iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sepertinya Yamaha harus berjuang keras jika mereka ingin mengganti komponen yang dianggap cacat sehingga membuat durability mesin M1 cukup rentan. Jalan satu-satunya mereka harus meyakinkan seluruh tim termasuk Honda, Suzuki, Ducati, Aprilia dan KTM. Dan jalan kesana tidak semudah itu Ferguso. Setidaknya dari pernyataan bos Ducati yang menghimbau Yamaha menerangkan segamblang-gamblangnya baru mereka bisa mengambil keputusan. Wwaahhh….

Seperti yang sampeyan ketahui pada artikel sebelumnya, Yamaha sukses membongkar Misteri mogoknya mesin Yamaha M1. Seperti dilansir Speedweek, kegagalan 3 mesin Yamaha di Jerez disebabkan oleh isu kualitas komponen yang disebut sebagai faulty engine part. Namun yang menjadi masalah walaupun mereka sudah menemukan biang keroknya, Yamaha tidak akan bisa mengganti part sebab aturan Motogp jelas menggaris bawahi tidak boleh adanya penggantian komponen dalam mesin selama musim berlangsung….

Menurut informasinya, Yamaha akan memproduksi ulang komponen yang bermasalah sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan. Tapi disinyalir untuk memasang pada mesin M1 tidak mudah sebab mereka tersandung regulasi Motogp. Yup….tindakan penggantian komponen harus mendapatkan persetujuan dari direktur teknis MotoGP Danny Aldridge dan tim lain. Masalah terbesar karena spesifikasi mesin Yamaha untuk tahun 2020 dan 2021 sebenarnya sudah dihomologkan pada bulan Maret, termasuk Honda, Suzuki dan Ducati….

iklan iwb

Yamaha telah menyegel semua mesin YZR-M1 dan gunakan race dimusim ini. Segel hanya dapat dilepas oleh teknisi IRTA Jordi Perez dengan alasan khusus. Alasan keamanan contohnya. Suku cadang yang memang berbahaya jika tidak diganti seperti sproket gear atau mesin berpotensi meleduk dan membuat ceceran oli ditrek. Namun untuk kasus Yamaha sedikit berbeda. Yamaha harus meminta aliansi pabrikan MSMA untuk menyetujui penggantian komponen. Tentu saja, komponen hanya dapat diganti jika tidak berkontribusi pada performa. Kami memiliki situasi serupa di Kejuaraan Dunia Moto3 dalam beberapa tahun terakhir….” seru Danny Aldridge saat itu…

Ditempat terpisah bos Ducati Paolo Ciabatti memberikan komentarnya. Sikap Ducati jelas mereka akan mengikuti rule Motogp dimana Yamaha harus menjelaskan secara gamblang fungsi dari alat tersebut. Barulah mereka akan menentukan sikap…

” Sebenarnya Peraturan dalam MSMA jelas menyatakan bahwa pada saat homologasi ‘spesifikasi mesin’ tim harus memastikan mesin pada kondisi sempurna. Jika motor sudah tersegel, ini artinya tim sudah yakin akan durability dan reliabilitynya. Tetapi memang bisa saja baru ditemukan adanya komponen yang cacat setelah penggunaan. Aku tidak tahu masalah yang terjadi pada Yamaha. Tetapi peraturannya sangat sederhana….

” Jika Yamaha bisa membuktikan pada anggota MSMA pasti mereka setuju. Tetapi penyebab pastinya harus jelas terkait dengan durability mesin alias bukan untuk peningkatan performa mesin. Harus diperjelas soal ini. Jujur ini masalah yang peka. Karena Quartararo lebih unggul dari Vinales dalam kejuaraan, dan tampaknya semua pembalap Yamaha kuatir setelah Grand Prix kedua. Produsen lain perlu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang menyebabkan masalah ini. Kemudian keputusan bisa dibuat….” cetus Paolo. Terus gimana komentar Ducati atas komparasi bahwa Moto3 tidak terlalu rumit jika mereka mengganti komponen ?

” Kalian tidak bisa membandingkan situasi di MotoGP dengan Moto3. Karena brand yang sekarang bermasalah memimpin poin kejuaraan dunia. Itu sebabnya pabrikan lain ingin memahami dengan jelas seperti apa situasinya. Baru dari sana barulah kami akan memutuskan. Keamanan adalah prioritas nomor 1 kami. Tetapi kami tidak dapat memberi saran sampai kami memahami apa yang terjadi di Yamaha. Jadi kami menunggu saat ini…. “ tutup Bos Ducati…

Last…memahami situasi dan komentar Paolo, sepertinya langkah Yamaha untuk mengganti komponen tergantung pada keterangan Yamaha nantinya. So…tidak mudah cak sepertinya. Padahal saat ini kesempatan luar biasa bagi mereka untuk merebut juara dunia dari tangan Marc yang absen setidaknya tiga seri karena cedera. Yamaha mengganti komponen M1 yang cacat ? tidak semudah itu Ferguso ! kita lihat saja perkembangan selanjutnya cak…..(iwb)

Advertisements

65 COMMENTS

    • Ada tapinya seh, liat ducati pecco,petruk juga honda AM73 jg mogok. Kemungkinan semua setuju bs ganti part asal bukan utk naikan performa.

      • The qirieqerz level zhambahn mo usul aturan ke motoGP tingkat dunia internasional wkkkkkkk kan phec_ck??? Lotollll

      • Yaah … Sejak awal udah diingatkan para FBonYok jangan jumawa … Jangan lebay dan jangan kamseupay … Kalau udah gini mah kan malu harus ngemis2 ke pabrikan lain …

      • Mohon penjelasan:
        “Padahal saat ini kesempatan luar biasa bagi mereka untuk merebut juara dunia dari tangan Marc yang absen setidaknya tiga seri karena cedera.”

      • Keamanan kusen jendela perlu dipahami seluruh crew n manajemen beserta seluruh penonton di rumah masing masing

      • ni alan matanya buta apa gmn,,honda nol poin gmn,,,alex marquez aja poin nya udh diatas 10 gmn nol,,punya pikiran gak ya ni manusia

    • Ekekekekk
      Pabrik suling Bikin mesin DOHC cacatt teruss.

      Di Rikol berkali kali
      Meledug berkali kali

      Buang ke Gorong gorong. Sypa tau ktemu pinokiio yg pingin selfie.

      Brruuekekkekk ???

    • Gak semudah itu jg kaleee ….Yamaha kasih tau part yg bermasalah
      Sama aja Ymh bongkar mesinnya trus dipresentasikan di depan lawan2 pabrikan lain…. semua pabrikan bisa intip teknologi ymh
      Mending datangkan mesin baru tapi start dari pit lane

    • Mana tuh si darmo nyeet ama si kuya hokya … Mereka terlampau jumawa.. lebay dan kamseupay … Sekarangan malu nongol gengsi kalau ngemis2 tetangga ….

  1. Para darmo nyeet aka FBonYok terlalu jumawa … Kalau udah gini mah ngemis2 ke pabrikan lain … Kan malu sendiri…

    • Justru mereka berharap ymh segera membongkar mesin dan dipresentasikan ….. Kan lumayan tau jeroan2 mesin yg top secret itu

    • Prestasi R6 sama R1 udah banyak . Lah cbr600 sama cbr1000 kemana? Di wsbk & wssp gaada tuh honda top 5. Di arrc juga gak keliatan tuh performanya honda. Jadi fanboy yg realistis aja deh hehe

  2. Ngemis minta ijin ke pabrikan lain hahahahaha ngemis ke ducati, suzuki, ktm, aprilia, dan hondaaaaa?????

  3. Dharmo ncroott dan si Gundul hokya Hilang dari predaran koment.

    Mesin M1 (Meledug 1) kwalitas mocin masalah.
    Buang ke comberann cak.

    Brruuuekekekk

  4. Gak mungkinlah dipermudah kontestan lain terutama Ducati yang sering merasa dipersulit inovasinya..liat kasus winglet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here