iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk……mantap bener cak update dari sirkuit Mandalika Lombok. Setelah sekian lama kita terombang-ambing dengan banyak janji dan isu mulai dari Jakabaring Sumatera hingga Sentul, namun Sirkuit Motogp Mandalika Lombok inilah yang IWB lihat sangat serius. Diam-diam IWB memantau terus perkembangan pembangunan sirkuit Motogp yang direncakan sepanjang 4,31 km tersebut. Dan ternyata pengaspalan sudah mulai dilakukan dan tercatat perbulan September ini ITDC selaku pengelola kawasan Mandalika berjuang keras dengan update sebagai berikut….

Sirkuit Mandalika Motogp terus bergulir cak. Dari video yang dishare cak Agus Hariyanto dan cak Ilham, terlihat betul progress yang dilakukan oleh ITDC yang berjuang keras mengebut pembuatan sirkuit yang total luasnya mencapai 2.5 hektar. Maklum cak…..project ini bukan project kecil. Biaya yang dibutuhkan juga sangat besar mengingat balap Motogp membutuhkan special asphalt yang tidak sembarangan agar sesuai dengan standart safety FIM. Nggak heran ITDC sampai menggandeng Konsultan yang membantu pembangunan Sirkuit Mandalika, yaitu MRK-1 Consulting dan Road Grip yang menghadirkan Asphalt Specialist….

Pertemuan tersebut diikuti oleh Direktur Konstruksi dan Operasi dan jajaran ITDC, Manajemen MGPA, Tim Waskita Karya dan WIKA yang bertanggungjawab dalam pengerjaan pengaspalan. Kuwi bulan Januari 2020. Nah piye perkembangan sekarang ? jika mengacu dari beberapa informasi bisa dipastikan pengaspalan terus dilakukan sejak Januari dan targetnya selesai akhir 2020. Sekarang pengaspalan dasar atau perkerasan berbutir atau boso enaknya pondasi sudah diuji coba. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kadar air lapisan bawah sebelum dilapisi aspal permanen diatasnya yang mencapai 3 layer. Bahkan tikungan 7-8 terlihat sudah sangat matang. Jika diperhatikan emang sudah sangat serius cak…alat-alat berat terus lalu lalung keluar masuk area. Dan yang menarik perhatian adalah hadirnya tunel atau terowongan dibawah lintasan straight Sirkuit Motogp Mandalika Lombok…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup….konsep Sirkuit Motogp Mandalika Lombok mirip dengan Sepang dimana ketika kita masuk ke tribun samping harus melewati terowongan bawah tanah. Jadi kita nanti melewati trek lurus dibawahnya. Untuk membuat terowongan ini ITDC harus menggali tanah sedalam 7 meter dengan panjang diperkirakan 500-600 meter. Waaahh lumayan panjang dong kalau benerrrr. Terowongan ini sekarang sudah masuk tahap pemasangan besi pondasi yang nantinya dicor dengan beton permanen. Kabar gembiranya lagi, kasus tanah yang sempat menjerat Sirkuit Motogp Mandalika Lombok sudah clear. Bahkan pengembang Mandalika berencana merelokasi para warga yang tidak memiliki bukti kepemilikan tanah dengan lahan yang lain. Berikut pernyataan mereka….

” Salah satu tikungan di Mandalika Sirkuit….”

Sebagai bagian dari pengembangan The Mandalika, kami bekerja sama dengan Pemkab Lombok Tengah untuk menyiapkan hunian relokasi sementara seluas 2,5 ha bagi warga yang tidak memiliki bukti kepemilikan tanah yang sah di The Mandalika. Lahan seluas 2,5 ha ini berada di HPL 94 milik ITDC di Desa Mertak, Lombok Tengah. Bersifat pinjam pakai atas dasar surat Bupati Lombok Tengah kepada ITDC, lahan ini dipersiapkan bagi 121 KK yang selama ini menempati Jalan Khusus Kawasan (JKK) tanpa bukti kepemilikan tanah yang sah, sesuai dengan hasil verifikasi Tim Tanah FORKOPIMDA yang dibentuk berdasarkan SK Gubernur NTB.

Tak hanya meminjamkan lahan, kami juga sedang menyiapkan infrastruktur dasar berupa sumur, jalan akses, listrik, PJU, toilet, tempat sampah, drainase, sanitasi, kandang komunal, dan fasilitas umum lainnya untuk menjamin kelayakan dan kesiapan penggunaan lahan ini sebagai tempat tinggal masyarakat yang direlokasi. Pembangunan infrastruktur dasar yang adalah bagian dari program MUTIP-AIIB ditargetkan akan rampung pada pertengahan September 2020.

” Jalan penghubung sirkuit….”

JKK sendiri merupakan jalan penghubung antar lokasi dalam The Mandalika, yang juga bisa difungsikan untuk berbagai kegiatan termasuk #IndonesianGP 2021, dan berbagai event sport berskala internasional. Dari 121 KK yang telah menyetujui relokasi, 85 KK telah pindah dari lokasi semula, yang mana 61 KK telah membuat kavling di HPL 94 dan 24 KK memiliki tempat tinggal di tempat lain. Seluruh warga yang direlokasi akan ditempatkan di hunian tetap seluas 2 ha di Dusun Ngolang, Desa Kuta, Lombok Tengah, yang pembangunan secara permanennya sedang disiapkan oleh Pemkab Lombok Tengah dengan dibantu oleh Kementerian PUPR melalui Satuan Non Vertikal Pemukiman NTB untuk pembangunan hunian pariwisata permanen.

Kami berterima kasih atas dukungan dan kesadaran warga yang telah sukarela menempati lahan untuk menghormati hukum yang berlaku. Tekad kami untuk mempercepat proses pembangunan The Mandalika terus kami jalankan agar kesejahteraan bagi masyarakat bisa terus meningkat, dengan membawa multiplier effect yang besar bagi perekonomian NTB..” serunya..

Last….Sirkuit Motogp Mandalika Lombok rencananya akan dibangun sepanjang 4,31 km dengan total 17 tikungan Posisi yang strategis karena pas dipinggir pantai pasti akan memberikan pemandangan yang luar biasa indah. Walau tidak mudah karena pengembang bekerja keras agar target Motogp 2021 bisa terpenuhi. So…mari kita pantau dan support yang dikatakan sudah memasuki level 60% project kelar. Sirkuit Motogp Mandalika Lombok ? intip beberapa gambarnya dibawah ini….semangat Indonesiaaa !!! (iwb)

” Lintasan lurus……”

 

 

” Terowongan penghubung akses luar ketribun. Terowongan ini sepanjang 500-600 meter dengan kedalaman 7 meter dibawah trek lurus….”

” Tikungan 7-8…”

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!