iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..banyak para biker kadang terkesan cuek dengan tekanan ban tunggangannya. Padahal hal simpel ini akan memberikan perbedaan yang luar biasa terhadap keawetan ban serta safety. Konfirmasi ini dilayangkan Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries produsen ban FDR. Yup…Hati-hati, jangan remehkan tekanan ban cak !! emangnya nyapooo ?? simak detilnya dibawah ini…!!

Kenapa kita harus sering cek tekanan angin ban?

Mengendarai motor dengan tekanan angin yang direkomendasikan akan membuat ban lebih awet. Selain itu, jika sering naik motor dengan ban yang tekanan anginnya kurang akan membuat ban kurang stabil saat menikung, ban lebih cepat panas, ban retak-retak, dan keausan ban tidak rata. Catet cak…bin ban retak-retak. Meski ban yang diisi nitrogen lebih lambat untuk kehilangan angin, sampeyan tetap harus rutin memeriksa tekanan angin ban. Kita sebenarnya juga harus rutin memeriksa kondisi ban untuk melihat apakah ada retak, benjolan atau kerusakan lainnya pada ban.

iklan iwb

Berapa tekanan angin yang digunakan jika ban diisi nitrogen?

Ikuti tekanan angin yang dianjurkan oleh pabrikan ban tersebut. Tidak ada perbedaan besar tekanan angin baik diisi dengan udara atau nitrogen. Contohnya untuk ban FDR, rekomendasi tekanan angin yaitu 29 psi untuk ban depan & 33psi untuk ban belakang. Sampeyan masih bisa menambah atau mengurangi hingga 2 psi tergantung kenyamanan pengendara.

Jika berbocengan berapa tekanan angin ban yang digunakan?

Tetap gunakan tekanan angin yang direkomendasikan dan sebaiknya jangan melebihi tekanan angin maksimal yang direkomendasikan. Misalnya pada ban belakang FDR, direkomendasikan 33 psi. Jika ingin menambah tekanan anginnya pastikan maksimal hanya sampai 35 psi saja, tidak lebih dari itu agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Apakah benar jika naik motor saat hujan harus mengurangi tekanan angin ban?

Sebaliknya, saat berkendara dalam keadaan hujan atau melewati permukaan jalan yang basah JANGAN mengurangi tekanan ban sampai dibawah batas minimal yang direkomendasi kan. Saat ban kurang angin, bentuk profil ban berubah membuat kembangan ban tidak berfungsi maksimal untuk membuang air. Hal ini justru menyebabkan daya cengkeram ban berkurang. Selain itu, tekanan angin yang kurang juga mempengaruhi kestabilan dan motor juga jadi terasa berat. Jika ingin mengurangi tekanan angin ban FDR, jangan lebih dari 2 psi dari yang direkomendasikan.

Apakah tekanan angin yang tertulis di dinding ban adalah tekanan rekomendasi ban tersebut?

Angka tekanan yang tertulis di dinding ban BUKAN tekanan rekomendasi untuk penggunaan harian. Jadi, jika di dinding ban tertulis:

Itu artinya satu ban tersebut mampu menanggung beban maksimal sampai 170kg diukur dengan tekanan angin ban 38 psi saat keadaan ban dingin. Namun, bukan berarti tekanan angin ban tersebut yang digunakan sehari-hari. Selalu gunakan tekanan angin yang direkomendasikan pabrikan…

Nahh jadi ngono cak. Selalu pantau tekanan ban agar lebih safety, umur ban awet dan sing penting juozzz gandozzz……dari sini wis paham durung pakdeee ? (iwb)

25 COMMENTS

  1. Mbahas ban,,,,jadi keinget kekes….ekwkkkkkkk ,,,,kek keping karambol,,,tuinggghg ,,nempel dah di jendela…..

  2. Ban yang nyentil kekes,,,bukan karena tekanan angin ban yg berlebihan,,,,tapi karena tekanan,,,,mb3ha yg berlebihan….ekekekkkkk

      • Untuk semua Klau comment cba yg bermanfaat di warung kang IWB.. Mau motor kawasaki, yamaha, suzuki, honda semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing2, Apa untungnya saling menghujat satu sama lain. Kita ni semua saudara.. Cba berkata yang baik,

        Bnyak saudara lebih baik dari pada bnyak musuh

  3. Kenapa scopy dg tekanan berapapun kurang nyaman?
    Kurang nggleyot
    Keras kayak gak ada skoknya
    Atos

    • artikel tentang tekanan angin ban pun bisa buat bahan serangan ke ngondah ya bang, kekekekekkk ?

      • Yg nyerang siapa ya?
        Sebagai salah satu motor yg pernah punya itu yg saya rasakan
        Mungkin yg lain juga merasa?

    • ekekekek

      sulit dah sulit skopi cs suruh nyaman

      1 . jok atoz
      2. ban ring kecil ban donat
      3. karakter Shockbreker
      4. 5. 6 silahkan ditambahi….

      mueheheheh

  4. Saya di track menggunakan angin yg cenderung di bawah rata2. Untuk sport 250 saya biasa menggunakan angin 20psi untuk depan dan 19psi untuk belakang. Saya merasa lebih nyaman, tp apakah ada negatif nya ?

    • Suka2 bro, gak lo isi angin sekalian juga gpp bruakaka..

      Tiap kendaraan itu dari pabrik nya pasti sudah dikasih tempelan petunjuk tekanan angin pada bannya, itu sudah hasil riset bukan hitung2an ngasal

  5. Saya pernah pake ban F*R, klo bocor gak bisa ditambal, tetep ada bocor halus, coba ganti ban merk fdr lagi, eh sama penyakitnya….habis itu kapok dah

      • Itu tahun berapa nyobanya mas Maul Bond ??
        Gak salah Maul Bond, tapi itu sudah di atasi sama petinggi FDR sejak lama.
        Kalo pengalan ane FDR cepet botak buat yg gaya nyetir-nya Racing.
        Ban FDR cocok buat yang cari murah tapi gak suka ngebut.

  6. yang lebih penting itu membuat profil dinding berubah, malah makin gampang mbledos kalau kurang tekanan dibandingkan kelebihan tekanan.

  7. Gampang lek..tinggal nyalahin tukang tambah angin ohlin..apa tukang tambal ban bremboo..berezz?

  8. Boleh koreksi sedikit kang dan maap kalo salah, setau saya dgn tekanan angin yg kurang maka tapak ban akan semakin banyak yg menempel di aspal dan itu sangat di perlukan sewaktu jalanan basah.memang beresiko banyak mulai BBM rada boros sampai kesetabilan kurang dan ban cepet hancur. Tapi apa iya waktu jlnn basah kita masih ngegass seperti waktu jlnn kering?? Nggak kan. Pasti feel berkendara juga turun.

  9. ….. drpd artikel basi ghini , knapa ngk bahas potensi nakagami jk bawa motor mm2020 dibanding dgn 2019 …..ayo cak

  10. Tekanan angin beda2 lek… trgantung berat badan ridernya. Ad yg berat badannya 50,60,70 sampai 90 dsb… pasti beda dong tekanan bannya

Comments are closed.