iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….jaman memang makin edian. Apalagi kalau sampeyan lahir diera klasik dimana motor hanya fokus untuk membantu transportasi serta performa dibeberapa segmen. Tapi jaman sekarang sudah berbeda. Fitur dikombinasikan teknologi yang membuat motor makin pintar dan canggih. Inilah salah satunya yakni sebuah motor racikan Zongshen motorcycle berlabel Cyclone RG3. Seperti apa sosoknya ? intip detilnya dibawah ini…..

Tiongkok sedang berusaha terus mengembangkan sayapnya. Mungkin urusan performa mereka masih belum bisa menyamai kemampuan pabrikan Jepang tapi soal fitur pabrikan Tiongkok lebih Royal dan mengejutkan. Seperti baru-baru ini dimana salah satu pabrikan terkenal yakni Zongshen yang memperkenalkan produk revolusioner. Sebuah motor sport bergenre touring yang disebut sebagai Zongshen Cyclone RG3….

Soal desain motor ini mungkin memiliki kemiripan dengan Honda NC series. Tapi untuk Cyclone RG3, sang kuda besi memiliki kubikasi mesin yang lebih kecil. Cukup dimaklumi sebab Zongshen Cyclone RG3 membidik market 400cc. Selain itu desain motor ini juga terlihat padat dengan beberapa sentuhan yang cukup menarik seperti hadirnya fairing serta windshield cukup tinggi yang menjadi ciri dari sosok motor touring. Bagian depan motor ini sudah mengadopsi model headlamp LED….

iklan iwb

Kemudian di bagian kaki-kaki kita akan menjumpai suspensi depan model teleskopik, suspensi monoshock yang dipadukan dengan velg yang cukup gambot termasuk ban. Untuk frame atau sasis disinyalir masih menganut model tubular akan tetapi designer dengan cerdas menutup rangka dengan material plastik sehingga seolah-olah terlihat seperti frame deltabox. Secara pribadi IWB sendiri sebenarnya kurang menyukai desain yang entah kenapa terkesan bantet dan biasa. Desain Emang soal selera tapi kalau sampeyan membahas tentang fitur, Zongshen Cyclone RG3 ini termasuk Cadas cak…

Sampeyan bayangin saja RG3 sudah dibekali kamera depan yang terintegrasi dengan TFT digital speedometer. Kamera ini berfungsi sebagai perekam aktivitas pada saat kita riding sehingga tiap momen di depan mata bisa kita abadikan. Ini sangat berguna jika terjadi kecelakaan atau mungkin pelanggaran lalu lintas di mana bisa menjadi bukti bagi kita kalau kita merasa benar. Tidak dijelaskan berapa kapasitas hardisk atau kemampuan motor dalam merekam video. Yang pasti pabrikan sudah menyediakan secara paket dan ini tentu sebuah gebrakan yang cukup signifikan untuk motor berkapasitas 300-400cc…

Itu belum termasuk fitur lain seperti anti lock brake system atau ABS, adjustable windscreen dll. Untuk urusan dapur pacu mungkin tidak terlalu istimewa di mana Zongshen Cyclone RG3 mengusung engine murni 401 cc dengan konfigurasi in line 2 silinder yang mampu memuntahkan tenaga hingga 43 HP pada putaran 9500 RPM dan torsi 34 nm pada 8000 RPM. Motor ini sudah dibekali transmisi 6 speed dengan kecepatan puncak pada kisaran 155-160 km/jam. Lumayanlah pakdeee….

Last… Zongshen Cylclone RG3 sudah dipamerkan di ajang motor Expo Tiongkok yang berlangsung sejak kemarin. Belum tergali gamblang berapa Zongshen akan menjual Motor ini di pasaran tapi yang pasti pabrikan yang sudah terkenal di dunia ini akan segera memasarkan sang kuda besi di Cina dengan kemungkinan besar diekspor ke beberapa negara Asia. Seperti apa sosok Zongshen Cyclone RG3 ? intip beberapa fotonya dibawah ini…..keren euy gebrakannya ! (iwb)

Advertisements

40 COMMENTS

    • That’s better than nothing.
      AM73 just showed all of us peningkatan.
      Which motorbike have you made?
      Are we already poeas modif2an tok?

    • Soal desain motor ini mungkin memiliki kemiripan dengan Honda NC series, soal mesin mungkin memiliki kemiripan dengan Yahaha ngeRRRR series muehehe

    • Soal desain motor ini mungkin memiliki kemiripan dengan Honda NC series, soal mesin mungkin memiliki kemiripan dengan Yahaha R series muehehehe

  1. Klo soal otomotif sepertinya pabrikan tiongkok sulit mendapatkan tempat di hati konsumen, tp eloktronik semisal gadget n laptop OK lah dah bisa ngalahin pabrikan jepang belakangan dg fitur melimpah n harga miring.

  2. Cina punya harapan ke depan bisa bersaing.
    Kita-kita??…… Ngandelin punya duit n bisa beli. Ogah bersaing…..
    Tatut kaleeee eeeee……. Leluhur moyang sudah kaya raya, ngapain susah2 berkompetisi….?

    • Mantab……… šŸ‘šŸ‘šŸ‘šŸ‘šŸ‡®šŸ‡©šŸ‡®šŸ‡©šŸ‡®šŸ‡©šŸ‡®šŸ‡©šŸ™šŸ™šŸ™šŸ™

  3. Pernah baca berita di iwb,pabrikan zonsheng menjalin kerja sama mesin dengan norton.

    Kira kira mesin yg dipakai rgs30 sudah racikan dari norton apa g ya

  4. he..he…ngga usah banggain jepun terus ntar terlena ntu pabrikan sama ente……cak iwan ngga semua pabrikan china mesinnya odong odong beberpa memakai mesin pabrikan ternama so …apalgi cyclone sudah sukses dengan cyclone rx 3 model adv. banyak diminati diluar dan merupakan produk global,diindinesia dikenal dengan viar vortexnya . mungkin sekali sekali cak iwan perlu review riding motor selain produk jepun. ngga perlu nunggu di pinjemin unit dulu dr delaer resmi .

  5. Step1: bĢ¶eĢ¶lĢ¶aĢ¶jĢ¶aĢ¶rĢ¶ Niru pabrikan jepan
    Step2: ambil h2 + tracer 700 + nc750
    Step3: buat motor turing cc kecil
    Step4: kasih gimmick kamera
    Step5: ????
    Step6: profit

  6. biar orang china saja yg beli, liatnya ja dah ga nafsu apalagi qualitasnya, kamera zaman now teknologi pasar’an ga ada yg wuiiiiih.

  7. hybrid, duel, touch control, eyes control, supercaharger mungkin saat ini msh tergolong wow.
    klo cm camera, audio, video, wifi mah biasa aja, hp seruan jg ada fitur itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here