iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB yakin saat sampeyan baca judul diatas pasti berpikir, iki Adiva kok panganan opo ikiii ? motor kok unik bin aneh brandnya. Dan memang cak, jujur brand ini sempat lepas dari pantauan. Namun tahukah sampeyan….motor ini sejarahnya adalah buatan Italia yang sudah dipasarkan secara global. Dan yang menarik dari Adiva series ini adalah roda tiganya plus tudung atas yang membuat pengendara aman dari angin dan air hujan. Seperti apa ? intip detilnya dibawah ini….

Adiva series sebenarnya dipasarkan dalam dua varian kubikasi. Tapi yang akan kita bahas saat ini adalah Adiva AD1 200 yang memiliki kubikasi 190cc. Jika kita melihat sejarah dari Adiva brand, motor ini awalnya lahir dari keinginan para pengendara motor di Italia sebuah kendaraan roda dua yang bisa memproteksi mereka dari hujan, angin, panas serta dingin. Di era 1990 an mulailah dikembangkan motor yang yang fleksibel Namun mampu membuat pengendara di dalamnya merasa nyaman. Dan puncaknya pada tahun 2000 lahirlah sebuah motor yang dikeluarkan oleh Benelli bernama Adiva 150 dan 125….

Konsep yang diusung mereka adalah “modular production system” di mana motor akan dibekali penutup yang bisa dibuka secara fleksibel. Karena sukses maka di tahun 2004 Adiva brand mematenkan penemuan konsep “folding roof” pada motor. Kebutuhan yang semakin maju membuat Adiva akhirnya merilis produk roda tiga untuk menutupi kelemahan produk sebelumnya. Konsep yang sama dan menjadi sebuah inovasi teknologi yang diteruskan hingga sekarang. Dan di tahun 2018 mereka kembali meluncurkan produk penerus dengan label AD3 400 serta AD1 200 yang sukses diekspor di berbagai negara….

iklan iwb

Nah…untuk Adiva AD1 200, motor ini memiliki dapur pacu dengan kapasitas mesin 190 cc 4 tak, 1 silinder 4 katup. Menggunakan mesin dengan komposisi bore dan stroke 64 MM x 58,8 mm…. motor roda tiga ini memiliki kompresi yang cukup tinggi yakni 12:1. Tidak heran mesin 190 cc nya mampu memuntahkan tenaga hingga 19 PS pada 8500 rpm dengan torsi di angka 17 nm di 6900 RPM. Adiva AD1 200 mengandalkan pengabut bahan bakar injeksi serta roda yang cukup unik karena berjumlah 3 dengan ukuran masing-masing 130 ring 13 inchi…

Soal berat….motor ini memang memiliki bobot yang cukup abot. Dari spesifikasi bisa kita lihat berat kosong motor ini mencapai 204 kg dan tentu untuk ukuran motor 200cc tidaklah ringan.? Pabrikan menjejali kapasitas BBM hingga 7,5 liter. Yang asyik cak ternyata pabrikan juga mencangkokkan wiper di kaca depan. Sayang motor ini belum mampu berdiri tanpa standar. Jadi kalau sampeyan berhenti di lampu merah kaki harus turun. Selain itu entah kenapa secara finishing IWB melihat material terkesan “cheap”. Mungkin karena produksi motor ini memang sudah dipusatkan di pabrik Tiongkok….

Last…Adiva series sudah dipasarkan di banyak negara seperti Italia, Singapura, Hongkong, Taiwan bahkan di Jepang. Motor tiga roda dengan model modular ini dijual cukup murah di Singapura yakni hanya sekitar 7331 Dolar Sing atau sekitar 79 jutaan. Yang IWB heran walaupun ada penutup atas…namun kiri kanan masih terbuka lebar. Hhmmm…banyu udan sih pancet nyiprat kieee. Podo wae lek gawe model diatas kita basah kuyup…..bener hora cak. So…Adiva AD1 200 ? intip beberapa foto dan spesifikasinya dibawah ini, kreatifff emang cakkk (iwb)

Adiva AD1 200
Brand Adiva
Model Adiva AD1 200
Type of Vehicle Three Wheeler
Class Class 2B
Engine Capacity 190
Engine 4-stroke, liquid-cooled, SOHC, 1-cylinder, 4-valves
Bore and Stroke 64.0 mm x 58.8 mm
Compression Ratio 12.0 : 1
Max Power 19PS @ 8,500rpm
Max Torque 17Nm @ 6,900rpm
Fuel System Fuel injection
Transmission CVT
Frame Type –
Front Tyre 130/60R13
Rear Tyre 130/60R13
Overall Length 2062 mm
Overall Width 650 mm
Overall Height 1670 mm
Wheelbase 1490 mm
Seat Height 720 mm
Dry Weight 204 kg
Fuel Capacity 7.5 litres

14 COMMENTS

  1. Mungkin lebih tepatnya Anti Masuk Angin kali yaa..correct me…
    Kalau Hujan Deras pakai jas Hujan biar nggak kena air dari samping kiri kanan..

  2. Mungkin itu atap lbh fokus utk menghalau angin dari depan, bukan utk menghalau cucuran air hujan

    • Di Bandung udh ada yang punya cak tipe lama sih, kayknya punya nya juga udah lama pernah liat di jalan Holis warna putih.
      Ga lama kemudian ada yg iklanin di marketplace O*x

  3. Cak, angin dari depan dengan udara dingin dan air hujan (yg tentu dingin) lebih menyakitkan cak daripada tempias air daefi kiri kanan…, kek gak pernah kehujanan pas motoran aja cak Iwan ini eee…..

  4. harusnya ada inovasi semacam ‘pengunci garpu T depan’ sehingga ketika berhenti tinggal tarik tuas atau tombol elektrik dan motor bisa berdiri dengan 3 roda tanpa kaki menapak di jalan seperti layaknya becak di indonesia ,,,, haha

  5. Di Bandung udh ada yang punya cak tipe lama sih, kayknya punya nya juga udah lama pernah liat di jalan Holis warna putih.
    Ga lama kemudian ada yg iklanin di marketplace O*x

  6. Sepertinya masih mahal harga 70 jt an coba dibawah 50 jt model kayak selis mungkin bisa banyak yg minat atau hampir sama dengan harga nmx atau pcx

Comments are closed.