iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Race Day Putaran ke enam World Superbike Catalunya, Barcelona berakhir. Jonathan Rea keluar sebagai pemenang race pertama, DUO Ducati, Honda dan Yamaha melengkapi lima besar…..

Sama seperti hari pertama, hari kedua cuaca masih menjadi momok menakutkan bagi semua rider pakdeee, yupss karena setiap sesi cuaca berubah-ubah. Tentu hal ini menyulitkan banyak rider dan segala macam hal biasanya bisa saja terjadi. Sejauh ini Kawasaki sedikit lebih unggul dibandingkan pabrikan lainnya, meskipun Ducati lebih di untungkan karena track lurus sirkuit Catalunya cukup dominan meskipun tidak terlalu panjang namun Duo Factory Aruba. IT nampak kesulitan dalam seluruh sesi sebelum race.

Pada race 1 ini, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) berhasil menempati pole position diikuti Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Team) dan Alvaro Bautista (Team HRC). Racepun dimulai pukul 14.00 waktu setempat dan berlangsung selama 20 Laps.

iklan iwb

Jonathan Rea berhasil melakukan start yang sempurna diikuti Duo Pata Yamaha Team, namun akibat kontak antara kedua rider Yamaha tersebut posisi mereka di ambil alih oleh Michael Rinaldi dan Scott Redding. Jonathan Rea yang memiliki kecepatan bagus sejak start perlahan meninggalkan Michael Rinaldi, Scott Redding, Toprak Razgatlioglu dan Tom Sykes.

Alvaro Bautista yang mengalami start buruk berhasil memperbaiki posisinya pasca mengovertake satu persatu rivalnya dan disaat balapan menyisakan 12 Laps lagi doi sudah berada diposisi keempat. Sementara itu Scott Redding yang berada diposisi ketiga berupaya keras mengejar Michael Rinaldi. Tidak lama kemudian Scott Redding berhasil mengovertake Rinaldi untuk tempat kedua.

Sepuluh lap tersisa, lima besar ditempati Jonathan Rea yang kini ngacirr tanpa lawan dengan gap lebih dari dua detik di ikuti Scott Redding, Michael Rinaldi, Alvaro Bautista dan Michael Van Der Mark. Tiga lap kedepan perebutan posisi ketiga kian menarik dimana Michael Rinaldi nampak kehabisan ban dan Chaz Davies yang kian menunjukkan kecepatannya di sepuluh lap akhir kini berada di belakang Rinaldi.

Battle terus berlangsung, dan ketika balapan tersisa 4 lap lagi Chaz Davies berhasil mengovertake Michael Rinaldi untuk posisi ketiga. Sementara itu Scott Redding mencoba mengejar Jonathan Rea yang nampak kesulitan di empat lap terakhir ini, kemudian tidak berlangsung lama Michael Van Der Mark ambil alih posisi empat Michael Rinaldi, satu lap berselang giliran Alvaro Bautista naik ke posisi lima milik Michael Rinaldi.

Last Lap, Jonathan Rea semakin tak terkejar Scott Redding membuntuti. Chaz Davies, Michael Van Der Mark dan Alvaro Bautista mengunci lima besar. Hingga bendera finish berkibar Jonathan Rea keluar sebagai pemenang diikuti Scott Redding, Chaz Davies, Michael Van Der Mark, Alvaro Bautista, Toprak Razgatlioglu, Michael Rinaldi, Garrett Gerloff, Alex Lowes dan Leon Haslam….(Cb for iwb)

Result of the Superbike World Championship, Barcelona, ??round 1

  1. Jonathan Rea Kawasaki 34: 34.245 min
  2. Scott Redding Ducati + 2.625 sec
  3. Chaz Davies Ducati + 4.459
    4th Michael van der Mark Yamaha + 6.078
  4. Alvaro Bautista Honda + 6.989
  5. Toprak Razgatlioglu Yamaha + 8.770
    7th Michael Rinaldi Ducati + 11.676
    8th. Garrett Gerloff Yamaha + 15.639
  6. Alex Lowes Kawasaki + 18.128
  7. Leon Haslam Honda + 22,344
  8. Eugene Laverty BMW + 22,460
    12th Jonas Folger Yamaha + 22.934
  9. Xavi Fores Kawasaki + 25,428
    14th Loris Baz Yamaha + 26.083
    15th Federico Caricasulo Yamaha + 31.880
  10. Samuele Cavalieri Ducati + 37.361
    17th Lorenzo Zanetti Ducati + 40.668
    18th Sylvain Barrier Ducati + 48.001
    19th Takumi Takahashi Honda + 55.793
    20th Valentin Debise Kawasaki > 1 min
    Out Tom Sykes BMW > 1 min