iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….mengejutkan cak, IWB akhir-akhir ini banyak dihujani pertanyaan dengan tema yang cukup menarik yakni Repsol pisah dari Honda. Lhoooo kenapa ? dari isu yang beredar hal ini karena HRC tidak mau lagi kerjasama dengan Repsol. Sebuah isu yang sangat mengejutkan dan bikin siapapun bakal lompat. Lhaaa piyeee cak, Honda Repsol kan identik puoll ki….mosok akan pisah ???

Kerjasama Honda Repsol sudah termasuk legend. Kerjasama ini memasuki musim ke 27 ditahun depan. Ibarat manusia….dari procot lahir bayi sampai gadis mungkin sudah punya anak malahan. Perusahaan oli Spanyol Repsol telah menjadi sponsor utama tim Honda factory di kelas premier sejak 1995….500 cc hingga akhir 2001. Lalu masuk kelas baru 990 cc empat tak…..beralih ke 800 cc tahun 2007 hingga 2011 dan kelas 1000 cc sejak 2012….

Nah….dengan segala kesuksesan kerjasama tersebut menyeruak isu bahwa Honda tidak lagi mau memperbarui kontrak yang habis di akhir 2020. Alasannya lebih pada pertimbangan bisnis dimana kerjasama ini sudah terlalu lama (sejauh ini 15 gelar juara dunia direngkuh Honda-Repsol). Menurut para pakar pemasaran, kerjasama ini tidak lagi menguntungkan secara bisnis sebab Honda kental dengan Repsol. Kondisi yang membuat para sponsor lain yang memiliki dana besarpun enggan merapat ke Honda….

iklan iwb

Sebagai informasi Repsol memiliki deal kontrak dengan Honda antara 12 hingga 15 juta euro per tahun. Dan dalam beberapa pekan terakhir, ada spekulasi di media Spanyol serta Italia bahwa Repsol dapat menggunakan musim MotoGP Honda yang gagal (poin nol untuk Marc Márquez, urutan ke-11 klasemen tim, posisi ke-5 klasemen pabrikan dan tidak ada podium sejauh ini) sebagai kesempatan untuk keluar dari MotoGP – di akhir musim 2020. Yang menarik seperti dilansir speedweek….

Red Bull yang telah meninggalkan Tech3-KTM setelah dua tahun menimbulkan kecurigaan bahwa perusahaan minuman energi Austria bisa saja menggantikan Honda Repsol. Apalagi Red Bull sudah mengisi 30 persen sponsorship Honda yang nempel pada Marc dan Alex Márquez. Namun ternyata isu tersebut mentah dengan sendirinya sebab dipastikan Repsol akan memperpanjang kontrak dengan HRC hingga dua tahun kedepan. Maksude ??

Betul cak…isu tersebut dibantah Repsol sebab mereka berniat terus bersama Honda hingga setidaknya dua tahun lagi. Alasannya adalah…..Marc Márquez telah menandatangani kontrak hingga akhir 2024 termasuk Pol Espargaró yang merupakan orang Spanyol. Jadi klop wis. Honda sendiri tidak pernah melemparkan pengumuman resmi mereka akan menyudahi kerjasama dengan Repsol. Wwwwaahhh jadi bubar to isune…..

Last….Repsol dan HRC memiliki kemitraan terpanjang dan tersukses yang pernah ada di Kejuaraan Dunia MotoGP. Mick Doohan memenangkan gelar dunia pertamanya dengan warna HRC pada tahun 1994, empat sisanya bersama Repsol. Hingga saat ini, Repsol-Honda telah meraih 180 kemenangan GP dan 445 podium di “kelas utama”. Namun harus diakui kegagalan kerjasama terjadi di musim 2020 yang bisa dikatakan paling pahit dalam sejarah kerjasama Honda Repsol. Sebagai informasi inilah titel juara dunia Repsol Honda….(iwb)

15 gelar Kejuaraan Dunia dari Repsol-Honda
Mick Doohan: 1995, 1996, 1997, 1998
Alex Crivillé: 1999
Valentino Rossi: 2002, 2003
Nick Hayden: 2006
Casey Stoner: 2011
Marc Márquez: 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019

Advertisements

13 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here