iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..entah kenapa IWB kali ini pro ke Fabio. IWB mengamati dan membaca penuturan Fabio Quartararo yang begitu kecewa dengan penalty. Bukan masalah hukumannya namun caranya. Yup….seperti yang sampeyan tahu Fabio Quartararo dihukum long lap penalty. Namun herannya, hukuman baru nongol jelang masuk last lap dan IWB sendiri juga cukup terkejut….kemana saja iki race director. Kenapa lama sekali mereka memutuskan penalty mengingat last lap adalah masa dimana rider fokus total ? inilah artikel curhat luar biasa seorang Fabio Quartararo karena penalty “hantu”, peraturan konyol??

Sebelumnya Fabio Quartararo sudah gembira luar biasa karena doi sukses masuk podium setelah bertarung melawan Pol dan Joan Mir. Tapi kegembiraannya naik podium terenggut paksa pasca doi harus mundur 3 detik akibat dianggap tidak mematuhi instruksi hukuman long lap penalty. Fabio Quartararo dijatuhi penalty karena termonitor melebihi batas lintasan, yang berarti Quartararo telah melewati tepi jalan dan melindas cat hijau lebih dari 5 kali selama balapan. Karena sulit bagi rider untuk mengetahui apakah batas lintasan telah terlampaui, peringatan dikirim melalui pesan dasbord, itu setelah 3 pelanggaran…..

Yang menjadi masalah pada kasus Fabio Quartararo adalah doi mengklaim?tidak menerima peringatan tersebut. Sebab jika itu dilakukan pasti doi akan sangat berhati-hati setelahnya. Namun dia tidak menerima pesan peringatan. Berikut penuturan lengkap Fabio Quartararo seperti dilansir crash….

iklan iwb

” Race Direction tidak mengirim pesan peringatan trek. Makanya aku sangat terkejut. Biasanya ketika pembalap melebihi batas trek 3 kali maka kalian mendapatkan peringatan. Dan ketika itu terjadi pasti kalian lebih berhati-hati. Sedang yang menimpaku….Aku tidak melihat peringatan apa pun. Ini wajib dilakukan sebab ketika penonton melihat TV, kalian bisa melihat mereka mengirim pesan ke TV. Tetapi kami [pembalap] tidak melihat TV!

“Jadi bagiku ini adalah kesalahan mereka, walau aku juga salah karena menginjak cat hijau selama 5 kali.?Tapi pesan harus benar-benar diupayakan karena pada kesalahan dua terakhir roda depanku hanya menyentuh 1mm di jalur hijau. Kondisi dimana pembalappun sulit menyadari bannya menyentuh jalur hijau. Sekali lagi aku tidak menerima pesan apa pun. Kami mencoba setiap sistem, radio, dan semuanya, tetapi pada akhirnya merekalah yang kurang [berkomunikasi] kepada rider…” seru Fabio Quartararo kesal…

Mungkinkah Quartararo melewatkan pesan peringatan yang dikirim ke dasbornya?

Aku rasa tidak karena aku selalu memantau dasbord tiga kali per-lap, jadi jika ada pesan masuk pasti aku melihatnya. Selain itu sistem juga memiliki lampu oranye di dasbord. Biasanya ketika seseorang mengirim pesan lewat dashbord, kamu melihatnya langsung. Jadi aku rasa Race Direction tidak melakukannya (mengirim pesan ke dashboard Fabio). Entahlah….aku tidak bisa berkata apa-apa lagi. Aku tidak akan protes atau banding resmi karena hal itu akan melelahkan. Lain kali aku akan meminta tim untuk memberikan informasi via pit board...” tutup Fabio…

Last….kini Fabio Quartararo harus menelan pil pahit karena kehilangan podium hanya gara-gara penalty “hantu”. Penalty yang tidak pernah dilihatnya hingga finish namun langsung dianulir posisinya. Yahhh…itulah race. Pokoke semangat Fabioooooo. Btw menurut sampeyan cak, pantas nggak Fabio Quartararo kehilangan posisi 3 gara-gara masalah diatas, monggo berikan opininya…..(iwb)

 

120 COMMENTS

    • Di Tv komentatornya bilang berkali-kali kalo si fabiyem ini nginjek track limit, warning infonya juga ada di pojok kanan Tv. masa kaga nongol di dashbord sih? jangan-jangan smart dashboardnya yg minta dirikoll muehehehe

      • Bio torataro muke kusut njembrut
        Madesur masa depan suRAMMM
        Wkwkwkwkwk kesian sekali ya
        ??????????????????????????

  1. terlepas dari ‘pantas &tidaknya’ saya rasa peraturan tersebut sangat tidak menguntungkan (bagi semua pembalap). dan kenapa pula harus di beri ijo” segala. biarkan seperti dulu saja tanah ato grevel. jadi pembalap fikirannya bisa fokus ke jalannya race tanpa ada fikiran “saya tadi ngindes ijo” apa nggak ya??.

    • Sudah disepakati regulasi tsb…kenapa dan bagaimana ada regulasi tsb…baiknya cari tau berita2 terdahulu

    • Trus…Dengan sengaja atw tidak saat rider mengambil jalur melebihi batas trek, pasti ada keuntungan yg diambil…klo gak ada peraturan ini akan banyak rider yg mengambil keuntungan dri hal ini…

  2. Tambah stress dia kmrn saat gk dpt hasil baik salahin performa motor skrg race director, seingat saya tahun lalu fabio gk melontarkan komplain atau pernyataan negatif apapun soal balapan tp tahun ini terutama stlh dua kali juara semuanya jd tekanan buat dia

  3. ekekekekke

    Peraturan bertujuan dgn baik
    tapi peraturan ternodai secara masih ambigu..

    dikritk abis abisan sama netizen luar..
    moto gp zaman now …

    jgnkan engkau menuju kesuRRRamm biar H sazzaaaaa

    mueheheheh

  4. Wkwk udah jelas Salah! Masih ngeyel! Wkwkw bocahh Angel!! Wkkw yg ginian ga pantes dapet titel jurdun!! Pembalap yamaha rata2 Manja plus Cengeng!!! Wkwkw

  5. MOTOGP 2020 MENCERMINKAN MARQUEZ BERADA DI LEVEL YANG JAUH BERBEDA DENGAN PARA RIDER SEKARANG.
    MOSOK ADA PEMBALAP, SENINNYA JUARA, SELASANYA JATOH, RABUNYA KALAH, KAMISNYA KENA DISKUALIFIKASI, JUMATNYA MLEDUK, SABTUNYA KONSLET, MINGGUNYA SAKIT PERUT.
    LEVEL BEDAAAAA …

  6. Nahlo, ni aja pada ribut. Coba inget pol espargaro kemaren, mo finish malah melebar ke jalur ijo, tapi gak diapa apain. What happen?

    • ekekekekek

      jgnkan Pol, Joan mir aja nginjek lintasan ijo … lihat deh rekaman ulang
      baik di Race 1 dan Race 2 …
      peraturan ambigu,

      # SaveMotoGPzamannow

      Muehehehehe

      • Keputusan Penalti akan diberikan Oleh Race steward berdasarkan pengamatan dan data mereka apakah pelaku melebihi track Limit tersebut mengalami kerugian posisi atau tidak. Jika Tidak, maka akan diberikan penalti. dan Jika Ya maka penalti tidak diberikan .

        Menurutku . walau sudah melewati green zone 3atau 5 kali itu tidak mengubah posisi pembalap . ( misal di posisi 5 dan masih di posisi lima atau pun bisa naik) itu bisa dikenai pinalty . atau kalo merugikan posisi pembalap ( misal turun posisi/ menghindari crash) itu tidak dikenai pinalty ? ?????

        Ditambah itu Fabio kemaren ngijek pas posisi 4 dan tidak berubah . sebelum mir overtake. Dan pas sesudah overtake .dia nginjek lagi (dan lagi masih diposisi di belakang pol.)

    • Ingaaat…injak track hijau ada jumlahnya ?
      Ada jumlah peringatan…dan ada jumlah yang harus dikenai sanksi ?

  7. klo beneran gak ada peringatan knp kru nya diam aja,gak ikut protes?
    tipikal pembalap yahama klo kalah ada aja yg mesti di salahkan

  8. kebanyakan aturan sontoloyo, enak salip” an msuk gravel donk biar tmbah seru, seru liat markewes nyalip spa tuh lupa di gravel coooyyy keren bet. Skrg mlah kyak t43k ijo” klethong kakean aturan.

  9. Fabio kekny Lg jd unlucky guy beberapa balapan terakhir, entah faktor mesin, jatoh, dan sekarang penalty, yah moga2 kedepan bisa mantep lg

  10. Pasti adalah warning di dashboard, cmn ga mau ngaku aja dan aneh kalau ga liat. Karna warning dashboard dikirim saat di track lurus jd pasti ketahuan lah saat kepala nunduk.

  11. Pernah ingat saat marc di diskualifikasi saat race, perkara harus ganti motor dilap ke 10, tp dilakukannya dilap ke 11 (klo sy tdk salah ingat).
    Waktu itu jelas2 bukan marc yg salah. Mungkin kesalahan ada di timnya.
    Tp marc biasa saja tuh, tdk koar2 di media.

    Yg ini, sdh diperingatkan di dashboard, ngelesnya tdk pernah diperingatkan. Ini teknologi motogp lho. Bukan balapan kampung. Anda sdh diperingatkan tp tdk lihat peringatan tsb krna asyik melindas track limit. ????

    • Keputusan Penalti akan diberikan Oleh Race steward berdasarkan pengamatan dan data mereka apakah pelaku melebihi track Limit tersebut mengalami kerugian posisi atau tidak. Jika Tidak, maka akan diberikan penalti. dan Jika Ya maka penalti tidak diberikan .

      Menurutku . walau sudah melewati green zone 3atau 5 kali itu tidak mengubah posisi pembalap . ( misal di posisi 5 dan masih di posisi lima atau pun bisa naik) itu bisa dikenai pinalty . atau kalo merugikan posisi pembalap ( misal turun posisi/ menghindari crash) itu tidak dikenai pinalty … ?????

  12. Muke kusut njembrut Wkwkwkwkwk kesian
    Rasain nohh ?????????? kita-kita ketawa aja ya kang ?????????????????????????????????????????????

  13. cuma kena hijau 1mili katanya,,ini bocah rasanya klo sukses jurdun bakal kaya kakek lejend koar koar trus,,,banyak ngomong juga n baru keliatan sifat aslinya pas kesulitan

  14. ekekekekek

    Peraturan harus dikaji ulang
    banyak pembalap yg mempertanyakan..

    masa ada rincian 5 x dihukum namanya sekali dua kali namanya pelanggaran ya tetep pelanggaran….lucunya warning gak muncul di dashboard…

    # SaveMotoGP

    muehehehe

  15. ekekekeke

    peraturan konyol ada jumlahnya …
    macam di wsbk HonHond krisis mesin trus ada peraturan Limited engine ….

    mueheheheheh

  16. kalo kesalahan tidak ada atau track limit belum memenuhi jumlah pelanggaran dan dihukum itu baru hantu cak. yang terjadi saat race adalah bahwa kesalahan quartararo memang benar ada, quartararo menyadari itu, karena itu dia bilang “… tidak akan protes atau banding resmi karena hal itu akan melelahkan …”.

  17. Keputusan Penalti akan diberikan Oleh Race steward berdasarkan pengamatan dan data mereka apakah pelaku melebihi track Limit tersebut mengalami kerugian posisi atau tidak. Jika Tidak, maka akan diberikan penalti. dan Jika Ya maka penalti tidak diberikan .

    Menurutku . walau sudah melewati green zone 3atau 5 kali itu tidak mengubah posisi pembalap . ( misal di posisi 5 dan masih di posisi lima atau pun bisa naik) itu bisa dikenai pinalty . atau kalo merugikan posisi pembalap ( misal turun posisi/ menghindari crash) itu tidak dikenai pinalty ? ?????

    Ditambah itu Fabio kemaren ngijek pas posisi 4 dan tidak berubah . sebelum mir overtake. Dan pas sesudah overtake .dia nginjek lagi (dan lagi masih diposisi di belakang pol.)

    • Tapi 5x nginjek green zone itu dah berarti banget buat memangkas gap dengan rider depannya… karena cornering speednya bisa tinggi. Yg akhirnya bisa mendekat dan nyusul

  18. Fabio baru gini aja udah frustasi, kondisi ginian mah gak ada apa2nya dibanding marc di tahun 2015 dan bertahun2 berikutnya di 2016 2017 2018 dimana saat itu RCV sangat lemah dari transisi ban sama development ECU, belom faktor tekanan dari valeban, preasure itu sangat tinggi dan dia bisa manage semua buat jadi juara dunia sebelom dominasi total 2019, diakui apa gak marc emang yang terbaik, kalo di sekolah dia slalu rank 1 klas dan paralel 1 angkatan, sisanya penggembira, harus dipahami ketika orang berbakat dan kompetensi memadai ada di habitat yang tepat maka laennya gak bakal bisa nandingi mau dia usaha sampe semaksimalnya tetep gak mungkin melampaui orang itu, contoh tiap bidang olahraga dan di GP saat ini marc orangnya

    • Yoa.. Disaat itu juga Marc bilang dia sangat percaya dgn timnya dan para insinyur2 honda di jepang sana.. Salut MM..
      Begitu musim ini bergulir.. Gw baru ngeh susahnya jaga konsistensi..

  19. Gak usah ikut2an mewek, jangankan yg jelas2 keluar batas track. Masih ingat kasus Curthlow yg dikasih penalty karena dianggap jumling start?

  20. penulis tidak usah menyampaikan keberpihakan.toh itu salahnya dimana,pasti sudah ada aturannya.sampaikan saja berita biar pembaca yg menilai

  21. diliat dari hukumannya sih emang pantes di hukum si Fabio, cuma kalo hukumannya yang telat dikasi atau gak nongol itu baru salah race directornya

  22. mending itu cuma penalty 3 detik, karma dari buang sampah plastik sembarangan. Itu korbannya si Miller sampai g bs finish bre gara2 lu.

  23. MM93 kena blackflag di PhilipIsland aja gak marah2.. Kgk nyalah2in timnya..apalagi nyalah2in race director..Selow bin santuy bae.. Nih baru mental juara..

Comments are closed.