iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Telah di konfirmasi secara resmi bahwa sirkuit Portimao, Portugal akan menjadi seri penutup MotoGP musim 2020. Sebuah keputusan yang jelas membuat Marc Marquez akan tersenyum. Lhoo kok iso ?

Akhir bulan Juli lalu, Dorna mengumumkan bahwa tiga Grand Prix : Termas De Rio Hondo – Argentina, Chang – Thailand dan Sepang – Malaysia resmi di batalkan. Kini MotoGP akan kedatangan sirkuit Baru yakni Autodromo Internacional do Algarve atau biasa kita kenal dengan Portimao.

Yupss cakkk FIM, IRTA dan Dorna Sports baru-baru ini mengumumkan penambahan Grand Prix ke-lima belas dalam kalender MotoGP musim 2020 yang akan di gelar pada tanggal 20 hingga 22 November, yang menandai seri penutup musim ini.

iklan iwb

Sejatinya Portimao telah masuk sebagai sirkuit Cadangan untuk MotoGP sejak tahun 2017 silam dan musim ini akhirnya negara Portugal kembali menjadi tuan rumah MotoGP setelah terakhir kali mereka hadir dalam kalender MotoGP tahun 2012 di sirkuit Legendaris Estoril.

Nah…Autodromo Internacional do Algarve ini benar-benar unik cakk, dengan karakteristik perubahan ketinggian dan tata letak track yang bergelombang membuatnya sering disebut sirkuit rollercoaster yang identik dengan kecepatan tinggi.

Sirkuit Portimao sendiri Terletak di Algarve Portugal, Autodromo Internacional do Algarve memiliki kapasitas 100.000 pengunjung dibuka pada tanggal 2 November 2008. Dengan jumlah tikungan sebanyak 15 (sembilan kanan, enam kiri). Straight yang bergelombang seperti ombak jelang Tikungan 1 akan menjadi tantangan tersendiri bagi para rider, area inilah yang disebut sebagai rollercoaster berkecepatan tinggi pakde..

Presiden FIM, Jorge Viegas mengaku bangga atas kembalinya Portugal menjadi tuan rumah MotoGP mengingat Portugal adalah negara asal Viegas.

“Aku sangat bangga bahwa MotoGP akan kembali ke negaraku setelah delapan tahun terakhir, yang berlangsung di sirkuit Estoril pada Mei 2012. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Dorna, Autodromo Internacional do Algarve dan Federasi Motor Portugal karena telah berhasil memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk penyelenggaraan final Kejuaraan MotoGP 2020.” tukas Viegas.

CEO Autódromo Internacional do Algarve yakni Paulo Pinheiro juga buka suara terkait kembalinya Portugal menjadi salah satu sirkuit dalam kalender MotoGP

Ini Merupakan pencapaian besar bagi tim kami, akhirnya akan menyelenggarakan MotoGP di Portugal! MotoGP adalah puncak dari motorsport roda dua, dan kami sangat bersemangat untuk menyambutnya. Prosesnya sudah lama dengan Dorna, kami memiliki kesepakatan sejak 2017, dan akhirnya semua kerja keras kami terbayar. Selain itu, kami memiliki Miguel Oliveira di grid MotoGP dan kami berharap ia mampu memperebutkan podium, sehingga menjadi tambahan yang luar biasa untuk balapan disini,” tukas Paulo.

Tak ketinggalan, CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta juga angkat bicara terkait sirkuit Baru yang akan menjadi seri paling menantang di MotoGP musim ini.

“Ini adalah berita besar bagi kami, kami menandatangani perjanjian pada tahun 2017 dengan Portimao untuk menjadi sirkuit cadangan jika ada segala macam jenis pembatalan seri lainnya dan kami telah menghubungi mereka selama ini. Portugal memiliki sejarah panjang dalam olahraga kami dan ada beberapa pertarungan bersejarah di Estoril. Merupakan sesuatu yang sangat baik bagi kami untuk memiliki kemungkinan untuk kembali ke Portugal (menjadi seri permanen), terutama dengan Miguel Oliveira yang berpartisipasi di kelas MotoGP karena sangat menyenangkan memiliki pembalap Portugal yang mampu bersaing di negaranya sendiri. Kami sangat senang bisa menggelar balapan di Portimao pada akhir tahun ini.” tutup Ezpeleta…

Last…kedatangan Portimao di Motogp jelas akan membuat Marc tersenyum sebab semakin bertambah seri maka potensi doi mempertahankan gelar semakin terbuka. Kenapa ? ada 50 poin lagi yang diperebutkan tentu untuk mengejar ketertinggalan doi dengan para rider didepannya macam Fabio, Vinales ataupun Dovi. Trek yang dikuasai Kawasaki diajang WSBK rencananya akan digelar pada tanggal 22 November 2020. So….lengkapnya kalender Motogp sampeyan intip detilnya dibawah ini. Welcome Portimao…(Cb for iwb) 

REVISED 2020 MOTOGP CALENDAR (INCLUDING FREE WEEKENDS)
ROUND DATE RACE CIRCUIT
1 19 July Spain Jerez
2 26 July Andalusia Jerez
2 August
3 9 August Czech Republic Brno
4 16 August Austria Red Bull Ring
5 23 August Styria Red Bull Ring
30 August
6 September
6 13 September San Marino e Della Riviera di Rimini Misano
7 20 September Emilia Romagna e Della Riviera di Rimini Misano
8 27 September Catalunya Barcelona
4 October
9 11 October France Le Mans
10 18 October Aragon Aragon
11 25 October Teruel Aragon
1 November
12 8 November Europe Ricardo Tormo
13 15 November Comunitat Valenciana Ricardo Tormo
14 22 November Portugal Portimao
MotoGP 2020: List of Cancelled events
1 8 March Qatar (MotoGP class) Losail
2 31 May Italy Mugello
3 21 June Germany Sachsenring
4 28 June Netherlands Assen
5 12 July Finland KymiRing
6 30 August Great Britain Silverstone
7 4 October Thailand Buriram
8 18 October Japan Motegi
9 25 October Australia Phillip Island
10 1 November Malaysia Sepang
11 15 November Americas COTA
12 22 November Argentina Termas de Rio Hondo
Advertisements

42 COMMENTS

    • Yang lain berpendapat hanya karena kondisi Marc sekarang , saatnya Marc turun diseri k 5 dan meraih jurdun diakhir musim…maka siapkan lagi susunan kata yang takkan lernah terucapkan ??

    • Markez memang mempesona …. Para beye pun sangat perhatian padanya … FBonYok begitu benci ke markez … Benci tapi rindu…

      ???

    • Yg alay para kirik..baru juara seria serasa jurdun..
      Yamaha mau jurdun cung?
      *)syarat & ketentuan berlaku
      Ingat itu..catet!!
      ??????

      • Wkwkwk ngotot amat ini penyembah kambing,,,

        Urusin cbr klotok2 lu tuh , sama vario gredegmu,,

        Gabisa bikin mesin bagus,, fanboynya bacot terusss
        Wkwkwkwk

      • H itu Spesialis juara
        Y itu spesialis Ampasss.

        So ? Tiada keraguan sedikitpun untuk H family ….??

    • Kemungkinan besar pensiun dini. Cuma kondisi sebenarnya dikekepin. Jangan sampai fakta sesungguhnya bocor terutama ke kompetitor. Tem wel tel laaa

  1. Karena di Red Bull Ring (2kali) #93 tidak bisa race, apabila #93 mau menjaga kans Juara Dunia 2020:
    1. #93 harus juara terus sejak Misano s/d Portimao, dg berharap #20 DNF atau di luar 3 besar.
    2. #20 sejak Misano s/d Portimao minimal harus di 3 besar.
    Perkiraan di Red Bull Ring akan hujan, jadi fans masing2 silakan berdoa dengan Khidmad..wkwkwk

    • Keyakinan yang sangat kuat dari diri MM93 sendiri dan dukungan moral serta support penuh honda, semua bisa diraih dengan lancar jaya.
      Yaa saya yakin dan percaya

  2. Wkwkwk dari musim ini menunjukan bahwa,,
    MOTOR RCV CUMA JADI AMPAS,,
    Kalo bukan marquez yang pake gabakalan honda bisa juara,,

    Yamaha? Tanpa rosi pun sekarang masih bisa masuk podium,
    Ducati? Tanpa stoner pun masih podium,,

    Wkwkwkw sales FBH pada sebar brosur dipasar,, sambil nangis liat motor jepeh

    • Bukan. RCV adalah tetap motor hebat dan juara. Cuma dimanage dengan salah. Honda saat ini sedang membayar kesombongannya.

      • Musim yang mana ? Ini baru 3 seri ? emang Ymh udah jurdun? Gelut dulu noh sama ktm ??

      • Gak ada istilah membayar dengan kesombongan, Pembuktian dari Pabrikan lain belum ada….pembuktian Lanjutan dari Hnd pun masih sangat terbuka ? jangan sekedar melihat kulit tipis dari luar ??

    • Ampass matamoe pichaque…….
      Seorang pemenang selalu alami kesulitan di awal perjalanan. Banyak rintangan dan gangguan. Bisa dari luar maupun dari dalam.
      Semakin tinggi maqqom seorang pebalap, semakin sulit pula tantangannya.
      Apa yang sudah ditorehkan MM93 tidak begitu saja lepas. Tidak cuma team yang dukung tapi juga fans dan sponsor tingkat dunia. Marc pasti kembali. Ke track dengan maqqomnya sendiri yang beliau terima langsung dari alam semesta.
      Yaa saya yakin dan percaya.

    • Yg ampas tuh langganan motor meledug..
      Dibejek full throttle aja sama 2 pbalap muda dan 1 pembalap gaek tetap dengan
      Mudahnya dikentuti RCV ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here