iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sugeng enjing selamat pagi buat sampeyan semua. Pokoke kita harus selalu optimis dan semangat walau kondisi secara umum memang kurang menguntungkan akibat pandemi. Selalu berdoa dan yang terpenting sehat selalu, kuwi sing nomer satu. Btw…diartikel ini IWB akan coba membahas berbagai pertanyaan para follower. Pertanyaan yang bakal lebih mudah menjawab lewat artikel ketimbang jawab satu persatu. Pertanyaan tersebut adalah…..apakah Yamaha Vixion bakal ada versi facelift tahun depan ? akan seperti apa sosok dari sport andalan Yamaha dikelas 150cc tersebut. Simak terawangan IWB berikut ini karena sampeyan akan terkejut…

Yamaha sekitar tahun 2007 membikin kejutan dengan meluncurkan sebuah motor sport yang melompat dari trend saat itu. Ketika motor sport hanya mengandalkan mesin SOHC 2 katup…. dengan frame model diamond…. pabrikan garputala menggebrak dengan mesin yang lebih maju yakni SOHC 4 katup radiator serta frame deltabox. Sejak saat itu motor ini menjadi idola. Bahkan IWB aja sangat tertarik mencoba untuk datang ke dealer hanya ingin melihat Seperti apa sosok aslinya. Gagah cak…memang keren banget ketika itu…

Sosok motor termasuk mungil dimata pribadi namun desainnya di atas rata-rata di zamannya. Apalagi secara bandrol saat itu juga termasuk terjangkau yakni di Kisaran 18,4 juta rupiah. Harga yang juga ditempati oleh Honda Megapro. Tak Ayal eksistensi Vixion berhasil membuat 2 favorit motor 4 tak Honda terseok-seok. Dua motor sekaligus dihantam yaitu Honda Megapro serta Honda Tiger. Dominasi Yamaha Vixion ini terus terjaga hingga bertahun-tahun. Apalagi setiap Facelift designer mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Mulai dari Vixion generasi pertama hingga generasi yang paling mantap adalah Yamaha Vixion Advance….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup… itulah generasi yang paling cakep menurut IWB. Motor yang enak dilihat dari depan, samping ataupun belakang. Motor ini juga cenderung mudah dioprek atau di modif. Karena designnya laki banget. Sayang perjalanan sang legendaris ini semakin tertekan. Banyak yang mengatakan mungkin karena pergeseran market yang lebih didominasi oleh skutik. Walau tentu opini ini tidak mutlak benar. Setidaknya dari survei kecil-kecilan IWB Vixiy sekarang memang nggak terlalu dilirik ketika biker mencari motorsport. Desain soal selera. Ya…diluar strategi marketing yang memang juga bergeser meninggalkan ciri Yamaha yang fun, cowboy serta agresif….dari sisi produk sendiri dalam pandangan pribadi sedikit berbeda pendekatannya….

Generasi terbaru ini lebih kalem. Aura Vixion seperti berubah. Pada generasi ini Yamaha memutuskan menggunakan tangki full kondom. Sebuah keputusan yang sepertinya memang terlalu berani sebab tidak semua orang menyukai model cover. Desain lengkung di bagian samping juga entah kenapa terasa mencederai kegagahan sang kuda besi. Bahkan jika dihat dari depan pun keagresifan headlamp generasi Vixion Advance juga justru ditinggalkan pada generasi anyar. Termasuk stoplamp…..IMHO IWB lebih suka generasi sebelumnya. Yah….desain soal selera…namun dari beberapa obrolan dengan teman-teman Blogger lain memang desain menjadi PR terbesar pada New Vixion….

Nah…. dari sana bisa IWB simpulkan dan mapping kenapa generasi terbaru ini bahkan sulit kita temukan di jalanan Jabodetabek? Yang pertama adalah desain. Yamaha harus berani melakukan gebrakan dengan merombak total design sekarang dengan tetap berpedoman pada desain masa lalu yang udah cakep. Gunakan desain Vixion sebelumnya dengan melakukan beberapa sentuhan disesuaikan trend sekarang seperti lampu sein LED misalnya (pakai aja MT25). Buang lengkungan shape “mentimun” dibagian samping dan buatlah lebih konvensional seperti generasi Vixion Advance….

Soal mesin sebenarnya tidak ada masalah Namun jika ingin menarik perhatian para bikers, ada baiknya tim RND Yamaha mulai memikirkan untuk merakit mesin DOHC supaya daya gedor lebih nampol. Suka atau tidak mesin sekarang walaupun sudah dijejali dengan mekanisme terbaru untuk mengatrol power tapi basis yang digunakan tetaplah engine 2007. Mesin yang terus di Improve hingga mencapai level seperti sekarang. Bayangin wae Vixion DOHC….kan keren cak. Btw…. ini hanyalah saran jika pengen efeknya nampol. Tapi core problem sebenarnya desain, bukan engine. Sekarang masuk ke inti pertanyaan, bagaimana dengan Vixion Facelift ? apakah sudah tercium aroma bodynya?

Nahhh…kuwi yang membuat IWB terkejut. Asli cak nggak biasanya karena terkesan lambat banget. Adem ayem tenan tanpa ada pergerakan. Padahal kalau kita melihat kebelakang, Vixion generasi sekarang dirilis sekitar tahun 2017. Ini artinya Vixion current gen sudah berumur 3 tahun yang seharusnya sudah dipermak ulang. Maklum cak…..umumnya pabrikan besar menelurkan versi facelift dengan lifecycle tiap 3 tahunan. Tapi entah kenapa pergerakan kesana nyaris tidak terlihat. IWB tidak mencium sama sekali adanya project yang mengarah pada Vixion. Apakah Yamaha memang belum ingin fokus pada sport 150ccnya atau IWB yang missed tidak berhasil mengintip project mereka ?

Bisa dua-duanya cak. Namun jika melihat tren sebenarnya cukup dimaklumi Yamaha enggan terlalu mengerahkan kekuatannya disana karena yang pertama….tren sport 150cc menurun secara general sehingga mereka lebih suka fokus pada segmen gemuk yakni maxi skuter. Indikasi ini mirip dengan NMax serta R25 yang memang butuh 4 tahunan lebih. Kondisi diperparah dengan adanya pandemi membuat pabrikan semua tiarap. So…logis jika pabrikan kemudian menahan development untuk survive. Boro-boro mikir produk baru yang marketnya sempit. Lawong mempertahankan performa penjualan produk yang laris manis wae berat cak…..mungkin ngono kangbro istilahnya…

Last…..tahun ini memang menjadi tahun yang berat akibat pandemi. Banyak produk baru ditahan dan kemungkinan baru akan dirilis tahun depan. Tahun yang diprediksi akan memberikan harapan baru akibat tekanan pandemi. Tahun yang diperkirakan akan lebih baik dibandingkan sekarang. So…kita akan coba intip kembali project New Vixion tahun depan. Apakah masih adem ayem atau ada perbedaan? IWB akan gali buat sampeyan semua. Jadi kalau sampeyan nanya gimana dengan Vixion facelift ? sejauh ini masih negatif cak, jangan ngarep dulu. Dari sini wis clear yoooo…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!