iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Emosional cak….mungkin itu yang bisa kita tangkap dari ceremony edisi perpisahan motor yang sudah mengaspal selama beberapa dekade. Motor yang dirilis Yamaha ditahun 1985 tersebut akhirnya menyerah dipenghujung 2020. Sebuah motor yang kita sebut sebagai mbahnya Yamaha Scorpio 225…dikalajengking yang juga tidak eksis lagi, kini Serow pun mengalami nasib yang sama….

Seperti dilansir Youngmachine Yamaha Serow akhirnya disuntik mati oleh Yamaha setelah motor ini mengaspal selama 35 tahun. Dan sejak dirilis motor ini terjual hampir 140,000 unit…sebuah angka yang cukup besar untuk motor Jepang model adventure. Dan angka ini hanya tercatat di Jepang. Yamaha “Sero 250 FINAL EDITION” yang diumumkan pada Januari 2020 akan menjadi model terakhir dari seri 35 tahun setelah generasi pertama pada tahun 1985, dan akan menjadi akhir dari seri tersebut….

Kalau Sampeyan tidak tahu Yamaha Serow 250 Monggo intip saja mesin yang digendong oleh si kalajengking Scorpio. Sama plek cak…. Emang basis Yamaha Scorpio menggunakan engine Serow 250. Di Jepang motor sempat dibekukan produksinya ditahun 2016 karena tuntutan regulasi emisi gas buang. Namun torsi badaknya ternyata membuat Yamaha berusaha menghidupkan kembali Serow 250. Alhasil pengembangan dan beberapa revisi sukses membuat Serow 250 lahir….

iklan iwb

Yup…. resmi pada tanggal 25 Juli 2018 Yamaha menggumumkan kelahiran new Serow 250. Perbedaan yang paling mencolok adalah hadirnya canister di saluran gas buang. So… jelas emisi  motor terbaru ini tidak ada masalah. Secara model tidak banyak perbedaan sebab Yamaha masih mempertahankan model yang everlasting. Pabrikan iwata hanya melakukan beberapa sentuhan kecil seperti lampu LED dan perombakan pada sisi Fender belakang…

Untuk bobot mengalami kenaikan sekitar 3 kg. Hal ini tidak bisa dihindari mengingat beberapa komponen baru harus dicangkokkan untuk menekan emisi gas buang. Tapi kelebihan yang didapatkan pada generasi terbaru ini adalah keiritan. Yup…. Yamaha mengklaim generasi 2018 lebih irit dari sebelumnya 40 km kini mampu mencapai 48 km per liter. Begitu juga urusan Power. Yamaha serow 250 memiliki tenaga hingga 20 HP dari sebelumnya hanya 18HP. Termasuk torsi juga meningkat dari sebelumnya 18 nm kini menjadi 20 nm. Sayang ternyata manuver ini tidak bisa menyelamatkan Serow…

” Ceremony edisi terakhir Serow….”

Tidak dijelaskan kenapa Yamaha Serow disuntik mati. Mungkin karena permintaan seri ini sudah semakin turun. Selain itu mesin yang juga digunakan sebagai basis Scorpio ini juga dianggap sudah terdesak aturan emisi gas buang yang semakin ketat. So…tidak ada jalan lain kecuali suntik mati sehingga pabrikan bisa fokus mengembangkan untuk varian lain. Ceremony produksi terakhir dilakukan dipabrik Iwata, dan mungkin akan menjadi sebuah moment mengharukan untuk karyawan pabrikan Garputala…

Yup….para karyawan yang rela masuk ketika libur atau harus menghentikan istirahatnya untuk melihat produksi terakhir Yamaha Serow. Bahkan para karyawan veteran konon disebut berkaca-kaca ketika melihat motor yang sudah menjadi andalan Yamaha sejak 1985 silam. Dunia memang tidak ada yang kekal….semua pasti ada ujungnya. Termasuk sang legendaris Yamaha Serow. So…selamat tinggal serow ……(iwb)

Yamaha Serow 250 Final Edition 2020

iklan iwb
Previous articleAHM harus hati-hati dengan New PCX 4 katup nanti !!
Next articleKTM kritik aturan Race after Red Flag, ” Seharusnya jangan ganti ban dan isi bensin” !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!