins dan Mir Join Suzuki kelemahan Suzuki mencolok di Top Speed dan itu sulit tanding lawan MM93 bahkwan lawan M1 saja sulit, tp saat ini GSX-RR Top Speed sudah 11-12 sama mesin V (Duc, Hond), tp Cornering Speed Suzuki luar biasa, AM yg maksa pake high Speed saat mau nyalip Rins hampir terpeleset, sedang AM73 di trek lurus yg 1.5 km saja mau jabanin GSX-RR jg 8 lap ga mampu nyalip GSX-RR walaupun ban Rins Soft dan AM73 pake ban belakang Medium.

  9. Saat AM mau nyalip Rins kalau saja Ban yg digunakan Rins, Mir dan AM sama mungkin RCV belum tentu mampu jabanin GSX-RR, keliatan dari top speed GSX-RR vs RCV yg panjangnya 1.5 km top speed tidak mencolok (RCV unggul tipis) namun saat Cornering Speed (GSX-RR) unggul jauh.
    Saatnya GSX-RR vs RCV (Inline bringas vs V bringas).

    • Kalau untuk top speed di race kemaren masih dipegang squad duc ( by miller ) .
      Ktm ke 2 ….
      Kemudian rcv ( by bradle ).
      Tapi ya itu….race bukan hanya tentang kecepatan , banyak faktor pendukung πŸ‘πŸ˜‚

      • sepertinya sedikit yang sadar, bahwa kemungkinan RCV akselerasinya bagus, top speed nya dikurangi.. makanya suzuki terlihat bisa jabanin rcv di trek lurus..

  10. Liat Motogp ini sedikit menggelitik ya klo di fikir secara mendalam.
    Ducati 6 pembalap
    Honda 6pembalap
    Yamaha 4 pembalap
    KTM 4 pembalap
    kok keok lawan Suzuki yang cuma 2 pembalap
    tepuk jidat

  11. Ducati : 6 Pembalap + Ribut Dov vs Petrux
    Honda : 6 Pembalap + Resep jamu dr abang MM93
    Yamaha : 4 Pembalap + heboh dukungan dari komentator di tivi
    KTM :4 Pembalap + Dana Sang Sultan
    Kok keok Lawan Suzuki yg hanya 2 Pembalap + dana minim.
    Apa Salahku?
    Apa Dosaku?

  12. Ya itulah balapan… Kalau mau unggul yg siap siap keluarkan kekuatan nya dan minimalisir kelemahan nya ..kalau lemah di ban belakang kenapa dr tahun kemarin tdk di benerin.. set up race harus nya cengkeraman ban di set tdk seperti Qualifikasi.. sehingga ban nya awet..

  13. cak penghuni komentar warung sudah pinter-pinter cak.

    soal speed cornering vs rolling speed.
    soal gradasi ban.
    dulu bilang V4 vs Inline4 mana ada yg paham.

    taunya honda makin panas makin kencang, yamaha jago tikungan.

  14. Semua motor yakin tidak ada yang sempurna, 100% tidak memiliki masalah. Semua pasti punya, yang membedakan biasanya dari Rider dan pada insinyurnya bekerja. Ada rider yang menyalahkan terus motornya, inilah itulah, dan insinyur bekerja. Ada rider yang nrimo kelemahan itu, ditutup dengan kekuatan yang dimiliki motor dengan memberi masukan ke insinyurnya dan kemudian diperbaikin. Asal sabar, gak banyak ngeluh, sabar, dan tunjukin aja waktu Race. Lihat AM73, apakah dia suka mengeluh hingga berkoar-koar dimedia kalau di RCV-213V itu tidak enak dan tidak nyaman. Dia hanya perlua beradaptasi, apa yang gjadi kekurangan ditambal dengan kelebihan si RCV. Sama kek AR42 dan JM36, alon-alon asal kelakon. Penting sabar dan konsistensi. Saya melihat cara honda dan suzuki mendidik dan menggembleng ridernya berbeda dengan yamaha. Faktanya, cara mengeluhnya juga beda dan hasilnya juga beda. Daya juang rider rider honda dan suzuki paten. Honda kaya akan insinyur dan duit. Suzuki punya segudang pengalaman di chassis dan frame dengan minim dana, tapi bisa membungkam TIM pabrikan dan punya Tim Satelit. Coba lihat MV12, dari awal pindah ke Yamaha. Bukannya dia sendiri yang mengambil pilihan pindah, sekarang melihat performa yang seperti itu ya udah jadi pilihan dia.

    • Setuju, keliatan Hodna & Sizuka yg riderna minim drama. Ducduc sesekali drama tapi minim, Katiyem & Apriliana hampir ga pernah. Paling sering drama ya rider Yamimi. Dari dulu koar2nya beye, neng vina bakal cucuk2an dengan markus di depan. Tapi sampe sekarang mana ada? Kalo ga neng vina udah kabur duluan di depan, ya jatoh kejar markus (ingat di philip island).

  15. Mungkin neng vina salah ngomong tuh, kayaknya mau ngomong kaget disalip alex yang satunya tapi gengsi. Akhirnya ngomongnya kaget disalip rins.

  16. Apakah kemajuan suzuki terkait dengan swing arm baru yg info nya lbh ringan dan gearbox seamles yg pengembangan sejak 2018 menunjukan kemajuan yg pesat … Mantap Suzuki..

  17. yg salah itu mas juki skrng jd kenceng,,,kalau tdk kmrn yg podium honda yamaha ducati sama kayak yg lalu lalu,,, πŸ™‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here