iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ediannn tenan cak……sampeyan pasti terperangah jika melihat tarif sponsor Motogp. Sponsor utama apalagi….brand mereka ditempel difairing motor tim papan atas atau bahkan kecil sekuprit ternyata nilainya edian fantastis tenan. Dibedah oleh Motogp Sponsor calculator, inilah tarif Sponsor Motogp, Gilaaaaa bikin pingsan cakkkk !!!

Di artikel lawas sekitar dua tahun lalu, IWB sudah pernah membahas sebuah artikel menarik tentang sponsorship di Motogp. MotoGP adalah olahraga balap yang cukup terkenal dan memiliki fans luar biasa besar di dunia. Berjuta-juta audiens dengan senang hati selalu nongkrong di depan TV untuk menikmati pertarungan atau duel seru antara Marc Marquez, Valentino Rossi, Andrea Iannone Andrea Dovizioso ataupun masih banyak lagi pembalap lain. Untuk menayangkan mereka semuanya dibutuhkan perangkat canggih seperti kamera ataupun kru-kru profesional yang tentu saja besar banget biayanya?.

Oleh karena itu jangan heran jika ingin menayangkan balap MotoGP stasiun TV harus membayar dengan jumlah sangat besar pula. Jumlahnya tidak hanya 1 atau 2 milyar namun jauh dari angka tersebut kangbro. Mungkin di masa lalu IWB sudah pernah membahas nilai kontrak yang digelontorkan oleh Yamaha untuk stasiun TV eksklusif yang menayangkan MotoGP di tanah air. Angka tersebut isunya mencapai 60 Milyar semusim. Kuwi kisaran tahun 2016-2017. Sekarang pasti merangkak jauh dari angka itu. Nahhh?.mules ora sampeyan?.60M ditahun 2016, kuwi tuku sapi wedhus oleh pirang jinah cak?.

iklan iwb

60 miliar tersebut adalah Harga kisaran dan merupakan paket yang ditawarkan oleh pihak stasiun TV. Jadi memang angka yang tidak kecil. 60 miliar satu tahun ini berarti satu bulannya pabrikan harus membayar sekitar 5 Milyar. Ediannnn sugihhhh rekkkk. Jadi kalau ada yang mengatakan Yamaha pabrikan gurem?sampeyan salah besar, gede cakkk duitnya. Angka ini hanya sponsor di stasiun TV belum menempelkan logo pada motor MotoGP…

Tiap porsi memang berbeda angkanya. Tapi untuk harga estimasi jika ingin menjadi sponsor tim infonya yang masuk ke IWB mencapai sekitar 120 miliar permusim. Dua kali lipat cak. Nahhh?IWB nggak tahu berapa angka yang digelontorkan Yamaha untuk menempelkan tulisan ? Semakin di Depan? pada fairing YZR M1 karena ukurannya tidak terlalu besar. Namun sekecil kecilnya, angka pasti juga bikin sampeyan bergidik. Bukti bahwa untuk menjadi sponsor di MotoGP tidak murah kangbro. Dan itu kisaran 3-4 tahun lalu. Terus sekarang berapa ??

Dari update yang dishare oleh Motogp Sponsor calculator, untuk menjadi sponsor pada tim kecil seperti Moto3, menempatkan logo dimotor mereka berkisar 20.000 euro atau sekitar Rp 348 jutaan. Sedang logo berukuran sedikit besar….angkanya berada dikisaran 1,2 juta euro atau setara dengan Rp 20,9 miliar. Kuwi Moto3….Moto2 lebih mahal lagi cak. Menurut Motogp Sponsor Calculator, perusahaan sebuah merk harus merogoh kocek minimal 3 juta euro atau sekitar Rp 52,3 miliar dalam satu musim. Kuwi dipukul tim sedang cak. Tim pemenang lebih mahal dari angka itu. Terus piye dengan tim Motogp ??

Walau tidak dijabarkan gamblang, Motogp Sponsor Calculator hanya menyebut Ducati. Yup….perusahaan sponsorship tidak kurang harus merogoh dana hingga 12 juta euro atau sekitar Rp 209 miliar permusim. Wihhhh…..gilaaa bikin pingsan cak angkanya. Kalau Ducati aja segitu, berapa Repsol harus mengeluarkan duit menjadi sponsor Team Honda Repsol? pasti jauh diangka itu. Lawong tim pemenang juara dunia cak. Dari penuturan ini bisa kita pastikan bahwa balap Motogp memang kompetisi yang gila karena uang seperti tidak ada artinya. Lhaaa piyeee….209 Milyar cuma nempelin stiker di fairing. Tuku dawet iso ciblon koyok kolam pakde. Btw uang sponsor ini konon habis untuk operasional tim, biaya pengembangan dsb. Ediannn tenan !! (iwb)

 

90 COMMENTS

    • Si biru rela buang duit 60 M s/d 100 M buat tayang di T7 per musim

      Kalo si sayap langsung pengurangan karyawan + tutup pabrik ?

      • Ucapan terima kasih Hond terhadap Yamalu yg jadi Sponsor utama di T7.. Karena Yamalu kita semua bisa menyaksikan n menjadi saksi kemenangan demi kemenangan Hond menjadi Jurdun..

      • Tahun ini g apa Hond g Juara.. kasih kesempatan sama Ducati atw Sizuki ya.. Yamalu belum saatnya jurdun.. jadi sponsor aja dulu ya.. wkwkwkwkwkwk

    • Ini bukan ururan siapa yg sponsorin atau siapa yg menang. tapi siapa yang kasi bikers indo tontonan balap. Salut buat yamaha. Wsbk blm ada yg full tayang tuh.

      • Gak usah betengkar ya dek
        Pokoknya jepang numer ein nggeh
        Yuk nembang bareng…….
        .
        Di negri permai ini
        Berjuta rakyat cintai Honda
        Yamaha Suzuki dan Kawa
        Brand Eropah bikin banggaaa……

      • Betul…namanya juga dagang…salah satu strategi marketing ya seperti itu…dan untuk TV lokal memang dipegang pabrikan Yamaha dan Trans7 sebagai pemilik Hak siar MotoGP…tapi klo ada pensboy yg malah ngeremehin pabrikan lain gak sanggup “bayar” hak siar MotoGP… berarti tuh pensboy orang “awam”…

      • Nonton tv pake antena di jakarta sudah susah sinyal di acak

        Jd harus pasang tv kabel
        Akhirnya enakan nonton tv sport luar

        Nah stasiun tv lokal sudah ga ada yg nonton lagi

      • Taon depan ripsol hengkang dari ngondah, efbehahaha harus kerja lembur buat nyebar brosur dan jualan mbit ? ?? beranikah jual 1 plant ????

    • Bayar sponsor mahal tapi jurdun (H) tdk menjadi soal
      Tpi klo bayar sponsor mahal keok mulu boro2 jurdun (Y) nangis cak
      MuuuuUUUuuuuehehehe….

    • @posting. Sedih amat hidup loe, nonton tv yg berbayar napa noh honda sponsor Starsport buat nayangin moto GP. Kasihan amat loe g punya duit buat nonton tv berbayar
      ?????

    • Saya bukan fby tapi klo komennya sllu kayak gni. Sy kasi fby counter neh buat jawab. Sponsor ditv tuh cma dr keuntungan jualan senar gitar tiap bulan. Belum gitarnya,piano,drum dll beserta sparepartnya.

      • Beberapa tahun sebelum pandemi masih nonton di fox sport, sekarang off dulu, jadi nonton ditrans7, untung Yamaha Indonesia tetap sponsorin tayangan motoGP.
        Sebagai pengguna motor Suzuki dari sejak FR80DX, saya mengucapkan terimakasih buat Yamaha Indonesia. Semoga semakin sukses.

  1. Berarti sudah bertahun tahun nih, sibiru menyumbangkan 60M buat menayangkan kemenangan sioyen di tipi.. Adudududuuuu.. Tahun ini mesti STOP! Sibiru harus jurdun. HARUS! Rugiiiii kalo gak jurdun!

    • Jurdun cuma khayalan sibiru….pdhl udah ga ada jagoannya…8 seri baru 100poin…kalo ada mm 8 seri udah 200 poin

  2. Ediaannn bakwannnn lombok limo sekali mangannnn…….. Mencet tombol posting komen mleset dikit aja keluar iklannnnn

  3. Di tunggu yg mau nempelin stiker sponsor baik kecil ,sedang ato besar di motor sy….murah aja hrg bs nego ??

  4. Si wedus bilang katanya Honda bakal tutup .. hahahha lucu
    Kalau ia Honda pake sponsor d tv.. nanti yamalu mau kemana..
    Segituh yamalu udah pake tv sponsor nya tapi tetep aja jualan segituh gituh nya
    Cuma 19%

    • Udah sponsor 60M jualan memble…bukti warga +62 smart semua…tau motor culun sama motor bagus

    • Mungkin pola pikirnya klo pabrikan dan pembalap yg diidolakannya itu mw “menang”…pabrikan lain harus tutup dan pembalap kompetitor nya harus pensiun…

  5. Yamaha masih bisa jualan alat music kok.
    Gendang, suling bambu contohnya walaupun jualan motor gak semoncer ngonda.

    Intinya ngonda itu gak becus bikin alat music..
    Kekekekekk

  6. Marc Marquez Bakal Lebih Kuat dari Sebelumnya Saat Comeback
    Claudio Costa menilai tulang humerus Marc Marquez yang patah tersebut tak akan membuat performanya menurun jika dia menjalani masa pemulihan dengan baik.

    Tulang humerus yang sudah terkonsolidasi dengan kuat akan berfingsi lagi dengan sempurna, sehingga Marc Marquez tidak perlu ragu lagi untuk mengerahkan performa terbaiknya.

    ?Saat humerus terkonsolidasi dan berfungsi dengan sempurna, Anda tidak akan lagi mengalami masalah,? kata Claudio Costa menjelaskan.

    ?Setelah tulang itu sembuh, Anda akan menjadi pembalap yang lebih kuat dari sebelumnya, Anda tidak lagi membutuhkan penopang pada saat Anda kembali,? ucap Costa.

  7. Alex menargetkan finis di posisi 10 besar. Akan tetapi, pemilihan ban yang salah membuatnya terlempar dari 10 besar.

    Rekan setim Alex, Stefan Bradl, finis di posisi ke-20. Sementara itu, Cal Crutchlow yang juga menunggangi motor Honda finis di posisi ke-10. Tidak hanya itu, Alex juga menyoroti performanya yang belum maksimal di musim ini karena kerap salah memilih ban.

  8. Fbh tulul bilang yamaha bangkrut
    Bangkrut dr mana?
    Yamaha itu gede export nya
    Emang fbh 7 turunan kredit mbeeeetttt
    ??

  9. Wew rela bayar mahal untuk melihat Honda Juara tiap Tahun. Hemm anda harus membayar mahal untuk itu. wkwkwkw

  10. Saya merasa bangga seh ada sponsor indonesia di motogp,apalgi ada bendera indonesia seperti di sponsor yamaha.

  11. Kelihatan mana pabrikan sultan ama yang pabrikan jongos, yang satu manjain konsumennya yang satu cuma numpang jualan.

  12. Mau nanya cak,
    Kalau pendapatan peserta MotoGP dari hal siar per musim berapa ya,,

    Pasti mereka kan juga dapat kompensasi dari hak siar,

  13. andai harga pasang logo sponsor di baju baju klub sepakbola indonesia segitu jg ya.. pasti kaya raya dh klubnya???

    baju bola di indonesia dh kek baju balap motogp, kalah malah motogp dibanding sponsor di baju bola indonesia

  14. Seta ;…. tv kga gratis bro ente jga ikutan bayar tiap buln oon jgn di pelihara klo tv trns 7 gratis …

  15. emang di sini yg jd Sposor Y dan H tdk, nah di negara lain bisa jd H keluarkan dana lbh besar u/ sponsor.
    pikiran lo lokal mulu ndro

    • Bener bro, H mensponsori stasiun tv Starsport buat nayangin moto GP. Stasiun luar ya..yg bayarnya make dolar bukan rupiah trus kudu langganan secara berbayar bukan gratisan pakai antena mandra
      ????

  16. di Yamaha ada “Semakin Di Depan” (bhs Indonesia)
    di Suzuki ada “Nyalakan Nyali” (Bahasa Indonesia)
    di Honda ada ” Satu Hati” (Bahasa Indonesia)
    dah impas “seimbang dah”

      • Ga ada nonton tv yg gratisan bung, operasional pemancar,satelit dll, kalau bukan dibayar dari anggaran pemerintah yg berasal dari pajak masyarakat mau bayar darimana? Secara ga langsung kita jg bayar kan? CMIIW.

  17. Ibarat kata ada rupa ada harga lek…ini kelas dunia wajar kl mahal wong sing nonton wong sa dunyo…yg harusnya bersyukur sdh di beri tontonan gratis sm Yamaha…

  18. masih dikit lah dibanding sponsor bola bisa ratusan juta dollar semusim
    ini cuma 12 juta d
    ollar cuma 10%

Comments are closed.