iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..selamat pagi sugeng enjing pada sampeyan semua. Di pagi ini biarlah kita membahas sing enteng-enteng wae. Bahas yang ringan nggak bikin botak sariawan. Salah satu topik yang ternyata cukup banyak pertanyaan dilemparkan ke IWB adalah, cak Iwan sebenarnya berapa sih kapasitas oli mesin Ninja ZX25R?? apakah olinya jauh lebih banyak dibandingkan 2 silinder? nah ketimbang berspekulasi IWB sudah siapkan pencerahan buat sampeyan semua dari Sabang sampai Merauke…berapa kapasitas mesin oli Ninja ZX-25R, intip dibawah ini cak….

Siapa sih yang tidak penasaran dengan mesin terbaru Kawasaki Ninja ZX 25R. Mengusung engine dengan pengembangan gres motor ini memiliki konfigurasi 250cc 4 silinder. Menggunakan piston berukuran kecil berjumlah 4 buah kalau dilihat secara kasat mata, silinder headnya memang gede bener. Dimensinya lebih padat dan melebar ke samping. Dari klaim pabrikan mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 50 PS serta 51 PS (Ram air)….ini sih gila cak. Terbukti walaupun digandolin bobot motor 182kg (ABS) tidak mampu mengebiri keampuhan mesinnya untuk meraung…..

Yup….Sulit bagi mesin dua silinder untuk bisa mencapai ledakan tenaga hingga 50 PS. Apalagi output tersebut dicapai dengan kompresi mesin yang termasuk rendah yakni hanya 11,5:1. Bahkan kompresi ini lebih kecil dibandingkan dengan generasi lama Kawasaki Ninja ZXR250. Berkapasitas murni 249,8 cc….. yang menjadi pertanyaan adalah berapa sih kapasitas oli mesin pada generasi terbaru Kawasaki Ninja ZX25R tersebut?

iklan iwb

Kita pasti memprediksi bahwa dengan mesin besar maka dibutuhkan oli yang juga lebih banyak dibandingkan dengan mesin 2 silinder. Tahukah sampeyan, setelah IWB melihat buku panduan ternyata asumsi ini tidak sepenuhnya salah. Ya…4 silinder memang beda. Disana tercantum kapasitas oli mesin Kawasaki Ninja ZX25R adalah 2,9 L. Namun ingat itu adalah fresh yang betul-betul pada saat kondisi kosong. Maksude ? Jadi itu adalah kapasitas oli pertama kali diisi. Jika sampeyan melakukan penggantian rutin kapasitasnya jauh dari angka tersebut…

Betul cak….ketika saringan oli tidak dilepas sampeyan hanya perlu mengganti 2,2 liter oli mesin. Sementara jika penggantian harus melepas filter oli, kapasitas yang harus sampeyan isi adalah 2,5 liter. Jadi Monggo dicatat untuk penggantian oli secara periodik tanpa lepas filter oli hanya 2,2 liter. Ini sih termasuk kecil dan umum. Sebab pada generasi awal Kawasaki Ninja 2 silinder karburator dulu kita harus mengganti dengan jumlah yang sama. Kecuali untuk generasi injeksi terbaru 2018 penggantian oli periodik tidak sampai 2 liter atau tepatnya hanya sekitar 1,3 literΒ  tanpa melepas saringan dan 1,7 liter dengan melepas saringan…

Last….oli mesin yang direkomendasikan pabrikan pada Kawasaki Ninja ZX25R ternyata tidak terlalu encer. Seperti umumnya motorsport, viskositas oli yang anjurkan ber SAE10-40W. Bandingkan dengan Honda CBR250RR yang sudah bermain di SAE 10-30W. Artinya dengan viskositas tersebut kita lebih fleksibel untuk memilih berbagai merk oli di luar karena mayoritas menawarkan SAE10-40W. Oli mesin rekomendasi adalah API SG, SH, SJ, SL atau SM dengan JASO MA, MA1 dan MA2. Nahhh…dari sini wis mudeng to, ganti oli biasa tanpa filter 2,2L liter sedang termasuk filter 2,5 liter. Dicopy 86 roger ? :mrgreen: …..(iwb)

 

Advertisements

33 COMMENTS

    • Jangan cuma suara doang.
      Tunjukkan nyali kalean kek yg di jakal jogja n pawukon surabaya dan lainnya.
      Wus Dher mak PeRoLLLLLLLLLLL…..
      Dibikinin artikel duka berjilid-jilid dimari
      Itu pasti…..!!
      Salam Wus Dher mak PeRoLLLLLLLLLLL

  1. Oli + Nyali kek yg di jakal jogja n pawukon surabaya dan lainnya.
    GaspollLLLLLL…….
    WUS DHERRR MAK PEROLLLLLLLLLLL
    So pasti dibikinin artikel berjilid-jilid dimari dan didoakan arwahnya serta dimaafkan segala kesalahannya.
    .
    .
    Salam Wus Dher mak PeRoLLLLLLLLLLL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here