iklan iwb
” Diundang ke markas Tara Kusuma Helm (KYT)….”

Iwanbanaran.com – Cakkk…….wong urip ki emang unik dan beragam. Ada yang asyik, ada yang lucu namun juga ada yang “nggapleki”. Semua harus kita jalani dengan rasa syukur…iklas dan yang pasti menikmati tanpa boleh mengeluh. Seperti kiprah IWB didunia Blogsphere. Blog yang sudah IWB dirikan sejak 2009….artinya umur Blog wis tuwo tenan. Ibarat manusia….dari bayi sudah bisa lari kesana kemari menjadi bocah. Kan luar biasa. Nggak heran banyak yang bertanya…opo sih kunci sukses IWB menjadi Blogger dan apa suka dukanya? sukanya buanyakkk tapi dukanyaaaa? percaya nggak IWB pernah dianggap melihara tuyul. Amit-amittttt…..

IWB tidak merasa sebagai Blogger sukses….judule biasa wae. Tapi alhamdulillah banyak teman-teman yang mengganggap demikian, berarti kudu disyukuri cak. Tenan lek kuwi…IWB bersyukur karena tidak menyangka garis urip IWB diseret menjadi penulis dan juga youtuber hingga sekarang. Walau umur nggak lagi belia kayak sampeyan-sampeyan tapi percayalah….jiwanya nggak berubah cak. Tetap muda kieee. Seperti kata Rossi, usia hanya angka. Tapi yang terpenting adalah spirit…benerrr horaaaa….

” Awal ngeblog masih kerja di Hotel and Tourism…..”

Diawal ngeblog, bisa dibilang merupakan pengalaman luar biasa karena semua bermula dari hobby. Seneng ama motor sudah sering IWB sebut diartikel lawas namun sepertinya banyak followers baru yang mungkin terlewatkan. Makanya sedikit IWB refresh lagi biar new visitor paham dengan kisah dan history IWB. Jadi Blogger ki banyak senengnya cak. Tapi ada juga yang pahit tapi bikin ketawa. Yang pahit dulu ketika ibu cerita banyak tetangga kasak-kusuk….koq bapaknya Afa (sebutan IWB dipanggil dengan anak sulung) motornya ganti-ganti? kerjanya apa sih ? apa makelar motor ?? kok A…kok B….kok C….wissss macem-macem. Dan yang paling IWB bikin ngekek selentingan IWB dicurigai ngepet alias melihara tuyul. Amit-amit jabang bajul. Kenapa demikian ?

iklan iwb

Karena motor gonti-ganti. Dari moge sampai motor kecil. Mereka nggak paham bahwa motor yang nongkrong di rumah IWB adalah motor tes ride. Celakanya cak…diteranginpun nggak ngerti. Maklum ditahun itu Blog atau internet belum terlalu sebooming sekarang. Sampe dower diterangin perkara Blogger juga nggak paham. Akhirnya IWB putuskan diemin aja hingga seiring waktu berjalan mereka mengerti dengan sendirinya. Pada akhirnya mereka malah memberikan apresiasi…” wah luar biasa yo bapaknya Afa….ternyata orang terkenal..” celetuk mereka. Ungkapan yang harus IWB syukuri walau IWB tidak merasa demikian…

” Sambutan luar biasa dari para teman-teman bikers dan komunitas di Jawa tengah….”

Yup…terkenal dan materi hanyalah bonus ketika hobby kita tersalurkan. IWB sendiri tidak menyangka masih eksis hingga sekarang dengan visitor yang termasuk sangat stabil untuk ukuran Blog. Makane cak…IWB haturkan maturnuwun yang luar biasa pada sampeyan semua yang sudah setia mengunjungi warung Iwanbanaran. Sebab tanpa sampeyan….Blog ini pasti akan meredup. Alhamdulillah yang IWB rasakan malah sebaliknya. Termasuk Youtube. Baru mencoba mengelola Youtube sedikit serius setahun belakangan karena mengikuti tren, respon sampeyan cicak bin kadal juozz tenan. Jebule “lambe medok blester Jowo” nggak membuat sampeyan anti pati. Lha dilalah malah nempel kayak perangko, juozz gandozz tenan ancene sampeyan pakdeeee….

Sebenarnya semua bisa menjadi kayak IWB. Blogger yang pada akhirnya akan difollow banyak orang. Otomatis kalau sudah demikian materi akan mengikuti cak…jadi ora usah mikir duit sik. Lhaa sampeyan kebalik, ngeblog judule cari uang…amsyong kalo kayak gitu. Pesan singkat IWB….untuk menjadi Blogger besar, sampeyan harus konsisten….menulis dengan hati…iklas, tulus dan senang. Jangan pernah merasa paling pinter dengan mengkoreksi tulisan Blogger lain lewat artikel yang juga belum tentu benar…itu juga penting untuk Blogger kecil yang ingin berkembang. Cara yang salah sebab follower akan mengerutkan dahi, kok gini ya? apa lagi menjatuhkan, selesai sudah. Dijamin Blog yang sampeyan rintis akan menjadi “kuburan”…sepi puolll cak. Lhoo koq iso ?

” Podcast dengan Honda community di gubuk IWB….”

Karena Blogger juga dianggap role model. Kepribadian baik pasti disukai followers. Blogger tengil pasti akan ditinggalkan. Lhooo apakah dengan mengoreksi bisa dibilang tengil? bisa iya bisa tidak. Pembaca kan pinter cak….mereka bisa merasakan tiap gelintir kalimat tersebut murni mengoreksi atau mencari sensasi. Tiap getaran kalimat (jangkrikk bosone keren tenan wkwkwk) tersebut mengandung unsur ” haters” atau memang tulus mengoreksi, sampeyan bisa merasakan. Dan yang terpenting lagi…junjung tinggi netralitas karena warung kita sebagai bahan rujukan. Seneng dengan sebuah merk tidak masalah tapi hindari kerjasama yang memasung gerak netral sampeyan. Lhooo emange ada yang kayak gitu?

Waahhh…ono cak. Tersirat namun tidak tersurat. IWB sendiri pernah mengalami….X sebut saja demikian, terang-terangan mengajak kerjasama memasang banner di warung Iwanbanaran tapi mereka minta tidak mau ada banner pabrikan lain dipasang di Iwanbanaran. Byuhhh strategi macam apa itu. Yahhh….dengan pejabat berbeda tentu punya kebijakan berbeda, IWB maklum. Tapi ini sih wis ekstrim. Jelas IWB sontak menolak mentah-mentah permintaan tersebut. Mau dibayar milyaran juga ogah. Mending warung bersih tapi tulisan bebas. Kenapa ? karena jika itu terjadi percayalah, intervensi akan dilakukan….

” Review aksesories motor bersama Bukalapak…”

Mereka pasti akan jumawa sebab merasa menjadi sponsor tunggal dan ujung-ujungnya…warung sampeyan selesai. Lhaa piye, identik dengan satu merk. Terus buat apa dibaca? sejarah membuktikan warung yang kental dengan brand tertentu dengan sangat dominan akan tamat dan ditinggalkan. Padahal Value atau nilai Blog kita adalah visitor. Itu beberapa hal yang IWB anggap sangat penting supaya sampeyan paham bagaimana mengelola Blog dengan benar dan tetap berkibar……

Pilihlah nama domain yang menarik dan mudah diingat. Kemudian cari ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan lainnya. Tidak lupa update isinya dengan hal menarik, berguna dan sesekali banyolan lucu juga penting. Termasuk cerita pribadi sampeyan karena menurut IWB Blog seperti diary, jangan sungkan tuangkan sesuatu…kisah urip sampeyan yang bisa menginspirasi para followers. Jangan melulu bahas busi cak…suwe-suwe yo bosen…

Kemudian dan yang terpenting lagi ambil positif dengan kehadiran haters. Sebab siapun orangnya ketika mencapai titik terbaik, haters pasti hadir mengiringi jalan kita. Jangan emosi musuh mereka, justru doakan supaya hidupnya sebaik sampeyan. Kenapa demikian ? simpel cak….kebencian yang hadir dihati haters karena faktor ketidak mampuan dan kekurangan. Nanti kalau hidupnya wis seimbang rasa benci tersebut harusnya hilang….logis to hehehe. Lhaaa kalau masih benci? berarti kalah ganteng ama sampeyan….wiss ngono wae cak, simpel to wkwkwk. So….ingin jadi Blogger wahid ? sampeyan juga bisa…..monggo dicoba, gazzz…..(iwb)

” Sambutan luar biasa ketika bersama para Bloggers Jateng….”

 

 

73 COMMENTS

  1. Koq yamamah yg mau intervensi? Bukannya sampeyan yg mengkritik tajam motor yamamah 125cc body kuntet sebut saja Xeo & aer125 harus bisa bikin motor bongsor layaknya enemagx dan dari kritik sampeyan lahirlah aer155 & leksri

  2. Joshhhh gandoosshhh cak..mainkan terus blog ini
    ..ga usah pedulikan blog sponsor tunggal efbenyek yg sdh gw tinggalkan dari 2017 ??????

  3. salut lek webe
    walau ane FBY situ FBH
    tetep joss gandoss motifasinya

    jangan lupa kalo kambingnya
    udah banyak dipotong saja buat sedekah

    ??

  4. Mana yang bener ??
    .
    CBR250RR yang bermasalah yakni unit produksi mulai tanggal 22 Maret 2017, hingga 18 Juni 2020.
    .Dari tulisan te em che belog)
    .
    CBR250RR yang bermasalah yakni unit produksi mulai tanggal 22 Maret 2017, hingga 18 Juni 2019.
    .Dari tulisan belog gandos

  5. Sing penting ojo lali solat, sedekah, dan sholawat cak. Sy jg pernah dikira ngepet karena setahun bisa 2-3 kali ganti motor karena nggak keliatan kyk orang kerja pada umumnya

  6. Biasa cak. Karakter orang kita begitu. Nyerocos duluan tanpa chcek dan recheck. BTW, keep posting cak..

  7. Mungkin bukan pelihara tuyul kang. Tp tuyulnya yg dateng. Spt darmo, thailancung. Gak ad fby, warung ini gak rame.
    Tp klo buat dibaca, warung ini enak dibaca.
    Abis tu warungny wak haji taufik. Trs mang kobay.
    Klo k lek aripispot biasa nyari berita tabrakan. Tp klo untuk bacaan, kurang panjang.
    Terakhir kadang iseng k warung om triatmono, cman kurang enak bahasanya. Sazaaa sazaa opo cuk…cuk.
    Klo dlu reviu pemakaian motor sport gt ke warung leopold, tp skrg kalah sm yutub udh jelas d jalan. Riil.

  8. Tulisan mu pancen apik lek, tapi kolom komentar mu seng ngilani jare ape di dandani wes tekan endi proses e?

  9. Haters kuwi ibarate garam cak, masio bumbune lengkap tapi kalo gak ada garam yoo hambar toh.. apalagi usia.Blog’e sampean wes beranjak dewasa.. pasti ada aja duri2 yang nusuk.. mesti kudu lihai supoyo gak kena duri.. review tetap pada tujuan awal cak.. tajam menusuk sampe kepada intinya inti.. ehehehe..

  10. Baper
    Baper
    Suka ngritik tapi gak mau dikritk
    Dihidup ini pasti ada yg pro dan kontra
    Saat dirimu condong ke sebelah pasti ada lawan
    Kalau kamu ada ditengah pasti ada yg berusaha menarik dg segala rayuan
    Tapi yo terserah kamu ada disisi mana dan aku ada disisi mana
    Ekkkkkkk
    Semua tentang pilihan

    • Croot cuuhh cuuhh..masih sukur aer kembang..kalo di guyur comberan se ember sama IWB si SADAR makin kesurupan..dari 1 Jin bisa masuk 500 jin..???????

    • Berarti lakon sadar itu berhasil
      Ekkkkk
      Semua belum tahu kan
      Sadar itu sales,
      Fby
      Atau malah fansnya iwb yg pingin iwb jalan seperti awalnya
      Ekkkkkkkk

    • Berarti lakon sadar berhasil
      Semua gak tahu kan sadar itu siapa
      Mungkin seorang sales
      Mungkin seorang fby
      Atau justru fansnya ngi we be yg pengen dia seperti dulu
      Enak dibaca gak ada tendensi
      Ekkkkkkkk

      • Sampe sekarang enak di baca vlog iwb…dan ga tendensius..masalahnya ketika haters ato salea sebrang ngeliat iwb byk dpet undangan hajatan pabrik anu..cara pandang hater ga bakal objective…pasti subjective..lalu berubah jadi benci tapi rindu..?????

  11. Matur nuwun kang IWB, selalu konsisten memberikan hiburan dan panduan, dari memilih sampe merawat motor. Pas lg ga sempet nyimak MotoGP pun dikasih rangkumannya, moga sukses dan konsisten terus kang.

  12. Lha piye… “Tuyul” punya e lek IWB lak si Ibam..
    sudah pasti anak membawa rejeki
    semoga tambah barokah ya lek aamiin

  13. Mantab bener cak, ilmu yg sangat bermanfaat.. Ngikutin cak iwb dari tahun 2012 (awalnya cari2 referensi tentang motor, ketemu blog wak haji dulu baru cak iwb,.. Dari situ hampir tiap hari sampai sekarang, mampir warunge sampean wis koyok jam mangan ae cak, sedino ping 3 kadang lebih. Sempet kepengen juga bikin blog di 2013, tapi sampai sekarang blm pernah nulis.. Sukses terus & semoga makin berkembang cak!!!

    • Suwun cak, pokoke sungkem buat para followers setia yang masih loyal dengan IWB, juozz gandozzz sampeyan

  14. Ilmu dari IWB :

    Jangan emosi musuh mereka, justru doakan supaya hidupnya sebaik sampeyan. Kenapa demikian ? simpel cak?.kebencian yang hadir dihati haters karena faktor ketidak mampuan dan kekurangan. Nanti kalau hidupnya wis seimbang rasa benci tersebut harusnya hilang?.

  15. Owhhh.. berarti si X itu mmg gak siap bersaing sehat yaaa…
    Dan fensboynya tetap ngeyel sperti sembahannya yg kampungan ?

  16. ” IWB sendiri pernah mengalami?.X sebut saja demikian, terang-terangan mengajak kerjasama memasang banner di warung Iwanbanaran tapi mereka minta tidak mau ada banner pabrikan lain dipasang di Iwanbanaran. ”

    Gue pernah diceritain soal ini sama IWB di salah satu pameran nih. Pabrikan dengan abjad setelah ‘X’. Jiahahahahahaaa…

  17. Semakin tinggi pohon semakin besar juga angin yg menerjang..

    Tetap semangat cak Iwan, biarlah para2 Fansboy fanatik gila tsb menyerang mu, namun kamu ttp Netral sbg Riviewer motor

  18. mulai baca2 blog motor sejak 2010, dan blog ini emang mantab banget info2 terawangannya, yang kalo ga salah dulu hasil wawancara colongan ke petinggi AHM yang mampir ke hotel tempat om IWB kerja.

    yang pasti sih, kata2 “usaha ga membohongi hasil”, bener2 jelas terbukti.

    dulu saya rajin baca 4 blog, TMCblog, mbah sattar, IWB, dan triatmono.
    sekarang yang masih cuma TMC & blog ini, plus nambah baca blog nya mang kobay.
    koz mbah sattar jadi artis, triatmono entahlah kemana . . . mungkin masih sandiwara sama pabrikan sebelah yang katanya pake strategi sandiwara.

  19. joozzz lek, polower sejak jaman pean numpak byson biru.
    jaman e pak eko prabowo

    nak butuh pegawai tambahan siap lek, lagi nganggur iki. wkwkwk

  20. Saya juga gk nyangka lek udah 7th jadi pembaca setia blog sampean.sejak kisaran 2013 waktu masih nguli di korsel sampai sekarang.walopun gk bisa baca tiap hari gara2 rebutan sama anak hehe.tp alhamdllh masih sering mampir diwarunge sampean…

Comments are closed.