iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….nggak heran PT SIS termasuk anteng. Sebab siapa menyangka dimusim Korona seperti ini….jumlah eksport pabrikan S tetap moncer. Walaupun ada penurunan namun secara umum, Suzuki Indonesia boleh tersenyum sebab angka dikapalkan keluar negeri ternyata banyak cak. Nggak nyangka euy, emang berapa ?

Seperti yang sampeyan tahu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) sepeda motor di Indonesia, berhasil meraih pencapaian positif sepanjang tahun 2019. Melansir data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Suzuki masih menempatkan posisi di daftar tiga besar APM produk sepeda motor. Tahun tersebut Suzuki mencatat angka penjualan wholesales kendaraan roda dua sebesar 71.861 unit??

Pencapaian penjualan Suzuki sepanjang 2019 tersebut, didominasi oleh penjualan NEX II dan Satria F150 yang telah memberikan kontribusi sebesar 78% terhadap penjualan nasional. Mungkin jika melihat raport pasar lokal terkesan biasa namun tidak untuk pasar eksport. Dari data yang dirilis, Suzuki berhasil mencapai angka ekspor kendaraan roda dua sebanyak 181.473 unit dengan 46 tujuan Negara ekspor selama tahun 2019….

iklan iwb

Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72% dari total penjualan kendaraan roda dua. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35%.?Untuk tahun 2020, Suzuki menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menambah negara tujuan ekspor, di antaranya Malta dan Paraguay dan mencapai target di angka 248.000 unit baik dari segmen CBU maupun CKD. Sayang cita-cita tersebut terhantam pandemic..

Namun siapa menyangka mereka tetap berhasil menorehkan angka eksport cukup baik. Konfirmasi ini dilayangkan Public Relation PT Suzuki Indomobil Motor, Rafi Al Ghany..” Pada Mei 2020 Suzuki mengirimkan sebanyak 1.635 unit sepeda motor, angka ini memang terbilang kecil akibat menurunnya permintaan kendaraan dan aturan yang diperketat karena pandemi virus Corona. Namun ekspor motor Suzuki meningkat pada Juni 2020 mencapai 7.284 unit, begitu juga pada bulan Juli menjadi 8.795 unit. Semua motor ini telah dikirim ke-30 negara…” serunya via detik. Wowww mantap lho cak termasuk kieee…

Last….dengan kondisi yang sangat sulit siapa menyangka eksport PT SIS masih moncer. Angka tersebut cukup mengejutkan mengingat dibulan Juli tembus 8.795 unit. Kuwi eksport thok cak. Pantesan wae ketok anteng yo pakde. Suzuki ? kualitas eksport cak produk-produknya….siapa yang berani bantah hayoooo?? (iwb)

 

 

25 COMMENTS

  1. Bangladesh .. suke nie motor …
    Yaa memang tipe model nya cocok sama mereka…
    Di indo terjun payung.. sangkin kurang di minati

  2. di market indo faktor model nomor 1… klo udah bisa menggaet konsumen dgn model kesononya bakal jauh lebih mudah meski tetap butuh waktu.

    • seriusan nanya, KTM yg jelas2 model dan desain ny khas eropa banget kenapa gak laku jg ya om?
      Kayaknya ada faktor utama lainnya di luar desain, bisa jadi doktrin dari ngahahem emg udah ke ubun2 bikin mayoritas orang indonesia buta merk dan kemakan gimmick harga jual lagi tinggi.
      Contoh lain, kurang bagus dan lengkap gimana lagi R15v3 dg harga yg sama kaya si klotok, tp ttp aja kalah penjualan, versi ABS ny setara sama Ninja250SL malahan tp tau sendiri lah gimana jualannya si ninja jomblo ini, padahal gak kalah ganteng & everlasting desain nya

    • Nggak juga om.
      CBR250RR kurang ganteng apa? kalah laku sama Ninja250.
      Aerox155 kurang ganteng apa? kalah laku sama Vario150.
      KTM Series kurang ganteng apa? jadi pesakitan.
      Z250 kurang ganteng apa? kalah laku sama MT25.
      MT15 kurang ganteng apa? kalah laku sama CB150 Streetfire.
      ADV150 kurang ganteng apa? ngga seberapa laku juga kan.

  3. Diindo mayoritas Masih pada percaya mitos spare part Mahal Dan langka motor Suzuki…apalagi dikota Kota kecilll…

    • padahal yang mahal ya jelas Honda. dari biaya jasa servis di bengkel resmi + harga sparepart. saya heran tiap orang antri buat bayar invoice nominal untuk servis dan ganti oli doang hampir 99% nominalnya diatas 100rb cak. gile. dan wajah mereka anteng2 bae. lha servis di bengkel resmi Suzuki nilanya dibawah itu tapi pada komen SPAREPART MAHAL wkwk

      • terhipnotis merk H….saya punya smash 2004 masih joss…..blom sekalipun turun mesin….saya malah punya motor indihe TVS…sdh diatas 6 tahun masih OK Ok saja….

  4. Sayangnya buat pasar domestik gak bisa maju. Ane inget dulu baca di koran atau tabloid (lupa), Suzuki mampu jual 1jt unit di Indonesia pas awal 2000an, trus lama2
    setiap tahun turun jadi ratusan ribuan dan akhirnya kayak sekarang gak sampai 100rb.

  5. secara pribadi saya sangat percaya dengan kualitas material sepeda motor suzuki, memang dulu (itu dulu ya) harga spare part nya bisa dibilang mahal (karena banyak juga part import), tetapi yg saya tahu dari sekitar tahun 2012 an ke sini, harga part bisa dikatakan masuk akal kok (beli langsung ke dealer ya, karena di toko onderdil biasa banyak yang mainin harga) & harga part nya (dulu waktu saya masih miara motor suzuki) bisa dicek di web nya suzuki.

    tapi entah mengapa sekarang motor2 suzuki yang dipasarkan belum ada lagi yang sreg di hati

  6. Moncar-moncer gimana? Dealer dan bengkel resminya di Jember tutup.. minggat colong playu.. konsumen dibikin plonga-plongo.. waduh..tidak bertanggung jawab..

  7. Biasanya ketika di MotoGP moncer korelasinya sm penjualan jg meningkat,ingat ketika era Rossi merajai ymha bisa nomer 1 penjualanya

  8. Pengalaman pakai Suzuki Shogun 125 jadi kapok pakai Suzuki. Tiap kehujanan mesti mogok di jalan, punya smash juga sama. Akhirnya pindah ke merk lain. Gak tau juga pakai Suzuki seribu ang lain

  9. Dari jamanya Shogun sampai satria ijeksi..tetep setia sama Suzuki..ini soal selera bung..perzet orang ngomong apa..

  10. Untuk Bung sekedar Komen : masak sich kehujanan mogok…?….saya punya smash kehujanan keanginan nggak pernah mogok…..kebetulan saja mungkin punya bung yg begitu….

    • Mungkin yg make jugaa jorok…Saya jugaa pernah miara hampir semua line up suzuki sampe yg sekarang satria Fu ckd 2009 mogok ga pernah…dengan KM diatas 100rb km Aja masih bisa lari bareng2 motor merek sebelah yg lebih muda ?

  11. Weh mantep cakk ya,…. Juli 2020 ,.. Saya ambil gsxrsatusseket….. Gara2 review sampean cak,.. Beberapa tahun yg lalu.. ???

Comments are closed.