iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..sepertinya masalah yang menimpa Vinales saat race Austria menjadi bahan perbincangan diarea paddock. Rata-rata mereka heran, bagaimana sekelas Motogp bike yang menggunakan rem kelas wahid Brembo bisa bermasalah rem blong. Sebuah kejadian yang nyaris sangat jarang terjadi. Kondisi ini ternyata juga tidak lepas dari perhatian The Doctor. Yup…the best rider Yamaha di Austria ungkap masalah rem Vinales yang sebenarnya juga pernah doi alami. Termasuk Fabio Quartararo yang memberikan indikasi bahwa insiden Vinales bukanlah salah Brembo. Lhooo kok bisa? berikut pernyataan lengkap kedua pembalap….

Jamak jika kita menyalahkan supplier komponen ketika terjadi kegagalan komponen dalam hal ini Brembo. Penyuplai perangkat Rem semua motor Motogp ini jarang gagal menjalankan kinerjanya. Namun kejadian yang menimpa Vinales jelas berbeda 180 derajat. Rem blong dan doi terpaksa harus lompat dari motor untuk menghindari cedera. Pertanyaannya, kenapa hal itu bisa terjadi ? apakah ada sabotase terhadap Vinales? kenapa Brembo tidak melakukan pengecekan menyeluruh sebelum rider turun race? kenapa rem blong disaat motor lain tidak masalah?

Ternyata salah cak sebab semua rider Yamaha memang pernah mengalaminya termasuk Vale dan Fabio. Rossi dan Quartararo menjawab secara blak-blakan fakta tersebut…..

iklan iwb
iklan iwb

Aku kehilangan daya gigit rem sekali saat warm up. Sekalinya mengalami sebagai pembalap pasti kita akan kehilangan percaya diri. Sebenarnya rem dibekali adjuster dituas. Namun yang cukup membuat kami heran walau tuas lever sudah kita seting, dipenghujung race tuas kembali pada posisi masuk. Ini jelas berbahaya. Jadi ketika red flag dikibarkan aku nyaris kehilangan daya cengkram rem padahal di trek ini kami sangat membutuhkannya. Kita memang kurang dari sisi power dan akselerasi, namun jujur selama dua minggu ini aku mengalami banyak masalah dengan rem…” tukas Fabio Quartararo pasca insiden Vinales. Yup….doi harus berjuang keras mengingat Dovi sudah mendekati dengan jarak poin sangat dekat yakni 3 angka. Pertanyaannya kenapa ini bisa terjadi ?

Jadi semua pembalap Yamaha di Motogp di Austria ternyata ganti menggunakan desain Brembo terbaru berlabel GP4 kecuali Vinales. Kaliper ini dipercaya jauh lebih tangguh untuk menghadapi kondisi trek Red Bull yang banyak menguras hard braking karena GP4 secara teknis lebih tahan panas. Desain lama Brembo tidak cukup untuk pasukan Yamaha yang banyak mengandalkan pengereman keras. Rossi memberikan analisa, kenapa rem Brembo lebih menderita di Yamaha dibandingkan pada motor lain? berikut kata Vale….

Aku tidak terkejut dengan kejadian Maverick. Karena aku juga mengalami masalah serupa minggu kemarin. Namun kami bekerja keras dengan Brembo di hari Jumat. Hasilnya kami berhasil melakukannya dan race kedua perangkat remku bekerja normal. Trek ini memang luar biasa menguras rem. Semua tim pasti menderita. Kalian bisa lihat mereka memasang “Duct” dengan ukuran sangat besar untuk mendinginkan rem. Namun Brembo di Yamaha lebih menderita karena kami harus mengerem keras saat masuk tikungan untuk mengkompensasi lambatnya motor dilintasan lurus. Motor kami sangat lambat namun bagus pada sisi pengereman. Jadi kami membuat perangkat rem jauh lebih stress dibandingkan motor lain……” tutup Rossi. Oalaahh ngono to….Fix ternyata bukan salah Brembo cak. Duhh koq rumit tenan jebule yo cak….

Seperti yang sampeyan tahu….Vinales merasakan rem terasa ambles tidak menggigit pada T1 dibalap Austria. Itulah yang membuatnya nekad lompat dari Yamaha M1 tunggangannya dengan hasil red flag di Austria….

” Aku sudah mulai merasakan rem kehilangan tekanan dalam tiga lap terakhir sebelum lompat. Rem depan tidak menggigit namun timbul tenggelam. Aku mencoba memperbaiki setelan sehingga membuatku melebar sekali. Alhasil lap time ku anjlok dikisaran 1 menit 26 detik. Lalu aku mencoba ngepush kembali motor dan berhasil menorehkan lap time 1 menit 24 detik. Yang membuatku heran, tiba-tiba rem kembali normal…

” Disaat itu Valentino, Quartararo dan Petrucci menyalipku. Aku mencoba menyusul mereka dengan ritme sedang dikisaran 1 menit 24 detik. Aku mulai berhasil memulihkan situasi sebelum tiba-tiba rem betul-betul blong. Aku terkejut karena kegagalan rem saat melahap lintasan lurus sehingga kecepatan sangat tinggi. Tidak ada pilihan lain kecuali melompat dari motor…” cetus Vinales. Pertanyannya….apakah penyakit ini pernah dirasakan doi sebelumnya ?

Tidak….ini baru pertama kali aku alami selama karirku di MotoGP. Normalnya tekanan tuas rem memang akan turun sedikit. Kita hanya perlu menyeting ulang tuas, tetapi hari ini setiap lap aku harus melakukan itu dan jelas ini tidak normal. Dan puncaknya seperti yang kalian lihat sendiri. Aku tidak mungkin tetap diatas motor ketika rem blong. So…aku memutuskan lompat. Ini sangat buruk dan kami ingin melupakannya….

 Sekarang kami harus melupakan dua balapan di Austria sebab yang pasti ini adalah dua balapan terburuk yang pernah aku lakukan di MotoGP. Padahal kami pantas mendapatkan hasil yang lebih baik karena kami bekerja sangat keras sepanjang akhir pekan...” tutup Vinales kecewa. Yup…bisa disimpulkan dari segala drama Vinales lompat dari motor, Yamaha harus bekerja keras jika ingin juara dunia 2020. Untunglah mereka sudah meninggalkan Austria dan siap menatap race berikutnya. Race yang diduga lebih cocok buat mesin Yamaha dibandingkan red bull ring yang benar-benar membuat mereka tidak berdaya……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

98 COMMENTS

  1. Ya gabisa nyalahin supplier dong, semuanya punya limitnya masing-masing. Yamama rider harusnya tau limit brakingnya, kalo sampe rem mledug yaa salah sendiri

      • Kemaren juga nyalahin vendor Klep yang katanya ada 2 vendor dan hasil beda , sekarang nyalahin rem. Mau tak mau Ymh mengUltimatum rider2nya untuk kompak dan 1 suara, supaya keBOBROKAN bisa disembunyikan samar2 😂
        Wh rosi ,Pinah , Fq , prengki ..ntar jika ditanya pres , kalian jawab kompak dan salahkan rem ya..rider2nya ngangguk manut kayak Keledai dungu 😂

      • ekekekekeke

        Kejadian tersebut mirip Mak makues Ntunsep di Mugeloo dgn kecepatan 200 kpj lebih

        Insiden karena Murni Pengereman
        dilain sisi H kebuka AIB bosoknya
        Terbukti Back To Back Kasta Bawah

        udah dibilang H SuuuRRRamm

        muehehehehhe

    • karena motornya lemot, rem sengaja dimodifikasi teknisi garpu somay biar sembalapnya gasspoll terus gak banyak ngerem ekekek

    • Sepertinya tidak ada yg menyalahkan vinalez malah dunia bersyukur Vinalez fight sampai remnya blong. Pembalap digaji buat balap sampai titik darah pengabisan . Dan tahu saat bahaya mengancamnya dia dengan reflek yg tajam bisa menyelamatkan diri. Justru luar biasa

      • Mesin siPinah mengeluarkan suara Kreeekk….😂

        Sesuai dengan Komen Gua kemaren, Hari ini gua gak lihat siapa yang Bakal menang…tapi gua pingin lihat Mesin Ymh siapa yang MELEDUK ! 😂 TERBUKTI BACK TO BACK !!

        Mueeehehehehehhe😂

    • ekekekeke

      ini Bukan Hal Konyol sedetil mungki terus diawasi
      Semua kan terus Diperhatikan oleh Engginer Yamaha
      .termasuk pembalapnya dilapangan dirasa udah clear tahu remnya kagak baik namun seharusnya remnya enggak ngeblong …

      seperti halnya HonHON ngeblong di papan bawah

      muehehehhe

    • ekekekekek

      Enginer Y akan bekerja keras dengan masalah ini, bukan barang hal sepele
      agar tidak NgeBlong di papan bawah …

      mueheheheheh

    • Garis besarnya pabrikan tersebut tidak siap merebut titel champion…
      Berawal dari gagalnya menyiapkan mesin, berlanjut kegagalan sistem pengereman, dan selanjutnya kita akan saksikan kegagalan teknis apalagi yg akan terjadi…

      • Sesuai dengan Komen Gua kemaren, Hari ini gua gak lihat siapa yang Bakal menang…tapi gua pingin lihat Mesin Ymh siapa yang MELEDUK ! dan JEGEEEEEERRER…….😂 TERBUKTI BACK TO BACK !!

        Mueeehehehehehhe😂

      • ekekekek

        biarkan MbingHA mengonggong

        Insiden karena Murni Pengereman
        dilain sisi H kebuka AIB bosoknya
        Terbukti Back To Back Kasta Bawah

        udah dibilang H SuuuRRRamm

        muehehehehhe

  2. Ini adalah pabrikan yang rekor errornya di MotoGP.
    Dari mesin mleduk berulang di beberapa musim, mesin mati mendadak, rem blong, ban boros, rantai putus, letoy di straight, spare part rapuh, gagap ECU, sampe bensin habis sebelum balapan. Hanya pabrikan satu ini nih. Di level motoGP eror2 itu sebetulnya konyol bila sampai terjadi. Cermin jelas bagi produk2 jalan raya nya, yang punya budaya recall berkesinambungan.
    Cuma di satu produk dia bisa sempurna, yaitu SULIIIING

    • ekekekekek

      Y aja yg Podium 1 2 3 dibilang konyol

      Semua pabrikan udah biasa probleem

      kalau melihat HonHON lebih parah kejadian mengerikan pernah meleduk, mesinnya dikirim jepang, jatah alokasi mesin dibuang, Ecu eRRor, hingga Sampai Pembalapnya jumpalitan dll lebih tragis..

      masalahanya HonHON kagak bisa bikin suling

      mueheheheh

      • Kapan? Trus yang juara dunia siapa? 😂
        Teuzzz Ymh saat itu Zooonk ke berapa ? 😂

        Sesuai dengan Komen Gua kemaren, Hari ini gua gak lihat siapa yang Bakal menang…tapi gua pingin lihat Mesin Ymh siapa yang MELEDUK ! dan JEGEEEEEERRER…….😂 TERBUKTI BACK TO BACK !!

        Mueeehehehehehhe😂

    • Emang ni pabrikan banyak masalah
      Tapi anehnya motornya selalu kompetitif disetiap musim

      Suee ducati gagal menang kemarin 😂😂
      Maybe next race ducati will win!!
      Ktm speednya udh nyamain ducati gilee
      Honda pebalapmya masih cfd an aja niihhhhhh wkwkwkwk

    • Semua di ymh sudah tau jauh2 hari 😂 mau tak mau harus dipaksakan…walau cukup untuk separo musim

      Sesuai dengan Komen Gua kemaren, Hari ini gua gak lihat siapa yang Bakal menang…tapi gua pingin lihat Mesin Ymh siapa yang MELEDUK ! dan JEGEEEEEERRER…….😂 TERBUKTI BACK TO BACK !!

      Mueeehehehehehhe😂

      • ekekekekek

        maasalahnyaa masih part bisa berfungsi
        kejadian kemren Tiba tiba mendadak

        Insiden karena Murni Pengereman
        dilain sisi H kebuka AIB bosoknya
        Terbukti Back To Back Kasta Bawah

        udah dibilang H SuuuRRRamm

        muehehehehhe

  3. Kemungkinan mekanik yamleduk udah putus asa karena power yamleduk gak bisa bersaing. Malu lah sama inline4 Tetangga yg mampu Fight dengan Ducati yg notabene paling powerfull jarak Suzuki melebar sampe 1 detik lebih didepan. Makanya si mekanik bikin remnya disetting blong sapa tau bisa nyalip Lawan, benerkan nyalip ditikungan, jangankan lawannya, jokinya sampe ditinggal…

    • ekekekekek

      Ahh kate siapa
      Buktinya bisa Podium 1 2 3

      lebih malu lagi mesin v HonHON yg banggain Top Speed malah Rebutan ampass
      membuktikan mekaniknya percaya
      H motor kasta bawah

      Insiden karena Murni Pengereman
      dilain sisi H kebuka AIB bosoknya
      Terbukti Back To Back Kasta Bawah

      udah dibilang H SuuuRRRamm

      muehehehehhe

    • Owwwhhh jadi mereka bakal ngetek ke Marc yang punya 6 Jurdun kelas Primer? 😂 Pingin nebeng dapetin Wanginya tropy jurdun kali ya 😂

    • Mungkin bukan hanya satu sebab masbro
      Kalau dipikir kesuksesan bisa saling nutup antara motor dan rider
      Misal honda jelas marc bisa menutupi kekurangannya
      Suzuki bisa dikatakan komplit motor bagus pembalap bagus
      Ducati lebih ke pembalapnya yg modnya angin2an
      Kalau yamaha bisa dikalakan amsyong
      Ditambah lagi hanya simbah yg konsisten tapi usia jelas berpengaruh yg lain angin2an

  4. suka artikel iwb, mudah dicerna dan informatif

    ttp berharap tim idola ane yamaha bangkit kembali

    sedih euy masalah mulu,,

    • Masalahnya karene terus dikulik
      Beda dg sebelah
      Jendela saja disalahin
      Motor dewa berebut papan bawah takut bikin artikel
      Kalau kata bh hanya seorang sales yg nutupin keburukan sesembahannya

      • Setelah sekian jurdun diraih Hnd, hal wajar jika musim ini jurdun lepas dari tangan ( kesempatan masih terbuka ) .
        Musim ini adalah musim dan Peluang ymh , namun Kodrat lebih merekat erat ditubuhnya…dengan menambah masa keAMPAAAAAAASSSSannya lagi 😂

        Sesuai dengan Komen Gua kemaren, Hari ini gua gak lihat siapa yang Bakal menang…tapi gua pingin lihat Mesin Ymh siapa yang MELEDUK ! dan JEGEEEEEERRER…….😂 TERBUKTI BACK TO BACK !!

        Mueeehehehehehhe😂

      • Benahin dulu gih motor pabrikan kebanggaan mu daripada makan korban lagi kan kasihan pembalapnya. Miris banget lihat nya..

  5. Yang jadi pertanyaan itu, si Vale udah melambaikan tangan pada beberapa lap sebelumnya, tapi kok masih lanjut terus? merugikan suzuki banget keputusannya melanjutkan race!

    • Awalnya masih dengee suara crik crik crek dimesin bro , sebelum mengeluarkan Suara KREEEEEEKKKK…. yang membuat si Pinah auto Loncat😂

    • ekekekdke

      melambaikan tangan karena dia outwide
      di lap lap berikutnya udah dijelaakan Part masih dapat berfungsi …
      kejadian kmaren tiba tiba dikecepatan 200 kpj tidak ujug2 bisa masuk pit

      senua dirugikan tapi seharusnya tidak buat H karena 2 x Restart seharusnya bisa menyodok TAPi tetep aja

      H SuuRRRaam

      muehhehehe

      • Kasihan amat dirimu, mending pabrikan yg kamu bangga”in benerin motornya dari pada makan korban lagi. Kan kasihan pembalapnya harus race dgn segala kondisi yg bakal membahayakan.. kemarin vina, terus d mugello siapa rider yamaha yg bakal jadi korban dan race berikutnya siapa lagi. Ini motor kok cari tumbal
        🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️

  6. Emang dasar pabrikan level papan bawah..

    Di crash.net ada yg komen katanya kalo Brembo memang menyediakan disc yg sama, tp calippers nya tiap pabrikan boleh milih, standar atau Hi capacity, katanya Yamaha satu2nya pabrikan yg ga pake Hi capacity..

    Bwahahahaaaaa.. pilihnya yg kw7 sihh 😂

  7. Apa yang dilakuin vinales itu gak semua orang berani ngelakuin, menjatohkan diri dari kecepatan 220 km/h
    Di luar nalar elu elu padaa

    Bener tuh kata rossi yamaha bagus di pengereman tp ada yg dikorbankan
    Bukan salahin supplier tp settingan pabrikannya yg bikin yamaha lebih stress di pengereman dripda pabrikan lain, knp gitu??
    Karena emg M1 lagi bermasalah akhir-akhir ini
    M1 yg sekrang bukan M1 yg dulu saat rossi pedrosa lorenzo stoner fight

    Btw ktm kecepatannya udh nyamain ducati 👍👍👍👍
    Pebalap honda masih cfdan weekend ini wkwkwkwk

  8. Yamaha sudah terlalu banyak masalah, dari tahun ke tahun race pembuka aja menang, kebelakang rusak, recall klep aja gk jadi.. pensiun j lah

  9. Udah tau rem bermasalah, harus nya ke pit lane, ni maksain terus balapan, terus buat drama ngejatuhin diri agar race dihentikan, kan merugikan org lain yg gap udah jauh jd nya, mbak Vina mbak Vina. Kayak gak senang dgn inline kw memimpin balapan. Makanya dulu jgn mau terima pinangan ymh dgn janji manis jurdun, sekarang apa coba, Ama taro Ja keok….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here