iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebagai Blogger tuwo (haiyaahh) cukup banyak pertanyaan dilayangkan ke IWB perihal pilihan motor yang tepat. Gimana karakter motor A dan B dan apakah pilihan tersebut sudah tepat. Mungkin buanyakkkk yang nggak kejawab karena kesibukan namun IWB kali ini akan membahas satu pertanyaan karena IWB yakin sampeyan juga akan penasaran jawabannya. Pertanyaan yang dilontarkan cak Pahrudin dengan tema Honda Vario 150 vs Vario 125…..pilih mana ???

Jujur cak sebenarnya pertanyaan cak Pahrudin tidak mudah. Sebab IWB rasa doi sudah tahu jawabannya. Sebuah surel yang bisa IWB share dibawah ini….

Permisi kang Iwan,

iklan iwb

Dilema ini kang, mau upgrade motor ke matic biar simpel ga ribet untuk nyonya. Sebenernya ibu negara pengennya scoopy tapi medan yg dilewati naik turun gunung, Kulon Progo – Wonosari. Aku mikire “nek scoopy dinaiki berdua kasian juga” sama secara postur saya 180 kalo naik scoopy jadi “wagu” to. Jadi kita berdua berencana ambil vario, toh istri mantepnya masih sama Honda.

Saya bingung milih vario 125 atau 150. Toh secara dimensi sama bobot sama cuma beda ke mesin beda tenaga. Untuk fitur ya sudah standar honda lah. Saya ga ngelirik pcx atau nmax karena istri bilang kebesaran bodynya. Kira2 yang pas mana ya menurut kang Iwan?
Mana diantara dua tersebut yg worth it? Karena saya sempat baca vario 150 nanggung kalo dibanding pcx dan disuruh pilih vario 125. Tapi kan secara pcx ga masuk kriteria istri karena kegedean. Saya jadi bingung ini kang…

Wissss clear yang pertanyaannya. Buat cak Pahrudin ora usah bingung karena IWB akan mencoba menjabarkan kesampeyan kelebihan dan kekurangan masing-masing matic tersebut. Jadi gini cak…

Secara umum Vario 150 vs Vario 125 memang hanya beda kubikasi. Basis mesin keduanya sama cak….nggak berbeda. Dengan diplacement yang lebih besar….Vario 150 mampu memuntahkan tenaga hingga 13,1PS dengan torsi 13,4Nm. Sementara untuk Vario 125 power mencapai 11,1PS dengan torsi 10,8Nm. Bobot keduanya hanya terpaut 1 kg dimana Vario 150 adalah 112kg dan Vario 150 adalah 113kg. Pertanyaannya, piye saat dilapangan ?

Memang beda cak, Vario 150 terasa lebih padat dan bertenaga. Sekali colek mesin sudah nampol sejak bawah. Sedang Vario 125 lebih jinak walau bisa IWB katakan juga termasuk powerfull menilik kubikasi yang hanya 125cc. Uniknya walau akselerasi Vario 150 lebih nampol top speed kedua matic ini mirip. Terus piye jawabannya? tergantung. Kalau sampeyan ingin mendapatkan climbing ability lebih apalagi buat boncengan pilih Vario 150. Tapi kalau motor sering buat sendiri, lebih jinak dan menyenangkan dikendarai vote Vario 125. Apalagi Vario 125 juga lebih irit dibandingkan dengan Vario 150 walaupun nggak signifikan…

Last….perbedaan 4 juta rupiah dimana Vario 150 dijual diangka 24 jutaan dan Vario 125 20 jutaan sebenarnya cukup gampang untuk memutuskan. Dan entah kenapa IWB sendiri cenderung akan memilih Vario 125 karena merasakan sendiri bahwa skutik Honda 125cc powernya sudah sangat cukup untuk meladeni kondisi jalanan dalam berbagai kondisi. Tapi Vario 150 anyar emang keren cak wkwkwk. Btw…kalau bingung mungkin cak Pahrudin bisa jajal langsung untuk komparasi biar bisa merasakan sendiri. Honda Vario 150 vs Vario 125…..pilih mana ??? wisss tahu jawabannya apa makin bingung kiee hehehe (iwb)

Advertisements

12 COMMENTS

  1. Mengapa tidak coba Lexi?
    Untuk jalan jauh lebih empuk nyaman mantap bertenaga daripada V***o 125 dan gak kalah bandel & iritnya.

    • Lexi??, aneh bentuknya wagu, mesin lebih kasar puol, lebih loyo juga dari vario 150, dan anehnya lebih boros juga… Gblk emg mesin 125 lebih boros dari mesin 150.
      Tapi gw akuin sih rada lebih nyaman, but ya nyaman aja cuma mesinnya, bentuknya, andai bisa pake mesin vario 150 atau bentukan body lebih manusiawi

  2. Yg 125 aja juga udah cukup gede tenaganya. Jangan lupa pakai selalu BBM yg RON 95, dan rawat rutin. Buat saya prinsipnya : Bersih – BBM – Nikmati. Yaitu jaga kebersihan motor; pakai BBM yg terbaik, dan nikmati yg kita miliki.

  3. Jelas vote vario 125 lah selisih 4jt bisa buat apa aja mau upgrade bagian cvt juga msih sisa banyak banget
    Apa lagi pajek lebih murah dan kalo servis biaya servisnya lebih murah juga

  4. Dgn selisih 4jt ane vote 125. Pengalaman pribadi, utk tenaga sudah cukup powerfull. Tinggal ganti roller dan per cvt pcx akselerasi beringas. Bensin irit, cukup minum pertalite dapet 50-an km/L. Biaya perawatan jg rendah secara sparepart fast-moving honda relatif lebih awet dibanding yamaha…kekurangannya cuma belum keyless & CVT mesti rutin dibersihin spy gak gredek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here