iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Jeng-jeng-jengggg……..pokoke kalau namanya isu tuh emang hot cak. Termasuk sebuah isu yang muncul dari Thailand. Catet cak…ini bukan dari IWB ya tapi negeri gajah putih. Sebuah isu yang menggaris bawahi geliat APHonda Thailand yang konon sedang mengembangkan gen ADV family kakak dari ADV150. Dan tahukah sampeyan….apa gerangan ???

Honda sepertinya melihat bahwa pasar yang ditempati oleh ADV150 cukup menggiurkan. Hal ini tercermin dari respon motor yang disebut Astra Honda Motor sebagai skutik Advance ini disambut dengan sangat positif di Negeri gajah putih. Bahkan di tanah air sendiri motor yang dibanderol nyaris 38 juta ini juga cukup baik penjualannya walaupun mungkin masih kalah dibandingkan dengan adiknya Honda PCX 150 yang dijual jauh lebih murah. Nah…. di Thailand menurut informasi dari greatbiker…. isunya APHonda Thailand sedang menggodok varian di atas dari ADV150. Yup….sudah dalam tahap pengembangan cak….

Namun beda dengan negara Asia lain, di Thailand kemungkinan besar akan menggunakan mesin Honda Forza 350 yang sudah mengadopsi teknologi eSP+. Menurut media Thailand disebutkan bahwa New Honda ADV350 eSP+ berpotensi mengusung mesin murni 330 cc 4 katup 1 silinder dengan balancer shaft. Mesin ini nantinya akan dipecah dan bakal menjadi basis pengembangan untuk negara Asia lain yang kemungkinan besar mengusung mesin 250cc seperti Indonesia contohnya. Artinya pengembangan di Thailand merupakan basis produksi untuk diekspor setelahnya di beberapa negara tujuan. Piye dari sisi model ?

iklan iwb

Untuk basis model terbuka memiliki kemiripan dengan Honda X-ADV750 dicampur ADV150. Jadi merupakan mixing model. Model ini isunya digarap oleh desainer gabungan Jepang dan juga Thailand. Tentu saja sebuah rumor yang cukup menarik mengingat jika Honda ADV350 dirilis ini berarti kemungkinan ADV250 lahir juga cukup terbuka. Walaupun tentu hal ini tidak akan menguntungkan bagi Pasar Tanah Air jika proses produksi dipusatkan di Thailand. Kenapa?

Karena jika Astra Honda Motor memaksakan diri untuk mengimpor secara utuh atau CBU maka jangan berharap harga miring. Pajaknya cak….lumayan nampol. Intip saja bagaimana Forza 250 tembus 83 jutaan secara normal walaupun kini ada diskon hingga 11 juta. Dan jujur cak….secara pribadi IWB lebih suka produk rakitan lokal. Kenapa ? karena status lokal akan membuat harga suku cadang atau sparepart juga jauh lebih miring. Maklum Cak, dari pengalaman masa lalu motor yang didatangkan secara CBU harga spare partnya juga bakal merangkak naik mengingat pabrikan harus mendatangkan secara impor. Wis mahal…..indennya suwe maneh, lak yo amsyong…

Last…dari informasi dan rumor yang beredar kemungkinan besar Honda ADV350 dibanderol lebih mahal dibandingkan Forza 350. Estimasi sementara ADV 350 akan dijual di Thailand di Kisaran 183.500 bath atau setara dengan 86,8 jutaan. Dan prediksi sementara new ADV350 akan lahir tahun 2021. Apakah rumor Thailand ini terbukti ? mending ditunggu wae, kalau IWB sih nggak berani jamin lawong isunya di sana. Sebab pasar 250cc skutik memang bukan diracik di tanah air. So…monggo ditunggu dan ditampung saja….. (iwb)

Advertisements

45 COMMENTS

    • Karena prosentase ondha kurang dari ngastra. Dulu fed_ral h_nda lebih bagus.. Tapi yg sekarang lebih laris karena image yg dulu ditanam fed_ral h_nda sudah kuat di market omm.
      Nguwahahahahah nguocuok nguobelog nga nga nga nga

      • X max itu motor ekonomis dan alakadarnya , toh digabung dengan jualan ymh lainnya masih setara mbeat 😂

      • @alan, ya.. karena xmax buat kalangan g mampu kaya loe yg belinya cuma bisa kredit doang wakakakak..

    • Katanya motor Porja lebih keren & canggih di banding X max…..di jalan malah ngga ada

      Epbeha serius beli ngga sih apa cuma jadi penyembah doang 😂

  1. Adv150 kemahalan,mknya new nmaxpun yg bkn lawan utama adv msh bnykn dijln meski digabung new pcx velg emas. Adv250 klo bs harga hrs mepet xmax dan fiturnya jg hrs advance. Secara xmax akan segera facelift dikabarkan dgn fitur nmax abs. So konsumen akan byk pilihan fitur ajib.

  2. Indennya bakal ngalahin inden Suzuki Jimny. Kalau Jimny inden 20 tahun, kalau ini inden 75 tahun, saking laku nya..
    Hoamm…

  3. Baru juara dua Honda
    Udah pada meriang panas dingin
    Gak berani nongol
    Hahahahahaahaha
    Payah nih fby n sales yamalu
    Mental nya cemen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here