iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kenthirrrr cakkk…jiann edian seru tenan diawal ngantuk. Hal ini karena sekali lagi banyak drama dimana para pembalap Yamaha berguguran karena crash ataupun drop diakhir lap. Namun disini sekali Fabio Quartararo menunjukkan skillnya walaupun pada akhir-akhir lap posisinya terancam Joan Mir yang terus mendekat dari 3 detik menjadi hanya 1 detik. Untunglah lap berakhir dan akhirnya Fabio Quartararo juara…..Suzuki ediannnnnn !!!

Ini merupakan pekan ketiga berturut – turut sejak dua race Misano, San Marino. Meski jadwal sangat padat namun tidak menyurutkan para rider untuk tampil di setiap akhir pekannya. Menatap sirkuit Catalunya dimana Track yang sangat bersahabat dengan Yamaha dimana semuanya telah mereka buktikan sejak Free Practice 1 pakdee, Squad Yamaha tampil mendominasi dengan menyapu bersih semua sesi mulai dari hari pertama hingga Warm Up sore hari tadi.

Dominasi Yamaha paling mencolok terlihat di sesi Qualifying dimana mereka sukses menempatkan ketiga ridernya untuk menempati front row hari ini. Namun untuk race day semuanya bisa terjadi cakkk, terlebih Suzuki, KTM serta Ducati yang selalu tampil kuat dalam beberapa balapan terakhir jelas akan kembali mengacak acak barisan depan hari ini.

iklan iwb

Nahh..Bagaimana jalannya race hari ini dan drama apa saja yang akan terjadi selama race berlangsung?

Race dimulai pukul 15.00 waktu setempat dan berlangsung selama 24 Laps. Front Row ditempati Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP)

Selepas start, Franco Morbidelli langsung memimpin diikuti Jack Miller dan Fabio Quartararo. Namun amat sangat disayangkan race baru dimulai Johann Zarco terlibat insiden dengan Andrea Dovizioso. Merekapun tidak bisa melanjutkan balapan Sementara itu Valentino Rossi berhasil naik keposisi dua.

23 Laps To Go, Franco Morbidelli masih memimpin di ikuti Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Jack Miller dan Joan Mir. Dua rider terdepan kini sedikit membuat gap dengan Fabio Quartararo.

22 Laps To Go, Fabio Quartararo cetak fastest lap 1 menit 40.728 detik dan kini ia mencoba menempel Valentino Rossi. Sementara itu Rossi tidak menyerah untuk mengejar sang murid yang berada diposisi pertama.

21 Laps To Go, Fabio Quartararo kembali cetak Fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 40.408 detik. Sementara itu lima besar belum ada perubahan, disisi lain Maverick Vinales justru merosot jauh ke posisi lima belas.

20 Laps To Go, Giliran Jack Miller cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 40.296 detik. Disisi lain Franco Morbidelli sedikit membuat gap dari Valentino Rossi. Namun berbeda dengan Quartararo yang kini sudah sangat dekat dengan Valentino Rossi.

19 Laps To, Fabio Quartararo akhirnya berhasil mengovertake Valentino Rossi yang berada diposisi kedua. Jack Miller dan Joan Mir masih bertahan di lima besar.

18 Laps To Go, Fabio Quartararo kembali catak fastest lap lagi dengan catatan waktu 1 menit 40.260 detik, selain itu battle terjadi antara Alex Rins dan Pol Espargaro yang saat ini memperebutkan posisi ke enam

17 Laps To Go, Fabio Quartararo mulai mendekati Franco Morbidelli, pun begitu dengan Valentino Rossi yang ikut serta bergabung untuk perebutan posisi pertama.

16 Laps To Go, Fabio Quartararo berhasil mengatasi Franco Morbidelli di tikungan 1 untuk merebut posisi pertama. Sementara itu Jack Miller nampak berusaha keras mengejar Valetino Rossi.

14 Laps To Go, Lima besar masih ditempati Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Valentino Rossi, Jack Miller dan Joan Mir. Sementara itu posisi enam hingga sepuluh ditempati Alex Rins, Pol Espargaro, Danilo Petrucci, Brad Binder dan Miguel Oliveira.

12 Laps To Go, Pol Espargaro dlosor ditikungan pertama ketiga berusaha mengejar Alex Rins. Otomatis Danilo Petrucci naik keposisi tujuh. Sementara itu Joan Mir mulai mendekati Jack Miller.

11 Laps To Go, Franco Morbidelli yang berniat mengejar Fabio Quartararo nyaris kehilangan traksi ben belakang hingga hampir menyeruduk Quartararo dengan Reflex yang baik Morbidelli langsung mengerem dan melebar sehingga Valentino Rossi naik keposisi dua.

9 Laps To Go, Valentino Rossi dlosorr ditikungan kedua. Wahhh sangat disayangkan karena podium di depan mata harus sirna begitu saja. Asli Rossi gontai cak. Disisi lain Jack Miller yang terus mendapatkan tekanan Mir membuat kesalahan di tikungan 10 dan kondisi ini berhasil dimanfaatkan Joan Mir untuk merebut posisi ketiga.

7 Laps To Go, lima besar ditempati Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Joan Mir, Jack Miller dan Alex Rins. Dibelakang secara mengejutkan Alex Rins mulai menempel Jack Miller untuk merebut posisi empat, tidak lama kemudian Miguel Oliveira dlosor di tikungan 2 juga cakk.

5 Laps To Go, Dan ternyata tekanan Suzuki berhasil. Alex Rins sukses mengambil alih posisi empat dari Jack Miller. Sementara itu didepan Joan Mir kini mulai membidik posisi kedua dari Franco Morbidelli. Disini jelas terlihat kecepatan Suzuki yang ngacir cak…..

3 Laps To Go, lima besar kini ditempati Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Joan Mir, Alex Rins dan Jack Miller. Francesco Bagnaia, Takaaki Nakagami, Danilo Petrucci, Cal Crutchlow dan Maverick Vinales lengkapi sepuluh besar. Didepan ternyata Mir sudah bisa memangkas jarak dari Morbidelli yang berada diposisi dua. Dari 0,7 detik kini sudah mendekat diangka +0,2 detik. Ediannn kieeee..

2 Laps To Go, Akhirnya bobol juga pertahanan satelit Yamaha. Joan Mir sukses asapi Franco Morbidelli dan memaksa doi turun ketiga. Ancaman tidak berhenti disana. Pasukan Suzuki lain yakni Alex Rins gantian menekan Morbidelli. Dan tidak butuh lama Alex Rins overtake Franco Morbidelli naik di posisi tiga. Disinilah IWB terperangah sebab Gap Fabio yang sudah tenang diangka 2,4 detik terus terpangkas dari Joan Mir yang kini mendekat hingga 1,5 detik. Tim Petronas memberikan papan peringatan pit board pada Quartararo atas jarak Mir dan Fabio merespon…

Last Lap Joan Mir terus mendekati Fabio. Gap terus terpangkas dan sepertinya Fabio gelisah cak. Doi sempat menoleh kebelakang dan jarak Mir sudah mendekat dikisaran 1 detik. Disisi lain Alex Rins juga hanya terpaut 1,8 detik dari Fabio. Untunglah lap menyelamatkan posisi Fabio karena ini adalah last lap…

Hingga finish Fabio Quartararo keluar sebagai pemenang diikuti Duo Suzuki Joan Mir yang hanya terpaut +0.928 detik dari Fabio….disusul Alex Rins ketiga. IMHO PR Suzuki hanya kualifikasi neh soale kalo race wis serem ngacirrrr cak. Btw dibelakangnya Franco Morbidelli serta Jack Miller mengunci lima besar….

Last….dengan kemenangannya di Catalunya kini Fabio Quartartaro kembali menjadi leading klasemen menggeser Dovi yang dlosorrrr. Sementara berhasilnya Suzuki masuk podium 2-3 memecahkan record lama yang diukir ditahun 2007 dikelas premier. So..selamat buat Fabio dan juga Suzuki. Lhaaa piyee cak…Mir start dari posisi 8 sedang Alex Rins posisi 13 tapi bisa finish 2 dan 3. Salut tenan wis. Sebagai gambaran berikut hasil lengkap race Catalunya…juozz !! (iwb)

CATALUNYA MOTOGP, BARCELONA – RACE RESULTS

1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 40m 33.176s
2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.928s
3 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +1.898s
4 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +2.846s
5 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) +3.391s
6 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) +3.518s
7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +3.671s
8 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) +6.117s
9 Maverick Vi?ales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +13.607s
10 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +14.483s
11 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* +14.927s
12 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) +15.647s
13 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* +17.327s
14 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +27.066s
15 Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) +27.282s
16 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) +28.736s
17 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) +32.643s
Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) DNF
Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) DNF
Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) DNF
Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) DNF
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) DNF
* Rookie.

180 COMMENTS

  1. Hayoooo oara fbh, ganti Mbit kalian sama NEX II. ?????? Gua sih YES mau ganti ke NEX II.

    Terbukti tuh Suzuki lebih jossss daripada Sayap ???

    • Yang kelihatan di MotoGP Yamaha nmax, Suzuki address, Kymco,? Trus mbit, pariyem, meceek kok gak kelihatan di Eropa ???

      • Mbit dipake alayers di sini mas, knalpot bretttt bretttt, ban kecil, di jalan suka zigzag ngegunting jalan orang lain. Sialan kan ???

  2. Sebenarnya makna dari jatuhnya Rossi itu melatih penonton kaya kita ini kalo2 Rossi pensiun, moto GP tanpa Rossi pun seru..

  3. wajar klo FQ, Doc04 frustasi dibuatnya (Juan Mir), terlihat sekali FQ & Tim sangat gelisah saat@ Last Lap, ini anak emang ajaib.

  4. Ahai ,, fbh lagi kelojotan cari bahan BC buat fby dan fbs..

    Udah,, motor honda udah gak mampu kalo gak ada marq,,
    Jadi ampas penghuni gudang wkwkskwk

  5. Katanya team honda mau unjuk dungu?

    Eh gigi.

    Ekekekek bacot doang persis narasi komen panjang lebar (tak ada yang bisa).

    Isinya penuh dengan kedunguan.

    Ngoahahahhahaha

  6. Taro p1
    Yg lain crash atau melorot
    Vina p1
    Taro crash yg len melorot
    Morbi p1
    Besoknya mencret

    Fluktuatif

    Ini nih makanan empuk mister semiir
    Mister konsisten

    Ayo mirr ? Ketekmu harumm

    ???

    • Ngetek pun berubah arti dan penggunaannya..

      Aslinya digunakan kepada saingan dari saingan yg finish P1 dan finish di depan..
      contoh ketek asli itu dovi 2017-2019 dan Rins 2019

      Sekarang ketek pun bisa disematkan pada yg belum pernah finish P1…

      mabuk ngelem rexona 3-4 tahun..

  7. Konyolnya MotoGP tanpa Marc, para pemuncak klasemen bukan karena hebat tapi karena rivalnya jatoh. Ini juara macam apaaaan?

  8. Kemarin vina jingkrak2 over lebay
    Sekarang nunduk lesu
    Kasusnya sama dg taro
    Sama juga dg morbi

    Kalau si mbah tau lah

    Itulah ketidak konsistenan
    Yg akan menghambat jurdun tertunda

    Dan ini kesempatan emas buat semir
    Jika dia terus konsisten

    Ayoo mir

    Ketekmu haruuum

    ???

    • Betul MM93 dan AM73 sepertinya akan berbarengan pensiun dini yg kakaknya takut cedera lagi sedang adiknya akan berkarir balapan di arena PS

  9. Pokoke kalo bisa ngacir duluan auto menang…
    Sebab terus terang mesin Yamama rada lemot.

    Gila tapi Sijuki.

    • Gua malah bingung ngondah disorot tipi apa kagak ya tadi!
      Atau karena nomtonnya numpang ya jadi gak disorot!
      Coba nonyon tv one emang beda mungkin ngonda juara

    • Rexona memang wangi. Yang lemot saja bisa menang 5X juara seri sedang yg katanya kencang motor triple crown 2019 duo repsol dilupakan begitu saja. Balapan ya memang harus ngacir dari awal start masa main tunggu tungguan . Balapan karung saja yg menang yg ngacir duluan

  10. Suzuki mantul ??? selamatkan Spanyol dari kemaluan (hanya Rins dan Mir harapan bangsa Spanyol kibarkan bendera di Catalunya)

      • Si Alan
        —-
        What Honda sehat?
        Terlalu lebay lu bilang honda sehat, yg bener Marc Sehat.
        Lagian waktu Marc masih menangan second rider Honda bisa apa bro. Wkwkwk.

        Buktinya skrg Marc ampir modiar, rider honda lain jadi bulan bulanan di grup belakang.

    • Bani standar janda…

      Ngetek pun berubah arti dan penggunaannya..

      Aslinya digunakan kepada saingan dari saingan yg finish P1 dan finish di depan..
      contoh ketek asli itu dovi 2017-2019 dan Rins 2019

      Sekarang ketek pun bisa disematkan pada yg belum pernah finish P1…

      gara-gara ngelem rexona 3-4 tahun..

  11. Sepertinya yamaha bakal pke taktik, jika salah satu berpeluang jurdun,3 pembalap lainnya harus support. Atau ikuti taktik suzuki yang nunggu setelah setengah lap baru push.

    • Sudah biasa bro. Startegi begituan jamak di dunia balap. Sperti Pedro yg disuruh ngalah sama Markuez padahal racepace dia lebih bagus, demi deposit poin di jurdu.

  12. Bani standar janda…

    Ngetek pun berubah arti dan penggunaannya..

    Aslinya digunakan kepada saingan dari saingan yg finish P1 dan finish di depan..
    contoh ketek asli itu dovi 2017-2019 dan Rins 2019

    Sekarang ketek pun bisa disematkan pada yg belum pernah finish P1…

    gara-gara ngelem rexona 3-4 tahun.. sampai dibeli pabrikannya…

Comments are closed.