iklan iwb
iklan iwb
” Diundang ke markas Tara Kusuma Helm (KYT)….”

Iwanbanaran.com – Cakkk…….wong urip ki emang unik dan beragam. Ada yang asyik, ada yang lucu namun juga ada yang “nggapleki”. Semua harus kita jalani dengan rasa syukur…iklas dan yang pasti menikmati tanpa boleh mengeluh. Seperti kiprah IWB didunia Blogsphere. Blog yang sudah IWB dirikan sejak 2009….artinya umur Blog wis tuwo tenan. Ibarat manusia….dari bayi sudah bisa lari kesana kemari menjadi bocah. Kan luar biasa. Nggak heran banyak yang bertanya…opo sih kunci sukses IWB menjadi Blogger dan apa suka dukanya? sukanya buanyakkk tapi dukanyaaaa? percaya nggak IWB pernah dianggap melihara tuyul. Amit-amittttt…..

IWB tidak merasa sebagai Blogger sukses….judule biasa wae. Tapi alhamdulillah banyak teman-teman yang mengganggap demikian, berarti kudu disyukuri cak. Tenan lek kuwi…IWB bersyukur karena tidak menyangka garis urip IWB diseret menjadi penulis dan juga youtuber hingga sekarang. Walau umur nggak lagi belia kayak sampeyan-sampeyan tapi percayalah….jiwanya nggak berubah cak. Tetap muda kieee. Seperti kata Rossi, usia hanya angka. Tapi yang terpenting adalah spirit…benerrr horaaaa….

” Awal ngeblog masih kerja di Hotel and Tourism…..”

Diawal ngeblog, bisa dibilang merupakan pengalaman luar biasa karena semua bermula dari hobby. Seneng ama motor sudah sering IWB sebut diartikel lawas namun sepertinya banyak followers baru yang mungkin terlewatkan. Makanya sedikit IWB refresh lagi biar new visitor paham dengan kisah dan history IWB. Jadi Blogger ki banyak senengnya cak. Tapi ada juga yang pahit tapi bikin ketawa. Yang pahit dulu ketika ibu cerita banyak tetangga kasak-kusuk….koq bapaknya Afa (sebutan IWB dipanggil dengan anak sulung) motornya ganti-ganti? kerjanya apa sih ? apa makelar motor ?? kok A…kok B….kok C….wissss macem-macem. Dan yang paling IWB bikin ngekek selentingan IWB dicurigai ngepet alias melihara tuyul. Amit-amit jabang bajul. Kenapa demikian ?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Karena motor gonti-ganti. Dari moge sampai motor kecil. Mereka nggak paham bahwa motor yang nongkrong di rumah IWB adalah motor tes ride. Celakanya cak…diteranginpun nggak ngerti. Maklum ditahun itu Blog atau internet belum terlalu sebooming sekarang. Sampe dower diterangin perkara Blogger juga nggak paham. Akhirnya IWB putuskan diemin aja hingga seiring waktu berjalan mereka mengerti dengan sendirinya. Pada akhirnya mereka malah memberikan apresiasi…” wah luar biasa yo bapaknya Afa….ternyata orang terkenal..” celetuk mereka. Ungkapan yang harus IWB syukuri walau IWB tidak merasa demikian…

” Sambutan luar biasa dari para teman-teman bikers dan komunitas di Jawa tengah….”

Yup…terkenal dan materi hanyalah bonus ketika hobby kita tersalurkan. IWB sendiri tidak menyangka masih eksis hingga sekarang dengan visitor yang termasuk sangat stabil untuk ukuran Blog. Makane cak…IWB haturkan maturnuwun yang luar biasa pada sampeyan semua yang sudah setia mengunjungi warung Iwanbanaran. Sebab tanpa sampeyan….Blog ini pasti akan meredup. Alhamdulillah yang IWB rasakan malah sebaliknya. Termasuk Youtube. Baru mencoba mengelola Youtube sedikit serius setahun belakangan karena mengikuti tren, respon sampeyan cicak bin kadal juozz tenan. Jebule “lambe medok blester Jowo” nggak membuat sampeyan anti pati. Lha dilalah malah nempel kayak perangko, juozz gandozz tenan ancene sampeyan pakdeeee….

Sebenarnya semua bisa menjadi kayak IWB. Blogger yang pada akhirnya akan difollow banyak orang. Otomatis kalau sudah demikian materi akan mengikuti cak…jadi ora usah mikir duit sik. Lhaa sampeyan kebalik, ngeblog judule cari uang…amsyong kalo kayak gitu. Pesan singkat IWB….untuk menjadi Blogger besar, sampeyan harus konsisten….menulis dengan hati…iklas, tulus dan senang. Jangan pernah merasa paling pinter dengan mengkoreksi tulisan Blogger lain lewat artikel yang juga belum tentu benar…itu juga penting untuk Blogger kecil yang ingin berkembang. Cara yang salah sebab follower akan mengerutkan dahi, kok gini ya? apa lagi menjatuhkan, selesai sudah. Dijamin Blog yang sampeyan rintis akan menjadi “kuburan”…sepi puolll cak. Lhoo koq iso ?

” Podcast dengan Honda community di gubuk IWB….”

Karena Blogger juga dianggap role model. Kepribadian baik pasti disukai followers. Blogger tengil pasti akan ditinggalkan. Lhooo apakah dengan mengoreksi bisa dibilang tengil? bisa iya bisa tidak. Pembaca kan pinter cak….mereka bisa merasakan tiap gelintir kalimat tersebut murni mengoreksi atau mencari sensasi. Tiap getaran kalimat (jangkrikk bosone keren tenan wkwkwk) tersebut mengandung unsur ” haters” atau memang tulus mengoreksi, sampeyan bisa merasakan. Dan yang terpenting lagi…junjung tinggi netralitas karena warung kita sebagai bahan rujukan. Seneng dengan sebuah merk tidak masalah tapi hindari kerjasama yang memasung gerak netral sampeyan. Lhooo emange ada yang kayak gitu?

Waahhh…ono cak. Tersirat namun tidak tersurat. IWB sendiri pernah mengalami….X sebut saja demikian, terang-terangan mengajak kerjasama memasang banner di warung Iwanbanaran tapi mereka minta tidak mau ada banner pabrikan lain dipasang di Iwanbanaran. Byuhhh strategi macam apa itu. Yahhh….dengan pejabat berbeda tentu punya kebijakan berbeda, IWB maklum. Tapi ini sih wis ekstrim. Jelas IWB sontak menolak mentah-mentah permintaan tersebut. Mau dibayar milyaran juga ogah. Mending warung bersih tapi tulisan bebas. Kenapa ? karena jika itu terjadi percayalah, intervensi akan dilakukan….

” Review aksesories motor bersama Bukalapak…”

Mereka pasti akan jumawa sebab merasa menjadi sponsor tunggal dan ujung-ujungnya…warung sampeyan selesai. Lhaa piye, identik dengan satu merk. Terus buat apa dibaca? sejarah membuktikan warung yang kental dengan brand tertentu dengan sangat dominan akan tamat dan ditinggalkan. Padahal Value atau nilai Blog kita adalah visitor. Itu beberapa hal yang IWB anggap sangat penting supaya sampeyan paham bagaimana mengelola Blog dengan benar dan tetap berkibar……

Pilihlah nama domain yang menarik dan mudah diingat. Kemudian cari ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan lainnya. Tidak lupa update isinya dengan hal menarik, berguna dan sesekali banyolan lucu juga penting. Termasuk cerita pribadi sampeyan karena menurut IWB Blog seperti diary, jangan sungkan tuangkan sesuatu…kisah urip sampeyan yang bisa menginspirasi para followers. Jangan melulu bahas busi cak…suwe-suwe yo bosen…

Kemudian dan yang terpenting lagi ambil positif dengan kehadiran haters. Sebab siapun orangnya ketika mencapai titik terbaik, haters pasti hadir mengiringi jalan kita. Jangan emosi musuh mereka, justru doakan supaya hidupnya sebaik sampeyan. Kenapa demikian ? simpel cak….kebencian yang hadir dihati haters karena faktor ketidak mampuan dan kekurangan. Nanti kalau hidupnya wis seimbang rasa benci tersebut harusnya hilang….logis to hehehe. Lhaaa kalau masih benci? berarti kalah ganteng ama sampeyan….wiss ngono wae cak, simpel to wkwkwk. So….ingin jadi Blogger wahid ? sampeyan juga bisa…..monggo dicoba, gazzz…..(iwb)

” Sambutan luar biasa ketika bersama para Bloggers Jateng….”

 

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!