iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….tak terhitung banyaknya pertanyaan perihal desain ram air atau lubang dijidat dari Kawasaki Ninja ZX25R. Sebuah desain yang sebenarnya umum dan jamak hadir pada supersport ataupun superbike. Desain yang sebenarnya juga sudah hadir pada CBR250RR namun bedanya Kawasaki Ninja ZX25R lebih terekspos didepan. Nah, desain ini ternyata membuat banyak pertanyaan dari para biker tanah air…apakah ram air Kawasaki Ninja ZX25R ini aman saat hujan deras? gimana jika air tersedot masuk ketunel ram air? apakah tidak membuat fatal mesin ? dan inilah jawabannya setelah IWB bedah langsung….

Kalau sampeyan perhatikan desain ram air Kawasaki Ninja ZX25R memang mirip banget dengan generasi ZX6R ataupun ZX10R. Motor ini diracik fokus pada satu poin yakni high performa pada high rev. Jadi bosone enake cak…ketika motor melengking pada rpm tinggi maka semburan angin yang masuk keruang bakar bakal sangat besar. Itulah kenapa perlu tunel atau terowongan untuk menyedot udara dari depan dan itulah kenapa dijidat Kawasaki Ninja ZX25R muncul lubang menganga yang disebut ram air….

Sayang hingga detik ini belum ada penjabaran khusus dari tim teknis Kawasaki tentang produk terbarunya. Tapi jangan kuatir cak, bukan IWB kalau tidak penasaran untuk menggali rahasia desain ram air Kawasaki Ninja ZX25R. Diundang oleh XtremeMotorsport di daerah Muara Angke, disana bertengger Kawasaki Ninja ZX25R pada kondisi telanjang. Kesempatan cak, IWB mengamati secara detil desain ram air yang benar-benar mulus masuk box filter udara. Kita pun berpikiran….gimana nasibnya jika kondisi hujan deras menghajar air ram ? apakah air tidak akan tersedot keruang pembakaran ?

iklan iwb
” IWB dan cak Blly (XtremeMotorsport)…”

Pertanyaan tersebut langsung terjawab ketika IWB bersama cak Billy (XtremeMotorsport) ngobrol bareng menganalisa langsung. “ Kuncinya disini, desain box filter yang menampung air dari ram air…” serunya. Dan benar cak, ketika IWB amati…ternyata terowongan ram air masuk kebagian bawah filter udara. Sedang posisi filter berada diatasnya. So….ketika air masuk dipastikan akan ditampung dibagian bawah box yang sudah diberikan lubang kiri kanan (2 lubang) sebagai pembuangan air. Jadi tidak ada air yang terperangkap saat intake menyedot udara dari filter sebab posisi desain intake yang sedikit diatas dari penampangan air….

Last…dengan sodoran diatas bisa dipastikan sampeyan nggak usah kuatir menggunakan Kawasaki Ninja ZX25R untuk melewati hujan deras karena desain ram air sudah dipikirkan secara seksama oleh engineering Kawasaki. Bahkan untuk melintasi banjir sekalipun selama genangan air masih dibawah box filter dan intake, tetap aman cak. Tapi mending saran IWB sih kalau banjir parah nggak usah diterjang, sayang motornya. Jadi dari sini wis clear kan…..lubang ram air Kawasaki Ninja ZX25R ? tetap aman dipakai hujan sekalipun. Jika bingung IWB sudah lampirkan gambarannya berikut ini….(iwb)

Advertisements

40 COMMENTS

  1. judule, jelase designer, RnD, mekanik e kawasaki di bayar bukan gaji UMR. jadi jelas semua sudah di pertimbangkan kemungkinan buruk buruknya. klo begini gimana, klo gini gimana.. lah lek banyu mlebu, yo lapo dodolan motor. bener ora cak ?

  2. Kalau CBR250RR ca cat gimana cak? Apakah aman digunakan riding saat hujan deras?

  3. Tadi malam ada yang melintas di depan pendopo tamansiswa jogja. Suara kencang banget. Tapi larinya pelan. Dari stoplamp nya bisa dipastikan all new ninfi (yang kayak punya bang weibeh yg mo dijual).
    Mungkin orangnya kagol, gak bisa beli ZX25R 4 cylinder. Trus unjuk suara knalpot doang.

    • Bang eMexx komen nye gak asik dehh
      Nyuaaahhhhhhhh hah hah hah hah
      Ngiah Ngiah Hohahh Hohahh
      Nguuiiiiiikkkkkk ngooooooo

    • Nguomenin tampilan design nye aje bang
      Kek yang di wallpaper gitu
      Ane gitu juge neh
      Nyuaaahhhhhhhh hah hah hah hah
      Ngiah Ngiah Hohahh Hohahh

    • Yg gimmick tuh yg ditengah , gede, tp diisi klakson.

      Lgpula klo fungsional & secara struktural terhubung dgn filter & berfungsi,masih dibilang gimmick?, Apakabar 250cc jadul ?

      Gampang bgt bilang orang bego

  4. Ada yg dulu bilang, gaperlu ganti mesin untuk ladenin ninja 250 & cbr , cukup ganti fairing & sokbreker , topspeed nambah, dikira akselerasi dari 0 menuju topspeed berubah signifikan kali ya wkwmw udh mana gapernah keliatan di jalan, mending gen 1 nya , walaupun matanya nyolong cbr 600 & dn-01 😂

  5. zaman teknologi tinggi begini kok masih pake ram air, kan bisa diganti penghisap mini dengan modul kontroller elektronik yang lebih mudah dikontrol.

  6. Jangka panjang bisa mampet lubang buang airny karna debu dan bisa jd lumpur klo kecampur air, so mesti wanti2 klo motor dah tua yak lek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here