iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Mumet cak….garuk-garuk alis ketika melihat sosok motor yang disebut sebagai ADV350. Lhaaa piyeee disaat kita sedang menunggu ADV250, iki malah wis beredar gambar dengan label ADV350. Pertanyaannya…sosok motor opo iki dan benarkah Honda sudah merilis motor baru dengan label ADV350 ??

Selidik punya selidik, ADV 350 ini ternyata adalah skutik garapan produsen Tiongkok. Lhooo koq ?? jelas cak….wis gamblang ora usah ragu bahwa produk ini bisa kita katakan sebagai versi klonengan Honda ADV series. Nggak nyangka juga betapa cepatnya produsen Tiongkok menggunakan kemampuan mereka ngopi desain…

Intip saja shape muka, samping hingga belakang. Benar-benar sebuah motor yang menjiplak secara terang-terangan dari ADV Honda. Mereka hanya melakukan beberapa perubahan  supaya menyamarkan bentuk asli yang begitu identik dengan Honda ADV 150. Sampeyan perhatikan  di area depan Visor ataupun bahkan bentuk dari lampu sein. Kembar cak….

iklan iwb

Bahkan kalau kita lihat dari samping suspensinya pun juga dibekali model subtank seperti halnya Honda ADV-150. Hanya saja untuk campuran warna  produsen Tiongkok ini lebih dominan mengambil  komposisi dari Honda Forza 250. Kemudian di bagian headlamp mereka sedikit memberikan sentuhan dengan codetan seperti alis ke atas. Syemmm mirip tenan euy…

Motor yang diberi label sebagai DY350ADV ini rencananya akan diproduksi oleh produsen roda dua Tiongkok bernama Dayang. Motor ini planningnya akan dirilis tahun depan berbarengan dengan DY150ADV. Yup….produsen Tiongkok sudah menyiapkan basis platform dengan desain Honda ADV-150 yang dipecah dalam beberapa varian mulai dari 150 cc hingga 350 cc. Ediann niat tenan cak..

Sayang belum tergali gamblang bagaimana dapur pacu dari motor ini. Kalau melihat statusnya sih jangan terlalu berharap banyak mengenai Sisi mesin. Karena lazimnya rata-rata pabrikan Tiongkok hanya menjual desain ketimbang ketangguhan dan kemampuan engine. Yahhh…. target marketnya memang orang-orang yang mungkin hanya mengejar tampilan bukan sebaliknya…

Last…. buruknya perlindungan hak cipta di Tiongkok memang membuat praktek mengkopi sebuah desain motor masih sering terjadi di sana. Praktek ini sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu dan hingga sekarang masih subur. Kalau IWB sendiri sih rasanya kurang sreg jikapun dijual murah didepan mata karena kita berasa menggunakan motor KW. Selain itu dengan kita membeli produknya, berarti kita mendukung praktek penjiplakan sebuah desain secara ilegal. Sejauh ini Honda adem ayem dengan kehadiran motor Dayang yang juga menggunakan label ADV. Nggak tahu kalau udah rilis nanti. Dayang ?? merknya kok kayak nama Indonesia yo cak hehehe….(iwb)

iklan iwb
Previous article” Secara emosional sulit….” seru Marc Marquez memberikan pengakuan
Next articleBerikut daftar mesin Motogp yang sudah buka segel, Vinales gelisah !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!