iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Jorge Lorenzo telah sepakat dengan Yamaha untuk bekerja sebagai Test rider diawal Januari 2020. Kemudian di awal Februari 2020 Jorge Lorenzo (Yamaha Test Team) Sukses menjalani re-debutnya bersama YZR-M1 pada hari ketiga Shakedown Sepang Test. Namun setelah itu kehadiran Lorenzo bak ditelan bumi. Rencana wild card Misano menguap. Bahkan kini terdengar kabar Yamaha terpaksa mendepak Lorenzo sebagai test rider Yamaha karena alasan budget. Waahhhh….

Jorge Lorenzo memulai karir dikelas MotoGP pada tahun 2008 dimana ia langsung di tunjuk oleh Yamaha untuk mendampingi Valentino Rossi, 9 tahun ia habiskan diatas YZR-M1 dan berhasil mengantongi gelar juara dunia, namun catatan epic tersebut gagal ia ulangi ketika beralih pabrikan menuju Ducati pada tahun 2017, 2018 dan Honda pada tahun 2019.

Dengan pertimbangan yang cukup matang Lorenzo akhirnya memutuskan pensiun seiring dengan Cedera punggung yang ia dapatkan sejak Putaran kedelapan MotoGP Assen, Belanda. Musim 2019 sekaligus menandai tahun terakhir ia berstatus sebagai rider reguler karena porfuera menyatakan pensiun pada putaran pamungkas MotoGP Ricardo Tormo, Valencia.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Pasca bersantai sejenak dari kesibukan dari dunia MotoGP, Lorenzo fokus sepenuhnya mengambil liburan termasuk tinggal sekitar satu minggu di Bali sebelum muncul rumor doi bakal bergabung bersama Yamaha untuk bekerja sebagai test rider. Negoisasi yang telah berjalan selama beberapa bulan belakangan ini akhirnya menemui titik terang dan Lorenzo secara resmi mengumumkan tugas barunya musim ini, dimana ia mendapatkan kepercayaan dari Boss Yamaha, Lin Jarvis untuk bergabung dalam proyek baru Yamaha dengan tujuan menjadikan M1 bisa garang layaknya masa Lorenzo dulu..

Per-4 Februari moment yang ditunggu Lorenzo tiba, ia sukses menjalani re-debut diatas Yzr-M1 setelah sebelumnya melewatkan Sepang Shakedown Test selama dua hari kerena beberapa alasan tertentu..

Ini sudah lama dinanti, aku sedikit gugup untuk memahami beberapa hal – apakah motor Yamaha telah banyak berubah dalam tiga tahun, apakah ia kehilangan sebagian kekuatannya? tetapi aku melihatnya tidak demikian, karakteristik motor ini tetap sama. Yamaha saat ini memiliki banyak kekuatan, dan beberapa kelemahan yang telah kami analisis untuk diperbaiki pada masa depan. Aku segera melihat lagi bahwa motor Yamaha masih bisa diterima, dengan mesin yang halus, tidak terlalu fisik bagi para rider dan untuk gaya balapku masih cukup ideal, bahkan sangat ideal.” ujar Lorenzo dikutip Motorsport.com saat itu…

Jorge Lorenzo kala itu menyelesaikan Shakedown hari ketiga dengan menempatkan dirinya diposisi kedelapan setelah merampungkan 46 Laps secata total, Lorenzo mencetak waktu terbaik 2 Menit 00.506 Detik alias terpaut +1.062 Detik dari Pol Espargaro (Redbull KTM Factory) yang sukses menempatkan diri sebagai penguasa Shakedown hari terakhir. Dan bulan Februari tersebut ternyata adalah penampilan terakhir Lorenzo dimusim ini. Setidaknya per race Minsao yang tidak lagi kita dengar wacana Lorenzo turun balap. Pertanyaannya kemana Lorenzo ? dan bagaimana status doi ???…

Seperti dilansir Speedweek, dari update terbaru kemungkinan Lorenzo tidak akan turun race sebagai wild card mengingat kondisi Pandemic yang memaksa pabrikan mencoret wacana tersebut. No wild card untuk 2020. Terus piye dengan 2021?? Sebenarnya Lorenzo kabarnya ingin menjadi test rider Yamaha tahun depan. Tapi celakanya, budget dari Jepang dipotong signifikan akibat Corona. Kondisi ini tidak dibantah bos Yamaha Racing…” Situasinya sekarang benar-benar berbeda dari tahun lalu…” kata Lin Jarvis (Managing Director Yamaha Motor Racing) singkat. Apakah ini artinya Lorenzo tidak akan lagi menjadi test rider Yamaha ?

Tergantung Jorge. Jika dengan budget kecil doi mau menerima mungkin tetap bisa didorongin. Tapi jika tidak, maka dipastikan Lorenzo di depak oleh Yamaha karena alasan terlalu mahal biayanya dan mereka akan tetap menggunakan rider tester Jepang K. Nakasuga atau K. Nozane ditahun depan. Sejauh ini belum ada konfirmasi apapun dari Lorenzo. Termasuk isu bergabungnya kembali ke Ducati, tipis cak. Sebab program baru dari tim Bologna kini berbeda. Mereka ingin fokus pada talenta muda yang berarti Lorenzo di coret. Yup…Korona memang kejam cak. Sayang euy Lorenzo…..kita lihat saja apakah Jorge sudi menerima dengan budget kecil dari Yamaha untuk tahun depan…..(iwb)

 

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!