iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Telah di konfirmasi secara resmi bahwa sirkuit Portimao, Portugal akan menjadi seri penutup MotoGP musim 2020. Sebuah keputusan yang jelas membuat Marc Marquez akan tersenyum. Lhoo kok iso ?

Akhir bulan Juli lalu, Dorna mengumumkan bahwa tiga Grand Prix : Termas De Rio Hondo – Argentina, Chang – Thailand dan Sepang – Malaysia resmi di batalkan. Kini MotoGP akan kedatangan sirkuit Baru yakni Autodromo Internacional do Algarve atau biasa kita kenal dengan Portimao.

Yupss cakkk FIM, IRTA dan Dorna Sports baru-baru ini mengumumkan penambahan Grand Prix ke-lima belas dalam kalender MotoGP musim 2020 yang akan di gelar pada tanggal 20 hingga 22 November, yang menandai seri penutup musim ini.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sejatinya Portimao telah masuk sebagai sirkuit Cadangan untuk MotoGP sejak tahun 2017 silam dan musim ini akhirnya negara Portugal kembali menjadi tuan rumah MotoGP setelah terakhir kali mereka hadir dalam kalender MotoGP tahun 2012 di sirkuit Legendaris Estoril.

Nah…Autodromo Internacional do Algarve ini benar-benar unik cakk, dengan karakteristik perubahan ketinggian dan tata letak track yang bergelombang membuatnya sering disebut sirkuit rollercoaster yang identik dengan kecepatan tinggi.

Sirkuit Portimao sendiri Terletak di Algarve Portugal, Autodromo Internacional do Algarve memiliki kapasitas 100.000 pengunjung dibuka pada tanggal 2 November 2008. Dengan jumlah tikungan sebanyak 15 (sembilan kanan, enam kiri). Straight yang bergelombang seperti ombak jelang Tikungan 1 akan menjadi tantangan tersendiri bagi para rider, area inilah yang disebut sebagai rollercoaster berkecepatan tinggi pakde..

Presiden FIM, Jorge Viegas mengaku bangga atas kembalinya Portugal menjadi tuan rumah MotoGP mengingat Portugal adalah negara asal Viegas.

“Aku sangat bangga bahwa MotoGP akan kembali ke negaraku setelah delapan tahun terakhir, yang berlangsung di sirkuit Estoril pada Mei 2012. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Dorna, Autodromo Internacional do Algarve dan Federasi Motor Portugal karena telah berhasil memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk penyelenggaraan final Kejuaraan MotoGP 2020.” tukas Viegas.

CEO Autódromo Internacional do Algarve yakni Paulo Pinheiro juga buka suara terkait kembalinya Portugal menjadi salah satu sirkuit dalam kalender MotoGP

Ini Merupakan pencapaian besar bagi tim kami, akhirnya akan menyelenggarakan MotoGP di Portugal! MotoGP adalah puncak dari motorsport roda dua, dan kami sangat bersemangat untuk menyambutnya. Prosesnya sudah lama dengan Dorna, kami memiliki kesepakatan sejak 2017, dan akhirnya semua kerja keras kami terbayar. Selain itu, kami memiliki Miguel Oliveira di grid MotoGP dan kami berharap ia mampu memperebutkan podium, sehingga menjadi tambahan yang luar biasa untuk balapan disini,” tukas Paulo.

Tak ketinggalan, CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta juga angkat bicara terkait sirkuit Baru yang akan menjadi seri paling menantang di MotoGP musim ini.

“Ini adalah berita besar bagi kami, kami menandatangani perjanjian pada tahun 2017 dengan Portimao untuk menjadi sirkuit cadangan jika ada segala macam jenis pembatalan seri lainnya dan kami telah menghubungi mereka selama ini. Portugal memiliki sejarah panjang dalam olahraga kami dan ada beberapa pertarungan bersejarah di Estoril. Merupakan sesuatu yang sangat baik bagi kami untuk memiliki kemungkinan untuk kembali ke Portugal (menjadi seri permanen), terutama dengan Miguel Oliveira yang berpartisipasi di kelas MotoGP karena sangat menyenangkan memiliki pembalap Portugal yang mampu bersaing di negaranya sendiri. Kami sangat senang bisa menggelar balapan di Portimao pada akhir tahun ini.” tutup Ezpeleta…

Last…kedatangan Portimao di Motogp jelas akan membuat Marc tersenyum sebab semakin bertambah seri maka potensi doi mempertahankan gelar semakin terbuka. Kenapa ? ada 50 poin lagi yang diperebutkan tentu untuk mengejar ketertinggalan doi dengan para rider didepannya macam Fabio, Vinales ataupun Dovi. Trek yang dikuasai Kawasaki diajang WSBK rencananya akan digelar pada tanggal 22 November 2020. So….lengkapnya kalender Motogp sampeyan intip detilnya dibawah ini. Welcome Portimao…(Cb for iwb) 

REVISED 2020 MOTOGP CALENDAR (INCLUDING FREE WEEKENDS)
ROUNDDATERACECIRCUIT
119 JulySpainJerez
226 JulyAndalusiaJerez
2 August
39 AugustCzech RepublicBrno
416 AugustAustriaRed Bull Ring
523 AugustStyriaRed Bull Ring
30 August
6 September
613 SeptemberSan Marino e Della Riviera di RiminiMisano
720 SeptemberEmilia Romagna e Della Riviera di RiminiMisano
827 SeptemberCatalunyaBarcelona
4 October
911 OctoberFranceLe Mans
1018 OctoberAragonAragon
1125 OctoberTeruelAragon
1 November
128 NovemberEuropeRicardo Tormo
1315 NovemberComunitat ValencianaRicardo Tormo
1422 NovemberPortugalPortimao
MotoGP 2020: List of Cancelled events
18 MarchQatar (MotoGP class)Losail
231 MayItalyMugello
321 JuneGermanySachsenring
428 JuneNetherlandsAssen
512 JulyFinlandKymiRing
630 AugustGreat BritainSilverstone
74 OctoberThailandBuriram
818 OctoberJapanMotegi
925 OctoberAustraliaPhillip Island
101 NovemberMalaysiaSepang
1115 NovemberAmericasCOTA
1222 NovemberArgentinaTermas de Rio Hondo
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!