iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….emboh iki lagi musim opo kok sepertinya para pabrikan menggelontorkan produk fresh bersamaan. Setelah Kawasaki kini berita terbaru nongol dari pabrikan sayap mengepak yang resmi memperkenalkan new CBR500R dan CB500 series versi 2021. Generasi yang dikatakan berubah khususnya sisi engine. Emang yang berubah apanya ? simak detilnya berikut ini…

Ditahun 2015, Honda memperkenalkan upgrade dari CBR500R di AIM Expo Orlando Florida USA. Beberapa update membuat motor tampak sporty, tajam serta agresif. Honda sendiri mengatakan….desain new CBR500R terinspirasi dari CBR600RR serta CBR1000RR diera itu. Monggo intip wae bentuk rear fender yang kini menggantung dengan komponen plat meninggalkan plastik ABS pada dudukan spatbor….

Headlamp juga makin sipit (LED) serta rombakan desain makin runcing. Untuk gen terbaru ini pabrikan sayap mengepak juga memperbaikan titik pusat bobot (mass centralization) serta knalpot lebih adem. Tidak hanya itu. Insinyur Honda juga memperbaiki sistem transmisi untuk meningkatkan feeling lembut ketika oper gigi. Tidak lupa brake lever alias tuas ream dibekali adjuster. Sementara pada suspensi depan….rider juga memungkinkan melakukan penyetelan (fork preload) sesuai keinginan karakter penunggang diatasnya. So…secara umum berikut beberapa update yang dilakukan Honda pada new CBR500R….

iklan iwb
  • Model makin agresif…..shape tajam serta “edgy” menggunakan teknologi LED baik headlamp maupun stop lamp
  • Suspensi depan diupgrade dengan hadirnya adjustable pre-load
  • Tanki lebih besar dengan tutup tanki model rata yang menyatu (seperti new CB150R) alias tidak model copot
  • Tuas rem bisa diseting (adjust)
  • Knalpot model midship (shorter exhaust muffler) guna menambah “mass centralization”. Kontruksi dalam juga dirombak ulang dengan tujuan meredam suara sehingga makin lembut

Untuk mesin sendiri masih dibekali dengan dapur pacu DOHC 2 silinder 500cc yang mampu memuntahkan power 47hp. Sisi power memang dilimit kangbro….top speed pun kabarnya dipatok maksimal 180 km/jam demi safety. Kuwi versi 2015, piye dengan versi 2020?

Nah…diakhir 2020 ini, Honda meluncurkan pembaruan 500 series yang meliputi CB500, CBR500R dan CB500X. Engine ketiga berubah dimana mesin anyar lebih ramah lingkungan. Yup….dengan standar emisi Euro 5 yang mulai berlaku pada awal 2021, tidak mengherankan jika Honda segera merilis generasi update yang diklaim 40 persen lebih baik soal pembuangan. Emisi hidrokarbon yang lebih ketat pada ketiganya. Hebatnya dengan makin ketatnya emisi gas buang ternyata tenaganya tidak turun….

Output horsepower berada diangka 35kW (47HP) pada 8.600 rpm dengan torsi 43 Nm (31,7 ft.-lbs) pada 6.500 rpm. Selebihnya sama aja cak. Paling hanya perbedaan warna yang dipastikan akan membuat generasi terbaru ini lebih fresh. Btw Honda CB500 series versi 2020 mulai dipasarkan bulan ini dengan banderol yang belum diketahui secara pasti. Nahh seperti apa sosoknya ? intip detilnya dibawah ini….(iwb)

CBR500R versi 2021

CB500R versi 2021

CB500X versi 2021

Advertisements

30 COMMENTS

  1. Kurag pas saya rasa

    Karna cc sama rangka body gk sesuai

    Ccnya 500 tpi dobel piston

    Gk gagah walau pun cc besar

    Palig tidak 3 selider kan gpp hejejeje

  2. kalau ga salah inget, ini motor redline RPM kurang dari 9000, mungkin material yang dipake mesinnya ga terlalu bagus untuk rpm tinggi jadi klo RPM rendah bisa lebih awet.

    • wajar cuma 9000 mas, strokenya panjang bgt ini motor, bukan motor overbore. tp ane penasaran jambakan torsi 43nm itu kaya apa, mudah mudahan dikasih kesempatan buat nyicipin suatu saat nanti.

  3. motor sport honda itu bentuknya keren keren sebenernya cak. futuristik abis.

    tapi kenapa tangkinya selalu keliatan nyendul, ngga singkron dengan garis fairing dan buritan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here