iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..emboh sampeyan percaya atau nggak dipagi yang dingin karena mendung ini IWB menerima sebuah pertanyaan sekaligus informasi berkenaan dengan project yang diduga sebagai Yamaha new R25 namun 4 silinder. Dari update yang masuk konon motor konfigurasi 4 silinder 250cc tersebut sudah ada di Yamaha pusat dalam bentuk prototype. Ahhh seriusan kieeee ?? salah lihat kaliiii…..???

Asli cak, surel yang dikirim cak Z (sebut saja demikian) membuat IWB berpikir keras. Apakah betul isu perihal R25 4 silinder sudah ada dalam bentuk utuh….sudah dalam bentuk prototype ? surel yang awalnya menanyakan perihal helm dan kemudian terlontar pertanyaan sekaligus informasi. Berikut surel lengkapnya…

O ya mas Iwan, saya ada sedikit info dari tetangga yang kerja sebagai mekanik di dealer Yamaha. Katanya Yamaha R25 akan rilis versi 4 silinder, dia bilang akan rilis perkiraan antara tahun 2021 – 2022 katanya udah ada prototype di Yamaha pusat. Sudah ada di video nya di grup karyawan. Tapi pas saya minta nggak di kasih katanya rahasia perusahaan 😅 dan harus d jaga rahasianya soalnya kalau ketahuan sama orang luar akan dipecat langsung…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Apakah info ini menurut mas Iwan valid atau tidak? Sekian secuil info dari saya silent reader setia blog iwanbanaran.com…” serunya ke IWB. Dari sini IWB terdiam dan mencoba mencerna secara seksama lalu membuka “buku primbon”. Hhmm….kenapa ya di contekan belum nampak aura 4 silinder sudah sedekat itu. Justru seperti artikel lawas, IWB tetap berkeyakinan bahwa itu adalah versi 2 silinder R25 V3 yang isunya memang sudah digodok…

Hmmm…..2021-2022 4 silinder. Kok IWB negatif ya cak. Kalau 2 silinder ya….sedang digodok versi facelift ke 3 nya dengan perkiraan lahir 2021-22. Btw gimana dia tahu video tsb 4 silinder cak? emang jelas ada knalpot headernya terlihat 4. Jangan-jangan yang doi lihat versi 2 silinder?…” timpal IWB penasaran dan masih nggak percaya. Namun jawaban cak Z bikin IWB terperangah….

” Suaranya mas Iwan, makanya dia yakin banget 4 silinder, kebetulan tetangga saya kepala mekaniknya. Ya kalau saja bener mungkin bakal jadi kejutan buat para biker Indonesia 😁. Soalnya kata dia yamaha melihat dulu hype dari ninja ZX25R yang sangat bagus respon nya dari para biker tanah air….” tutup doi. Waahhhh…..jebule wis ono videonya dan engine dinyalakan menurut doi. Tapi sayang tidak ada bukti otentik yang bisa kita verifikasi sehingga dari pandangan IWB isu ini tetaplah masih berupa isu yang sulit dipegang akurasinya. Kenapa ?

IMHO Mustahil unit prototype bocor videonya dikalangan karyawan sebab penjagaan lingkaran ini sangat dan super ketat. Jangankan video cak, foto wae sulit puollll. IWB takut mereka melihat video yang kurang valid. Karena sekali lagi mustahil dan tidak masuk akal unit prototype bisa bocor keluar videonya. Lha piye…untuk masuk kesana sampeyan harus meninggalkan HP atau kamera apapun. Dan project hanya bisa diakses orang-orang tertentu…..orang yang berhubungan dengan project. Diluar itu? horaaa iso pakde..

Yang kedua IWB tetap pada pendirian bahwa kecil kemungkinan Yamaha sudah memiliki unit utuh sebut saja R25 versi 4 silinder. Dari pantauan pribadi arahnya masih fokus pada mesin 2 silinder. Alasan ini didasarkan pada pengembangan mesin 4 silinder yang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan…butuh bertahun-tahun cak. Bisa saja mereka menggunakan basis mesin 250cc 4 silinder masa lalu seperti Yamaha FZR250. Tapi bagaimanapun mesin lawas harus tetap dirombak total mengingat emisi gas buang, kebutuhan jaman dll berbeda. Kawasaki saja butuh 4-5 tahun sebelum lahir ZX-25R. Disisi lain IWB belum mengendus sama sekali project 4 silinder 250cc sudah jalan dikubu Yamaha dalam 1-2 tahun terakhir. Ini didasarkan dari pantauan pos-pos vendor. Start bisa saja tahun ini dan lahir 2023….tapi 2021-2022 lahir 4 silinder 250cc ? emboh kok belum yakin yo cak…

Last….harapan pabrikan merilis mesin 4 silinder 250cc memang begitu kuat dari masing-masing fansboy setelah Kawasaki sukses merilis ZX25R dan laris manis kayak kacang goreng. Nggak Yamaha ataupun Honda. Tapi sayang hingga detik ini jika sampeyan bertanya pada pejabat terkait pasti mengatakan belum tertarik nyemplung kesana. Kenapa ? sebab profitnya kecil cak. 250cc 4 silinder bukan termasuk “volume maker” yang membuat pabrikan besar tergiur. So…nggak heran isu perihal new R25 4 silinder sudah nongol versi prototypenya IWB anggap kurang kuat. Kecuali benar-benar bisa kita lihat videonya…didepan mata dan kemudian kita analisa, baru bisa menyimpulkan. Nahh kalau sampeyan sendiri piye cak…. Yamaha diisukan sudah racik New R25 4 silinder, prototype sudah ada ??? yakin ora sampeyan? monggo berikan opininya…..(iwb)

Note : Gambar diatas hanya ilustrasi – R1

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!