iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ediannn tenan cak……sampeyan pasti terperangah jika melihat tarif sponsor Motogp. Sponsor utama apalagi….brand mereka ditempel difairing motor tim papan atas atau bahkan kecil sekuprit ternyata nilainya edian fantastis tenan. Dibedah oleh Motogp Sponsor calculator, inilah tarif Sponsor Motogp, Gilaaaaa bikin pingsan cakkkk !!!

Di artikel lawas sekitar dua tahun lalu, IWB sudah pernah membahas sebuah artikel menarik tentang sponsorship di Motogp. MotoGP adalah olahraga balap yang cukup terkenal dan memiliki fans luar biasa besar di dunia. Berjuta-juta audiens dengan senang hati selalu nongkrong di depan TV untuk menikmati pertarungan atau duel seru antara Marc Marquez, Valentino Rossi, Andrea Iannone Andrea Dovizioso ataupun masih banyak lagi pembalap lain. Untuk menayangkan mereka semuanya dibutuhkan perangkat canggih seperti kamera ataupun kru-kru profesional yang tentu saja besar banget biayanya….

Oleh karena itu jangan heran jika ingin menayangkan balap MotoGP stasiun TV harus membayar dengan jumlah sangat besar pula. Jumlahnya tidak hanya 1 atau 2 milyar namun jauh dari angka tersebut kangbro. Mungkin di masa lalu IWB sudah pernah membahas nilai kontrak yang digelontorkan oleh Yamaha untuk stasiun TV eksklusif yang menayangkan MotoGP di tanah air. Angka tersebut isunya mencapai 60 Milyar semusim. Kuwi kisaran tahun 2016-2017. Sekarang pasti merangkak jauh dari angka itu. Nahhh….mules ora sampeyan….60M ditahun 2016, kuwi tuku sapi wedhus oleh pirang jinah cak….

iklan iwb

60 miliar tersebut adalah Harga kisaran dan merupakan paket yang ditawarkan oleh pihak stasiun TV. Jadi memang angka yang tidak kecil. 60 miliar satu tahun ini berarti satu bulannya pabrikan harus membayar sekitar 5 Milyar. Ediannnn sugihhhh rekkkk. Jadi kalau ada yang mengatakan Yamaha pabrikan gurem…sampeyan salah besar, gede cakkk duitnya. Angka ini hanya sponsor di stasiun TV belum menempelkan logo pada motor MotoGP…

Tiap porsi memang berbeda angkanya. Tapi untuk harga estimasi jika ingin menjadi sponsor tim infonya yang masuk ke IWB mencapai sekitar 120 miliar permusim. Dua kali lipat cak. Nahhh…IWB nggak tahu berapa angka yang digelontorkan Yamaha untuk menempelkan tulisan ” Semakin di Depan” pada fairing YZR M1 karena ukurannya tidak terlalu besar. Namun sekecil kecilnya, angka pasti juga bikin sampeyan bergidik. Bukti bahwa untuk menjadi sponsor di MotoGP tidak murah kangbro. Dan itu kisaran 3-4 tahun lalu. Terus sekarang berapa ??

Dari update yang dishare oleh Motogp Sponsor calculator, untuk menjadi sponsor pada tim kecil seperti Moto3, menempatkan logo dimotor mereka berkisar 20.000 euro atau sekitar Rp 348 jutaan. Sedang logo berukuran sedikit besar….angkanya berada dikisaran 1,2 juta euro atau setara dengan Rp 20,9 miliar. Kuwi Moto3….Moto2 lebih mahal lagi cak. Menurut Motogp Sponsor Calculator, perusahaan sebuah merk harus merogoh kocek minimal 3 juta euro atau sekitar Rp 52,3 miliar dalam satu musim. Kuwi dipukul tim sedang cak. Tim pemenang lebih mahal dari angka itu. Terus piye dengan tim Motogp ??

Walau tidak dijabarkan gamblang, Motogp Sponsor Calculator hanya menyebut Ducati. Yup….perusahaan sponsorship tidak kurang harus merogoh dana hingga 12 juta euro atau sekitar Rp 209 miliar permusim. Wihhhh…..gilaaa bikin pingsan cak angkanya. Kalau Ducati aja segitu, berapa Repsol harus mengeluarkan duit menjadi sponsor Team Honda Repsol? pasti jauh diangka itu. Lawong tim pemenang juara dunia cak. Dari penuturan ini bisa kita pastikan bahwa balap Motogp memang kompetisi yang gila karena uang seperti tidak ada artinya. Lhaaa piyeee….209 Milyar cuma nempelin stiker di fairing. Tuku dawet iso ciblon koyok kolam pakde. Btw uang sponsor ini konon habis untuk operasional tim, biaya pengembangan dsb. Ediannn tenan !! (iwb)

 

iklan iwb
Previous articleJohann Zarco tersingkir dari tim factory, ini kata Ducati !!!
Next articleSebel atau seneng terhadap motor? Curahkan disini dan dapatkan hadiah bombastis cak !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!