iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…siapapun setuju performa Joan Mir sedang luar biasa. Start dari posisi delapan….doi harus berjuang untuk maju kedepan mengejar grup top 3. Tentu bukan hal yang mudah apalagi doi sempat terganjal Jack Miller yang sulit disalip karena power Ducati memang superior. So…Mir harus mengandalkan cornering speed dari Suzuki. Hingga perjuangannya tersebut membuahkan hasil. Setelah Alex Rins kandas nggak bisa nyalip Vale, Mir secara cermat dan cerdas masuk dari dalam. Manuver last lapnya membuahkan hasil. Rossi melorot keempat dan Suzuki sodok podium 3. Dengan raihan tersebut ternyata Mir melontarkan minta maaf pada sang legendaris. Luar biasa neh bocah….

Perjuangan Joan Mir tidak mudah. Hal ini diakui Davide Brivio sebelum race bahwa Suzuki bakal mampu tampil bagus namun terkendala satu hal yakni posisi start. “ Kami optimis motor bekerja bagus. Tapi sayangnya kami harus memulai start dari grid tiga dan itu tidak mudah. Akan banyak waktu terbuang disana….” seru Brivio manajer Motogp Suzuki Ecstar. Dan ternyata apa yang dikatakan Brivio terbukti. Suzuki pelan dan pasti mampu menggedor didepan. Dari delapan…melesat hingga 5 besar. Sayang setelah Rins sukses overtake Jack Miller diposisi 4….Joan Mir tertahan cukup lama dan nyaris crash saat ingin melakukan hal yang sama…

Doi paham…dengan posisinya, Mir harus segera overtake Jack Miller karena Rossi dan Franco Morbidelli sudah 5 detik jauh didepan. Dan hebatnya….Mir mampu torehkan lap time dengan sangat konsisten. Hingga pada puncaknya Mir sudah dibelakang Rins yang cukup kesulitan menggedor pertahanan Valentino Rossi. Saat itu jarak Mir dengan Rossi hanya +0,4 detik dan Franco Morbidelli kisaran + 2,3 detik. Puncaknya setelah mampu menggeser Rins, Mir sukses attacking Vale dari dalam sehingga menguburkan keinginan Rossi sabet podium tiga di Misano…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup….Pembalap Suzuki Ecstar berusia 22 tahun, Joan Mir, mengamankan podium keduanya di Misano setelah finis kedua di Spielberg-1 musim ini di karir MotoGP-nya. Hebatnya pembalap Spanyol menunjukkan rasa hormatnya kepada Valentino Rossi dengan meminta maaf karena menyalip Rossi pada last lap…” Aku minta maaf pada Vale. Tapi itulah balapan. Aku kuat diakhir balapan. Valentino pantas naik podium, tapi kali ini tidak mungkin…” tukas Mir. Menurut Mir jalannya balapan tidak mudah karena posisi start yang kurang menguntungkan….

” Awalnya aku sedikit santai, dengan ban medium aku merasa takut namun aku mencoba untuk bersabar. Aku kehilangan beberapa posisi (selepas start), kemudian aku mendapatkan ritme balapku dan aku mulai mengovertake beberapa rider. Aku mengalami masalah dengan stabilitas dengan ban baru. Aku tidak bisa menggunakan ban sebagaimana mestinya. Namun saat ban sudah aus, aku justru semakin kencang. Aku kemudian melihat dashboard dan lap timeku bermain diangka 1:32detik.

” Aku mulai ingin attacking rider didepanku namun sudah kelelahan. Alex Rins kuat di awal. Tapi pada akhirnya aku lebih kuat darinya. Dia tidak bisa melewati Vale, aku tidak tahu kenapa. Sukses salip Rins, lalu ada Vale di depanku. Aku bisa menyusulnya dengan rapi. Aku juga mengimbangi waktu Bagnaia, aku melihat dia punya masalah di sektor terakhir. Apapun itu podium ini sangat terasa spesial bagiku. Semoga aku bisa berada podium di sepanjang tahun ini misalkan aku tidak mencetak kemenangan. Tetapi jika kami terus berada di level ini, kami yakin kemenangan akan segera datang…” tambah Mir. Poin Mir sekarang hanya terpaut 16 angka dari Dovi dan berada diposisi 4 dari sebelumnya 8….(Cb for iwb)

Hasil MotoGP, GP San Marino
1. Morbidelli, Yamaha, 27 lap dalam 42: 02,. 272 ​​(= 162,8 km / jam)
2. Bagnaia, Pramac Ducati, + 2.217 detik
3. Mir, Suzuki, + 2.290
4. Rossi, Yamaha, + 2.643
5. Rins, Suzuki, + 4.044
6. Viñales, Yamaha, + 5.383
7. Dovizioso, Ducati, + 10.358
8. Miller, Pramac Ducati, + 11.155
9. Nakagami, Honda, + 10.839 (mundur satu posisi)
10. Pol Espargaró, KTM, +12.030
11. Oliveira, KTM, + 12.376
12. Binder, KTM, + 12.405
13. Aleix Espargaró, Aprilia, + 15.142
14. Lecuona, KTM, + 19,914
15. Zarco, Ducati, + 20.152
16. Petrucci, Ducati, + 22.094
17. Alex Márquez, Honda, + 22.473
18. Bradl, Honda, +37.856

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!