iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….tak terhitung banyaknya pertanyaan perihal desain ram air atau lubang dijidat dari Kawasaki Ninja ZX25R. Sebuah desain yang sebenarnya umum dan jamak hadir pada supersport ataupun superbike. Desain yang sebenarnya juga sudah hadir pada CBR250RR namun bedanya Kawasaki Ninja ZX25R lebih terekspos didepan. Nah, desain ini ternyata membuat banyak pertanyaan dari para biker tanah air…apakah ram air Kawasaki Ninja ZX25R ini aman saat hujan deras? gimana jika air tersedot masuk ketunel ram air? apakah tidak membuat fatal mesin ? dan inilah jawabannya setelah IWB bedah langsung….

Kalau sampeyan perhatikan desain ram air Kawasaki Ninja ZX25R memang mirip banget dengan generasi ZX6R ataupun ZX10R. Motor ini diracik fokus pada satu poin yakni high performa pada high rev. Jadi bosone enake cak…ketika motor melengking pada rpm tinggi maka semburan angin yang masuk keruang bakar bakal sangat besar. Itulah kenapa perlu tunel atau terowongan untuk menyedot udara dari depan dan itulah kenapa dijidat Kawasaki Ninja ZX25R muncul lubang menganga yang disebut ram air….

Sayang hingga detik ini belum ada penjabaran khusus dari tim teknis Kawasaki tentang produk terbarunya. Tapi jangan kuatir cak, bukan IWB kalau tidak penasaran untuk menggali rahasia desain ram air Kawasaki Ninja ZX25R. Diundang oleh XtremeMotorsport di daerah Muara Angke, disana bertengger Kawasaki Ninja ZX25R pada kondisi telanjang. Kesempatan cak, IWB mengamati secara detil desain ram air yang benar-benar mulus masuk box filter udara. Kita pun berpikiran….gimana nasibnya jika kondisi hujan deras menghajar air ram ? apakah air tidak akan tersedot keruang pembakaran ?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
” IWB dan cak Blly (XtremeMotorsport)…”

Pertanyaan tersebut langsung terjawab ketika IWB bersama cak Billy (XtremeMotorsport) ngobrol bareng menganalisa langsung. “ Kuncinya disini, desain box filter yang menampung air dari ram air…” serunya. Dan benar cak, ketika IWB amati…ternyata terowongan ram air masuk kebagian bawah filter udara. Sedang posisi filter berada diatasnya. So….ketika air masuk dipastikan akan ditampung dibagian bawah box yang sudah diberikan lubang kiri kanan (2 lubang) sebagai pembuangan air. Jadi tidak ada air yang terperangkap saat intake menyedot udara dari filter sebab posisi desain intake yang sedikit diatas dari penampangan air….

Last…dengan sodoran diatas bisa dipastikan sampeyan nggak usah kuatir menggunakan Kawasaki Ninja ZX25R untuk melewati hujan deras karena desain ram air sudah dipikirkan secara seksama oleh engineering Kawasaki. Bahkan untuk melintasi banjir sekalipun selama genangan air masih dibawah box filter dan intake, tetap aman cak. Tapi mending saran IWB sih kalau banjir parah nggak usah diterjang, sayang motornya. Jadi dari sini wis clear kan…..lubang ram air Kawasaki Ninja ZX25R ? tetap aman dipakai hujan sekalipun. Jika bingung IWB sudah lampirkan gambarannya berikut ini….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!