iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk……tanpa di sangka sangka MotoGP hadirkan pemenang baru pada Putaran ketiga MotoGP Brno, Ceko. Yupss banyak pihak yang terheran-heran akan melejitnya Performa Brad Binder (Redbull KTM Factory) dimana doi mampu cetak kemenangan perdananya di kelas MotoGP. Binder sendiri mengatakan bahwa memenangkan balapan MotoGP adalah impiannya sejak dulu….

Datang ke sirkuit Brno dengan kesan yang kurang baik mengingat dua seri sebelumnya doi terlibat kontak dengan rekan satu timnya Pol Espargaro dan Miguel Oliveira (Redbull KTM Tech3). Binder bertekad meraih hasil positif pada puratan ketiga yang dinilainya bisa tampil lebih baik dibandingkan putaran Jerez, Spanyol.

Rookie asal Afrika Selatan tersebut sejatinya sudah menunjukkan kualitasnya diatas RC-16 dengan berhasil konsisten masuk sepuluh besar sejak Free Practice 1 hingga Qualifying. Namun siapa yang akan menduga jika harapannya ternyata diluar ekspektasi Binder sendiri?

iklan iwb

Memulai start dari posisi ketujuh, Binder hanya butuh 3 lap saja untuk langsung melaju keposisi tiga, ia bertahan setidaknya hingga pertengahan balapan sebelum menggusur posisi kedua Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Kemudian, ketika balapan menyisakan 10 lap Binder sukses rebut pimpinan balapan dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). Setelah itu secara konstan Binder mampu menjaga ritme balapnya dan ngacirrrrrrrrr hingga bendera finish berkibar……

Brad Binder mengatakan sulit mempercayai atas kemenangan perdananya dikelas MotoGP yang spektakuler tersebut.

“Ini sulit dipercaya. Sejujurnya, ini adalah sesuatu yang selalu kuimpikan dan hari ini menjadi kenyataan – sulit dipercaya untuk berpikir bahwa kemenangan ini datang di grand prix ketigaku,” tukas Binder melalui Crash.net

“Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang pernah membantuku sejauh ini, terutama keluargaku karena mereka telah mendukung penuh sejak hari pertama debut (di kejuaraan roda dua) dan juga KTM karena mereka telah memberiku motor yang luar biasa hari ini. Ini sungguh luar biasa…” serunya…..

Dalam balapan yang berlangsung 21 Laps, Binder mampu mengelola ban dengan baik dan tau kapan ia harus menyerang, bahkan strategi tersebut lebih baik dibandingkan strategi Duo Petronas Yamaha SRT, ia mengatakan jika melihat Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli mulai bermasalah dengan ban, hal itu memberinya kepercayaan diri untuk terus maju ke depan.

“Pada awalnya aku tidak melakukan sesuatu yang gila, aku melihat peluang dan bergerak maju, untungnya tidak ada kontak (dengan rider lain), off track atau masalah lainnya. Pada awalnya aku mengikuti Fabio dan melihat ia berjuang lebih keras dibandingkan denganku, jadi aku mencoba untuk melewatinya dan mengejar Franco. Kemudian aku melihat Franco benar-benar mulai kesulitan dengan ban belakangnya, sedangkan ban motorku masih terasa cukup baik, jadi aku bertahan di belakangnya untuk satu putaran dan kemudian mencoba untuk melihat apa yang bisa kulakukan….

“Sejak saat itu, kupikir ini adalah 10 lap paling gila dalam hidupku. Aku melakukan semuanya dengan lembut dan setenang mungkin karena ban belakang memburuk. Ketika berada di posisi pertama, aku berpikir ‘astaga, aku memimpin balapan MotoGP’ dan ketika melihat ada celah, aku lebih terkejut. Di tiga lap terakhir, tidak ada seorang pun di belakangku.” tutup Binder..

Last…Kemenangan Brad Binder di sirkuit Brno, menandai kemenangan perdana KTM di kelas MotoGP. Selain itu atas keberhasilannya memenangkan balapan Binder mencetak rekor baru sebagai rider Afrika Selatan yang mampu meraih kemenangan di Era MotoGP. Sementara itu kemenangan terakhir pembalap Afrika di kelas Primer terjadi pada Grand Prix Assen 1966 lewat Jim Redman sebelum terpatahkan oleh Brad Binder. Selamat Binder…kowe ancen trah buanterrrrrrr, juozzz ! (Cb for iwb)

Empat Rider Afrika Yang mampu memenangkan balapan di kelas Primer

1.Gary Hocking – 13 Kemenangan
2.Ray Amm – 8 Kemenangan
3.Jim Redman – 2 Kemenangan
4.Brad Binder – 1 Kemenangan

Advertisements

76 COMMENTS

      • Seluruh keraguan yang saya punya tentang KTM sudah menguap. Hasil ini tidak lepas dari strategi Honda dan (manajer Repsol Honda Alberto) Puig: membiarkan Pedrosa sehingga menjadi pebalap penguji KTM. Ini adalah kuncinya,” ungkap Pernat kepada GPOne.

        “Sebuah bencana. Crutchlow baru saja dioperasi tangan kanannya dan sudah memikirkan tentang Aprillia pada tahun depan, Bradl sudah lama tidak balapan, Alex Marquez seperti tikus yang tenggelam, Nakagami sih tidak buruk tapi motornya bukan motor pemenang.”

        “Marquez memang juara, tapi katakan sesuatu yang tidak kami tahu. Honda dulu keliru karena tidak fokus pada para pebalap muda di tim-tim satelitnya seperti yang dilakukan Ducati, Yamaha, dan KTM. HRC sedang membayar kesombongannya,” sengat Carlo Pernat.

      • Semua akan merasa ngeriiii dengan comeback nya MM93 besok di Austria.
        Yaa saya yakin dan percaya

  1. TERIMAKASIH PEDROSA kalo aja pedrosa ga rubah sasis tralis ala ktm mungkin akan tetep terseok seok di barisan blakang. Klo soal mesin ktm emang udah kencang sejak 2018

  2. Carlo penat said : HRC dalam bencana besar, setelah hasil yg buruk di 3 race karena selama ini hanya mengandalkan markisut, ditambah lg di buangnya Pedrosa malah membuahkan hasil di Team lain yakni KTM, terbukti hasil racikan pedrosa bisa dikendarai semua pembalap beda dgn markisut yg hanya bisa dikendarai dia sendiri. Wkwkwkw

  3. Selain honda yg terpukul karena marquez dan ktm pecah telor akibat jasa mantan ridernya yg d buang begitu saja, tentu tekanan berat ada d aprilia , karena satu2nya pabrikan yg belum memenangkan motogp beberapa musim ini

  4. Kehaluan karena absen nya MM93 seketika sirna dengan comeback nya MM93 besok di Austria. Euphoria berbalik jadi kengerian yang sangat nyata.
    Yaa saya yakin dan percaya

  5. Harapan “terlalu pintar” dari bani mamaqes,tulang patah 2x emg mau balap gaya apa? Koq bisa2nya berharap comeback. 2-3th lagi baru pulih benar itu tulang. Apalagi MM slalu push limit motor ga takut crash spy ktmu lap trcepat,nah dgn kejadian patah tulang apa msh berani ambil resiko push limit motornya? Crash 1x aj lg dlm wkt dekat bs pensiun dini.

    • Mental. Kekuatan fisik dan treatment untukrider moto gp kok mau disamakan dgn kamu yg bpjs saja nunggak.
      Sana apply prank kerja dulu

      • @kantil Oo jd WR,KS,MD,S,JL pake bpjs ya fisik & treatmentnya? Bru pny tv jaman led gayamu macam tau mtogp dr dlu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here