iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sejuaraan ketahanan FIM Endurance Championship musim 2020 akhirnya di gelar perdana tepat di sirkuit Le Mans, Prancis. Dan Honda Fireblade CBR1000RR-R keluar sebagai pemenang dengan Format 24 Jam hari ini cakkk. Woowww….

Mungkin sebagian dari sampeyan kebingungan, balapan opo kok sampe 24 jam?? Yupss cakk dalam ajang Endurance World Championship sudah biasa terjadi dengan format 24 Jam dan negara Prancis selalu menyelenggarakan balapan Endurance 24 Jam di sirkuit Paul Richard dan Le Mans.

Musim lalu Paul Richard lebih dulu berlangsung sebelum putaran Sepang 8 Hours. Kemudian akibat Covid-19 Endurance Championship terhenti sementara hingga akhirnya akhir pekan ini kejuaraan kembali dimulai di sirkuit Le Mans.

iklan iwb

Race yang dimulai pukul 12.00 Waktu setempat pada hari Sabtu berjalan dengan pernuh drama dan berbagai macam kejadian yang tidak di inginkan, peraih Pole Position YART Yamaha mengawali startnya dengan baik sebelum akhirnya dlosor di beberapa jam pasca start. F.C.C Honda mampu memanfaatkan beberapa kesalahan dari para Rivalnya dan tampil konstan tanpa membuat kesalahan.

Turunnya hujan jelang matahari terbenam semakin menyulitkan situasi para rider dan sudah bisa ditebak cakkk banyak peserta yang bergelimpangan, tidak hanya dlosorr namun masalah demi masalah hinggap satu persatu menghampiri beberapa tim seperti masalah kopling, pengereman dan mesin.

Tim yang bermasalah diantaranya adalah ERC Endurance Ducati, Wojcik Yamaha, BMRT 3D Team dan National Motos. Yupss tim tersebut terpaksa menyudahi balapan lebih awal karna mendapatkan masalah pasca dlosor ketika kondisi trek basah. Cukup disayangkan cakk karena mereka tampil bagus sejak Free Practice hingga Superpole, namun dalam balapan dengan durasi yang sangat panjang ini semua bisa terjadi tanpa di duga duga.

F.C.C TSR Honda memimpin balapan dan sangat konsisten tanpa membuat kesalahan, bahkan ia meninggalkan rival terdekatnya dengan gap 2 laps hingga 2 jam jelang balapan berakhir. Ediann buanterrrr cak CBR. Drama selanjutnya hadir 1 jam terakhir dimana Suzuki Endurance Team dlosorr disaat menempati posisi kedua, untungnya mereka mampu bangkit dan bergegas ke pit untuk memperbaiki motornya.

Tidak sampai disitu cakkk, BMW Motorrad yang bertahan di posisi lima lebih ngenes lagi pakdee. Waktu menunjukkan 12 menit menuju finish, rider andalan mereka yakni Ilya Mhykhalchyk tersungkur akibat licinnya track Le Mans. Mereka pun harus mengubur impiannya menyudahi balapan di lima besar dan pulang dengan kecewa.

Race yang panjang ini akhirnya dimenangkan Oleh F.C.C TSR Honda dengan total 816 Laps diikuti Webike SRC Kawasaki dengan 814 Laps dan Suzuki Endurance Team menutup podium dengan 813 Laps.. Yup…..3 pabrikan mengisi posisi yakni teratas Honda, Kawasaki dan Suzuki. Hhhmm…sepertinya CBR1000RR-R mulai tebarkan ancaman cak. Padahal baru berumur seumur jagung euy. Sementara Yamaha kali ini harus puas mengisi posisi ke empat. Sebagai gambaran berikut hasil 10 besar Le Mans 24 Hours…….(Cb for iwb)

Sepuluh besar Le Mans 24 Hours?

1.F.C.C TSR Honda #5 – 816 Laps
(Mike Di Meglio, Freddy Foray, Josh Hook)
2.Webike SRC Kawasaki #1 – 814 Laps
(Erwan Nigon, Jeremy Guarnoni, David Checa)
3.Suzuki Endurance Team #2 – 813 Laps
(Xavier Simeon, Etienne Masson, Gregg Black)
4.YART Yamaha #7 – 811 Laps
(Karel Hanika, Marvin Fritz, Niccolo Canepa, Michael Laverty)
5.Vrd Igol Pierret Experience #333 – 799 Laps
(Matthieu Gines, Florian Marino, Florian Alt, Nicolas Terol)
6.3ART Best Of Bike #36 – 794 Laps
(Alex Plancassagne, Matthieu Lagrive, Morgan Berchet)
7.Wojcik Racing Team #77 – 793 Laps
(Broc Parkes, Gino Rea, Axel Maurin, Christopher Bergman)
8.GERT56 by GS Yuasa #56 – 786 Laps
[Best Superstock Catagories]
(Stefan Kerschbaumer, Lucy Glockner, Pepijin Busterbosch, Toni Finsterbusch)
9.No Limits Motors Team #44
(Luca Scassa, Christopher Kemmer, Luca Vitali)
10.Team Moto Ain #96
(Roberto Rolfo, Robin Mulhauser, Hugo Clere)

40 COMMENTS

    • Katanya yg pake crosplen ,canggih lah manaaaa….mentok 200hp doang…wsbk ga juara…motogp ga juara..arrc ga juara…irs ga juara…katro

    • Musim ini gak dululah..hnd masih riset dan ngumpulin data karena ini mesin baru.
      Dan hnd akan menemani ymh dulu untuk sekedar bisa naik Podium ?
      Musim2 mendatang hnd fokus menambah jumlah tropy jurdunnya.
      Ymh fokus merawat 1 tropy jurdunnya ?

    • Udah mirip rcv..track lurus semua ymh dilibas .
      Kata bautista…nih Cbr njengatnya koyo NSR 2 tak , sangat repit mengendalikan kebringasannya ?

      Ya udah , riset dan cari data dululah…??

  1. Sejarah mencatat,…HANYA Y yg mempunyai KLEP PROTHOL…TERBUKTI DI MOTOGP..!!!???

    Sementara efbenYet yg koar2 pake id konrod protol, langsung ilang tak ubah B3ruk yg dipohon kelspa..?????

    Tuh …24 jam di geber, SANTUY dan ninggalin KLEP Prothol 10 Kecamatan..! Ngaahahahahaha

  2. Update klasemen.
    Klasemen FIM wold cup manufactur. 1 yamaha (153), suzuki (131), kawasaki (124), BMW(106), honda (33). Selebihnya baca sendiri di halaman web resmi.

Comments are closed.