iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sugeng enjing selamat pagi buat sampeyan semua. Pokoke kita harus selalu optimis dan semangat walau kondisi secara umum memang kurang menguntungkan akibat pandemi. Selalu berdoa dan yang terpenting sehat selalu, kuwi sing nomer satu. Btw…diartikel ini IWB akan coba membahas berbagai pertanyaan para follower. Pertanyaan yang bakal lebih mudah menjawab lewat artikel ketimbang jawab satu persatu. Pertanyaan tersebut adalah…..apakah Yamaha Vixion bakal ada versi facelift tahun depan ? akan seperti apa sosok dari sport andalan Yamaha dikelas 150cc tersebut. Simak terawangan IWB berikut ini karena sampeyan akan terkejut…

Yamaha sekitar tahun 2007 membikin kejutan dengan meluncurkan sebuah motor sport yang melompat dari trend saat itu. Ketika motor sport hanya mengandalkan mesin SOHC 2 katup…. dengan frame model diamond…. pabrikan garputala menggebrak dengan mesin yang lebih maju yakni SOHC 4 katup radiator serta frame deltabox. Sejak saat itu motor ini menjadi idola. Bahkan IWB aja sangat tertarik mencoba untuk datang ke dealer hanya ingin melihat Seperti apa sosok aslinya. Gagah cak…memang keren banget ketika itu…

Sosok motor termasuk mungil dimata pribadi namun desainnya di atas rata-rata di zamannya. Apalagi secara bandrol saat itu juga termasuk terjangkau yakni di Kisaran 18,4 juta rupiah. Harga yang juga ditempati oleh Honda Megapro. Tak Ayal eksistensi Vixion berhasil membuat 2 favorit motor 4 tak Honda terseok-seok. Dua motor sekaligus dihantam yaitu Honda Megapro serta Honda Tiger. Dominasi Yamaha Vixion ini terus terjaga hingga bertahun-tahun. Apalagi setiap Facelift designer mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Mulai dari Vixion generasi pertama hingga generasi yang paling mantap adalah Yamaha Vixion Advance….

iklan iwb

Yup… itulah generasi yang paling cakep menurut IWB. Motor yang enak dilihat dari depan, samping ataupun belakang. Motor ini juga cenderung mudah dioprek atau di modif. Karena designnya laki banget. Sayang perjalanan sang legendaris ini semakin tertekan. Banyak yang mengatakan mungkin karena pergeseran market yang lebih didominasi oleh skutik. Walau tentu opini ini tidak mutlak benar. Setidaknya dari survei kecil-kecilan IWB Vixiy sekarang memang nggak terlalu dilirik ketika biker mencari motorsport. Desain soal selera. Ya…diluar strategi marketing yang memang juga bergeser meninggalkan ciri Yamaha yang fun, cowboy serta agresif….dari sisi produk sendiri dalam pandangan pribadi sedikit berbeda pendekatannya….

Generasi terbaru ini lebih kalem. Aura Vixion seperti berubah. Pada generasi ini Yamaha memutuskan menggunakan tangki full kondom. Sebuah keputusan yang sepertinya memang terlalu berani sebab tidak semua orang menyukai model cover. Desain lengkung di bagian samping juga entah kenapa terasa mencederai kegagahan sang kuda besi. Bahkan jika dihat dari depan pun keagresifan headlamp generasi Vixion Advance juga justru ditinggalkan pada generasi anyar. Termasuk stoplamp…..IMHO IWB lebih suka generasi sebelumnya. Yah….desain soal selera…namun dari beberapa obrolan dengan teman-teman Blogger lain memang desain menjadi PR terbesar pada New Vixion….

Nah…. dari sana bisa IWB simpulkan dan mapping kenapa generasi terbaru ini bahkan sulit kita temukan di jalanan Jabodetabek? Yang pertama adalah desain. Yamaha harus berani melakukan gebrakan dengan merombak total design sekarang dengan tetap berpedoman pada desain masa lalu yang udah cakep. Gunakan desain Vixion sebelumnya dengan melakukan beberapa sentuhan disesuaikan trend sekarang seperti lampu sein LED misalnya (pakai aja MT25). Buang lengkungan shape “mentimun” dibagian samping dan buatlah lebih konvensional seperti generasi Vixion Advance….

Soal mesin sebenarnya tidak ada masalah Namun jika ingin menarik perhatian para bikers, ada baiknya tim RND Yamaha mulai memikirkan untuk merakit mesin DOHC supaya daya gedor lebih nampol. Suka atau tidak mesin sekarang walaupun sudah dijejali dengan mekanisme terbaru untuk mengatrol power tapi basis yang digunakan tetaplah engine 2007. Mesin yang terus di Improve hingga mencapai level seperti sekarang. Bayangin wae Vixion DOHC….kan keren cak. Btw…. ini hanyalah saran jika pengen efeknya nampol. Tapi core problem sebenarnya desain, bukan engine. Sekarang masuk ke inti pertanyaan, bagaimana dengan Vixion Facelift ? apakah sudah tercium aroma bodynya?

Nahhh…kuwi yang membuat IWB terkejut. Asli cak nggak biasanya karena terkesan lambat banget. Adem ayem tenan tanpa ada pergerakan. Padahal kalau kita melihat kebelakang, Vixion generasi sekarang dirilis sekitar tahun 2017. Ini artinya Vixion current gen sudah berumur 3 tahun yang seharusnya sudah dipermak ulang. Maklum cak…..umumnya pabrikan besar menelurkan versi facelift dengan lifecycle tiap 3 tahunan. Tapi entah kenapa pergerakan kesana nyaris tidak terlihat. IWB tidak mencium sama sekali adanya project yang mengarah pada Vixion. Apakah Yamaha memang belum ingin fokus pada sport 150ccnya atau IWB yang missed tidak berhasil mengintip project mereka ?

Bisa dua-duanya cak. Namun jika melihat tren sebenarnya cukup dimaklumi Yamaha enggan terlalu mengerahkan kekuatannya disana karena yang pertama….tren sport 150cc menurun secara general sehingga mereka lebih suka fokus pada segmen gemuk yakni maxi skuter. Indikasi ini mirip dengan NMax serta R25 yang memang butuh 4 tahunan lebih. Kondisi diperparah dengan adanya pandemi membuat pabrikan semua tiarap. So…logis jika pabrikan kemudian menahan development untuk survive. Boro-boro mikir produk baru yang marketnya sempit. Lawong mempertahankan performa penjualan produk yang laris manis wae berat cak…..mungkin ngono kangbro istilahnya…

Last…..tahun ini memang menjadi tahun yang berat akibat pandemi. Banyak produk baru ditahan dan kemungkinan baru akan dirilis tahun depan. Tahun yang diprediksi akan memberikan harapan baru akibat tekanan pandemi. Tahun yang diperkirakan akan lebih baik dibandingkan sekarang. So…kita akan coba intip kembali project New Vixion tahun depan. Apakah masih adem ayem atau ada perbedaan? IWB akan gali buat sampeyan semua. Jadi kalau sampeyan nanya gimana dengan Vixion facelift ? sejauh ini masih negatif cak, jangan ngarep dulu. Dari sini wis clear yoooo…..(iwb)

Advertisements

106 COMMENTS

      • ekekekekek

        ini motor yg dijiplak HonHon berjilid jilid

        eh malah pada mrotoli, ng bener sih produk tiruan itu kagak Awet

        H SuRRRamm

        muehehehe

      • Desain itu masalah selera. Ada orang yang kurang suka itu merupakan hal yang wajar. Tapi lihat, hanya sekitar beberapa persen orang saja yang tidak menyukai desainnya.

      • Daripada cibi150 desain mah boleh lah garang. Penyakit mesin? BANYAK. Rante brisik, dohc kok lemot, mesin klotok, rangka patah. Beha klo ada yg mau tambahin nih.
        Jadi fanboy ga usah bego. Pabrikan lu sendiri lebih banyak masalah

      • ekekekekek

        SOHC Superior Jawara kelas Domestik dan Luar negeri malah dibuatin 250 cc Dohc 2 silinder lagi

        beda dgn HonHon Meledug Klothok klotok Bochorr, rembess wallah banyak penyakitnya

        H SuuuRRRamm

        muehehehe

    • kalo ngomong hati2 sampeyan, memang ada yg salah dengan pekerjaan penjaga spbu? situ secara tidak langsung merendahkan pekerjaan tersebut. coba dipikir!

    • daripada mikitin vixion facelift sebaiknya yamaha bikin xsr250 saja.. toh pasar naked jadi sepi juga ulah dari RnD yamaha sendiri yg bikin facelift gk karuan desainya banyak suara miring drpda suara positifnya ya pantaslah sepi beralih ke matic yg yahud2 modelnya.

  1. Modal yamaha sekarang sejujurnya tinggal N-max & Aerox serta mungkin mx-king disegmen bebek macho, sisanya sudah kacau balau. Coba aja hancurin lagi itu desain itu 3 motor tersisa maka selesailah sudah kisah Yamaha :).

    *Ga pernah belajar dari jaman kehancuran jupiter robot, mio m3, scorpio klingon, byson, r25 dan sekarang vixy.

  2. Dah kodrat Yamaha dari dulu ngeluarin motor trend baru, lariss, merajai, muncul pesaing, lengah, panik & bingung .. keluar produk baru – memble .. Sayonara dah.. Trs keluarin lg jenis motor lain, berhasil, giituuu lagee..

  3. Depan bagus sih buat Vixi cuma ekor jelek kekecilan n ramping nggak sesuai dgn ban yg cenderung membesar,gue cinta Yamaha masih koleksi rx king 2009 ori,f1 2003 edisi merah putih juga masih ada terawat baik sampai kini semoga yamaha semakin di depan terus….

    • Gue juga cinta Yamaha pak,

      gue koleksi gitar & suling yg setia menemani gue menggembala kambing di pinggir sawah…tapi gue lebih cinta sendal swallow pak, karena awet & lentur…

    • ekekekeke

      betul , mengiingatkan 20 thn Sohc Superior Ymh Jawaranya baik di kelas Domestik maupun International bahkan skarang disediain Dohc 2 silinder 250 cc lagi

      Nah Loh,

      sedangkan Hnd Generasi ke Generesi Klotok klotok BochOrrr berjilid jilid

      H SuuuRRRamm

      muehehehe

    • ekekekeke

      Betul, apalagi dibuat banyak mesin
      isatu mesin sudah cukup membuat Hnd tambah Klenggerrrr
      itupun mesinnya vixion dijiplak HonHon…

      H SuuRRRamm

      muehehehe

  4. Wah gambar terakhir itu warna motor vixion saya cak, beli september 2007. Pas bru brojol. Jujur desainnya saat itu dmana saya idamkan bandit 400 terwakili sedikit. Tapi desain setelah itu jelek. Balik ke selera. Klo yamaha mau segera facelift vixion yg terjelek desainnya saat ini. Sebenarnya gampang. Coba pasangi MT15 dgn lampu bulet LED dengan ubahan bagian belakang dah mantep. Atau sederhana saja ambil desain vixion awal gen 1 tapi penambahan fitur full LED,fitur kyk vixion r terbaru. Mungkin vixion akan laku lagi.

  5. Wekekekekekek,
    Mas IWB hanya liat, gak mau beli PIGSON,
    sebab PIGSON NGEBUUULLLLL
    .
    Wekekekekekekek

  6. wah jauh dri harapan klo bgt cak iwan
    klo simple’y yamaha klo mau balikin model vixion yg lama di bikin lebih modern
    lampu bulet led, double disk dan mesin yg mumpuni obati itu masalah penguapan oli segala macam bisa yakin kembali ke tahta lama’y yg sekarang sudah di makan sama CB 150 yg jualan’y sama seperti vixion dulu kala, sedih klo liat vixion keberadaan’y sudah g di hargai sama yamaha. klo liat model yg lama saya msh kepincut model yg lama di banding model 2013 yg sektor mesin’y kurang bagus dibanding old vixion dan saran klo yamaha mau ngembangin vixion yg baru mending vixion R yang di romb ak desain karena vixion udh jadi legenda bwt penyuka motor sport

  7. Alhamdulillah belum berubah…soale ambil vixion R tahun 2018 kemarin dan masih senang pakainya buat kendaraan harian…:)

  8. Waktu 2007 si Admin cuma liat wae, ora beli PIGSOON.
    kareno PIGSOON NGEBUUULLL
    .
    wekekekekeke

  9. Haiyyaaa boro2 mikirin feslif
    Dealer ymh satu2nya di tmpt owe gulung tikar tanpa ad motor yg dipajang waaa.

    Tp yg harus dipegang RnD ymha : pertahankan yg sdh bagus ~ sempurnakan kekurangan yg dirasakan konsumen.

  10. dohc gg jaminan kenceng cak buktinya CB150R saya selalu diasapi sama vixi di trek lurus jauhhhh…apalagi sama suzuki….ngenes saya rasanya…tak kira dohc nya mirip2 suzuki…

  11. Shape mentimunnya juga mirip dgn shape mentimun punya gixxer 250..artinya..desain vixion skarang ini, lbih condong ke desain india, yg cenderung besar dan membulat… Makanya kurang diminati konsumen indo

  12. Design memang relatif
    Tp kualitas nya Yamaha sekarang,, ampun dah
    Bikin saya kapok
    Kasian sales nya,,, maaf saya bkn sales motor ya,,
    Saya sales obat,, hehehe,,,

  13. Menurut sy semua itu ada waktunya…
    Dulu vixion penjualan laku keras, dijalanan mendominasi kelas 150 cc itu vixion.
    Saat ini kita bs lht, penjualan vixion menurun. akibatnya jarang di temui di jalanan, hanya sesekali kita melihat ANV dan ANV – R.

    Jadi sangat salah klo menjelekkan suatu produk hanya karna design yang berbeda dari sebelumnya…
    Mungkin klo memang sdh waktunya, tahun depan atau generasi vixion berikutnya, penjualan vixion seperti dlu atau penjualan bisa melebihi dari generasi yang dlu.

    Jadi, semua ada masanya ada waktunya. Semua akan indah jika sdh waktunya…

  14. ekekekekeke

    kalau Design kiblatnya tetep Ymh

    skarang MbingHa mendadak ngelihat Design

    zaman dulu aja kalau bicara design ngeles ngalorrrr ngidulll

    H SuuRRRamn

    muehehehe

  15. Menurut saya sih disuntik mati, dengan kehadiran MT,XSR dan WR yang juga produk internasional (setidaknya dari penamaan yg global). Maka kenapa menambah lini produk yg sudah lengkap genre nya.

    • ekekekekek

      itu pilihan mass bro, kenapa pabrikan juga bikin beberapa varian
      orang gak mungkin bisa beli motor satu di modif modif yg ada Loss Doll

      beda dgn sebelah bikin satu produk aja udah banyak penyakitnya apalagi bikin banyak produk selain kagak laku juga gak bisa benerinnya
      wallah itu pabrikan bisa buat motor kagak..

      H SuuuRRRam

      muehehehe

  16. ekekekekek

    Vixion the Legend T.O.P dah dikihat dari mana pun ini motor Perfect Sempurna abezzzz

    menghancurkan
    Megaprotol
    Tigor
    dll …

    Design sampai karakter Mesinnya dijiplak HonHon…

    H SuuuRRRam

    muehehehehe

  17. Gw mau address render motoblast, ayo dong ‘step up’ rendernya, kok jadi asal comot part model moge. Masalahnya vixi di garis-garisnya yg mlengkung itu yg harusnya dipertegas. Kalo swingarm sm usd itu masuk pasarnya mt15. Kan jadinya ini current vixi upgrade part doang.

  18. Masih setia pakek old vixi…yang baru..kecewa berat…
    Mana nih desain2 yamha yg dulu..simpel,praktis,dan gak ngebosenin…

  19. Ampun cak IWB
    Saya punya Vixion THN 2009
    R15 THN 2015
    Skarang pake R15 THN 2017
    Wiz kenyang pake mesin SOHC penyakit dan daya jualnya sama aja terjun bebas hargane cak

    Saya Wiz ogah pake mesin SOHC yamaha wis ktinggalan zaman cak,,moso kalah Karo GSX,

  20. ekekekejek

    Ymh gak capek yahh
    20 thn Berkuasa dgn SOHC Superior

    HonHon tambah MaDeSu setelah keluar model VVA ..

    H SuuuRRRanm

    muhehehe

  21. ekekekeke

    Pagi Pagi udah dikasih Artikel motor Segerrr emng enak…

    Beda dgn MbingHa tiap hari dihadapkan dgn motor MaDeSuu

    H SuuuRRRamm

    mueheheheh

  22. Hanya tinggaL Vixy kLasik dan MX King yang masih menggunakan LC4V 5 speed tanpa VVA.
    MX King dengar2 udah ada VVA di versi aLL newnya. Vixy juga sudah ada, tapi di Vixy R.
    Jadi daripada membebani produksi, disuntik mati aja.
    Good bye, Vixy kLasik.

  23. R15 DOHC Vixion DOHC mt15 DOHC 2cilinder
    Berani ngak, skrg zaman in-line, dr 2cilynder sampe 4cilynder. Kedepannya jg semoga pabrikan bikin 150cc 2cilynder Krn hrg motor sdh semakin mahal😝

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here