iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sepertinya kedepan Yamaha MT09 akan makin powerfull cak. Hal ini karena isu kencang mengemuka bahwa Yamaha berencana akan dongkrak kubikasi mesin MT-09. Lhooo kenapa ? apa alasannya apakah power sekarang nggak cukup ? simak detilnya dibawah ini….

Dari isu yang beredar di Eropa sepertinya Yamaha akan berjuang agar MT-09 tetap menjadi master of torque dikelasnya. Namun kondisi ini terancam akibat regulasi emisi gas buang. Yup…. tidak ada jalan lain, jika mengandalkan mesin dengan kubikasi sekarang pasti power drop cak. So….rencanya Yamaha akan mendongkrak kapasitas mesin MT09….

Yamaha disinyalir menyiapkan mesin yang lebih besar untuk tahun 2021 sebagai bagian dari pembaruan akibat regulasi standar Euro 5. Mesin baru akan meningkat dari 847cc menjadi 890cc. Tidak hanya itu….dengan keputusan pabrikan garputala diperkirakan tenaga maksimum naik 4 hp dari angka 118 hp yang diklaim sekaligus mengurangi output emisinya….

iklan iwb

Dari informasi sementara hanya MT-09 yang akan mendapatkan mesin anyar. Namun diharapkan model Yamaha lain yang menggunakan mesin tiga silinder seperti Tracer 900, XSR900 dan Niken juga mengikuti langkah MT09. Langkah Yamaha ini sebenarnya tidak mengejutkan karena pabrikan lain juga sudah melakukannya….

Intip saja Honda lewat Africa Twin CRF1100L, Ducati Multistrada 1260, dan BMW R1250. Biasanya, kontrol emisi yang lebih ketat berdampak negatif pada performa, jadi pabrikan menebusnya dengan meningkatkan ukuran mesin. Ini tidak selalu diperlukan, tetapi untuk segmen yang lebih kompetitif. Sebab jauh lebih mudah untuk memasarkan mesin baru jika tetap mempertahankan power besar ketimbang ngetuning mesin lama. So…MT09? tahun depan makin besar cak cc-nya…… (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!