iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….pasca ZX25R rilis, cukup banyak permintaan ke IWB supaya mengadu jagoan Kawasaki ini dengan motor 250cc 2 silinder. Mereka-mereka yang percaya dengan torsi yang dimiliki mesin 2 silinder seharusnya mampu bejaban melawan mesin 4 silinder. Sebuah keyakinan yang IWB balas dengan senyuman getir. Respon sebelum banyaknya tayangan di Youtube adu drag antara ZX25R melawan dua sport 250cc terpowerfull (dua silinder) diera ini yakni CBR250RR dan Ninja 250 FI 2018. Yup…kenyataan memang berat cak….

Di artikel sebelumnya IWB sudah sangat sering menggaris bawahi bahwa mesin 4 silinder tidak Apple to Apple dengan 2 silinder. Hal ini karena konfigurasi engine yang memang jauh berbeda. Dan secara spesifikasi apapun alasannya semakin banyak silinder pasti tenaga lebih padat dan beringas. Kendati konsekuensi dari mesin dengan silinder berjumlah banyak adalah bobot yang semakin berat dan torsi lebih kecil namun tetap tidak akan mampu menahan potensi asli yang powerfull…..

Fakta ini pernah IWB gali sebelum lahir Kawasaki Ninja ZX25R. Saat itu kisaran 2016 Vandra monkeymotoblog menantang Honda CB650F yang memiliki konfigurasi berbeda yakni 4 silinder. Sebelum berangkat melakukan adu drag Vandra cukup percaya tunggangan kesayangannya ER6N bakal mampu mengalahkan mengingat drag sendiri hanya jarak dekat. Sayang kenyataan di lapangan jauh berbeda sebab tidak butuh kecepatan tinggi bagi Honda CB650 untuk meninggalkan ER6N. Dari hentakan awal motor 4 silinder Honda ini sudah melejit ilang…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup…. Itulah kenapa IWB tidak terkejut jika Kawasaki Ninja ZX25R meninggalkan atau bahkan membabat habis semua motor konfigurasi 2 silinder saat adu drag race. Dengan ledakan tenaga yang lebih besar, RPM lebih tinggi disertai kitiran RPM yang lebih ringan dan ngisi di putaran atas membuat potensi motor 4 silinder tidak akan bisa ditahan oleh mesin 2 silinder. Jadi kalau sampeyan masih ngeyel siap-siap tersenyum kecut cak. Yahhh…. memang susah menerima kenyataan namun faktanya demikian…

Last…. mungkin kasus akan berbeda jika kita mengadu ke dua motor di atas lintasan sirkuit bukan adu drag race. Banyaknya tikungan membutuhkan motor yang memiliki bobot lebih ringan dan agility jempolan. Jika kasusnya demikian mungkin mesin dua silinder bakal mampu nempel walaupun tidak untuk mengalahkan karena setiap betotan RPM, nafas panjang 4 silinder tetap akan diuntungkan. Nah… sebagai gambaran bagaimana superiornya mesin 4 silinder vs 2 silinder bisa sampeyan Intip dari rekaman Adu drag race Kawasaki ER6N vs Honda CB650 yang IWB lakukan sendiri berikut ini…..piyeee sik ngeyel? ? …..tiwas capek ngadu drag wis ketebak cak soale siapa yang menang…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!