iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Makin mengerikan cak status Suzuki Jimny, asli IWB ora paham dengan Suzuki Jepang yang seakan tidak banyak melakukan apapun terhadap respon luar biasa Suzuki Jimny. Bayangin wae, dari update terbaru PT SIS, dari sebelumnya 10 tahun kini waktu tunggu inden Suzuki Jimny sudah merangkak hingga 20 tahun. Artinya dari anak sampeyan bayi lahir sampai jejaka dan perawan…barulah sampeyan bakal menerima Suzuki Jimny. Model opo kuwiii. Makanya untuk menahan laju inden makin lama, akhirnya Suzuki tutup kran pemesanan Suzuki Jimny sejak September tahun kemarin. Hhmm….ora paham asli….

Setahun setelah penutupan kran inden, siapa menyangka angka tunggu tidak juga menyusut. Hal ini karena Suzuki Jepang tidak banyak melakukan upaya untuk memproduksi dalam jumlah besar supaya inden yang sudah membludak. Bahkan isu bahwa Suzuki akan meracik Suzuki Jimny di India juga masih berupa isu lemah yang belum tentu akurat. Konfirmasi ini dilayangkan Direktur Pemasaran Kendaraa Bermotor Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra via Viva…..

” Mulai September tahun lalu, kami sudah menutup keran untuk inden Jimny. Dan sampai saat ini, belum ada pembukaan keran. Selama informasi bukan informasi resmi Suzuki Motor Corporation Jepang, kami sulit mengonfirmasi kebenaran berita tersebut (produksi Jimny di India). Boleh saja wartawan di India maupun Bangladesh bicara apa pun terkait Suzuki Jimny…” seru cak Donny. Nahhh jadi memang masih belum jelas cak statusnya. Tentu kabar ini menjadikan posisi Suzuki Jimny semakin menjadi rare item yang membuatnya melambung….



Waktu tunggu 20 tahun sepertinya bukan isapan jempol belaka. Bahkan IWB pernah dikontak salah satu teman asal Probolinggo yang sudah inden Suzuki Jimny cukup lama barangnya belum juga nongol. “ Cak IWB punya kenalan atau channel yang jual Jimny nggak. Kalau ada upping price nggak banyak ora po-po wis. Lagi cari cuma harganya ngawur-ngawur neh. Aku wis inden kok kelihatannya nggak ada harapan yak. Ini aku ditawari harga 450 juta. Upping price rata-rata minimal 50 juta. Aku wis inden sudah hampir setahun nggak ada kabar….” serunya. Nahh moncrottt tenan tooo…

Last….sudah seharusnya Suzuki Jepang mempertimbangkan untuk menaikkan kapasitas produksi secara serius. Sebab praktek upping pasti ora iso dihindari. Karena suka atau tidak Suzuki Jimny memang unik dan menarik. IWB wae sempat tertarik buat boyong satu kerumah karena desainnya yang cute. Tapi dengar indennya jabang bajul tenan lamanya langsung membuat IWB putar haluan. Sekali lagi kuncinya memang Suzuki Jepang, wisss pokoke dari sana cak. Kalau mereka tetap leha-leha ora niat ekspansi produksi kenegara lain, selamat Suzuki Jimny akan masuk guinness top record sebagai mobil dengan inden terlama sejagad. Lhaaa piyeee…dari bayi sampai perawan cak, ediann tenan !! (iwb)

Advertisements

36 COMMENTS

  1. kalau pakai sistem uppring price takut kayak kasus yam*** tahun 2006 an, waktu itu motor yam*** sedang laris2nya tapi praktek upping price dan harus kredit membuat ho*** semakin tak terbendung market sharenya

    • Ya betul disitulah titik hancurnya penjualan Yamaha padahl dulu Yamaha sudah pernah memimpin ,dari Mio , Jupiter,dan Vixion,tapi karena up harga sales,plus malas berinovasi akhirnya kejayaan Yamaha punah

  2. saya cukup yakin ada konflik internal persaingan antara india dan indonesia sebagai pabrik suzuki di luar jepang.
    setau saya kebijakan suzuki kalau sudah dibuat di satu negara maka negara lain tidak boleh bikin produk yang sama. nah karena ini masih buatan jepang dan kapasitas produksi tidak besar, maka suzuki non jepang rebutan.

    aneh banget suzuki. barang laku bukannya dibanyakin. barang gak laku malah diadain.
    wkwkwk…

      • Y ga bisa bikin mboil
        Wkwkwkwkwk kesian sekali cunkπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    • bukan karena konflik, tapi alasannya simple saja.
      pasar Suzuki di India jauuuh lebih besar daripada pasar Suzuki di Indonesia ataupun di negara lain di dunia.
      makanya India selalu jadi anak emas Suzuki.

    • Ertiga diproduksi di 2 negara (India dan Indonesia).
      Wagon R diproduksi di 3 negara.
      Carry malah diproduksi di beberapa negara sekaligus

  3. Strategi pemasaran, alus tp mengena, makin lama makin loyal, makin lama makin penasaran, endingnya nama besar Jimny tak luntur meski di reborn berkali-kali.

  4. Suzuki punya barang istimewa pasti di eman-eman, ora bakal di umbar siapa saja bisa beli, liat Aston Martin, Lamborgini dia yg bikin suka suka dia jumlahnya (istilahnya Spesial Product), ga ada bedanya sama SALUTO, itu produk istimewa mereka pasti dijaga asanya jgn sampe layu.
    GSX-R1000, Jumny, SALUTO itu produk Istimewa SUZUKI pasti di eman-eman.
    klo dah banyak di pasaran ya Istimewanya berkurang.
    Honda Jazz dulu istimewa bergitu dah banyak di pasaran ya saat ini biasa aja.

    • ekekeke edannn kamu tjak enggak sopan sama kambingerrsss yg sudah kerja kerasss nyaless comberan rikoll berjilid-jilid

  5. Suzuki punya produk laris dan high demand, tapi konsumen dicuekin, malah disuruh inden 20 tahun.
    nanti kalau merk sebelah sampai bikin produk yg sejenis dan laku keras, baru mereka menyesal.

  6. Jujur gak ngerti sama jalan pemikiran suzuki ini, entah yg motor atau mobil sama” diam ditempat. Beda kayak dulu update rilis product baru atau facelift. Jaman Thunder, FU, Shogun, apv, karimun kotak, masih banyak yg lain. Dimana jaman itu Suzuki bisa dibilang rajin dan paham pasar. Lha sekarang kayak ogah”an. Konsumen setia diabaikan, sakjane karepme suzuki kie opo to? Yang salah management dari Jepang atau dari Indonesia. Ibarat kata orang tua jaman dulu yang kolot gak paham dan gak mau tau sama perkembangan jaman, sementara anaknya yg kecanduan gadget.

  7. apalagi gara gara jimny yang masuk terus di trending youtube tuh makin banyak deh jadinya peminatnya πŸ™‚ keren sih nih mobil asli saya juga sangat suka

  8. gak niat dagang mah kalo suzuki. eksklusif apaan mobil kek gitu aja. ini astra belom ikutan aja main di segmen ini, kalo udah nyemplung habis itu suzukiπŸ˜–

  9. Suzuki pabrikan paling aneh jalan pikirnya… kgk pengen Kaya. tpi Menggerutu jg kgk pgn miskin. kasihan gua sama karyawannya kgk sejahtera, contoh lah Managemen Astra HOnda atau Honda Prospect motor.. liat aja karyawan”nya banyak Bonusnya, temen” gua yg kerja di Honda makmur semua, kadang malah sering jalan”. Banyak temen karyawan Yamaha Pindah ke Honda atau Astra lebih tepatnya ( Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, Peugeot dan BMW ).

    ini suzuki mobilnya laris malah kgk naik produksi,.. sok di Limit”in,, padahal sebenarnya Biasa aja itu mobil, Fitur pas pasan, tenaga nge pas, interior ampas bahkan kgk di cover itu rangka mobil di dalemnya.

    klo ada yg beli seken Jimny dgn harga di atas 400 juta sih berarti yg beli guoblok. 400juta udh dpt mobil” mewah bertenaga dan canggih. mobil listrik aja skrng ada yg 450an juta kayak nissan kicks.

    lgian yg beli jimny jg kebanyakan kgk di pake offroad, cuma gaya doang berasa mobil limited, padahal dilihat biasa aja sih gak wah , kayak liat mobil Kaleng di hargain overprice wkwkwkwk

    • Kalo udah sultan gimana lagi . πŸ˜‚
      Kan bukan sekelas menengah kebawah . 🀣🀣
      Orang beli karena ada duit . kalo ente masih bilang kemahalan . berarti bukan menyasar ke pasar yg tipe” kaya ente πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

    • setuju kalo dilihat dari sudut pandang orang yang ga ada budget beli jimny..ga suka jip…
      lain halnya kalo lu banyak uang ..penggemar jip ……? lain sudut pandang lain cerita….bijaksana dalam menilai dan berpandangan ..perbedaan sudut pandang karena isi dompet…sangat berpengaruh…..ga semua nya harus dengan uang …tapi dengan uang merubah sudut pandang seseorang

  10. Ribet amat suzuki.
    Tuh lihat avanza xenia. Jutaan unit laku ga pake ribet. Mesin jimny sama dg ertiga kan?
    Payah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here