iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…IWB sangat tertarik dengan ulasan artikel Speedweek tentang kondisi rumit Yamaha di Austria dan berpengaruh pada balapan selanjutnya. Menurut media Jerman, pabrikan garputala pada kondisi yang cukup sulit menghadapi masalah durability engine. Hal ini terbongkar dari data bahwa Yamaha lebih memilih menurunkan teriakan mesin untuk mencegah engine jebol. Nggak heran para pembalap mengeluh kurang top speed dan ini berdampak pada sulitnya para pembalap Yamaha bersaing didepan diajang balap Red Bull. Emang seperti apa sih kondisi sebenarnya ? intip artikel yang IWB terjemahkan dari speedweek dibawah ini…..

Seperti yang sampeyan tahu….Yamaha memulai musim 2020 dengan susunan pembalap terkuat sejak balap MotoGP pada tahun 2002. Bayangin saja cak….Rossi, Vinales dan Fabio Quartararo. Dilalah hasil awal memang luar biasa. Yamaha memulai musim dengan cemerlang tidak seperti sebelumnya. Di Jerez, Fabio Quartararo torehkan waktu terbaik di kualifikasi. Dia memenangkan dua kemenangan mutlak. Di Jerez GP kedua, Yamaha sukses babat dua podium saat Rossi finis ketiga. Yup….Yamaha tampaknya melakukan tugasnya dengan sempurna lewat absennya Marc Marquez yang cedera……

Target Yamaha jelas yakni sabet gelar MotoGP sejak terakhir di 2015 lewat Jorge Lorenzo yang unggul tipis ketika duel dengan Valentino Rossi. Tapi hasrat tersebut mulai terancam. Tiga mesin meleduk saat di Jerez dialami Rossi (race 1), Morbidelli (race 2) dan Vinales (FP3 di Jerez-2). Saat itu tim bergerak cepat menyelidiki hal yang tidak wajar tersebut. Yamaha segera mengidentifikasi dan menemukan adanya cacat atau defect pada valve M1. Yamaha segera meminta izin pada MSMA dan aliansi pabrikan untuk membuka mesin yang belum rusak dan menukar dengan valve baru. Namun tentu tidak sesimpel itu….

iklan iwb

Alasan keamanan dipertanyakan para tim. Pabrikan lain ingin memastikan bahwa valve atau katup baru tidak akan berkontribusi pada performa karena jika iya berarti sudah menyalahi aturan. Apalagi seperti yang sudah disepakati, pengembangan mesin sudah dibekukan sejak Maret 2020 dan berlaku hingga akhir musim. Pada rentang waktu tersebut mesin yang sudah tersegel tidak boleh dibuka. Dan keputusan Yamaha adalah…mereka tidak mau memberikan bukti karena membedah engine berarti membeberkan racikan rahasia mesin mereka kepada lawan. Dan pada akhir cerita.. dikabarkan Yamaha mengklaim problem engine sudah terselesaikan dengan setingan baru. Tapi benarkah demikian ?

Seperti dilansir Speedweek faktanya top speed Yamaha sengaja dikurangi dengan menurunkan lengkingan engine hingga 500 rpm untuk memperpanjang umur pakai mesin. Kecurigaan ini diperkuat oleh data top speed tertinggi yang tertinggal jauh baik di Brno ataupun Spielberg. Prediksi ini juga diperkuat dari performa grafik seluruh rider Yamaha yang menurun terlampir dibawah….

Jerez-1: 56 poin untuk Yamaha
Jerez-2: 61 poin untuk Yamaha
Brno: 42 poin untuk Yamaha
Spielberg-1: 25 poin untuk Yamaha
Spielberg-2: 11 poin untuk Yamaha

Quartararo hanya berhasil menempati posisi ke-7, 8 dan ke-13 dalam tiga balapan terakhir. Vi?ales menempati posisi ke-14 dan kesepuluh, kemudian mengalami kegagalan braking dan nol poin para race dua Red Bull. Untungnya engine Vinales yang terbakar berhasil diselamatkan Yamaha dan tidak keluar dari alokasi. Konfirmasi ini dilayangkan Managing Director Yamaha Motogp Lin Jarvis….

Namun, situasi di Yamaha cukup rumit sebab kini Quartararo sudah menggunakan mesin kelimanya. Ini berarti Quartartaro tidak lagi memiliki mesin fresh di sembilan seri terakhir. Dilemanya…jika tim kekeuh menambah satu mesin dari 5 yang sudah dijatah maka pembalap harus start dari pit lane (5 detik setelah lampu hijau) dan tentu ini bukanlah cara terbaik jika ingin membidik titel juara dunia. Byuhh mumet. Kita lihat saja iktiar Yamaha untuk menjadi juara dunia Motogp 2020……(iwb)

105 COMMENTS

    • Seri ke 5 sudah buka mesin ke 5…ya fix tahun ini ada 14 seri berati untuk bisa berpartisipasi dalam motogp 2020 yamaha perlu 14 mesin. 1 mesin 1 seri… wkwk..kualitas mesin yamaha masih di bawah mesin konsesi penuh 7 mesin per tahun 2020 ini..berati lebih buruk dr aprilia…semakin fi depan apa masih berarti?

      • Nanti paruh ke 2 musim semua pada buka segel mesin baru ,

        Khusus buat ymh balapan pake mesin bekas yang siap MELEDUK ??

  1. ekekekekek

    masih menjadi misteri ??? hingga Sampai seri Misano

    Sebesar dan seberat apa Jendela yg dibuka Mak Makues…

    Hnd SuRRRamm

    Muehehehehhe

  2. ekekekek

    Masih menjadi misteri ???

    S.BerKedel pakai motor RontoC213V Mak Makues tapi kug Finish Paling Buncit ….

    mueheheheheh

  3. ?Kami melihat foto Marquez dengan gips yang menutupi lengan kanannya hingga jari tangannya. Foto itu memberi tahu kita banyak hal; jika operasi ulang itu normal, plester itu tidak harus (turun) sampai sejauh itu, paling banyak sampai ke siku atau sedikit lebih rendah,? ujar Dr. Ruiz kepada MotoRaceNation, seperti dimuat Tuttomotoriweb, Senin 7 September 2020.

    • Marquez akan kesulitan memulihkan sikunya. Dan bahkan jika mereka mengizinkannya untuk menguji prototipe 2021 sebelum akhir musim, yang mungkin, saya pikir dia harus menolak, agar punya waktu untuk mencapai kesembuhan total.?

      ?Jika ada sendi penting bagi pembalap motor, itu adalah siku, karena semua kekuatan yang dibutuhkan untuk membawa motor harus melalui siku,? kata dia.

      • Namun, alih-alih istirahat, The Baby Alien mencoba untuk kembali lebih cepat.

        Marquez pada akhirnya mengurungkan niat setelah merasa tidak nyaman dengan lengannya.

        Berusaha memulihkan fisiknya, Marquez mendapat musibah tambahan setelah mengalami insiden di rumahnya sendiri.

      • Hnd gak juara musim ini dan Marc gak turun pun gak apa2 , selama kita melihat bertambahnya ke Z0nk an ymh ??

      • Setelah melihat ymh pada Rontok rontok menghabiskan semua mesin2 nya….Marc mengurungkan niat untuk turun esok , semua dia serahkan pada rider2 Hnd yang ada ??

    • Awalnya jauh meninggalkan hnd , eeeh 3 seri cuma ngumpulin 8 point saja . Akhirnya tetanggaan sama hnd ?

    • Udah d kasih 2x race tetap aja yamama d belakang KTM dan aprilia
      Tetap aja Y bossokk..
      Rebutan ampas..
      ?????????

    • Putaran mesin lah rpm ituh and itu refers to topspeed. Guwo belogg dipiara? Kambing noh dipiara

  4. ekekekek

    Fakta terbaru Di seri Austria

    Hnd Back To Back Finish Papan Bawah

    Akan dicatat di museum Rekord MbingHa

    mueheheheheh

  5. Kesalahan yamaha adalah tidak menurunkan rpm saat cuaca panas di jerez sprti team lain. Sehingga yamaha habiskan buka mesinnya. Coba kalau tidak,pasti race berikutnya gak perlu nurunin rpm sampe 500.

  6. Dari dulu yamaha terlalu fokus di sasis dan memenangkan balapan2 juga karena keunggulan sasis,

    jadi mesinnya malah tertinggal dan jadi paling inferior.

  7. Para kirik melengking keras
    Jingkrak2 prematur
    Tiba2 lengkingannya loyo
    Turun 500 rpm

    Kakakka

    ????

  8. Di wsbk aja cbr produk massal brani limiter tinggi.. ini malah di turunin… kualitas berbicara… ??
    Kira2 th 2021 oprex regulasi gak lek?

    • Sapa yg diuntungkan dengan ketiadaan mm93 di MotoGP 2020 ???
      Jawab akurat : Dia laaagh yang membuat mm93 kresssss…………. Dia juga yang bikin doohan kressss n pensiun…… Tuhan kaaagh??? Dirinya sendiri kaaagh??? Motornya kaaagh??? Sirkuit dan aspal kaaagh??? Stewards kaaagh??? Bendera atau iklan iklan di sepanjang sirkuit kaaagh???

  9. Harusnya musim 2020 motogp ditutup.saja. n juaranya yg punya nilai tertinggi saat ini. Covid msh merajalela.

  10. Yamaha harus secara terbuka minta maaf kepada 3 pembalapnya yg menggunakan mesin 2020. Dan untk menebus itu, harusnya yamaha perpanjang kontrak 3 pembalap itu setahun lg, dan berikan yg terbaik untk pembalapnya.

  11. Yamaha M1 (mleduk one by one) melewati ladang gandum, tiba? dhuarrrr…….jadilah kokokranch. Hikhikhiks. Ngondah, trophinya udah banyak. Tahun ini silakan berebut thropy.

    • Jika tropy masih diembat hnd musim ini , alangkah tiada bergunanya ymh dengan semangat 45 sampe meleduk meleduk ?

  12. sebetulnya ini adalah momentum yang tepat untuk meraih juara dunia kembali dengan absennya marquez, kapan lagi ? tapi istilah “segalanya bisa terjadi” memang bener2 terjadi.
    harapan fby = marquez cedera.
    harapan fbh = yamaha trobel.
    segalanya bisa terjadi

  13. Saya bingung dengan kasus ini, okelah part dibuat oleh vendor yang bekerja sama, tapi kan bisa request material dan ketahanan buat digeber berapa rpm, kalo kasusnya cuman di 1 mesin kan ada indikasi los quality control, tapi ini berjamaah, apakah seiring ditingkatkannya beberapa part valvenya masih pake bahan tahun? kemarin???
    Atau kalau valvenya bikin sendiri pake material yang ga terlallu mahal??

  14. Motor rada liar karena over power seperti Honda Dan Ducati mah.. wajar saja.
    Lha kalau motor underpower… lemot bak siput tp tetap nyeleng.. itu mah anehhh.
    Sdh lemot, ehhh.. susah disetir pula.
    Amsyonggg ?

Comments are closed.